RPP DAN SILABUS PELAJARAN KIMIA KELAS X - XII SMU KURIKULUM KTSP

RPP dan Silabus berikut berisi semua pokok bahasan dalam pelajaran kimia untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SMA). Mulai dari kelas X - XII semester ganjil dan genap. Urut-urutan isi RPP adalah Nama Sekolah, Matapelajaran, Kelas, Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator pencapaian kompetensi, Tujuan, materi ajar, Metode pendekata, Alokasi waktu (mulai dari pembukaan, inti, dan kegiatan akhir). Contoh salah satu RPP adalah sebagai berikut:

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM

Nama Sekolah           : 
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  XI IPA / 1

Standar Kompetensi :  1. Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat                                                                       periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.
Kompetensi dasar     :  1.1.   Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk                                                           menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta                                                                       menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
1.      Menjelaskan teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan teori atom mekanika kuantum..
3.      Menentukan bilangan kuantum (kemungkinan elektron berada).
4.      Menggambarkan bentuk orbital.
5.      Menjelaskan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan  bilangan kuantum.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom Niels Bohr
2.      Menjelaskan ide pokok dari teori atom mekanika kuantum
3.      Menentukan bilangan kuantum yang diperbolehkan untuk keberadaan elektron
4.      Mengidentifikasi bentuk orbital s, p dan d
5.      Menjelaskan hubungan kulit dan sub kulit dengan bilangan kuantum.

  Karakter siswa yang diharapkan  : 

  •  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 

  •  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
  1. Pengenalan ilmu kimia
  2. Teori atom Bohr
  3. Teori atom mekanika kuantum
  4. Bilangan-bilangan kuantum
  5. Bentuk orbital
  6. Kulit dan sub kulit
IV.    Metode pendekatan:
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Penugasan
Alokasi Waktu

  • 5 Jam pelajaran
Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami struktur atom dan meramalkan sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul dan dan sifat-sifat senyawa
·        Menentukan bilangan kuantum dan bentuk orbital s, p, d dan f melalui diskusi kelas.
·        Siswa dapat Menjelaskan teori atom bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

V.  Skenario Pembelajaran

Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)

Materi ajar:

  1. Radiasi elektromagnet
  2. Teori atom Niels Bohr
Kegiatan awal

  1. Salam pembuka
  2. Memeriksa kehadiran siswa / Perkenalan
  3. Memperkenalkan program semester
  4. Apersepsi: Di kelas X telah dipelajari perkembangan teori atom, mulai dari teori paling sederhana yang dikemukakan oleh John Dalton sampai teori atom modern yang disebut teori atom mekanika kuantum.  Apakah kamu masih ingat ide pokok dalam masing-masing teori tersebut?  Sekarang kita akan membahas lebih jauh tentang teori atom Niels Bohr dan teori atom mekanika kuantum.  Kita akan membahas fakta-fakta eksperimen yang mendasari kedua teori atom itu sehingga kita dapat memahaminya secara utuh. 
  5. Motivasi: Berdasarkan teori atom mekanika kuantum, kita dapat memahami sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta pembentukan ikatan kimia. 
Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  •   Membahas sifat radiasi elektromagnet dan teori atom Niels Bohr sesuai dengan LKS 1.1 dan LKS 1.2(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Diskusi.  (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  •  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
  •  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir

  •  Menyimpulkan ide pokok dalam teori kuantum Max Planck dan teori atom Niels Bohr.(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  •  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.3)(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
RPP dan Silabus Pelajaran Kimia SMU selengkapnya:


Sumber: LKS dan buku Diktat pelajaran Kimia SMU Kelas X, XI, XII

No comments:

Post a Comment