SEBAB-SEBAB KECELAKAAN KERJA

Siapa sih yang menginginkan kecelakaan kerja? Semua orang tentu tidak menginginkannya. Semua orang menginginkan selamat dimanapun dia berada termasuk di tempat kerja. Bagi orang yang sedang bekerja, keselamatan adalah yang nomor satu. Jargon-jargon seperti "Utamakan Keslamatan) yang mengingatkan pentingnya keselamatan kerja hendaknya selalu di tulis di tempat kerja. Namun terkadang kecelakaan kerja masih saja sering terjadi. 

Secara garis besar penyebab kcelakaan kerja dibagi menjadi dua, yaitu faktor manusia dan faktor lingkungan.

Faktor manusia

Kecelakaan kerja yang disebabkan oleh faktor manusia antara lain:
  1. Kurangnya ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang yang sedang bekerja. Misalnya orang yang kurang pandai nyetir mobil nekat menjalankan mobil, maka kemungkinan besar akan menabrak.
  2. Ketidaktahuan. Manusia memang tempatnya lupa, namun jika kelupaan itu menyebabkan kecelakaan, tentu harus ekstra hati-hati. Taati peraturan dan prosedur yang ada demi keselamatan kerja.
  3. Kurangnya kemampuan seseorang dalam menjalankan pekerjaanya.
  4. Kurang konsentrasi. Dalam bekerja hendaknya pikiran harus konsentrasi pada pekerjaan. Kurang konsentrasi misalnya ngelamun sangat membahayakan seseorang dalam bekerja, apalagi jika sedang menjalankan mesin.
  5. Bekerja tanpa peralatan keselamatan. Nah ini juga sangat beresiko. Terutama bagi yang pekerjaanya memanjat tempat-tempat yang tinggi. peralatan pengaman mutlak sangat diperlukan, agar tidak terjadi kecelakaan misalnya terjatuh. Juga bagi orang-orang yang bekerja ditempat yang mengeluarkan polusi, hendaknya juga menggunakan peralatan pelindung agar tidak terkena radiasi yang membahayakan kesehatan.
  6. Terlalu berani mengambil resiko. Contoh orang yang ngelas pakai las listrik hendaknya menggunkanan topeng atau minimal kacamata. Untuk menghindari silau yang merusak mata. Namun Sering para pekerja las tidak melakukannya karena alasan terlalu ribet atau tidak telaten.
  7. Bermain dan bergurau ketika sedang bekerja. Bekerja sambil bergurau juga dapat menyebabkan kelalaian seseorang.
Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja antara lain sebagai berikut:
  1. Tempat kerja yang tidak memenuhi syarat-syarat keselamatan dan kesehatan kerja. Misalnya saja tempat kerja yang terlalu gelap, suhu tempat kerja yang terlalu panas-terlalu dingin, Banyak radiasi yang dapat menggangu kesehatan,  dan Tempat kerja yang kotor, 
  2. Banyaknya bahan-bahan yang mudah meledak ditempat kerja
  3. Transportasi kerja yang tidak memadai
  4. Kondisi peralatan yang tidak layak pakai sehingga membahayakan bagi pekerja.

No comments:

Post a Comment