RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : VI (Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
- Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
- Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
- Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
- Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
- Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
- Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
- Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
- Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
- Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
- Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.
Lima Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
- Sejarah ASEAN
- Lambang ASEAN
- Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN
- Dasar-dasar verja sama untuk mencapai tujuan pokok
- Struktur sekretariat ASEAN
- Bidang politik dan keamanan
- Bidang ekonomi
- Bidang sosial budaya
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
- Pendekatan kontekstual.
- Pendekatan Cooperatif Learning.
- Diskusi dengan teman sebangku.
- Tanya jawab.
- Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
- Kegiatan Awal
- Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Membagikan lembar ujian yang sudah diperiksa dan dinilai.
- Membahas sekilas soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
- Kegiatan Inti:
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
- Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
- Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
- Bersama-sama menyebutkan pemimpin negaranya.
- Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
- Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
- Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
- Membahas struktur ASEAN.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
- Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan bidang sosial.
- Mendiskusikan dampak ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
- Peta ASEAN.
- Gambar lambang ASEAN.
- Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
- Surat Kabar, dst.
Dalam RPP ini juga dilengkapi dengan format penilaian, pengolahan hasil penilaian, dan Indikator penilaian untuk para siswa. RPP dan silabus berkarakter SD kelas 6 kurikulum KTSP selengkapnya dapat anda unduh melalui link di bawah ini.
RPP Kelas 6 SD Bekarakter
No comments:
Post a Comment