RPP UNTUK KELAS 1 SD SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah perangkat  yang dipersiapkan untuk memudahkan pembelajaran. Mempunyai RPP berarti sudah menyiapkan apa yang akan disampaikan kepada siswa. Disamping materi-materi yang akan disampaikan, di dalam RPP juga dipersiapkan metode mengajar yang akan digunakan serta alat untuk mengevaluasi keberhasilan pembelajaran yang diterima siswa.

RPP terdiri dari komponen program kegiatan belajar dan proses pelaksanaan program. Komponen program mencakup KD, materi standar, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan waktu belajar. Dengan demikian, RPP pada hakekatnya merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan serta berinteraksi satu denganlainnya, dan memuat langkah-langkah pelaksanaannya untuk mencapai tujuan yaitu membentuk kompentensi yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Pemerintah melalui dinas pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan mewajibkan guru untuk mempunyai RPP dan silabus serta perangkat mengajar yang lainnya. Walaupun diwajibkan ternyata membuat RPP bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi tugas guru untuk mengajar satu minggunya terkadang penuh hingga tidak punya waktu luang lagi untuk mengerjakan perangkat pembelajaran yang dirasa begitu banyak. Namun yang namanya tugas seberat apapun tetap harus dijalankan meskipun terasa sulit.

Hampir setiap tahun pemerintah juga mengadakan berbagai diklat atau pelatihan tentang bagaimana cara membuat RPP dan silabus yang benar dan mudah untuk dilaksanakan . Ini semua dilakukan untuk mendukung keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan. Berikut ini adalah contoh RPP dan silabus untuk sekolah dasar kelas 1 semester 1 kurikulum 2013

Untuk mendapatkan file RPP UNTUK KELAS 1 SD SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 secara lengkap dapat anda unduh di link download di bawah ini.

Download


No comments:

Post a Comment