SOAL MATEMATIKA KELAS X SEMESTER GENAP SMK

Berikut ini adalah soal ujian ujian semester genap pelajaran matematika untuk SMK. Materi soal tentang Matriks, Fungi, Persamaan, Diagram, dan gradien. 

Matriks adalah sekumpulan bilangan yang disusun secara baris dan kolom dan ditempatkan pada kurung biasa atau kurung siku. Matriks adalah kumpulan bilangan yang disusun dalam bentuk baris dan kolom.Bilangan yang tersusun dalam baris dan kolom disebut elemen matriks.
Nama matriks ditulis dengan menggunakan huruf kapital.

Pada matematika, himpunan bilangan demikian, yaitu himpunan bilangan yang tersusun menurut baris-baris dan kolom-kolom sehingga terbentuk persegi panjang, dan ditempatkan diantara dua kurung disebut matriks.

Syarat – syarat suatu matriks antara lain :

1. Unsur – unsurnya terdiri dari bilangan – bilangan
2. Mempunyai baris dan kolom
3. Elemen – elemennya berbentuk persegi panjang dalam kurung biasa , kurung siku , atau kurung bergaris dua .

Kegunaan matriks dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memudahkan dalam membuat analisis mengenai suatu masalah ekonomi yang mengandung bermacam – macam variable.
2. Digunakan dalam memecahkan masalah operasi penyelidikan , misalnya masalah operasi penyelidikan sumber – sumber minyak bumi dan sebagainya.
3. Dikaitkan dengan penggunaan program linear, analisis input output baik dalam ekonomi, statistic, maupun dalam bidang pendidikan, manajemen, kimia, dan bidang – bidang teknologi yang lainnya.

Matriks lazimnya akan dinotasikan dengan sebuah huruf besar yang dicetak tebal ( A, B, dan seterusnya ), dan elemen – elemen yang dinotasikan dengan huruf kecil yang dicetak miring ( a, b, dan seterusnya ). 

Daftar diatas dapat ditulis dalam bentuk matriks sebagai berikut 
Setiap bilangan pada matriks disebut elemen(unsur) matriks. Letak suatu unsur matriks ditentukan oleh baris dan kolom di mana unsur tersebut berada.

Misalnya, pada matriks di atas unsur 25 terletak pada baris ke-3 dan pada kolom ke-2.

Contoh :

Matriks A mempunyai dua baris dan dua kolom. Oleh karena itu kita katakan bahwa matriks A berordo ditulis atau .
Ordo suatu matriks ditentukan oleh banyaknya baris dan banyaknya kolom dalam matriks tersebut.

Ordo suatu matriks biasa dituliskan dalam bentuk perkalian antara jumlah baris dan jumlah kolom. Jadi, jika suatu matriks memiliki baris sebanyak m dan kolom sebanyak n maka dapat dikatakan matriks tersebut memiliki ordo m × n. Banyaknya elemen matriks berordo m × n adalah m × n.

Berikut ini adalah soal-soal Matematika Kelas X Semester Genap SMK. Untuk mendapatkan file secara lengkap dapat anda unduh di link download di bawah ini.



No comments:

Post a Comment