PROFIL SEKOLAH
Profil sekolah ………………………….. merupakan gambaran yang jelas dan rinci tentang kondisi sekolah ………………………… saat ini, serta perbandingannya dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan profil sekolah ini maka bisa diketahui bagian-bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang masih tetap, dan bagian yang mengalami penurunan dibandingkan dengan kondisi sekolah pada tahun-tahun sebelumnya. Dalam profil Sekolah ini terdapat 9 komponen/ kategori, yang akan diuraikan sebagai berikut:
1. Kurikulum dan Pembelajaran
1.1. Sekolah belum mempunyai Dokumen K-13 secara lengkap (baru 80%)
1.2. Setiap guru memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran,
1.3. Silabus revisi sekolah belum terbentuk 100%
1.4. Hampir 60% sudah mengajar sesuai PAKEM Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, gembira dan berbobot.
1.5. 60 % guru sudah melakukan proses penilaian secara integral komprehensif
1.6. Perlunya peningkatan peran atau keterlibatan komite
1.7. Kegiatan pembelajaran sudah berjalan tetapi administrasi belum lengkap
1.8. Literatur standar sudah dimiliki sekolah sebagai pegangan guru
1.9. Pelaksanaan KBM baik dan sesuai ketentuan, muatan lokal sesuai dengan kondisi.
1.10.60% guru menggunakan media, alat peraga dan atau alat bantu yang disesuaikan dengan materi
1.11. Rasio jumlah buku belum sesuai dengan jumlah siswa
1.12.Guru menggunakan buku sesuai yang digunakan siswa
1.13.Guru belum melakukan PTK (dokumen belum ada)
1.14.Sekolah mempunyai jadwal pelajaran dan jadwal remedial sesuai mata pelajaran
1.15.Sekolah sudah memiliki perpustakaan sebagai pusat referensi dan sumber belajar, namun buku yang dimiliki perpustakaan masih belum lengkap
1.16.Sekolah sudah melaksanakan PBM keagamaan dengan praktek langsung
1.17.Sekolah belum opimal dalam melaksanakan pendidikan kecakapan hidup secara optimal
1.18.Sekolah kurang memiliki kesempatan untuk mengikutsertakan guru dalam mengikuti pelatihan kecakapan hidup
1.19.Rata-rata kehadiran guru 95%
1.20.Guru melaksanakan evaluasi sebagai umpan balik guna perbaikan PBM
2. Administrasi dan Manajemen Sekolah
2.1. Sekolah mempunyai program tetapi belum lengkap
2.2. Sekolah memiliki peraturan untuk memberikan penghargaan dan sanksi tetapi belum optimal
2.3. Laporan akhir tahun pelajaran yang lalu ada dan baik
2.4. Program kerja kepala sekolah lengkap
2.5. Kepala sekolah melakukan evaluasi terhadap program yang telah dibuat
2.6. Kepala sekolah melibatkan semua pihak dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengembangan sekolah
2.7. Sekolah memiliki program pembinaan guru
2.8. Sekolah memiiki catatan surat masuk dan keluar
2.9. Sekolah memiliki administrasi yang masih kurang lengkap
3. Organisasi dan Kelembagaan
3.1. Dokumen dan bagan sekolah lengkap
3.2. Sekolah memiliki peraturan khusus di luar peraturan pemerintah
3.3. Sekolah melakukan kerjasama dengan lembaga kependidikan dan non kependidikan lainnya dalam peningkatan mutu pendidikan
4. Sarana dan Prasarana
4.1. Sekolah telah memiliki tanah dan bangunan yang memadai
4.2. Sekolah belum mempunyai ruang wakil kepala sekolah
4.3. Sekolah belum memiliki ruang multimedia
4.4. Kondisi bangunan sekolah kurang baik
4.5. Fasilitas ruangan dan perabot yang ada, 80% dalam kondisi baik
4.6. Tidak tersedia fasilitas ruang dan penunjang perpustakaan belum lengkap
4.7. Kelengkapan alat laboratorium tidak ada
4.8. Sekolah belum memiliki lab komputer
4.9. Sekolah memiliki instalasi listrik dan akses jalan yang kurang baik
4.10.Sekolah memiliki sarana air bersih baik.
4.11.Ruangan di sekolah mempunyai sanitasi yang baik
4.12.Sarana tempat sampah masih kurang
4.13.WC guru dan siswa belum sesuai rasio
4.14.Kondisi WC rusak
4.15.Sekolah memiliki sarana penunjang administrasi
4.16.Sekolah memiliki sarana olahraga, dan belum memiliki sarana kesenian dan keagamaan
4.17.Semua komponen terlibat dalam membantu manajemen sarana dan prasarana
5. Ketenagaan
5.1. 90% guru S1 dan mempunyai kelayakan mengajar
5.2. 85% guru mengajar sesuai bidangnya, yang tidak sesuai mengikuti pelatihan agar memiliki kemampuan sesuai bidang studi yang diajarkan
5.3. Tenaga penunjang belum memadai (tidak adanya tenaga teknis laboran)
5.4. Sekolah memberikan penghargaan kinerja karyawan dengan memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berkembang.
5.5. Manajemen ketenagaan dilakukan dengan peran serta guru, kepala sekolah, komite dan Dindik
5.6. Sekolah memberikan kesempatan mengembangkan karir bagi tenaga non guru
5.7. Kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer baru 50%
6. Pembiayaan dan Pendanaan
6.1. Pembiayaan diperoleh dari partisipasi masyarakat dan pemerintah
6.2. Alokasi dana untuk peningakatan mutu masih kurang
6.3. Sekolah dengan anggaran terbatas untuk program peningkatan mutu guru
6.4. Sekolah belum optimal dalam pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan keluarga miskin
6.5. RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) dalam tiga tahun terakhir terealisasi dengan baik
6.6. Alokasi RKAS sudah direalisasi
6.7. Manajemen pengelolaan keuangan baik dan terbuka
6.8. Sekolah melaksanakan program dan SPJ dengan baik
7. Peserta Didik
7.1. Sekolah menampung lulusan SMP dan MTs di sekitar sekolah dan daerah lainnya
7.2. Sekolah melakukan pembimbingan bagi siswa yang kurang siap
7.3. Sekolah memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui pengembangan diri
7.4. Manajemen peserta didik dilaksanakan disekolah dengan baik
7.5. Proses PSB dilaksanakan dengan baik
7.6. Penerimaan siswa sesuai rombel yang ada
7.7. Prosentase kehadiran siswa di atas 90%
7.8. Angka drop out 0%
7.9. Siswa mengulang 0%
7.10.30% siswa melanjutkan ke jenjang lebih tinggi
7.11.Program pengembangan minat, bakat, dan kreativitas belum optimal
7.12.Sekolah sudah membuat program layanan bimbingan konseling
7.13.Rata-rata nilai siswa sesuai standar KKM yang telah ditentukan
7.14.Rata-rata nilai UN dan ujian sekolah di atas rata-rata standar minimal kelulusan
7.15.Prosentase kelulusan 100%
8. Peran Serta Masyarakat
8.1. Sekolah belum optimal melibatkan orang tua dalam penyusunan program sekolah
8.2. Pekerjaan orang tua mayoritas petani
8.3. Penghasilan mayoritas orang tua di bawah Rp.1.000.000,-
8.4. Mayoritas orang tua berada di kelompok ekonomi lemah.
8.5. Pemahaman komite sekolah cukup baik dan perlu ditingkatkan
8.6. Keorganisasian komite yang ada sudah cukup baik
8.7. Fungsi dan peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan sudah berjalan baik
8.8. Dukungan komite cukup baik
8.9. Komite sekolah telah melaksanakan fungsi pengontrol
8.10.Komite sekolah telah melaksanakan fungsi penghubung
8.11.Komite sekolah telah melaksanakan fungsi fasilitator pengembangan sekolah
8.12.Masyarakat telah memberikan bantuan untuk pengembangan sekolah walaupun masih sangat kurang.
8.1. Hubungan
masyarakat dengan sekolah berjalan baik
2.
Lingkungan dan Budaya Sekolah
9.1.
Seluruh
warga sekolah belum optimal menjaga lingkungan sekolah
9.2. Sekolah
belum memiliki taman sekolah yang berguna sebagai peningkatan kenyamanan dan
keamanan.
9.3. Sekolah
perlu meningkatkan kerjasama dengan stakeholder dalam mengembangkan kegiatan
Download
No comments:
Post a Comment