RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
5.1 Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
C. Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D. Materi Ajar
Operasi penjumlahan dan pengurangan
§ Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
E. Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
F Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
F Guru menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3-4
§ Kegiatan awal
- Apresepsi/ Motivasi
- Mengingatkan kembali macam-macam pecahan yang mereka ketahui atau yang telah mereka pelajari pada kelas sebelumnya. Menjelaskan bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari pada pertemuan ini seperti persen dan desimal.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian persen dan pecahan desimal serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru dan siswa bersama-sama mencari cara mengubah pecahan biasa ke persen maupun ke desimal ataupun sebaliknya mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan biasa, siswa diberi permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
F Menjelaskan tanda-tanda ketaksamaan seperti >, < dan = untuk membandingkan dua buah pecahan yang berbeda jenis.
F Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam mengubah pecahan biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah .
G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
H. Penilaian
RPP dan Silabus selengkapnya:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15 orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah jumlah siswa laki-laki?
o Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
o 20 % dari 8000 adalah………………..
o 35 % dari 10000 adalah……….
o Ubahlah ke dalam bentuk % dan pecahan desimal!
i. = …………..
ii. = ………..
o Ubalah ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 45 % =…….
b. 46% = ……
c. 34 % =…….
o Ubahlah kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 0,6 b. 0,78
c. 0,340
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
| |
Pengetahuan
|
Sikap
| |||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ..............................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RPP dan Silabus selengkapnya:
No comments:
Post a Comment