RPP DAN SILABUS BERKARAKTER SD KELAS 6 KURIKULUM KTSP

Berikut adalah RPP dan Silabus berkarakter untuk SD kelas 6 semester 1 dan 2. Isinya meliputi RPP dan Silabus Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPS, IPA, TIK, Sains, dan RPP Tematik. Filenya dapat anda unduh melalui link di bawah. Contoh Salah satu RPP dapat anda lihat di bawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )

Nama Sekolah                      :   ..................................
Mata Pelajaran                     :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                    :   VI (Enam)
Semester                              :   II (Dua)
Alokasi Waktu                     :       4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**

3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar

3.1 Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.

A.    Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
  2. Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
  3. Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
  4. Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
  5. Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
  6. Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
  7. Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
  8. Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
  9. Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
  10. Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
  11. Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.

Lima Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar

  1. Sejarah ASEAN
  2. Lambang ASEAN
  3. Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN
  4. Dasar-dasar verja sama untuk mencapai tujuan pokok
  5. Struktur sekretariat ASEAN
  6. Bidang politik dan keamanan
  7. Bidang ekonomi
  8. Bidang sosial budaya

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran

  1. Pendekatan kontekstual.
  2. Pendekatan Cooperatif Learning.
  3. Diskusi dengan teman sebangku.
  4. Tanya jawab.
  5. Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua.

  • Kegiatan Awal


  1. Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
  2. Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  3. Membagikan lembar ujian yang sudah diperiksa dan dinilai.
  4. Membahas sekilas soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
  • Kegiatan Inti:  
Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  1. Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
  2. Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
  3. Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
  4. Bersama-sama menyebutkan pemimpin negaranya.
  5. Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
  6. Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
  7. Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
  8. Membahas struktur ASEAN.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  1. Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
  2. Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan bidang sosial.
  3. Mendiskusikan dampak ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
  4. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.

Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


  •   Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  1. Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
  2. Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar

  1. Peta ASEAN.
  2. Gambar lambang ASEAN.
  3. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
  4. Surat Kabar, dst.
Dalam RPP ini juga dilengkapi dengan format penilaian, pengolahan hasil penilaian, dan Indikator penilaian untuk para siswa. RPP dan silabus berkarakter SD kelas 6 kurikulum KTSP  selengkapnya dapat anda unduh melalui link di bawah ini.


RPP Kelas 6 SD Bekarakter

No comments:

Post a Comment