RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
.................................................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 2
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Standar Kompetensi
8.
Mempraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
8.1.
Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri**).
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian
dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.
Bermain sepakbola dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan.
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan variasi
dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola
menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan
koordinasi yang baik.
2.
Siswa dapat bermain sepakbola
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab,-
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
B.
Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan
menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung
kaki dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
C.
Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
percaya diri
|
·
Variasi
dan kombinasi teknik dasar menen-dang, mengontrol, dan menggiring bola
meng-gunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.
·
Bermain
sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
|
·
Siswa
dapat Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan
menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung
kaki dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa
dapat Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk
menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, toleransi, me-mecahkan
masalah, meng-hargai teman, dan keberanian.
|
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
- Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan
sepakbola
·
Pemanasan
khusus sepakbola dalam bentuk permainan
2.Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
- Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang, mengontrol, dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik (berpasangan maupun berkelompok). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
- Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi). (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab
proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Pertemuan 4
1.Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan
sepakbola
2.Kegiatan Inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari : (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Uji
kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
·
Uji kompetensi menggiring
bolasepak
·
Uji
kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan
tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
E.
Alat dan Sumber Belajar
- Alat
Pembelajaran :
·
Bola sepak
atau sejenisnya
·
Lapangan
permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·
Tiang
gawang
·
Tiang
pancang atau sejenisnya
·
Peluit
- Sumber
Pembelajaran
·
Media
cetak
o
Buku
pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o
Lembar
Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o
Buku
permainan sepakbola.
·
Media
elektronik
o
Audio/video
visual teknik dasar permainan sepakbola
o
Rekaman/cuplikan
pertandingan sepakbola (Liga sepakbola)
F.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan
teknik dasar menendang, menahan/mengontrol bola dan menggiring bolasepak,
unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian
proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian
produk/prestasi).
·
Contoh
penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan
kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Menendang
|
Menahan
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok)
selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 30 kali
|
……
> 25 kali
|
100%
|
Sangat
Baik
|
25
– 29 kali
|
20
– 24 kali
|
90%
|
Baik
|
20
– 24 kali
|
15
– 19 kali
|
80%
|
Cukup
|
15
– 19 kali
|
10
– 14 kali
|
70%
|
Kurang
|
…….
< 15 kali
|
…….
< 10 kali
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30
detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 18 rintangan
|
……
> 15 rintangan
|
100%
|
Sangat
Baik
|
15
– 17 rintangan
|
12
– 14 rintangan
|
90%
|
Baik
|
12
– 14 rintangan
|
9
– 11 rintangan
|
80%
|
Cukup
|
8
– 11 rintangan
|
6
– 8 rintangan
|
70%
|
Kurang
|
…….
< 8 rintangan
|
…….
< 6 rintangan
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
b.
Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes
sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar
permainan sepakbola dengan metode
resiprokal :
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI KOGNITIF) : 20
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Sebutkan macam-macam teknik gerak tipu
permainan sepakbola!
|
2.
|
Sebutkan macam-macam teknik menyundul
bola permainan sepakbola!
|
3.
|
Jelaskan cara menendang dan mengontrol
bola berpasangan permainan sepakbola!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan menendang,
mengontrol dan menggiring bola berpasangan!
|
5.
|
Jelaskan cara bermain sepakbola!
|
2.
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor
antara = Kurang dari 60%
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel PJOK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak hanya RPP dan Silabus, kami juga menambahkan dengan KKM, Pemetaan, Program Tahunan (PROTA) dan Program Semester ( PROMES) serta SK-KD
filenya silahkan download di sini:
No comments:
Post a Comment