SOAL UTS SENI BUDAYA KELAS VIII SMP SEMESTER 1

Soal seni budaya kali ini adalah berisi tentang cabang-cabang seni, seni batik, dan seni rupa.

Sekilas ulasan tentang Batik:

Batik kini sudah menjadi pakaian resmi Indonesia, bahkan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Selain cara pembuatannya yang unik, coraknyapun banyak sekali. Dalam acara-acara resmi seperti acara pesta perkawinan, upacara adat, dan lain sebagainya. Batik adalah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan telah menjadi budaya di Indonesia. Fungsi batik sebenarnya adalah hanya sebagai motif atau hiasan pada pakaian baik laki-laki maupun perempuan. Pada awalnya semua warna dibuat dari alam, baik dari serat tumbuh-tumbuhan maupun dari binatang berwarna sesuai dengan warna aslinya. Misalnya loreng dari kulit harimau, putih dari bulu domba dan keperakan dari benang serat ulat sutra.

Sedangkan kalau pewarna dari tumbuhan misalnya warna coklat dengan getah pohom mahoni, warna hijau dari daun jarak kepyar, warna hitam dari mineral tanah bebatuan, dan lain sebagainya.

Sedikit ulasan di atas adalah isi dari kisi-kisi pelajaran Sedi Budaya kelas VIII SMP. Soal ulangan tengah semester ganjil yang kami sajikan sebanyak 20 soal berbentuk pilihan ganda dan 5 soal esay.

Soal-soalnya dapat anda unduh dengan mengklik link download di bawah ini. Bentuk filenya MS Word. Semoga bermanfaat

DOWNLOAD 

No comments:

Post a Comment