KKM Matematika SMP Kelas VII, VIII, IX Semester 1,2

Dalam mengawali pembelajaran pada awal tahun pelajaran atau awal semester, salah satu tugas guru adalah menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). KKM dapat diartikan target prestasi minimal yang akan dicapai pada pembelajaran yang akan datang. Biasanya para guru menetapkan target tidak berani terlalu tinggi karena khawatir tidak akan terpenuhi. Namun untuk menentukan KKM semester yang akan datang ada caranya sendiri. Apalagi dalam kurikulum KTSP para guru lebih leluasa menentukan KKM, misalnya 75.

Langkah-langkah penentuan KKM adalah menentukan estimasi KKM di awal tahun pembelajaran bagi mata pelajaran yang diajarkan. Penentuan estimasi ini biasanya didasarkan pada hasil tes Penerimaan Siswa Baru (PSB) bagi siswa baru, dan mendasarkan nilai KKM pada nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya.

Pertimbangan yang dipakai dalam penentuan KKM adalah  dengan menghitung tiga aspek utama dalam proses belajar mengajar siswa. Secara berurutan cara ini apat menentukan KKM Indikator – KKM Kompetensi Dasar (KD) – KKM Standart Kompetensi (SK) -  KKM Mata Pelajaran. Berikut ini langkah-langkah penghitungannya:

Kompleksitas
Kompleksitas merupakan tingkan kesulitan materi pada tiap indicator, kompetensi dasar maupun standart kompetensi. Semakin tinggi tingkat kompleksitas maka semakin kecil skor yang dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)

Daya Dukung
Factor ini lebih ditujukan pada ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).

Intake
Intaks merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi).  Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).

Sebagai Ilustrasi lihatlah tabel di bawah ini:


Aspek yang dianalisis
Kriteria dan Skala Penilaian
Kompleksitas
Tinggi
< 65
Sedang
65-79
Rendah
80-100
Daya Dukung
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65
Intake siswa
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65


Berikut ini adalah KKM Pelajaran Matematika untuk SMP Kelas VII, VIII, IX semeter 1,2. Selengkapnya dapat anda lihat di tautan dibawah ini.

KKM KELAS VII SEMESTER 1
KKM KELAS VII SEMESTER 2
KKM KELAS VIII SEMESTER 1
KKM KELAS VIII SEMESTER 2
KKM KELAS IX SEMESTER 1
KKM KELAS IX SEMESTER 2