KARTU SOAL PKN KELAS 12 SEM 1


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

Materi :
·         Penertian Hak asasi manusia
·         pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·         upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: e. UU No. 39 tahun 1999

Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia, merupakan pengertian HAM menurut ....
a. Komisi HAM PBB d. Koentjoro Poerbopranoto
b. John Locke e. UU No. 39 tahun 1999
c. Aristoteles

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

Materi :
·         Penertian Hak asasi manusia
·         pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·         upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan

Hak Asasi Manusia menyangkut hak hidup, hak kemerdekaan, dan hak memiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat, karena ....
a. Diturunkan dari orang tua kandung d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
b. Bersifat sangat pribadi dan ekslusif e. Merupakan eksistensi manusia bermartabat
c. Sudah dibawa sejak manusia lahir


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

Materi :
·         Penertian Hak asasi manusia
·         pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·         upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: c. Mendapatkan pengajaran dan mengembangkan kebudayaan
Salah satu contoh pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya adalah ....
a. Mendapat pengajaran
b. Memilih perguruan tinggi negeri
c. Mendapatkan pengajaran dan mengembangkan kebudayaan
d. Mengembangkan kebudayaan
e. Mendapatkan pendidikan secara gratis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

Materi :
·         Penertian Hak asasi manusia
·         pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·         upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: a. Genocida
Kejahatan berat yang menjadi keprihatinan masyarakat internasional adalah ....
a. Genocida d. Sindikat narkotika dan obat-obatan terlarang
b. Pencurian uang di bank internasional e. Pembunuhan terhadap orang asing
c. Pelecehan nama baik kepala negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan hak asasi manusia

Materi :
·         Penertian Hak asasi manusia
·         pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·         upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: d. UU No. 39 Tahun 1999
Salah satu upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia, yaitu dibuatnya peraturan perundang-undangan tentang Hak Asasi Manusia yang diatur dalam ....
a. UU No. 5 Tahun 1998 d. UU No. 39 Tahun 1999
b. Keppres No. 181 tahun 1998 e. Keppres No. 129 Tahun 1999
c. UU No. 26 Tahun 2000

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
·         sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: b. Membentuk Komnas HAM dan pengadilan HAM
Sebagai bentuk perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia adalah ....
a. mengembangkan kebebasan pers
b. Membentuk Komnas HAM dan pengadilan HAM
c. Memasukkan pendidikan kewarganegaraan di sekolah
d. Mengekang pengunjuk rasa dengan menggunakan kekerasan
e. Memilih jaksa agung yang berani

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
·         sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: e. Pasal 28 I ayat 4
Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah. Merupakan bunyi UUD 1945 pasal ....
a. Pasal 29 ayat 2 d. Pasal 28 J ayat 2
b. Pasal 28 I ayat 5 e. Pasal 28 I ayat 4
c. Pasal 28 J ayat 1

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
·         sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: c. Cinta sesama
Contoh sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, antara lain ....
a. Melakukan musyawarah untuk mufakat d. Cinta tanah air dan bangsa
b. Kerja keras dengan terpaksa e. Menikmati hasil karya orang lain
c. Cinta sesama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
·         sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: b. Kebebasan mengemukakan pendapat
HAM dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai Pancasila adalah...
a. Diberi kebebasan dalam memiliki harta d. Boleh memeluk agama tanpa batasan
b. Kebebasan mengemukakan pendapat e. Melaksanakan perubahan sesuai ajaran agama
c. Mempunyai martabat yang luhur

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi Manusia
·         sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·         Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: d. Keppres Nomor 50 Tahun 1993
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia adalah ….
a. PP Nomor 30 Tahun 1993 d. Keppres Nomor 50 Tahun 1993
b. Inpres Nomor 50 Tahun 1994 e. Keppres Nomor 20 Tahun 1993
c. Keppres Nomor 10 Tahun 1997

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·         rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·         Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban: b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan adalah . . . .
a. memeriksa dan mengesahkan rencana anggaran belanja negara
b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
c. menindak pelanggaran penggunaan keuangan negara
d. mengelola pembiayaan pembangunan nasional
e. mengajukan anggaran pembelanjaan negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·         rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·         Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban: a. 23 Ayat 1
Anggaran pendapatan dan belanja negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang. Hal ini diatur dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23 Ayat 1
b. 23 Ayat 2
c. 23 Ayat 3
d. 23B
e. 23

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·         rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·         Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban: c. 23 ayat 3

Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang diusulkan oleh Presiden, Pemerintah menjalankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun yang lalu. Pernyataan ini terdapat dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23 ayat 1
b. 23 ayat 2
c. 23 ayat 3
d. 23B
e. 23


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·         rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·         Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban: b. 23D

Negara memiliki suatu bank sentral. Hal ini dinyatakan dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23C
b. 23D
c. 23E
d. 23F
e. 24

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·         rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·         Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: c. 23E

Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri. Hal ini dinyatakan dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23C
b. 23D
c. 23E
d. 23F
e. 24

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
Materi :
·         Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·         Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·         Pengadilan tingkat banding
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara

Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan adalah . . . .
a. memeriksa dan mengesahkan rencana anggaran belanja negara
b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
c. menindak pelanggaran penggunaan keuangan negara
d. mengelola pembiayaan pembangunan nasional
e. mengajukan anggaran pembelanjaan negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
Materi :
·         Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·         Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·         Pengadilan tingkat banding
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: d. umum

Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan, yaituperadilan ….
a. agama
b. militer
c. HAM
d. umum
e. khusus

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
Materi :
·         Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·         Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·         Pengadilan tingkat banding
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: b. Pengadilan Tinggi

Pengadilan tingkat banding, yaitu ….
a. Mahkamah Agung
b. Pengadilan Tinggi
c. Pengadilan Negeri
d. Pengadilan Agama
e. Peradilan HAM

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
Materi :
·         Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·         Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·         Pengadilan tingkat banding
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: a. Pengadilan Militer

Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI, meliputi angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara yaitu ….
a. Pengadilan Militer
b. Pengadilan Agama
c. Pengadilan HAM
d. MK
e. Pengadilan Tipikor

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan penegakan hukum di tengah masyarakat
Materi :
·         Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·         Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·         Pengadilan tingkat banding
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban: d. presiden

Ketua dan wakil ketua MA diangkat oleh ….
a. wakil presiden
b. DPR
c. hakim agung
d. presiden
e. Komisi Yudisial

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: c. 3 ayat (1)

Salah satu kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam pasal . . . .
a. 2 ayat (1) b. 2 ayat (2) c. 3 ayat (1) d. 3 ayat (2) e. 3 ayat (3)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: c. 3 ayat (1)

Salah satu kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam pasal . . . .
a. 2 ayat (1) b. 2 ayat (2) c. 3 ayat (1) d. 3 ayat (2) e. 3 ayat (3)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: b. DPR

Lembaga negara yang memegang kekuasaan membentuk undang-undang dan melakukan sedikitnya persidangan sekali dalam setahun ialah . . . .
a. MPR b. DPR c. DPD d. MA e. MK

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: c. MA

Perhatikan cerita berikut!
Seorang terdakwa mengajukan grasi kepada presiden dengan tujuan supaya hukumannya diperingan. Presiden mengabulkan permohonan grasi yang diajukan terdakwa dengan memperhatikan pertimbangan dari salah satu lembaga negara. Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden dalam cerita di atas yaitu . . . .
a. MPR b. DPR c. MA d. MK e. KY

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: b. DPR

Lembaga negara yang memiliki fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan adalah. . . .
a. MPR b. DPR c. DPD d. BPK e. Presiden

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang dasar
·         Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·         Cara mengajukan kasasi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: b. Mahkamah Agung

Perhatikan cerita berikut!
Seorang terdakwa kasus korupsi dijatuhi hukuman lima belas tahun penjara oleh pengadilan negeri. Dia tidak terima atas putusan pengadilan negeri tersebut dan mengajukan banding kepada pengadilan tinggi. Akan tetapi, permohonannya ditolak oleh pengadilan tinggi. Upaya dilakukan kembali agar hukumannya dapat menjadi ringan dengan mengajukan kasasi. Terdakwa tersebut mengajukan kasasi kepada. . . .
a. Mahkamah Konstitusi c. Komisi Yudisial e. DPR
b. Mahkamah Agung d. Presiden

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Macam-macam lembga yudikatif
·         Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·         Tugas mahkamah konstitusi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: d. 2, 4, dan 5

Perhatikan lembaga negara berikut!
1) BPK
2) MA
3) DPD
4) MK
5) KY
Lembaga yudikatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 3, dan 4 c. 2, 3, dan 4 d. 2, 4, dan 5 e. 3, 4, dan 5

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Macam-macam lembga yudikatif
·         Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·         Tugas mahkamah konstitusi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: e. 3, 4, dan 5

Perhatikan tugas dan wewenang berikut!
1) Menyusun dan menetapkan APBN.
2) Mengajukan kepada DPR tentang rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah.
3) Memberi pertimbangan kepada DPR atas rancangan undang-undang APBN.
4) Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
5) Melakukan pengawasan atas pelaksanaan otonomi daerah.
Tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 3, dan 4 c. 2, 3, dan 4 d. 2, 3, dan 5 e. 3, 4, dan 5

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Macam-macam lembga yudikatif
·         Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·         Tugas mahkamah konstitusi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: c. komunikasi politik

Perhatikan cerita berikut!
Sengketa dialami oleh desa X dan desa Y. Salah seorang aktivis partai A melakukan mediasi terhadap kedua desa tersebut.
Mediasi dilakukan agar sengketa dapat diselesaikan dengan jalan damai.
Dalam memediasi desa yang bersengketa, berarti partai politik sedang melakukan fungsi . . . .
a. pengatur konflik c. komunikasi politik e. artikulasi kepentingan
b. sosialisasi politik d. agregasi kepentingan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Macam-macam lembga yudikatif
·         Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·         Tugas mahkamah konstitusi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: c. 1) dan 4)

Perhatikan kewenangan berikut!
1) Menerima permohonan kasasi.
2) Memberi putusan pendapat DPR mengenai dugaan pelanggaran oleh presiden dan/atau wakil presiden.
3) Memutuskan pembubaran partai politik.
4) Melakukan uji materi terhadap peraturan perundang-undangan di bawah undangundang.
Mahkamah Agung memiliki kewenangan yang ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c. 1) dan 4) d. 2) dan 3) e. 2) dan 4)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Macam-macam lembga yudikatif
·         Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·         Tugas mahkamah konstitusi
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: c. Mahkamah Konstitusi

Perhatikan cerita berikut!
Pada pemilu presiden tahun 2014 terjadi perbedaan hasil penghitungan suara yang didapat oleh setiap calon pasangan presiden dan wakil presiden. Akibatnya, terjadilah perselisihan antarkedua belah kubu calon pasangan presiden dan wakil presiden. Oleh karena itu, salah satu kubu yang tidak terima dengan hasil penghitungan suara mengajukan kasus ini ke lembaga X agar perselisihan diputus secara adil. Lembaga X yang berwenang memutuskan perkara yaitu . . . .
a. Komisi Yudisial c. Mahkamah Konstitusi e. Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. Mahkamah Agung d. Dewan Perwakilan Rakyat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara
·         Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
·         Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: c. 34

Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara, salah satunya adalah adanya hak mendapatkan jaminan keadilan dan kesejahteraan social yang tertuang dalam pasal . . .
a. 28
b. 30
c. 34
d. 36
e. 37

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara
·         Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
·         Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: b. 2)

Perhatikan pernyataan- pernyataan berikut!
1) Hak membela Negara
2) Hak memperoleh pekerjaan
3) Hak beragama dan beribadah
4) Hak mendapatkan pendidikan
5) Hak berserikat dan berkumpul
Dari pernyataan diatas, yang merupakan hak warga Negara Indonesia yang diatur dalam UUD 1945 pasal 27 ayat (2) ditunjukkan pada nomor . . .
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)
e. 5)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara
·         Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
·         Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: a. Alinea I pembukaan UUD 1945

Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan diatur dalam . . .
a. Alinea I pembukaan UUD 1945
b. Alinea II pembukaan UUD 1945
c. Alinea III pembukaan UUD 1945
d. Alinea IV pembukaan UUD 1945
e. Pasal 2 Aturan Peralihan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara
·         Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
·         Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: d. Memiliki hak yang sama untuk didampingi pembela dan pemeriksaan dipengadilan
Aspek persamaan kedudukan warga Negara yang diwujudkan dalam aspek hukum yaitu . . .
a. Memiliki hak untuk mendapatkan cuti
b. Kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya
c. Memiliki hak untuk memajukan kebudayaan daerah
d. Memiliki hak yang sama untuk didampingi pembela dan pemeriksaan dipengadilan
e. Memiliki hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan warga Negara
·         Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan
·         Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: b. 28
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD 1945 pasal . . .
a. 27
b. 28
c. 29
d. 30
e. 31

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·         Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban: b. tidak membayar pajak
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara adalah ...
a. menaati hukum yang berlaku
b. tidak membayar pajak
c. tidak memeluk agama
d. tidak mempunyai tempat tinggal tetap
e. penangkapan dan penahanan masyarakat sipil oleh aparat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·         Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban: c. hak
Kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah ditentukan oleh undang-undang disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. hak warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·         Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban: e. hak memiliki kekayaan
Berikut merupakan hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara, kecuali ...
a. hak politik
b. hak ekonomi
c. hak hukum
d. hak pendidikan
e. hak memiliki kekayaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·         Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban: c. 31 ayat 2
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah diatur dalam pasal ... UUD 1945.
a. 30 ayat 1
b. 31 ayat 1
c. 31 ayat 2
d. 32 ayat 1
e. 32 ayat 2

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
Materi :
·         Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·         hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·         Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai oleh pemerintah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban: d. kewajiban
Sesuatu yang harus dikerjakan warga negara dan bersifat memaksa. Jika tidak dikerjakan mendapat sanksi disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. kewajiban warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara
·         Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·         Tugas dan wewenang DPR
·         Tugas Mahkamah Agung
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban:
Melakukan pengkajian, pada penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan keuangan dan pembangunanPerumusan dan pelaksanaan dalam kebijakan terhadap pengawasan keuangan dan Pembangunan Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugasMelakukan pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan pengawasan keuangan yang berjalan pada pemerintahan Indonesia.
Bagaimana peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara
·         Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·         Tugas dan wewenang DPR
·         Tugas Mahkamah Agung
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban:
BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara kepada DPR. Namun, untuk keperluan tindak lanjut hasil pemeriksaan tersebut, BPK menyerahkan pula hasil pemeriksaan secara tertulis kepada Presiden.
Kemana Badan Pemeriksa Keuangan Melaporkan Tugasnya?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara
·         Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·         Tugas dan wewenang DPR
·         Tugas Mahkamah Agung
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban:
Lembaga mana saja yang diperiksa BPK? BPKmemeriksa seluruh keuangan negara, yang meliputi penerimaan negara (baik berupa pajak dan non pajak, seluruh asset dan utang-piutang negara, penempatan kekayaan negara) serta penggunaan pengeluaran negara.
Hal hal apa saja yang di periksa oleh BPK?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara
·         Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·         Tugas dan wewenang DPR
·         Tugas Mahkamah Agung
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban:
tugas dan wewenang DPD yaitu:
a. Mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah.
b. Ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah, yang diajukan baik oleh DPR maupun pemerintah.
c. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas rancangan undang-undang APBN dan rancangan undang-undang pajak, pendidikan, dan agama.
d. Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
e. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.
f. Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR tentang rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN.
Sebutkan tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Materi :
·         peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara
·         Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·         Tugas dan wewenang DPR
·         Tugas Mahkamah Agung
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban:
adapun kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut pasal 24A UUD 1945, sebagai berikut.
Pasal 24A
(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
Sebutkan kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut UUD 1945?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika

4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Materi :
·         Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·         mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·         peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban:
beberapa fungsi partisipasi politik adalah sebagai berikut.
a. Sarana untuk mengejar kebutuhan ekonomi, partisipasi politik seringkali muncul dalam bentuk upaya-upaya menjadikan arena politik untuk memperlancar usaha ekonominya ataupun sebagai sarana untuk mencari keuntungan masyarakat.
b. Sarana untuk memuaskan suatu kebutuhan bagi penyesuaian sosial, yakni memenuhi akan harga diri, meningkatnya status sosial, dan merasa terhormat karena bergaul dengan pejabat-pejabat terkemuka dan penting.
c. Sarana untuk mengejar nilai-nilai khusus. Dalam hal ini, orang berpartisipasi dalam politik dianggap dapat dijadikan sarana bagi pencapaian tujuan-tujuan tertentu seperti untuk mendapatkan pekerjaan, mendapatkan proyek dan tender, dan melancarkan karir bagi jabatannya. Nilai-nilai khusus dan kepentingan individu tersebut apabila tercapai akan makin mendorong partisipasinya dalam politik.
d. Sarana untuk memenuhi kebutuhan alam bawah sadar dan kebutuhan psikologi tertentu, seperti kekuasaan batin perasaan terhormat, merasa menjadi sosok yang penting dan dihargai orang lain dan kepuasan-kepuasan atas target yang telah ditetapkan.
Sebutkan fungsi partisipasi warga negara dalam sistem politik Indonesia?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika

4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Materi :
·         Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·         mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·         peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban:
Agar ketentuan HAM bisa memiliki kekuatanhukum yang lebih kuat (ada kepastian hukum). Negara dapat melakukan perlindungan,pemenuhan maupun penegakan HAM terhadap masyarakatnya karena telah ada dasar hukumnya, begitu pula masyarakat/individu dapat menikmati ataupun menegakkan HAMnya.
Mengapa HAM perlu dilindungi oleh peraturan hukum?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika

4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Materi :
·         Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·         mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·         peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban:
Setiap orang/idividu dalam menjalankan hak dan kewajibannya wajib tuduk terhadap pembatasan yang ditetapkan undang-undang dengan maksud tidak menggangu hak dan kebebasan orang lain.
Dasar hukum : pasal 28 J ayat 2 UUD NRI 1945.
Jelaskan peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia. Sebutkan dan uraikan dasar hukumnya?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika

4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Materi :
·         Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·         mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·         peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban:
Cakupan pelanggaran HAM berat dalam Statuta Roma lebih luas dibandingkan dengan UU No. 26 tahun 2000.

- Pelanggaran HAM berat pada Statuta Roma pasal 5 bagian 2 meliputi 4 hal diantaranya :

(a) Kejahatan Genosida; (b) Kejahatan Kemanusiaan; (c) Kejahatan Perang; (d) Kejahatan Agresi.

- Sedangkan dalam UU No.26 tahun 2000 pasal 7, pelanggaran HAM berat meliputi kejahatan genosida dan kejahatan kemanusiaan.
Apa yang membedakan pelanggaran HAM berat dalam Statuta Roma dengan UU No.26 tahun 2000? Jelaskan dan lengkapi jawaban saudara dengan dasar hukumnya?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika

4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Materi :
·         Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·         mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·         peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban:
Penyelesaian HAM di masa lalu yang diperbolehkan menggunakan asas retroaktif (berlaku surut) hanyalah pelanggaran HAM berat yang meliputi kejahatan genosida dan kemanusiaan
Jelaskan mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu dikaitkan dengan asas retroaktif?

Ke Soal PKN KELAS 12 SEM 1 >>>



Downlod Kisi-kisi PKN KELAS 12 SEM 1 >>>


No comments:

Post a Comment