RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI ……………..
Matapelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: VIII/I
Materi
Pokok : Gerak Pada Benda
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.2.1 Merangkai alat Percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari
3.1Memahami gerak
lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari
3.3.1 Melakukan Percobaan Gerak Lurus
Beraturan
3.3.2 Membuat grafik hubungan antara
jarak (sumbu Y) dengan waktu (sumbuX)
4.1Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
4.4.1 Memiliki rasa ingin tahu,
teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan
praktikum pemanasan air dan minyak.
.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
Peragaan menjatuhkan kelereng dan kertas siswa dapat menyelidiki gerak pada
benda.
2. Melalui
LKS, siswa dapat
3.
Melalui data hasil percobaan dan grafik
siswa dapat menjelaskan hubungan jarak dan waktu pada Gerak Lurus Beraturan
4. Siswa
dapat menjelaskan hubungan antara kecepatan gerak mobil dengan waktu melalui
grafik yang diperoleh
5.
Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab,
saling menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
D. Materi
Benda
dapat bergerak diantaranya secara lurus beraturan, gerak lurus beraturan pada
benda dipengaruhi oleh jarak, waktu, dan kecepatan. Pada GLB grafik antara
jarak dan waktu menunjukkan hubungan yang linier, sehingga dapat dapat
disimpulkan bahwa :
-
Waktu berbanding lurus dengan jarak
tempuh
-
Kecepatan bernilai konstan terhadap
waktu
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery Learning
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
- mobil-mobilan
- kertas
- tinta
- Stop watch
3. Sumber Belajar
a) Buku Siswa IPA SMP kelas VIII, Kemndikbud RI 2014
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model Discovery
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
|
Pemusatan
perhatian :
Siswa
diperlihatkan Sebuah kelereng dan selembar kertas dijatuhkan bersamaan dari
ketinggian yang sama, benda manakah yang tiba lebih dulu dilantai? Apakah
kedua benda tersebut akan tiba dilantai dalam waktu yang sama? Ayo pikirkan
Bgm
jika selembar kertas yang digulung dan sebuah kelereng kembali dijatuhkan
bersamaan dari ketnggian yang sama
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pembahasan
Tugas dan Identifikasi Masalah
Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
Pengumpulan
data
Pengolahan
data dan analisis
Verifikasi
|
- Seluruh siswa diminta
untuk mengidentifikasi masalah mengenai kegiatan diatas dengan mengajukan
pertanyaan (sehingga membuat siswa penasaran)
- Menyampaikan informasi
tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu eksperimen Gerak Lurus Beraturan
-
Membagi siswa menjadi 6 kelompok
- Melakukan percobaan Gerak
Lurus Beraturan
- Siswa mengamati percobaan dan
mencatat data pengamatan
-
Mengolah data hasil percobaan dan menyajikan
-
hubungan
antara jarak (sumbu Y) dengan waktu (sumbuX)
dalam bentuk grafik dan
-
grafik hubungan antara kecepatan (sebagai
sumbu Y) dengan waktu sebagai sumbu X
- Diskusi kelas untuk membandingkan hasil eksperimen
dengan kelompok lain, kalau diperlukan mencoba kembali eksperimen tersebut.
Atau dengan memverifikasi dgn buku sumber
|
50
menit
|
Penutup
|
Generalisasi
|
- Siswa dan guru mereview hasil
kegiatan pembelajaran
- Siswa membuat
kesimpulan dari hasil yang diperoleh
-Jarak berbanding lurus
dengan kecepatan
-Jarak
berbanding terbalik dengan
- Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok
yang berkinerja baik
-
Siswa menjawab soal
-
Pemberian tugas
|
20
|
H. PENILAIAN
1.
Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
•
Sikap
|
•
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
•
Tes Unjuk Kerja
|
•
Tes penilaian kinerja
|
•
Tes Tertulis
|
•
Tes Uraian dan Pilihan Ganda
|
a. Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ketera
ngan
|
1
|
Rasa
ingin tahu (curiosity)
|
|
|
|
|
2
|
Ketelitian
dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
|
|
|
|
|
3
|
Ketekunan
dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun
berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
berkomunikasi pada saat belajar
|
|
|
|
|
b. Lembar
Pengamatan Keterampilan Praktikum
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1.
|
Persiapanpercobaan
|
|
|
2.
|
Pelaksanaanpercobaan
|
|
|
3.
|
Kegiatanakhirpercobaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Instrumen
Soal Pengetahuan
Soal
Uraian
Rubrik
Penilaian Uraian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
|
Jawaban
tepat
|
1
|
2.
|
Jawaban
lengkap
|
1
|
3.
|
Jawaban
tepat
|
2
|
4.
|
Jawaban
tepat
|
2
|
5.
|
Jawaban
lengkap
|
4
|
|
|
10
|
|
............. Juli 2015
|
Mengetahui,
|
Guru Mata Pelajaran
|
Kepala SMP .........................
|
|
|
|
______________________
|
__________________
|
|
|
Untuk mendapatkan file rpp dan silabus IPA SMP kelas VIII semester 1 secara lengkap dapata nda download melalui tautan di bawah ini.