Untuk persiapan tahun ajaran baru biasanya para pengajar di sekolah-sekolah di sibukkan dengan persiapan perangkat mengajar yang baru. Mungkin RPP dan SILABUS yang saya sajikan dapat membantu Bapak atau Ibu guru dalam menyiapkan bahan ajar khususnya pelajaran penjaskes SMU kelas XII semester 2.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
.................................................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XII / 2
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
Standar Kompetensi
6.
Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
6.1.
Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu
permainan olahraga bola besar
dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama, kejujuran, menerima
kekalahan, kerja keras dan percaya diri**).
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Melakukan latihan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring
dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam,
kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.
Melakukan latihan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam
bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi
yang baik.
3.
Bermain sepakbola dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya
diri.
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat melakukan latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol,
menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki
bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.
Siswa dapat melakukan latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan
berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan
dengan koordinasi yang baik.
3.
Siswa dapat bermain sepakbola
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya
diri.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab,-
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil,
Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan
B.
Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
1.
Variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak)
berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian
luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
2.
Variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan
pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
3.
Bermain sepakbola dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam
bentuk pertandingan.
C.
Metode Pembelajaran
1.
Demontrasi
2.
Inclusive (cakupan)
3.
Bagian dan
keseluruhan (Part and whole)
4.
Permainan
(game)
5.
Saling
menilai sesama teman (Resiprocal)
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan
olahraga bola besar dengan peraturan sebenarnya serta nilai kerjasama,
kejujuran, menerima kekalahan, kerja keras dan percaya diri*
|
·
Latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan,
me-ngontrol, menggiring dan menembak) ber-pasangan dan ber-kelompok.
·
Variasi
dan kombinasi teknik dasar per-mainan sepakbola berpasangan dan ber-kelompok
dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan per-tahanan permainan
·
Bermain
sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
|
·
Siswa
dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan
sepakbola (meng-umpan, mengontrol, meng-giring dan menembak) berpasangan dan
berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan
punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
·
Siswa
dapat Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar per-mainan
sepakbola berpasang-an dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola
penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik
·
Siswa
dapat Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk
menumbuh-kan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan
percaya diri.
|
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
- Kegiatan Pendahuluan
(15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
- Pemanasan secara umum
- Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
- Pemanasan
khusus sepakbola dalam bentuk permainan
- Kegiatan Inti (60
menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
- Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola berpasangan dan berkelompok dalam bentuk penerapan pola penyerangan dan pertahanan permainan dengan koordinasi yang baik.
- Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan
tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
Pertemuan 4
- Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
·
Berbaris, berdoa, presensi,
apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
·
Pemanasan secara umum
·
Berlari mengelilingi lapangan
sepakbola
- Kegiatan Inti (70
menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari :
·
Uji
kompetensi menendang dan mengontrol bolasepak
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Uji kompetensi menggiring
bolasepak
·
Uji kompetensi menembak
bolasepak
·
Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan sepakbola
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Disiplin, Kerja keras, Kreati, Rasa ingin
tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Pendinginan (colling down) (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Evaluasi, diskusi dan
tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreati,
Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Berbaris dan berdoa. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
E.
Alat dan Sumber Belajar
- Alat
Pembelajaran :
·
Bola sepak
atau sejenisnya
·
Lapangan
permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
·
Tiang
gawang
·
Tiang
pancang atau sejenisnya
·
Peluit
- Sumber
Pembelajaran
·
Media
cetak
o
Buku
pegangan guru dan siswa SMA Kelas XII, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o
Lembar
Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o
Buku
permainan sepakbola
·
Media
elektronik
o
Audio/video
visual teknik dasar permainan sepakbola
o
Rekaman/cuplikan
pertandingan sepakbola (liga sepakbola)
F.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Penilaian
a.
Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan
teknik dasar menendang, menahan/mengontrol, menggiring dan menembak bola sepak,
unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian
proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
·
Contoh
penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan
kecabangan)
No
|
Nama Siswa
|
Mengumpan
|
Mengontrol
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh penilaian
produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok)
selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 30 kali
|
……
> 25 kali
|
100%
|
Sangat
Baik
|
25
– 29 kali
|
20
– 24 kali
|
90%
|
Baik
|
20
– 24 kali
|
15
– 19 kali
|
80%
|
Cukup
|
15
– 19 kali
|
10
– 14 kali
|
70%
|
Kurang
|
…….
< 15 kali
|
…….
< 10 kali
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
·
Contoh penilaian produk/prestasi
teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……
> 25 rintangan
|
……
> 20 rintangan
|
100%
|
Sangat
Baik
|
20
– 24 rintangan
|
16
– 19 rintangan
|
90%
|
Baik
|
15
– 19 rintangan
|
11
– 14 rintangan
|
80%
|
Cukup
|
10
– 14 rintangan
|
7
– 10 rintangan
|
70%
|
Kurang
|
…….
< 10 rintangan
|
…….
< 7 rintangan
|
60%
|
Kurang
Sekali
|
b.
Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes
sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan
Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
c.
Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar
permainan sepakbola dengan metode
resiprokal :
No.
|
Nama Siswa
|
Butir-butir Pertanyaan
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No.5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL
(NILAI KOGNITIF) : 20
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Kognitif = -----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan
No
|
Butir Pertanyaan
|
1.
|
Jelaskan tujuan utama permainan
sepakbola!
|
2.
|
Jelaskan tujuan melakukan penyerangan
permainan sepakbola!
|
3.
|
Jelaskan tujuan melakukan pertahanan
permainan sepakbola!
|
4.
|
Jelaskan cara melakukan penyerangan
permainan sepakbola!
|
5.
|
Jelaskan cara melakukan pertahanan
permainan sepakbola!
|
2.
Rekapitulasi Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
NIlai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
- Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
- Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
- Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 70 – 79%
- Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
- Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor
antara = Kurang dari 60%
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel PJOK
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
RPP Selengkapnya dapat anda Download di sini
No comments:
Post a Comment