RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Judul Materi
|
:
|
Tata Boga
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mengoperasikan dan merawat alat-alat elektrik
pengolah makanan dan memasak sesuai dengan resep
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengoperasikan dan merawat sandwich toaster
|
Indikator
|
:
|
-
Mengenal
bagian-bagian sandwich
toaster
-
Menghidupkan
sandwich toaster
-
Mematikan
sandwich toaster
-
Membersihkan sandwich toaster
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 jp @ 45 menit
|
A. Tujuan Pembelajaran
Untuk menerampilkan peserta didik agar mampu menguasai alat-alat rumah
tangga elektrik, terutama cara mengoperasikan dan merawat sandwich toaster
B. Materi Pembelajaran
1.
Mengoperasikan
sandwich toaster
2.
Merawat
sandwich toaster
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran motorik dengan metode bagian
D. Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
awal
a. Pendidik mengucapkan salam
b. Pendidik mengabsen peserta didik
|
1’
2’
|
2.
|
Kegiatan
inti
a. Pendidik memperkenalkan cara mengoperasikan dan
merawat sandwich toaster di hadapan peserta didik dengan menyajikan poster
tentang mengoperasikan dan merawat sandwich toaster serta memberikan
penjelasan dari isi poster tersebut
b. Pendidik memperlihatkan sandwich toaster di hadapan
peserta didik, kemudian menjelaskan urutan dari pengoperasian dan perawatan
sandwich toaster sambil menjelaskan fungsi dari masing-masing urutan tersebut
c. Peserta dibagi ke dalam 2 (kelompok), masing-masing
kelompok terdiri dari 5 (lima) orang
d. Setiap peserta diberi kesempatan untuk berlatih
mengoperasikan dan merawat sandwich toaster secara berurutan
e. Setelah seluruh peserta didik dapat menguasai setiap
urutan pengoperasian dan perawatan sandwich toaster, masing-masing diberi
kesempatan untuk melakukan latihan keseluruhan, tidak per bagian seperti
sebelumnya
f.
Pendidik
mengumpulkan peserta didik dan memberikan umpan balik
|
5’
5’
2’
13’
10’
3’
|
3.
|
Kegiatan
penutup
a. Pendidik melakukan tanya jawab seputar pengoperasian
dan perawatan sandwich toaster dengan peserta didik
b. Pendidik meminta pendapat peserta mengenai pembelajaran
yang telah dilaksanakan
c. Pendidik menyimpulkan materi pembelajaran tentang
pengoperasian dan perawatan sandwich toaster
Akhiri
kegiatan pembelajaran dengan tepuk tangan bersama
|
2’
1’
1’
|
E. Media, alat dan sumber belajar
1.
Media yang digunakan
Poster seri pengenalan bagian-bagian,
pengoperasian dan perawatan sandwich toaster
2.
Alat yang digunakan
Sandwich toaster
3.
Sumber belajar yang digunakan
a. Pendidik
b. Poster seri
F. Evaluasi
1.
Jenis evaluasi
a. Lisan
b. Pengamatan
c. Praktek
2.
Bentuk evaluasi
a. Tanya jawab seputar pengoperasian dan
perawatan sandwich toaster (kognitif)
b. Pengamatan selama pembelajaran berlangsung (afektif)
c. Keterampilan dalam pengoperasian dan
perawatan sandwich toaster (psikomotor)
3.
Instrumen evaluasi
a) Aspek kognitif
1) Apa nama alat ini (sambil menunjukkan
sandwich toaster)?
2) Apa fungsi sandwich toaster?
3) Apa saja bagian-bagian yang terdapat dalam sandwich
toaster?
4) Bagaimana langkah-langkah memanggang roti
dengan menggunakan sandwich toaster?
b) Aspek afektif
1) Respon yang diperlihatkan peserta didik
ketika menerima materi
2) Kesadaran peserta didik akan pentingnya
penguasaan mengoperasikan dan merawat sandwich toaster
3) Keseriusan peserta didik dalam memperhatikan
instruksi pendidik dalam mengoperasikan sandwich toaster
4) Keseriusan peserta didik dalam memperhatikan
instruksi pendidik dalam mengoperasikan sandwich toaster
5) Reaksi peserta didik ketika mampu belajar
mengoperasikan dan merawat sandwich toaster
6) Reaksi peserta didik ketika menerima hal baru
dalam belajar mengoperasikan dan merawat sandwich toaster
7) Ketertarikan peserta didik untuk menerapkan
kemampuan mengoperasikan dan merawat sandwich toaster dalam kehidupan
sehari-hari
c) Aspek psikomotor
1) Kemampuan memperagakan pengoperasian sandwich
toaster
2) Kemampuan memperagakan perawatan sandwich
toaster
RPP tata boga di atas adalah contoh dari RPP dan silabus tata boga. Untuk mendpatkan file RPP dan Silabus Tata Boga selengkapnya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini.