1. Suatu bantuan yang diberikan kepada individu yang dipilihnya adalah definisi dari ……………..
a. Bantuan b. Bimbingan c. Pengentasan d. Konseling e. BK
2. Pengungkapan fakta atau data tentang siswa, serta pengarahan kepada siswa untuk dapat ,adalah……………………..
a. Konseling b. Konselor c. Konseli d. Komunikasi e. Koordinasi
3. Bimbingan konseling adalah suatu proses…………..
a. Pengajaran b. pembelajaran c. Pengetahuan
d. Pelayananbantuan e. Pemahaman
4. Fokusutama dari Bimbingan Konseling adalah memberikan layanan secara langsung tentang layanan…………………..
a. Orientasi b. Informasi c. Bimbingankelompok
d. Semuajawabanbenar e. Semuajawabansalah
5. Tujuansecaraumumdiberikanbimbingankonseling di sekolahadalah……………….
a. Membantuperkembangankepribadiansiswa
b. Menggalipotensisiswa
c. Meningkatkanperansiswa agar dapatmengahadapitantangan
d. Semuajawabanbenar
e. Semuajawabansalah
6. Memilikipemahamandiri, dapatmengembangkansikappositif, membuatkegiatansecarasehat, adalahtermasukdalamaspekperkembangan …………………
a. Pribadi-sosial b. Pendidikan c. Perkembangankarir
d. Sosialbudaya e. Pengajaran
7. Dalamaspekpendidikan, layananbimbinganmembantusiswa agar dapat…………….
a. Melaksanakancarabelajar yang benar
b. Menetapkantujuandanrencanapendidikan
c. Mencapaiprestasibelajar yang optimal
d. Semuajawabanbenar
e. Semuajawabansalah
8.Fungsibimbingan yang akanmenghasilkanterhindarnyasiswadariberbagaipermasalahan yang dapatmenghambatdalam proses perkembangansiswa ,adalahmerupakanfungsi……………..
a. Pemeliharaan b. Advokasi c. Perbaikan d. Pengentasan e. pencegahan
9. Seorangkonselorberhakmemberikanpembelaankepadasiswadarihal-haldankepentingannyasesuaikebutuhansiswa, haliniadalahtermasukdalamfungsi………………….
a. Pemahaman b. Advokasi c. Perbaikan d. Pengentasa e. Pencegahan
10.Berdasarkan pengertian dan tujuan bimbingan konseling yaningindicapaiadaberapalayananbimbingan yang andaketahui………………………
a. 2 fungsi b. 3 fungsi c. 4 fungsi d. 5 fungsi e. 6 fungsi
11. Perubahantingkahlakudaritidaktahumenjaditahu, tidaktrampilmenjaditrampil, adalahdefinisidari……………..
a. Berusaha b. Belajar c. Mengetahui d. Soktahu e. Mahir
12. Mengalami, berbuat, mereaksidanmelampauiadalahsuatu proses dalam………………
a. Belajar b. Berjalan c. Berinteraksi d. Berkomunikasi e. Semuajawabansalah
13. Landasanutamadalammencapaikeberhasilanbelajaradalah…………..
a. Kesiapan Fisik b. Kesiapan sarana c. Kesiapan mental
d. Kesiapan materi e. Kesiapan lingkungan
14. Setiap mata diklat harus diikuti dengan baik, sikap yang harus diambil adalah............
a. positif dengan menyukai semua mata pelajaran
b. negatif saja dan memilih yang disukai
c. Tidak usah diikuti semuanya
d. Diikuti bila gurunya enak diajak bercanda e. Diiukuti bila ada waktu
15. Kesehatan yang kurang baik, malas dan emosi yang tidak stabil adalah merupakan hambatan dalam belajar yang berasal dari......................
a. Dalam diri b. Luar diri c. Hambatan teman d. Hambatan keluarga e. Semua salah
16. Perasaan pesimis, rendah diri, tertekan, takut dan cemas dalam mengikuti pelajaran adalah termasuk dalam................................
a. Fisik yang kurang sehat
b. Kelelahan psikologis
c. Persepsi negatif
d. Kebiasaan buruk
e. Pengaruh teman
17. Keluarga atau guru yang kurang memberi dorongan, adalah termasuk suatu hambatan belajar yang berasal dari...............................
a. dari luar diri b. Dari dalam diri c. Dari pribadi yang malas
d. Dari keadaan fisik e. Dari perasaan individu
18. Dari keseluruhan hambatan yang ada pada belajar, yang paling mempengaruhi kecepatan dan kemudahan dalam belajar adalah.......................
a. Malas b. Ngantuk c. Persepsi negatif d. Belajar kelompok e. Kecapekan
19. Menggunakan otak secara maksimal dan gaya belajar adalah merupakan................. dalam belajar
a. Modalitas b. Ketentuan c. Persepsi negatif d. Berpikir positif e. Kenyamanan
20. Yang bertugas memunculkan kreatifitas, imajinasi dan emosi, adalah otak ...................
a. Otak kiri b. Otak kanan c. Kiri dan kanan d. Hanya sebagian e Keseluruhan
21. Dalam bekerja untuk menganalisis, menghitung dan logika, diperlukan pekerjaan otak kiri sebanyak.............................................
a. 30 % b. 40 % c. 20 % d. 10 % e. 0%
22. Gaya belajar dengan cara menyentuh, bergerak, menggenggam adalah termasuk dalam gaya belajar................
a. Visual b. Audio c. Visual- audio d. Kinesthetic e. Mendengar
23. Pelaksanaan belajar dengan waktu efektif, akan lebih baik hasilnya. Yaitu dengan cara......................
a. 4 x 24 jam b. 4 x 4 jam c. 2 x 4 jam d. 4 x 2 jam e. 2 x 24 jam
24. Melatih kecepatan membaca juga merupakan teknik dalam belajar afektif, yaitu.......................
a. 2000 kata/menit b. 200 kata/menit c. 20 kata/menit
d.2 kata/menit e. 200 km/jam
25. Sikap sopan santun atau aturan yang mengatur hubungan antara kelompok manusia yang beradab dalam pergaulan, disebut sebagai.....................
a. Etika b. Etiket c. Karakter d. Hoby e. Persepsi
26. Program yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, adalah.............................
a. program keluarga berencana b. Program PIK-R c. Program Adikarsa
d. Program Adiwiyata e. Program Pemerintah
27. Program Adiwiyata diadakan dengan tujuan...........................
a. Menciptakan kondisi yang baik
b. Upaya penyelamatan lingkungan hidup
c. Agar menjadi tempat pembelajaran yang baik
d. Menjadi tempat penyadaran bagi warga sekolah
e. Semua jawaban benar.
28. Hari-hari yang berhubungan dengan kesehatan dan lingkungan hidup antara lain.................
a. 10 Jun :i Hari L H b. 24 Maret: Hari Air c. 27 Maret: Hari Sampah
d. 1 April : Hari Bumi e. 1 Desember : Hari peduli HIV/AIDS
29. Lingkunganmasyarakatterkecilkita ,dapatkitamulaidari :
a. lingkungansekolah b. lingkungankeluarga c. lingkungandesa d. tetanggasekitar e. masyarakatluas
30. Penampilankitaakanmenunjukkansiapadirikita, makaperludiperhatikan :
a. hendaknyaberpakain yang pantas
b. tidakmemakaipakaiantidursaatmenerimatamu
c. warnapakaiandisesuaikandengankulit
d. semuapernyataanbenar
e. pakaian yang berwarnagelapdipakaimalamhari
31. Mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup adalah merupakan.......................
a. Tujuan adiwiyata b. Ketentuan adiwiyata c. Program adiwiyata
d. Program belajar mengajar e. Definisi adiwiyata
32. Tata carabertamujugamempunyaiartipenting, olehkarenaituharusdiperhatikan :
a. jikabertamukitatidakperlumengetukpintu
b. karena yang kitacarianaknya, makatidakperlupermisikepada orang tuanya
c. bertamusaat jam makanmalam, agar kitajugadiajakmakanbersama
d. bertamutidakterlalu lama, sesingkatmungkinmenurutkeperluan
e. bertamusaat jam istirahat
33. Sumbermotivasiakankitadapatkandari :
a. konsephidup yang kuat b. pergaulan c. orang-orangterdekat
c. semuajawabansalah e. jawaban a dam b benar
34. Menilai orang lainadalahmudahdaripadamenilaidirisendiri. Atasdasartersebutusaha yang andalakukan:
a. belajar menilai orang lain
b. mencoba untuk adil pada teman
c. meyakini bahwa teman itu baik
d. kesadaran untuk berbagi dengan teman
e. berupaya untuk obyektif
35.. Agar anda tidak terisolir di lingkungan masyarakat, anda harus ……………
a. selalu mematuhinorma yang ada
b mematuhinormamasyarakatsetempat
c. cukupmematuhinorma
d. sedikitpatuhdanambil yang pentingsaja
e. tidakpatuh
36. Kesuksesan dalam berkomunikasi sangat tergantung pada.....................
a. Pakaian kita b. Make up kita c. Asesories yang dipakai
d. Cara penampilan diri e. Lingkungan kita
37. Manusia adalah individu yang khas, artinya adalah...........................
a. Setiap manusia berbeda satu dengan yang lain
b. Mempunyai gaya masing-masing
c. Berkepribadian yang tidak sama
d. Jawaban a dan c benar
e. Semua jawaban benar
38. Untuk memantapkan rasa percaya diri pada setiap orang, perlu ditekankan pada dua hal yaitu..........................
a. Penilaian diri dan persepsi negatif
b. Penilaian diri dan peran lingkungan
c. Penilaian diri dan penampilan
d. Persepsi negatif dan positif
e. Penampilan dan gaya bahasa yang dipakai
39. Anggapan negatif terhadap diri sendiri yang terus menerus kita pelihara, akan menggerogoti rasa percaya diri kita. Oleh karena itu setiap individu harus memiliki...................
a. Penilaian positif pada diri sendiri
b. Tidak meninggikan diri sendiri
c. Menilai rendah pada diri sendiri
d. Bercermin pada artis pujaan
e. Tidak perlu memotivasi diri
40. Dengan menjadi dirsendiri maka kita akan..........................
a. Bebas beraksi b. Bebas berekspresi c. Bebas berkomunikasi
d. Jawaban semua salah e. Jawaban a,b dan c benar
II. ISILAH DENGAN URAIAN
1. Jelaskan pengertian bimbingan dan konseling di sekolah
2. Jelaskan apa tujuan bimbingan konseling dalam aspek pendidikan ?
3. Tukiskan perubahan tingkah laku dari hasil belajar yang pernah kalian alami !
4. Sebut dan jelaskan hambatan belajar yang berasal dari luar diri !
5. Jelaskan perbedaan antara etika dan etiket !
6. Dalam etika komunikasi kita diharapkan menjadi seorang yang berinisiatif dalam membuka dialog. Jelaskan menurut pendapat anda !
7. Jelaskan tentang Adiwiyata yang anda ketahui !
8. Kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan untuk penyelamatan lingkungan hidup di lingkungan sekolah, jelaskan !
9. Berikan 3 tips sederhana menyelamatkan bumi tentang peduli transportasi !
10. Jelaskan tentang percaya diri menurut pendapat anda !
SOAL SEMESTER PEL. BP KL X SMK
Download
No comments:
Post a Comment