Mendikbud Anis Basuwedan Mengajak Ortu siswa Berbagi Pengalaman Soal Mendidik Anak

Ini adalah gagasan baru Mendikbud  Anis Basuwedan. Dalam rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan tahun 2015 di Pusbang Tendik, Depok, Jawa Barat, Selasa (31/3/2015).. Anis mencetuskan suatu gagasan baru untuk mengajak para orang tua siswa berbagi pengalaman soal mendidik anak. Caranya adalah Orang tua siswa diundang ke sekolah untuk berbagi cerita pengalamannya mendidik anak.  Bahkan sampai berprestasi. Materi yang akan di bahas dalam pertemuan adalah pengalaman-pengalaman yang baik dari orang tua lain dalam mendidik anaknya kok bisa ampai berprestasi itu bagaimana caranya. Ini tujuannya adalah agar dapat ditiru oleh orang tua yang lain. Praktik pengalaman itu kemudian di tulis dan dibagikan dalam bentuk online.

Hal ini penting, ujar anis, karena mendidik anak sampai lulus SMA itu paling tidak orang tua siswa harus selalu mendampingi anaknya. Jadi tidak hanya ketika masih usia TK, SD, saja bahkan sampai SMA orang tua siswa harus selalu mendampingi artinya mengamati perkembangan anaknya. Rencanyanya Gagasan Anis ini akan di realisasikan pada tahun ajaran baru yang akan datang.

Dalam pidatonya Anis mencontohkan ada orang tua yang pendidikannya dulu tidak tamat SD. Tidak bisa baca tulis. Anaknya ada 6, semuanya berhasil jadi sarjana dalam berbagai bidang bahkan berprestasi. Di situ kita dapat belajar bagaimana caranya dia mendidik anaknya, dan nilai-nilai apa saja yang ditanamkan kepada anaknya hingga semua anaknya dapat menjadi orang yang berhasil. Jangan membayangkan belajar sesama orang tua itu harus mencari orang yang pendidikannya tinggi. Justru kita belajar dari orang tua yang punya pengalaman mendidik. “kata Anis”.

Jadi orang tua mampu mendidik anak itu tidak hanya berasal dari pemerintah saja, namun juga dari pengalaman-pengalaman orang tua yang sudah berhasil mendidik anaknya.

No comments:

Post a Comment