KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan
hak asasi manusia
|
Materi :
·
Penertian Hak asasi manusia
·
pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: e. UU No. 39 tahun 1999
|
Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat
pada hakikat keberadaan manusia sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa dan
merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi
oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta
perlindungan harkat dan martabat manusia, merupakan pengertian HAM menurut
....
a. Komisi HAM
PBB d. Koentjoro Poerbopranoto
b. John
Locke e. UU No. 39 tahun
1999
c. Aristoteles
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan
hak asasi manusia
|
Materi :
·
Penertian Hak asasi manusia
·
pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
|
Hak Asasi Manusia menyangkut hak hidup, hak
kemerdekaan, dan hak memiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat, karena ....
a. Diturunkan dari orang tua
kandung d. Dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan
b. Bersifat sangat pribadi dan
ekslusif e. Merupakan eksistensi manusia bermartabat
c. Sudah dibawa sejak manusia lahir
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan
hak asasi manusia
|
Materi :
·
Penertian Hak asasi manusia
·
pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: c. Mendapatkan pengajaran dan mengembangkan
kebudayaan
|
Salah satu contoh pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang
sosial dan budaya adalah ....
a. Mendapat pengajaran
b. Memilih perguruan tinggi negeri
c. Mendapatkan pengajaran dan mengembangkan
kebudayaan
d. Mengembangkan kebudayaan
e. Mendapatkan pendidikan secara gratis
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan
hak asasi manusia
|
Materi :
·
Penertian Hak asasi manusia
·
pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: a.
Genocida
|
Kejahatan berat yang menjadi keprihatinan masyarakat
internasional adalah ....
a.
Genocida d.
Sindikat narkotika dan obat-obatan terlarang
b. Pencurian uang di bank
internasional e. Pembunuhan terhadap orang asing
c. Pelecehan nama baik kepala negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai perbedaan sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa dalam rangka penghormatan
hak asasi manusia
|
Materi :
·
Penertian Hak asasi manusia
·
pelaksanaan Hak Asasi Manusia bidang sosial dan budaya
·
upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di Indonesia ra
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: d. UU No. 39 Tahun 1999
|
Salah satu upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM di Indonesia, yaitu dibuatnya peraturan perundang-undangan tentang Hak
Asasi Manusia yang diatur dalam ....
a. UU No. 5 Tahun
1998 d. UU No. 39 Tahun 1999
b. Keppres No. 181 tahun
1998 e. Keppres No. 129 Tahun 1999
c. UU No. 26 Tahun 2000
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik
pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi
Manusia
·
sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: b. Membentuk Komnas HAM dan pengadilan HAM
|
Sebagai bentuk perhatian pemerintah Indonesia terhadap
penegakan Hak Asasi Manusia adalah ....
a. mengembangkan kebebasan pers
b. Membentuk Komnas HAM dan pengadilan HAM
c. Memasukkan pendidikan kewarganegaraan di
sekolah
d. Mengekang pengunjuk rasa dengan
menggunakan kekerasan
e. Memilih jaksa agung yang berani
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik
pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi
Manusia
·
sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: e. Pasal 28 I ayat 4
|
Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak
asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terutama pemerintah. Merupakan
bunyi UUD 1945 pasal ....
a. Pasal 29 ayat
2 d. Pasal 28 J ayat 2
b. Pasal 28 I ayat
5 e. Pasal 28 I ayat 4
c. Pasal 28 J ayat 1
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik
pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi
Manusia
·
sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: c. Cinta sesama
|
Contoh sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila, antara lain ....
a. Melakukan musyawarah untuk
mufakat d. Cinta tanah air dan bangsa
b. Kerja keras dengan
terpaksa e. Menikmati hasil karya orang
lain
c. Cinta sesama
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik
pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi
Manusia
·
sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: b. Kebebasan mengemukakan pendapat
|
HAM dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan
nilai Pancasila adalah...
a. Diberi kebebasan dalam memiliki harta d. Boleh
memeluk agama tanpa batasan
b. Kebebasan mengemukakan pendapat e.
Melaksanakan perubahan sesuai ajaran agama
c. Mempunyai martabat yang luhur
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.2 Menjalankan perilaku orang beriman dalam praktik
pelindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
perhatian pemerintah Indonesia terhadap penegakan Hak Asasi
Manusia
·
sikap menghormati pelaksanaan HAM yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
·
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: d. Keppres Nomor 50 Tahun 1993
|
Dasar hukum pembentukan Komnas HAM di Indonesia adalah
….
a. PP Nomor 30 Tahun
1993 d. Keppres Nomor 50 Tahun 1993
b. Inpres Nomor 50 Tahun
1994 e. Keppres Nomor 20 Tahun 1993
c. Keppres Nomor 10 Tahun 1997
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawaban: b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab
keuangan negara
|
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan adalah . . . .
a. memeriksa dan mengesahkan rencana anggaran belanja
negara
b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan
negara
c. menindak pelanggaran penggunaan keuangan negara
d. mengelola pembiayaan pembangunan nasional
e. mengajukan anggaran pembelanjaan negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawaban: a. 23 Ayat 1
|
Anggaran pendapatan dan belanja negara ditetapkan
setiap tahun dengan undang-undang. Hal ini diatur dalam UUD 1945 Pasal . . .
.
a. 23 Ayat 1
b. 23 Ayat 2
c. 23 Ayat 3
d. 23B
e. 23
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawaban: c. 23 ayat 3
|
Apabila Dewan Perwakilan Rakyat tidak menyetujui
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara yang diusulkan oleh
Presiden, Pemerintah menjalankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun
yang lalu. Pernyataan ini terdapat dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23 ayat 1
b. 23 ayat 2
c. 23 ayat 3
d. 23B
e. 23
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawaban: b. 23D
|
Negara memiliki suatu bank sentral. Hal ini dinyatakan
dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23C
b. 23D
c. 23E
d. 23F
e. 24
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 Bersikap responsif dan proaktif terhadap
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
·
rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara
·
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawaban: c. 23E
|
Badan Pemeriksa Keuangan bebas dan mandiri. Hal ini
dinyatakan dalam UUD 1945 Pasal . . . .
a. 23C
b. 23D
c. 23E
d. 23F
e. 24
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat
|
Materi :
·
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·
Pengadilan tingkat banding
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawaban: b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab
keuangan negara
|
Fungsi utama Badan Pemeriksa Keuangan adalah . . . .
a. memeriksa dan mengesahkan rencana anggaran belanja
negara
b. memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan
negara
c. menindak pelanggaran penggunaan keuangan negara
d. mengelola pembiayaan pembangunan nasional
e. mengajukan anggaran pembelanjaan negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat
|
Materi :
·
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·
Pengadilan tingkat banding
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawaban: d. umum
|
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari
keadilan, yaituperadilan ….
a. agama
b. militer
c. HAM
d. umum
e. khusus
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat
|
Materi :
·
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·
Pengadilan tingkat banding
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban: b. Pengadilan Tinggi
|
Pengadilan tingkat banding, yaitu ….
a. Mahkamah Agung
b. Pengadilan Tinggi
c. Pengadilan Negeri
d. Pengadilan Agama
e. Peradilan HAM
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat
|
Materi :
·
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·
Pengadilan tingkat banding
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawaban: a. Pengadilan Militer
|
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota
TNI, meliputi angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara yaitu ….
a. Pengadilan Militer
b. Pengadilan Agama
c. Pengadilan HAM
d. MK
e. Pengadilan Tipikor
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.2 Berperilaku jujur dalam praktik perlindungan dan
penegakan hukum di tengah masyarakat
|
Materi :
·
Pelaksanaan kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan
·
Lembaga peradilan yang bertugas mengadili anggota-anggota TNI
·
Pengadilan tingkat banding
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawaban: d. presiden
|
Ketua dan wakil ketua MA diangkat oleh ….
a. wakil presiden
b. DPR
c. hakim agung
d. presiden
e. Komisi Yudisial
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: c. 3 ayat (1)
|
Salah satu kewenangan MPR adalah mengubah dan
menetapkan undang-undang dasar. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam pasal . . . .
a. 2 ayat (1) b. 2 ayat
(2) c. 3 ayat (1) d. 3 ayat (2) e. 3
ayat (3)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: c. 3 ayat (1)
|
Salah satu kewenangan MPR adalah mengubah dan
menetapkan undang-undang dasar. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam pasal . . . .
a. 2 ayat (1) b. 2 ayat
(2) c. 3 ayat (1) d. 3 ayat (2) e. 3
ayat (3)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban: b. DPR
|
Lembaga negara yang memegang kekuasaan membentuk
undang-undang dan melakukan sedikitnya persidangan sekali dalam setahun ialah
. . . .
a. MPR b. DPR c. DPD
d. MA e. MK
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban: c. MA
|
Perhatikan cerita berikut!
Seorang terdakwa mengajukan grasi kepada presiden
dengan tujuan supaya hukumannya diperingan. Presiden mengabulkan permohonan
grasi yang diajukan terdakwa dengan memperhatikan pertimbangan dari salah
satu lembaga negara. Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada
presiden dalam cerita di atas yaitu . . . .
a. MPR b. DPR c.
MA d. MK e. KY
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban: b. DPR
|
Lembaga negara yang memiliki fungsi legislasi, fungsi
anggaran, dan fungsi pengawasan adalah. . . .
a. MPR b. DPR c.
DPD d. BPK e. Presiden
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan
kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Materi :
·
kewenangan MPR adalah mengubah dan menetapkan undang-undang
dasar
·
Lembaga negara yang memberikan pertimbangan kepada presiden
·
Cara mengajukan kasasi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban: b. Mahkamah
Agung
|
Perhatikan cerita berikut!
Seorang terdakwa kasus korupsi dijatuhi hukuman lima
belas tahun penjara oleh pengadilan negeri. Dia tidak terima atas putusan pengadilan
negeri tersebut dan mengajukan banding kepada pengadilan tinggi. Akan tetapi,
permohonannya ditolak oleh pengadilan tinggi. Upaya dilakukan kembali agar
hukumannya dapat menjadi ringan dengan mengajukan kasasi. Terdakwa tersebut
mengajukan kasasi kepada. . . .
a. Mahkamah Konstitusi c.
Komisi Yudisial e. DPR
b. Mahkamah Agung d.
Presiden
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Macam-macam lembga yudikatif
·
Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·
Tugas mahkamah konstitusi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban: d. 2, 4, dan 5
|
Perhatikan lembaga negara berikut!
1) BPK
2) MA
3) DPD
4) MK
5) KY
Lembaga yudikatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 3, dan 4 c. 2, 3, dan
4 d. 2, 4, dan 5 e. 3, 4, dan 5
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Macam-macam lembga yudikatif
·
Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·
Tugas mahkamah konstitusi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban: e. 3, 4, dan 5
|
Perhatikan tugas dan wewenang berikut!
1) Menyusun dan menetapkan APBN.
2) Mengajukan kepada DPR tentang rancangan
undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah.
3) Memberi pertimbangan kepada DPR atas rancangan
undang-undang APBN.
4) Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
5) Melakukan pengawasan atas pelaksanaan otonomi
daerah.
Tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah ditunjukkan
oleh nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 3, dan 4 c. 2, 3,
dan 4 d. 2, 3, dan 5 e. 3, 4, dan 5
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Macam-macam lembga yudikatif
·
Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·
Tugas mahkamah konstitusi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban: c. komunikasi politik
|
Perhatikan cerita berikut!
Sengketa dialami oleh desa X dan desa Y. Salah seorang
aktivis partai A melakukan mediasi terhadap kedua desa tersebut.
Mediasi dilakukan agar sengketa dapat diselesaikan
dengan jalan damai.
Dalam memediasi desa yang bersengketa, berarti partai
politik sedang melakukan fungsi . . . .
a. pengatur konflik c.
komunikasi politik e. artikulasi kepentingan
b. sosialisasi politik d.
agregasi kepentingan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Macam-macam lembga yudikatif
·
Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·
Tugas mahkamah konstitusi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban: c. 1) dan 4)
|
Perhatikan kewenangan berikut!
1) Menerima permohonan kasasi.
2) Memberi putusan pendapat DPR mengenai dugaan
pelanggaran oleh presiden dan/atau wakil presiden.
3) Memutuskan pembubaran partai politik.
4) Melakukan uji materi terhadap peraturan
perundang-undangan di bawah undangundang.
Mahkamah Agung memiliki kewenangan yang ditunjukkan
oleh nomor . . . .
a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c.
1) dan 4) d. 2) dan 3) e. 2) dan 4)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan
hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Macam-macam lembga yudikatif
·
Mahkamah Agung memiliki kewenangan
·
Tugas mahkamah konstitusi
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban: c. Mahkamah Konstitusi
|
Perhatikan cerita berikut!
Pada pemilu presiden tahun 2014 terjadi perbedaan hasil
penghitungan suara yang didapat oleh setiap calon pasangan presiden dan wakil
presiden. Akibatnya, terjadilah perselisihan antarkedua belah kubu calon
pasangan presiden dan wakil presiden. Oleh karena itu, salah satu kubu yang
tidak terima dengan hasil penghitungan suara mengajukan kasus ini ke lembaga
X agar perselisihan diputus secara adil. Lembaga X yang berwenang memutuskan
perkara yaitu . . . .
a. Komisi Yudisial c. Mahkamah
Konstitusi e. Majelis Permusyawaratan Rakyat
b. Mahkamah Agung d. Dewan Perwakilan Rakyat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan
warga Negara
·
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan dan keadilan
·
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD
1945
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban: c. 34
|
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan
kedudukan warga Negara, salah satunya adalah adanya hak mendapatkan jaminan
keadilan dan kesejahteraan social yang tertuang dalam pasal . . .
a. 28
b. 30
c. 34
d. 36
e. 37
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan
warga Negara
·
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan dan keadilan
·
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD
1945
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban: b. 2)
|
Perhatikan pernyataan- pernyataan berikut!
1) Hak membela Negara
2) Hak memperoleh pekerjaan
3) Hak beragama dan beribadah
4) Hak mendapatkan pendidikan
5) Hak berserikat dan berkumpul
Dari pernyataan diatas, yang merupakan hak warga Negara
Indonesia yang diatur dalam UUD 1945 pasal 27 ayat (2) ditunjukkan pada nomor
. . .
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)
e. 5)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan
warga Negara
·
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan dan keadilan
·
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD
1945
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban: a. Alinea I pembukaan UUD 1945
|
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi
nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan diatur dalam . . .
a. Alinea I pembukaan UUD 1945
b. Alinea II pembukaan UUD 1945
c. Alinea III pembukaan UUD 1945
d. Alinea IV pembukaan UUD 1945
e. Pasal 2 Aturan Peralihan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan
warga Negara
·
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan dan keadilan
·
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD
1945
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban: d. Memiliki hak yang sama untuk didampingi
pembela dan pemeriksaan dipengadilan
|
Aspek persamaan kedudukan warga Negara yang diwujudkan
dalam aspek hukum yaitu . . .
a. Memiliki hak untuk mendapatkan cuti
b. Kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan
keyakinannya
c. Memiliki hak untuk memajukan kebudayaan daerah
d. Memiliki hak yang sama untuk didampingi pembela dan
pemeriksaan dipengadilan
e. Memiliki hak untuk berkomunikasi dan memperoleh
informasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila
terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga
negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Materi :
·
Pasal-pasal UUD 1945 memberikan jaminan persamaan kedudukan
warga Negara
·
Kewajiban warga Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai
kemanusiaan dan keadilan
·
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur dalam UUD
1945
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban: b. 28
|
Hak berserikat dan berkumpul/hak berpendapat diatur
dalam UUD 1945 pasal . . .
a. 27
b. 28
c. 29
d. 30
e. 31
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai
oleh pemerintah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban: b. tidak membayar pajak
|
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
adalah ...
a. menaati hukum yang berlaku
b. tidak membayar pajak
c. tidak memeluk agama
d. tidak mempunyai tempat tinggal tetap
e. penangkapan dan penahanan masyarakat sipil oleh
aparat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai
oleh pemerintah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawaban: c. hak
|
Kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah
ditentukan oleh undang-undang disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. hak warga negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai
oleh pemerintah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban: e. hak memiliki kekayaan
|
Berikut merupakan hak-hak dasar warga negara yang
dijamin oleh negara, kecuali ...
a. hak politik
b. hak ekonomi
c. hak hukum
d. hak pendidikan
e. hak memiliki kekayaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai
oleh pemerintah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban: c. 31 ayat 2
|
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan
dibiayai oleh pemerintah diatur dalam pasal ... UUD 1945.
a. 30 ayat 1
b. 31 ayat 1
c. 31 ayat 2
d. 32 ayat 1
e. 32 ayat 2
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
|
Kompetesi Inti :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik
perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
Materi :
·
Contoh pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
hak-hak dasar warga negara yang dijamin oleh negara
·
Hak warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar dan dibiayai
oleh pemerintah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban: d. kewajiban
|
Sesuatu yang harus dikerjakan warga negara dan bersifat
memaksa. Jika tidak dikerjakan mendapat sanksi disebut ...
a. hak asasi
b. hak asasi manusia
c. hak
d. kewajiban
e. kewajiban warga negara
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta
pertanggung jawaban keuangan negara
·
Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·
Tugas dan wewenang DPR
·
Tugas Mahkamah Agung
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban:
Melakukan pengkajian, pada penyusunan kebijakan
nasional di bidang pengawasan keuangan dan pembangunanPerumusan dan
pelaksanaan dalam kebijakan terhadap pengawasan keuangan dan Pembangunan Koordinasi
kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugasMelakukan pemantauan, pemberian
bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan pengawasan keuangan yang berjalan
pada pemerintahan Indonesia.
|
|
Bagaimana peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam
pemeriksaan serta pertanggung jawaban keuangan negara?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta
pertanggung jawaban keuangan negara
·
Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·
Tugas dan wewenang DPR
·
Tugas Mahkamah Agung
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban:
BPK menyerahkan hasil pemeriksaan atas pengelolaan dan
tanggung jawab keuangan negara kepada DPR. Namun, untuk keperluan tindak
lanjut hasil pemeriksaan tersebut, BPK menyerahkan pula hasil pemeriksaan
secara tertulis kepada Presiden.
|
|
Kemana Badan Pemeriksa Keuangan Melaporkan Tugasnya?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta
pertanggung jawaban keuangan negara
·
Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·
Tugas dan wewenang DPR
·
Tugas Mahkamah Agung
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban:
Lembaga mana saja yang diperiksa BPK? BPKmemeriksa
seluruh keuangan negara, yang meliputi penerimaan negara (baik berupa pajak
dan non pajak, seluruh asset dan utang-piutang negara, penempatan kekayaan
negara) serta penggunaan pengeluaran negara.
|
|
Hal hal apa saja yang di periksa oleh BPK?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta
pertanggung jawaban keuangan negara
·
Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·
Tugas dan wewenang DPR
·
Tugas Mahkamah Agung
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban:
tugas dan wewenang DPD yaitu:
a. Mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR yang
berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan
pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber
daya ekonomi lainnya, serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat
dan daerah.
b. Ikut membahas rancangan undang-undang yang berkaitan
dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan pemekaran, dan
penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya,
serta yang berkaitan dengan perimbangan keuangan pusat dan daerah, yang
diajukan baik oleh DPR maupun pemerintah.
c. Memberikan pertimbangan kepada DPR atas rancangan
undang-undang APBN dan rancangan undang-undang pajak, pendidikan, dan agama.
d. Memberikan pertimbangan kepada DPR dalam pemilihan
anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
e. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang
mengenai otonomi daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah,
pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan
daerah, pengelolaan sumber daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya,
pelaksanaan APBN, pajak, pendidikan, dan agama.
f. Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara dari
Badan Pemeriksa Keuangan untuk dijadikan bahan membuat pertimbangan bagi DPR
tentang rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN.
|
|
Sebutkan tugas dan wewenang Dewan Perwakilan Daerah?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
3. Memahami, enerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan etakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa
sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Materi :
·
peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam pemeriksaan serta
pertanggung jawaban keuangan negara
·
Hal-hal yang diperiksa oleh BPK
·
Tugas dan wewenang DPR
·
Tugas Mahkamah Agung
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban:
adapun kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut
pasal 24A UUD 1945, sebagai berikut.
Pasal 24A
(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat
kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap
undang-undang dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh
undang-undang.
|
|
Sebutkan kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung menurut
UUD 1945?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Materi :
·
Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·
mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian
pelanggaran HAM
·
peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban:
beberapa fungsi partisipasi politik adalah sebagai
berikut.
a. Sarana untuk mengejar kebutuhan ekonomi, partisipasi
politik seringkali muncul dalam bentuk upaya-upaya menjadikan arena politik
untuk memperlancar usaha ekonominya ataupun sebagai sarana untuk mencari
keuntungan masyarakat.
b. Sarana untuk memuaskan suatu kebutuhan bagi
penyesuaian sosial, yakni memenuhi akan harga diri, meningkatnya status
sosial, dan merasa terhormat karena bergaul dengan pejabat-pejabat terkemuka
dan penting.
c. Sarana untuk mengejar nilai-nilai khusus. Dalam hal
ini, orang berpartisipasi dalam politik dianggap dapat dijadikan sarana bagi
pencapaian tujuan-tujuan tertentu seperti untuk mendapatkan pekerjaan,
mendapatkan proyek dan tender, dan melancarkan karir bagi jabatannya.
Nilai-nilai khusus dan kepentingan individu tersebut apabila tercapai akan
makin mendorong partisipasinya dalam politik.
d. Sarana untuk memenuhi kebutuhan alam bawah sadar dan
kebutuhan psikologi tertentu, seperti kekuasaan batin perasaan terhormat,
merasa menjadi sosok yang penting dan dihargai orang lain dan
kepuasan-kepuasan atas target yang telah ditetapkan.
|
|
Sebutkan fungsi partisipasi warga negara dalam sistem
politik Indonesia?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Materi :
·
Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·
mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian
pelanggaran HAM
·
peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban:
Agar ketentuan HAM bisa memiliki kekuatanhukum yang
lebih kuat (ada kepastian hukum). Negara dapat melakukan
perlindungan,pemenuhan maupun penegakan HAM terhadap masyarakatnya karena
telah ada dasar hukumnya, begitu pula masyarakat/individu dapat menikmati
ataupun menegakkan HAMnya.
|
|
Mengapa HAM perlu dilindungi oleh peraturan hukum?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Materi :
·
Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·
mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian
pelanggaran HAM
·
peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban:
Setiap orang/idividu dalam menjalankan hak dan
kewajibannya wajib tuduk terhadap pembatasan yang ditetapkan undang-undang
dengan maksud tidak menggangu hak dan kebebasan orang lain.
Dasar hukum : pasal 28 J ayat 2 UUD NRI 1945.
|
|
Jelaskan peran individu dalam penghormatan HAM di
Indonesia. Sebutkan dan uraikan dasar hukumnya?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Materi :
·
Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·
mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM mekanisme penyelesaian
pelanggaran HAM
·
peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban:
Cakupan pelanggaran HAM berat dalam Statuta Roma lebih
luas dibandingkan dengan UU No. 26 tahun 2000.
- Pelanggaran HAM berat pada Statuta Roma pasal 5
bagian 2 meliputi 4 hal diantaranya :
(a) Kejahatan Genosida; (b) Kejahatan Kemanusiaan;
(c) Kejahatan Perang; (d) Kejahatan Agresi.
- Sedangkan dalam UU No.26 tahun 2000 pasal 7,
pelanggaran HAM berat meliputi kejahatan genosida dan kejahatan kemanusiaan.
|
|
Apa yang membedakan pelanggaran HAM berat dalam Statuta
Roma dengan UU No.26 tahun 2000? Jelaskan dan lengkapi jawaban saudara dengan
dasar hukumnya?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 1
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempresentasikan hasil identifikasi
pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
terhadap negara dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.4 Merancang dan mengkampanyekan
persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan
mempertahankan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
|
Materi :
·
Partisipasi warga negara dalam sistem politik
·
mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM
·
peran individu dalam penghormatan HAM di Indonesia
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Jawaban:
Penyelesaian HAM di masa lalu yang diperbolehkan
menggunakan asas retroaktif (berlaku surut) hanyalah pelanggaran HAM berat
yang meliputi kejahatan genosida dan kemanusiaan
|
|
Jelaskan mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM masa
lalu dikaitkan dengan asas retroaktif?
|
||
No comments:
Post a Comment