Langkah-langkah pembelajaran discovery learning adalah sebagai berikut:
1. Persiapan
- Guru menentukan tujuan pembelajaran
- Guru mengidentifikasi karakteristik siswa yaitu minat, kemampuan, gaya belajar dan lain sebagainya.
- Guru memilihkan materi pelajaran
- Guru menentukan topik yanfg akan dipelajari secara induktif dari contoh-contoh secara umum
- Guru mengembangkan contoh-contoh bahan belajar yang berupa ilustrasi, tugas dan sebagainya untuk dipelajari siswa
- Guru mengatur topik pelajaran dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang konkrit ke yang abstrak, dan dari yang Ikonik ke yang simbolik
2. Pelaksanaan pembelajaran
Dalam mengaplikasikan discovery learning di kelas, ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, antara lain:
- Stimulation (pemberian rangsangan).
- Problem statement (Identifikasi masalah)
- Data collection (pengumpulan data)
- Data Processing (Pengumpulan data)
- Verification (pembuktian)
- Generalization (Menarik kesimpulan)
Pada akhirrnya yang menjadi tujuan pembelajaran discovery learning adalah hendaklah guru memberikan kesempatan kepada muridnya untuk menjadi problem solver atau orang yang dapat memecahkan masalahnya sendiri berkaitan dengan apa yang siswa pelajari.