RPP DAN SILABUS AQIDAH AKHLAQ MTS/SMP KELAS VII, VIII, IX SEMESTER 1, 2

Perangkat pembelajaran Aqidah Akhlaq untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMP di bawah ini berisi RPP, Silabus, Program semester (Promes), Program Tahunan (Prota), SKKL, KKM, dan Pemetaan. Filenya disimpan dalam google drive, anda dapat mengunduh melalui tautan di bawah ini. Pilih mana yang diperlukan. 

 Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Berbicara tentang RPP kita ketahui bahwa dalam RPP ada beberapa komponen, antara lain:

1. Kompetensi Dasar (KD)

Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas. Semakin kongkrit kompetensi akan semakin mudah diamati, dan akan semakin mudah atau semakin tepat pula merencanakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Perlu diketahui bahwa beberapa materi standar mungkin memiliki lebih dari satu KD. Disamping itu, perlu ditetapkan pula fokus kompetensi yang diharapkan dari peserta didik sebagai hasil akhir pembelajaran. Kompetensi ini juga akan menjadi pedoman bagi pengajar dalam menentukan materi standar yang akan digunakan dan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk membentuk kompetensi peserta didik.

2. Materi standar

Materi standar yang dikembangkan dan dijadikan bahan kajian peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan, institusi, dan daerah.

3. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah tahap-tahap kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan suatu materi standar yang telah direncanakan oleh pengajar. Urutan kegiatan pembelajaran menggambarkan strategi pembelajaran yang telah ditentukan. Tahap kegiatan tersebut terdiri dari tahap PENDAHULUAN, tahap PENYAJIAN, dan tahap PENUTUP.

4. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran adalah cara dalam menyajikan (menguraikan, memberi contoh, memberi latihan dan lain-lain) suatu bahan kajian kepada peserta didik. Tidak semua metode pembelajaran sesuai untuk digunakan dalam mencapai kompetensi tertentu. Oleh karena itu harus dipilih metode pembelajaran yang paling tepat untuk suatu kompetensi yang ingin dicapai. Berbagai contoh metode pembelajaran yang sering digunakan antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, studi kasus, praktikum, seminar, demonstrasi, bermain peran dan lainlain.

5. Media Pembelajaran

Segala sesuatu yang dapat menyalurkan atau menyampaikan pesan/informasi dari sumber pesan/informasi ke penerima pesan/informasi disebut media pembelajaran.Jadi dengan adanya media peserta didik dapat melihat, membaca, mendengarkan atau ketiganya sekaligus dalam menyerap berbagai informasi yang disampaikan oleh pengajarnya. Media tersebut dapat berupa alat-alat elektronik, gambar, buku dan sebagainya. Sedangkan alat pembelajaran adalah benda-benda atau alat-alat yang digunakan dalam pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran. Alat-alat itu tidak disebut media pembelajaran karena tidak dimaksudkan untuk membawa pesan.

6. Sumber Belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk penggalian informasi. Sumber belajar ini dapat berupa dosen (sebagai nara sumber), buku teks, jurnal ilmiah, laporan penelitian, internet, dan lain-lain.

7. Alokasi Waktu

Jumlah waktu dalam menit yang dibutuhkan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan tahap Kegiatan Pembelajaran.

Itulah sedikit gambaran tentang komponen-komponen apa saja yang ada dalam RPP.  Selanjutnya anda dapat melihat contoh RPP, Silabus, dan perangkat pembelajaran Aqidah Akhlaq MTs Kelas VII, VIII, IX semester 1, 2 yang lain melaui tautan download di bawah ini.

RPP dan Silabus Aqidah Akhlaq MTs kelas VII


RPP dan Silabus Aqidah Akhlaq MTs kelas VIII


RPP dan Silabus Aqidah Akhlaq MTs kelas IX