RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA SMP KELAS VII, VIII, IX LENGKAP KURIKULUM KTSP

Jika kita perhatikan tujuan pembelajaran seni budaya di sekolah tingkat SMP, kita akan menemukan ada empat dimensi tujuan pembelajaran seni budaya, yaitu:
  • Siswa dapat mengerti dan memahami konsep dan pentingnya seni budaya
  • Siswa dapat menunjukkan sikap apresiasi terhadap seni
  • Siswa dapat menunjukkan sekap kreatif melalui seni budaya
  • Siswa dapat menunjukkan peran sertanya dalam pengembangan seni budaya dalam tingkat lokal, regional, dan global.
Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek sebagai berikut : 1) Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya. 2) Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik. 3) Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari. 4) Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.

Sampai di sini, kita (saya) sampai pada suatu pemahaman bahwa sebagai guru seni budaya saya punya kewajiban untuk mengajarkan materi seni budaya secara utuh agar tujuan mata pelajaran seni budaya tidak hanya tercapai secara parsial, terbatas pada empat atau bahkan salah satu dari keempat aspek ruang lingkup mata pelajaran seni seperti diutarakan di atas. Jadi, dalam dataran konsep yang bersifat apresiatif dengan sasaran utama ranah kognitif dan lebih jauh lagi ranah afektif, seorang guru seni budaya dituntut untuk menguasai konsep mata pelajaran seni budaya secara utuh.

Berikut ini saya menyajikan perangkat mengajar pelajara seni budaya untuk SMP. Perangkat mengajar yang saya sajikan berisi  Silabus, RPP,  Program semester (Promes), Program tahunan (Prota), Pemetaan, dan KKM. Untuk semester 1-2. 

24 comments:

  1. makasih mas mbak pak buk bro sis, ijin sedot

    ReplyDelete
  2. Ijin sedod min.. maksih bnyk.. sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Trimakasih ........!
    sangat bagus

    ReplyDelete
  4. Nurut saya, kalau untuk menyediakan pengetahuan umum tentang seni, ya silabus ini dah cukup...
    Tapi kalo untuk menghasilkan (outcome) anak orang yang bisa berfungsi sebagai praktisi seni, yaa...masih jauuuh dari "destinasi". Aliasnya, dari segi praksis, silabus ini masih "cethek".
    Maaf, ini dari cara pandang & pengalaman pelaku seni lho..
    Maaf, saya memang bukan guru sekolah formal...
    Maaf....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya saja SMP, ada sekitar 16 mata pelajaran yang harus diterima siswa. Dan tidak mungkin kalau ke 16 mata pelajaran tersebut siswa harus outcome semua. Dan anda juga pernah mengalami menjadi siswa SMP, dan sekarang kalau boleh tahu, anda ahli dalam bidang apa?

      Delete
  5. trimskasih byk pak..sangat membantu diri saya...semoga dicatat sebagai amal ibadah panjenengan, aamiin.. :)

    ReplyDelete
  6. makasih, sangat membantu silabus dan rpp tentang musik nya

    ReplyDelete
  7. Matur suwun.... Lemah teles, gusti Allah seng mbales, Aamiin...

    ReplyDelete
  8. Terimakasih semoga bermanfaat dengan bidang study yg diajarkan

    ReplyDelete
  9. trimakasih sangat membantu & bermanfaat

    ReplyDelete