RPP dan silabus PAI kali ini adalah versi kurikulum 2013 (K-13). Ciri khas dari RPP dan silabus K-13 adalah adanya 5 unsur yaitu M5 (a. Mengamati, b. Menanya, c. Menalar, d. Mengasosiasi,
e. Mengomunikasikan ). Kelima unsur tersebut merupakan ciri khas yang harus ditonjolkan dalam kurikulum 2013. Namun apapun kurikulum yang dipakai yang terpenting adalah adanya peningkatan kwalitas belajar siswa, Siswa lebih memahami, menghayati, dan dapat mengubah prilaku siswa menjadi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut ini contoh RPP PAI yang kami sajikan:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA………………….
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Materi Pokok
|
:
|
Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan
QS Al Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
45
x 9 Jam Pelajaran (Tiga Pertimuan)
|
A. Kompetensi
Inti:
(KI-1) Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya;
(KI-2) Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia;
(KI-3) Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah;
(KI-4) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian:
2.3
|
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12
dan 10 serta hadits terkait
|
3.1
|
Menganalisis
Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49):
10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Indikator:
3.1.1 Mampu mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan
QS Al-Hujurat (49): 10 dengan benar
3.1.2 Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal
(8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10
3.1.3 Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan
QS Al-Hujurat (49): 10
|
3.2
|
Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan)
dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
Indikator:
3.2.1
Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
3.2.2
Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
3.2.3
Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
|
4.1.1
|
Membaca
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) :
10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator:
4.1.1.1
Mampu membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan
Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan baik dan benar,
4.1.1.2
Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan
Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan baik dan benar
|
4.1.2
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49)
: 10 dengan lancar.
Indikator:
4.1.2.1 Mampu mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan
Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan baik dan benar
|
C. Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan mengamati, menanya,
mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, peserta didik diharapkan:
- Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan benar
- Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10
- Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10
- Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
- Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
- Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
- Mampu membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar
- Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar
- Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 dengan baik dan benar
D.
Materi
Pembelajaran:
1.
Fakta:
-
Tawuran Pelajar
-
Adanya perilaku menyimpang seperti; radikalisme,
ekstrimisme, dan selalu menganggap paling benar (ekslusivisme),
2.
Konsep:
-
Kontrol diri, Prasangka Baik dan Persaudaraan
- Mujahadah
an-nafs (Kontrol dir) pengertian jihad yang benar),
- Macam-macam prasangka baik (husnuzzhan)
- Macam-macam persaudaraan (ukhuwah)
3.
Prinsip
- Pengertian
kontrol diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan
-
Manfaat dan hikmah kontrol diri, Prasangka
Baik, dan Persaudaraan
-
Manfaat mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran
Islam yang benar, Prasangka Baik, dan Persaudaraan
-
Hikmah mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran
Islam yang benar. Prasangka Baik, dan Persaudaraan
A.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah,
2. Discovery
Learning,
3. Base
Learning,
4.
Diskusi,
5.
Tanya
jawab, dan
6.
Praktik.
B.
Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. LCD
Proyektor
2. Film
Tawuran Pelajar
3. Tafsir
al-Qur’an dan kitab hadits
4. Kitab
asbabunnuzul dan asbabul wurud