Memahami Pengertian Data dan Informasi

          Seringnya penggunaan data dan informasi menjadikan mengerti maksud dan arti data dan informasi menjadi sesuatu yang seharusnya kita ketahui. Oleh sebab itu mari kita mencoba pahami maksud dari data dan informasi.

DATA  merupakan kumpulan fakta atau kejadian yang direkam atau disimpan dalam suatu media penyimpanan seperti kertas, hardisk, Flasdisk, cd, memory card dll. Contoh dari data pada massa kini memiliki berbagai bentuk diantaranya adalah file, catatan, video, audio, maupun gambar. dari sumber laudon dan laudon(1998) mendefinisikan bahwa data adalah " Fakta-fakta mentah yang mewakili kejadian-kejadian yang berlangsung dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum ditata dan diatur ke dalam bentuk yang dapat dipahami dan digunakan orang." Menurut Kadir (2013) Data adalah " Diskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai". Menurut Wilkison (1992) Data adalah " Fakta, angka, bahkan simbol mentah, Secara Bersama -sama merupakan masukan bagi suatu sistem informasi". Dari divinisi yang sudah disampaikan dapat kita simpulkan bahwa data merupakan bentuk Mentah yang masih belum memberikan manfaat kepada seseorang/pihak.  Contoh bentuk data:
contoh bentuk data

Keterangan diatas merupakan suatu data, alasan yang sederhana karena tabel diatas belum memberikan keterangan yang jelas jadi belum dapat dimanfaatkan atau belum memiliki makna dan pengetahuan karena sifatnya masih tesirat kecuali tabel tersebut berbentuk sebagai berikut :

contoh bentuk informasi



INFORMASI
Informasi dan data pada masyarakat sering terjadi pertukaran makna karena tidak tahunya kejelasan dari keduanya harapan penulis setelah Anda membaca artikel ini Anda tidak mempertukarkan makna kedua kata tersebut. Informasi merupakan bentuk dari pengolahan data yang akhirnya dapat dimanfaatkan manusia dalam mengambil suatu tindakan atau keputusan. Sebagai reverensi dapat kita baca beberapa definisi informasi sebagai berikut:
Loundon & Loundon (1998) Informasi adalah "data yang telah diolah menjadi bentuk yang bermakna dan dapat berguna bagi manusia".
Hoffer, dkk(2005) Informasi adalah "Data yang telah diolah sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya".
David (1999) Informasi adalah "data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang".

Kesimpulan yang bisa kita ambil bahwa informasi:
  • Berasal dari data/hasil pengolahan data.
  • Memiliki manfaat terhadap penggunanya.
  • Mendukung pengambilan keputusan.
  • Menambah pengetahuan bagi penggunannya.

Dengan eratnya hubungan antara data dan informasi maka penting bahwa suatu data itu harus valid/syah/benar dikarenakan itu akan mempengaruhi apakah informasi tersebut dapat dipercayai atau tidak karena hal tesebut berkaitan dengan pengambilan keputusan. Tentunya jika informasi itu valid maka keputusan yang diambil benar namun jika tidak valid maka keputusan akan salah dan merugikan.

Pada dasarnya informasi yang sebenarnya haruslah valid dan merupakan fakta yang tidak lagi dapat disangkal adanya. Sebagimana contoh dikala suatu kasus berbicara mengenai pemain sepak bola dimana seorang pemain bintang sepak bola mengatakan bahwa ia akan memperpanjang kontrak kerja dengan sebuah team/club namun hal tersebut hanya sebatas pembicaraan saja maka hal tersebut belum menjadi sebuah informasi yang dapat dipertanggung jawabkan namun jika pemain tersebut sudah menandatangani kontrak kerjanya dan mengikuti pertandingan membela teamnya maka hal tersebut sudah menjadi informasi yang valid karena sudah terjadi dengan bukti yang syah, jelas adanya dan tidak dapat disangkal.

Contoh kedua, sebagaimana seorang dokter yang membutuhkan hasil pemeriksaan pasien dan riwayat penyakit yang pernah diderita pasien tentunya ini akan dijadikan acuan dokter untuk menentukan jenis penyakit dan obat yang akan diberikan kepada pasien, jika hasil pemeriksaan dan riwayat penyakitnya tidak valid maka ini akan menimbulkan kerugian, bukan kesembuhan yang didapat akan tetapi menambah/memperparah penderitaan pasien. 

Kiranya sekian yang dapat penulis sampaikan mengenai Data dan Informasi beserta contohnya semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca yang budiman atas segala kekurangan penulis pribadi mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, Terimakasih.

No comments:

Post a Comment