KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak
yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban:
d. Senam ketangkasan dengan alat
|
Loncat kangkang di atas peti lompat termasuk ke dalam
olahraga ....
a. Senam ketangkasan tanpa alat
b. Senam aerobik
c. Senam akuatik
d. Senam ketangkasan dengan alat
e. Senam irama
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak
yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban:
b. Kuda-kuda lompat
|
Alat bantu yang biasa digunakan dalam loncat kangkang
adalah ....
a. Kuda-kuda pelana
b. Kuda-kuda lompat
c. Palang sejajar
d. Palang bertingkat
e. Tali
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak
yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban:
c. Tolakan, melewatkan kaki di atas peti lompat,
dan pendaratan
|
Tiga tahap dalam melakukan loncat kangkang adalah ....
a. Pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan
b. Lari cepat, tolakan, dan gerakan saat melayang
di udara
c. Tolakan, melewatkan kaki di atas peti lompat,
dan pendaratan
d. Kuda-kuda, gerakan inti, dan gerakan penutup
e. Jongkok, berguling, dan jongkok kembali
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak
yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban:
a. Mengambil awalan untuk ancang-ancang
|
Langkah pertama dalam melakukan tolakan pada loncat
kangkang adalah ....
a. Mengambil awalan untuk ancang-ancang
b. Pandangan ke depan
c. Melakukan tolakan kaki
d. Kedua tangan menahan berat badan di peti lompat
e. Menekuk lutut sedikit
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis berbagai keterampilan rangkaian gerak
yang lebih kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban:
c. Kedua kaki dibuka lebar-lebar
|
Gerakan tahap melewatkan kaki di atas peti lompat pada
loncat kangkang adalah ....
a. Melakukan tolakan kaki
b. Kedua tangan menahan berat badan
c. Kedua kaki dibuka lebar-lebar
d. Mendarat dengan kedua kaki
e. Posisi badan tetap terjal
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih
kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban:
d. Saat menumpu di atas peti, tangan kurang melakukan
tolakan
|
Kesalahan yang bisa terjadi saat melakukan loncat
kangkang adalah ....
a. Saat membuka kaki sangat lebar
b. Saat melayang di udara, badan agak membungkuk
c. Mendarat dengan menekuk lutut sedikit
d. Saat menumpu di atas peti, tangan kurang
melakukan tolakan
e. Saat mendarat, tangan direntangkan ke depan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih
kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban:
c. Condong ke depan dengan menekuk lutut
|
Sikap badan pada saat melakukan pendaratan gerakan
loncat kangkang adalah …
a. Berdiri tegak
b. Jongkok
c. Condong ke depan dengan menekuk lutut
d. Duduk telunjur
e. Membungkuk
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih
kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban:
e. Sikap jongkok
|
Berikut yang bukan merupakan teknik dasar loncat
kangkang …
a. Pinggul diangkat tinggi
b. Menekuk panggul saat tangan menyentuh peti
lompat
c. Meluruskan pinggul setelah melewati kuda-kuda
d. Tolakan dengan tangan
e. Sikap jongkok
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih
kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban:
a. 5-10 meter
|
Jarak antara papan tolakan dengan awalan pada loncat
kangkang adalah …
a. 5-10 meter
b. 10-15 meter
c. 15-20 meter
d. 20-25 meter
e. 25-30 meter
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis
berbagai keterampilan rangkaian gerak yang lebih
kompleks dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Loncat kangkang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban:
d. Berlari
|
Loncat kangkang dilakukan oleh pesenam dengan diawali
gerakan ……
a. Melayang
b. Mendarat
c. Berputar
d. Berlari
e. Menolak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan,
inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama/ritmik
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawab :
c. senam ritmik
|
Senam yang dilakukan dengan iringan musik disebut :
a. senam ketangkasan
b. senam musik
c. senam ritmik
d. senam aerobik
e. senam lantai
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan,
inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama/ritmik
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawab :
d. sikap sempurna
|
Setiap gerak senam irama diawali dan diakhiri dengan
...
a. tersenyum
b. menari-nari
c. hormat
d. sikap sempurna
e. bebas bergerak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan,
inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama/ritmik
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawab :
b. satu tangan dan dua tangan
|
Gerak ayunan tangan dapat dilakukan dengan dua cara
yaitu ....
a. lurus dan bengkok
b. satu tangan dan dua tangan
c. kaku dan cepat
d. berirama1/2 dan 2/2
e. dua tangan dan cepat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan,
inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama/ritmik
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawab :
c. keseimbangan
|
Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri
mundur diikuti kaki kanan mundur merapat. gerakan ini merupakan bentuk ....
a. biasa
b. rapat
c. keseimbangan
d. depan
e. silang
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis sistematika latihan (gerak pemanasan,
inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama/ritmik
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawab :
c. keseimbangan
|
Langkah kaki silang dilakukan dengan irama 2/4. gerakan
ini merupakan bentuk langkah ....
a. biasa
b. rapat
c. keseimbangan
d. depan
e. silang
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawab :
c. ayunan dua lengan depan belakang
|
Ayunkan lengan kiri kebelakang diikuti kedua lutut
menekuk. gerakan ini merupakan bentuk ....
a. ayunan satu lengan kesamping
b. ayunan dua lengan ke samping
c. ayunan dua lengan depan belakang
d. ayunan dua lengan silang di muka badan
e. variasi ayunan lengan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawab :
c. ayunan dua lengan depan belakang
|
Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua
lengan harus kedepan. gerakan ini merupakan bentuk...
a. ayunan satu lengan ke samping
b. ayunan dua lengan ke samping
c. ayunan dua lengan depan belakang
d. ayunan dua lengan silang di muka badan
e. variasi ayunan lengan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban:
a. anjur kiri
|
Pada gerakan langkah kaki silang, gerakan awal berdiri
dengan sikap ....
a. anjur kiri
b. kaki diangkat
c. tegak
d. salah satu kaki dilangkahkan kedepan
e. anjur kanan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawab :
a. kekuatan dan daya tahan otot
|
Komponen fisik yang dihasilkan dari kegiatan senam
ritmik adalah ....
a. kekuatan dan daya tahan otot
b. kekuatan dan kelentukan
c. kelentukan dan kelincahan
d. kelincahan dan kecepatan
e. kecepatan dan daya tahan jantung
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempraktikkan hasil sistematika latihan (gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Senam irama/senam ritmik
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawab :
a. kontinuitas gerak
|
Tekanan yang harus diberikan dalam senam irama adalah
....
a. kontinuitas gerak
b. irama yang selalu tepat
c. kekompakan gerak
d. ketahanan gerak
e. keserasian gerak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban:
a. posisi tubuh yang tetap
|
Perbedaan posisi tubuh gaya dada dan gaya bebas
adalah....
a. posisi tubuh yang tetap
b. posisi tubuh yang berubah-ubah
c. posisi tubuh yang tidak stabil
d. mengeluarkan kepala saat mengambil air
e. posisi tubuh yang membelakangi air
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban:
b. gaya katak
|
Nama lain dari renang gaya dada adalah....
a. gaya punggung
b. gaya katak
c. gaya bebas
d. gaya dolphin
e. gaya kupu-kupu
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban:
d. FINA
|
Organisasi renang dunia adalah....
a. FIFA
b. FANI
c. PRSI
d. FINA
e. FORKI
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban:
a. kaki ditendang kearah luar
|
Gerakan kaki pada renang gaya dada adalah
a. kaki ditendang kearah luar
b. naik turun memukl permukaan air
c. kedua kaki dipukulkan kearah air bersamaan
d. kedua kaki didorongkan
e. kaki didoroong kearah dalam
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang ***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban:
c. kedua tangan diluruskan kedepan lallu melakukan
gerakan seperti membelah air
|
gerakan tangan pada renang gaya dada adalah
a. lebuatangan di ayunkan kesamping
b. kedua tangan diayuhkan kedepan scara bergantian
c. kedua tangan diluruskan kedepan lallu melakukan
gerakan seperti membelah air
d. kedua tangan digeraan kearah pinggang seperti
geraka mengayuh
e. kedua tangan ditekan bersamaan kedalam air
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban:
b. terlungkup
|
Pada cabang olah raga renang memiliki beberapa gaya
renang salah satunya yaitu renang gaya bebas pada renang gaya bebas posisi
tubuh adalah
a. terlentang
b. terlungkup
c. terbaring
d. jongkok
e. tiduran
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban:
e. naik turun memukl permukaan air
|
Pada rengan gaya bebas gerakan kaki yang benar adalah
a. kaki diayunkan kedepan dan belakang
b. kaki di ayun kesamping kanan dan kiri
c kaki didorong kebelakang
d. kaki ditekuk dan didorongkan
e. naik turun memukl permukaan air
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban:
d. badan pada saat miring dan lengan sedang dibawah
permukaan air
|
Pengambilan nafas pada renang gaya bebas adalah pada
saat
a. lengan mengayuh kedalam dan badan menghadap
kebawah
b. lengan pada saat kluar dari air dan badan dalam
keadaan miring
c. badan menghadap keatas dan kaki sedang mengayuh
d. badan pada saat miring dan lengan sedang
dibawah permukaan air
e. pada saat kaki mengayuh dan lengan diiringkan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban:
a. renang gaya bebas
|
gaya dalam cabang olah raga renang yang tidak terikat
dengan teknik teknik tertentu adalah
a. renang gaya bebas
b. rengan gaya dada
c. rengan gaya punggung
d. renang gaya katak
e. renang gaya kupu kupu
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan dua gaya
renang***
|
Materi :
·
Renang Gaya Bebas
·
Renang Gaya Dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban:
b. mulut
|
Pernapasan yang dilakukan waktu renang dalam air yaitu
pernapasan....
a. paru-paru
b. mulut
c. hidung
d. perut
e. dada
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan
Psikotropika
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban:
e. soda
|
Berikut ini merupakan jenis-jenis nakorba, kecuali....
a. narkotika
b. psikotropika
c. nikotin
d. alkohol
e. soda
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan
Psikotropika
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban:
d. kecanduan
|
Berikut ini merupakan risiko penyalahgunaan narkoba,
yaitu....
a. kebugaran
b. meningkatkan daya tahan tubuh
c. menambah nafsu makan
d. kecanduan
e. kelaparan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran
: .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan
Psikotropika
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban:
a. kokain
|
Salah satu psikotropika yang mampu menyebabkan
ketergantungan yang sangat tinggi dan tidak disarankan untuk digunakan dalam
terapi adalah.....
a. kokain
b. heroin
c. ekstasi
d. ganja
e. morfin
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan
Psikotropika
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban:
c. gangguan daya ingat
|
Komplikasi medis pada suasana saraf yang diakibatkan
dari penyalahgunaan barkoba adalah....
a. gangguan kecerdasaan
b. gangguan pengelihatan
c. gangguan daya ingat
d. hepatitis b
e. peradangan otot jantung
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan
Psikotropika
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban:
a. remaja yang ingin memperlihatkan bahwa mereka sudah
mampu untuk mandiri dan tidak takut bahaya
|
Di bawah ini yang tidak termasuk ciri-ciri perilaku
remaja yang rawan sebagai penyalahguna narkoba adalah . . . .
a. remaja yang ingin memperlihatkan bahwa mereka sudah
mampu untuk mandiri dan tidak takut bahaya
b. remaja yang tidak berminat pada tujuan akademis,
apalagi tentang agama
c. remaja yang merasa dirinya tidak diterima di
masyarakat
d. remaja yang tidak punya konsep jelas, tentang apa
yang disebut benar, dan apa yang disebut salah
e. remaja yang merasa dirinya kurang sehat dan senang
berfoya-foya
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran
: .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban:
c. kesegaran jasmani meningkat
|
Di bawah ini merupakan sifat-sifat umum obat-obatan
yang tergolong narkoba, kecuali . . . .
a. mematikan rasa nyeri yang membandel
b. mendatangkan rasa malas
c. kesegaran jasmani meningkat
d. pusing-pusing dan mengantuk
e. mematikan semangat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawab :
a. penyalahgunaan obat
|
Memakai obat tanpa indikasi medis/tanpa petunjuk dokter
karena penyakit atau hal lain yang dianjurkan dokter, disebut . . . .
a. penyalahgunaan obat
b. ketagihan obat
c. minum obat
d. kelebihan dosis
e. pemakai obat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban:
a. kokain
|
Jenis narkotika yang diambil dari daun adalah . . . .
a. kokain
b. ekstasi
c. putaw
d. heroin
e. morfin
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban:
a. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997
|
Undang-undang yang mengatur tentang Narkotika adalah .
. . .
a. Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997
b. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 1997
c. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1997
d. Undang-Undang Nomor 51 Tahun 1997
e. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan manfaat jangka panjang dari
partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
|
Materi :
·
Mengenal Narkoba dan Psikotropika
·
Dampak Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba dan Psikotropika
·
Aktivitas Belajar Pemahaman Narkoba dan Psikotropika
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban:
a. ganja
|
Jenis narkotika yang penggunaannya menyerupai rokok
adalah . . . .
a. ganja
b. sabu-sabu
c. kokain
d. inex
e. putaw
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara
mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban :
Pergaulan sehat adalah pergaulanyang membawa pengaruh
positif bagi perkembangan kepribadian seseorang. Sebaliknya pergaulan tidak
sehatmengarah kepada pola perilaku yang merugikan bagi perkembangan dirinya
sendiri maupun dampaknya bagi orang lain.
|
|
Apa yang dimaksud dengan pergaulan sehat?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara
mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban:
Penampilan fisik merupakan aspek penting bagi remaja
dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mereka biasanya mempunyai
standar-standar tertentu tentang sosok fisik ideal yang mereka dambakan. Misalnya,
standar cantik adalah postur tinggi, tubuh langsing dan berkulit putih. Namun
tentu saja tidak semua remaja memiliki kondisi fisik se ideal itu. Karenanya,
remaja harus bisa belajar menerima dan memanfaatkan bagaimanapun kondisi
fisik seefektif mungkin. Remaja harus menanamkan keyakinan bahwa keindahan
lahiriah bukannya makna kecantikan yang sesungguhnya. Kecantikan sejati
justru bersumber dari hati nurani, akhlak, serta kepribadian yang baik.
|
|
Jelaskan tentang penampilan fisik sebagai salah satu sikap
dalam pergaulan remaja?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara
mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban:
Karena dgn pergaulan yg bebas,siswa cenderung
dikendalikan oleh teman2 nya,dan itu akan menjadikan ia tidak fokus dlm
pelajaran.
|
|
Bagaimana pergaulan bebas dapat menurunkan prestasi
belajar?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara
mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban:
pergaulan bebas itu dapat merenggangkan hubungan di
antara keluaraga penyebabnya :
1. kita
jarang atau tidak pernah sama sekali bertegur sapa di lingkungan rumah baik
pada ayah,ibu,adik,maupun kakak.
2. Lebih
mengutamakan pergi ke luar ke timbang berkumpul dengan keluarga.
|
|
Jelaskan bahwa pergaulan bebas dapat merenggangkan
hubungan keluarga ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis bahaya, cara penularan, dan cara
mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban:
Kurangnya pengawasan dan keterbukaan keluarga dalam
perkembangan anak akan sangat mempengaruhi pergaulan anak kemudian anak akan
dengan mudah dan bebas dalam memilih pergaulan tanpa berpikir dampak
negatifnya.
|
|
Jelaskan bahwa faktor keluarga dapat memicu terjadinya
pergaulan bebas ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara
penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban:
Cairan tubuh manusia yang biasa dihuni virus HIV yaitu
darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu.
|
|
Identifikasi cairan tubuh manusia yang bisa dihuni
virus HIV ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara
penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban:
Virus HIV/AIDS akan menampakkan gejala secara klinis
sekitar 7–10 tahun kemudian.
|
|
Berapa lama virus HIV/AIDS akan menampakkan gejala
secara klinis?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara
penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban:
Penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui sebagai
berikut.
a. Transfusi darah dari pengidap HIV.
b. Berhubungan seks dengan pengidap HIV.
c. Sebagian kecil (25–30%) ibu hamil pengidap HIV
menularkan virus kepada janinnya.
d. Alat suntik atau jarum suntik, alat tato, atau alat
tindik yang dipakai bersama dengan penderita HIV / AIDS.
e. Air susu ibu pengidap HIV/AIDS menularkan virus
kepada anak susuannya.
|
|
Bagaimana cara penularan virus HIV/AIDS ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara
penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban:
Tanda-tanda HIV adalah sebagai berikut.
a. Mengalami demam tinggi berkepanjangan.
b. Penderita akan mengalami napas pendek, batuk, nyeri
dada, dan demam.
c. Hilangnya nafsu makan, mual, dan muntah.
d. Mengalami diare yang kronis.
e. Penderita akan kehilangan berat badan tubuh hingga
10% di bawah normal
f. Mengalami batuk berkepanjangan.
g. Infeksi jamur pada mulut dan kerongkongan.
h. Pembengkakan kelenjar getah bening diseluruh tubuh
(di bawah telinga, leher, ketiak, dan lipatan paha).
|
|
Identifikasi tanda-tanda terjangkitnya virus HIV/AIDS?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : XI / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan hasil analisis bahaya, cara
penularan, dan cara mencegah HIV/AIDS
|
Materi :
·
Penyebab Terjadinya Pergaulan Bebas
·
Dampak Pergaulan Bebas
·
Pencegahan pergaulan Bebas
·
Aktivitas Belajar Dampak pergaulan Bebas
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal :50
|
Jawaban:
– HIV masuk ke dalam tubuh.
– Tidak Ada tanda-tanda, penderita HIV tampak sehat dan
merasa sehat.
– Sistem kekebalan tubuh semakin turun.
– Kondisi sistem kekebalan tubuh sangat lemah.
|
|
Identifikasi tahapan gejala HIV menjadi AIDS ?
|
||
No comments:
Post a Comment