RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK/ SMU..............................
Mata Pelajaran : Penjaskes
Komp. Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester : X/I
Tahun Pelajaran : 2017/2018
AlokasiWaktu : 1 x 45 menit
Materi Pemb. : Lari Sprint
A. Kompetensi Inti *)
1. Pengetahuan
2. Keterampilan
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatanpada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasion al.
|
3.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, danprosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja
di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjuk kanketerampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerakmahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KI-3 dan KI-4 mata pelajaran untuk tingkat
program pendidikan 3 tahun dan sesuai ranah
Rekomendasi: sesuai tingkat program
pendidikan
SMK,
|
A.
KompetensiDasar *)
KD
pada KI.3 pengetahuan
1.3
Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik
untuk menghasil kan gerak yang efektif
KD
pada KI keterampilan
4.3 Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator KD pada KI pengetahuan
1. menerapkan
start lari Cepat.
2. menerapkan
bagaimana lari cepat dengan benar
3.
mampu menerapkan cara memasuki finish dengan
benar
2.
Indikator KD pada KI keterampilan
1.
mempraktikkan start lari Cepat
2.
Mempraktikkan lari cepat
3.
Mempraktikkan memasuki finish
C.
TujuanPembelajaran
1. Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan siswa dapat
mengetahui cara cara melakukan start
lari Cepat, saat lari cepat
jarak pendek, dan dapat memasuki finish dengan benar
2. Siswa mampu melakukan lari cepat jarak
pendek dengan baik dan benar mulai dari start sampai memasuki finish
D. Materi Pembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
1.
Pengertian lari cepat jarak pendek
2.
Macam-macam lari cepat jarak pendek
3.
Teknik dasar lari cepat jarak pendek
4.
Peraturan lari cepat jarak pendek
E.
Model dan Metode
Model Pembelajaran: COOPERATIVE LEARNING
Langkah 1
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang
akan dicapai serta memotivasi siswa.
Langkah 2
Menyajikan
informasi
Guru
menyajikan informasi kepada siswa
Langkah 3
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
Guru
menginformasikan pengelompokan siswa
Langkah 4
Membimbing
kelompok belajar
Guru
memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompokkelompok belajar
Langkah 5
Evaluasi
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan
Langkah 6
Memberikan
penghargaan
Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan
kelompok.
F.
KegiatanPembelajaran
1.
PertemuanKesatu:**)
a. Pendahuluan/KegiatanAwal (15 menit)
a.
Mengucapkan salam, Berdoa, Mengkoordinir siswa
b.
Pemusatan perhatian dan pemotivasi siswa untuk
cabang-cabang olahraga atletik.
c.
Apersepsi dengan menjawab Preview Test di
halaman 35.
d.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
mengenai cabang olahraga atletik dan teknik dasar jalan cepat.
e.
Melakukan pemanasan sebelum berolahraga.
- Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Mempraktikkan dan menerapkan posisi atau
gerakan tubuh yang benar sesuai dengan tekik dasar Lari cepat.
b.
Hal-hal yang belum dikuasai dengan benar dapat
ditanyakan kepada guru.
c.
Melakukan simulasi jalan cepat sesuai dengan
teknik dasar yang telah diajarkan di lapangan lari.
d.
Secara kontinu melakukan observasi/pengamatan
terhadap latihan teknik dasar jalan cepat yang dilaksanakan siswa.
c.
Penutup (15 menit)
a. Siswa melakukan
pendinginan (cooling down).
b. Mendorong siswa untuk melakukan,
menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari
aktivitas hari ini.
c. Mendorong siswa untuk
bertanggung jawab dan menghargai kesehatan untuk kepentingan diri sendiri.
e. Memberikan penghargaan
(pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja
baik.
Materi Pembelajaran Lari Jarak Pendek / SprintLari cepat ialah lari yang diperlombakan dengan cara berlari secepat-cepatnya (sprint) yang dilaksanakan di dalam lintasan lari menempuh jarak 100 m, 200 m dan 400 m. Lari cepat dapat dilakukan baik oleh pelari putra maupun putri. Di dalam lomba lari cepat setiap pelari tidak diperbolehkan keluar lintasannya masing-masing. Kunci pertama yang harus dikuasai oleh pelari jarak pendek/sprint adalah start atau pertolakan. Keterlambatan atau ketidaktelitian pada waktu melakukan start sangat merugikan pelari jarak pendek (sprinter). Oleh sebab itu, cara melakukan start yang baik harus benar- benar diperhatikan dan dipelajari serta dilatih secermat mungkin.Sebelum melakukan sprint, pelari (sprinter) harus melakukan tahap persiapan terlebih dahulu. Pada tahap ini yang ditekankan adalah sikap relaksasi, yaitu dengan menarik napas agar pelari dapat lebih relaks. Adapun gerakannya yaitu, mengangkat kedua tangan sambil menarik napas, dilanjutkan dengan menurunkan tangan dengan memulai sikap start serta menghembuskan napas seiring dengan gerakan tangan ke bawah.Teknik yang harus dikuasai oleh pelari cepat (sprint) adalah start atau tolakan, lari sprint, dan finish. Start lari jarak pendek yaitu start jongkok. Start ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu : start pendek, start menengah, dan start panjang. Penamaan start tersebut tergantung pada penempatan lutut kaki belakang. Seorang pelari bebas menentukan jenis start yang akan digunakan dalam lari jarak pendek.A. Teknik Start1. Start pendek (Bunch Start)Cara melakukannya :1. Langkahkan kaki kanan ke depan dan tempatkan kaki kiri di belakang. Jari-jari kaki kiri belakang kira-kira segaris dengan tumit kaki kanan yang berada di depan.2. Jatuhkan badan ke depan dan letakkan tangan di belakang garis start. Jari-jari tangan meregang membentuk huruf V (antara ibu jari dan keempat jari lainnya). Sejajarkan jari tangan dengan garis start.3. Sikap kedua lengan lurus, berat badan bertumpu pada kedua lengan, dan pandangan lurus ke depan.4. Kemudian angkat panggul ke atas hingga posisi pantat lebih tinggi dari pundak. Kedua lengan tetap lurus, tetapi dengan leher yang tetap lemas.5. Kemudian tolakan lari pada balok start dengan sekuat-kuatnya, lalu larilah secepat-cepatnya.2. Start menengah (Medium Start)Secara umum start menengah sama dengan start pendek. Perbedaan keduanya terletak pada penempatan posisi kaki depan dengan kaki belakang sebagai berikut :1. Saat badan diturunkan posisi lutut segaris dengan ujung jari-jari kaki depan.2. Gerakan selanjutnya sama dengan yang dilakukan pada start pendek.3. Start panjang (Long Start)Secara umum urutan gerakan, sikap tangan, dan badan sama dengan start pendek dan start menengah. Perbedaannya terletak pada penempatan posisi kaki depan dan kaki belakang sebagai berikut :1. Saat menurunkan badan, letakkan lutut kaki belakang (kiri) segaris dengan tumit Kaki depan (kanan) atau lebih mundur lagi.2. Gerakan selanjutnya sama dengan yang dilakukan dalam start pendek dan menengah.B. Teknik LariDalam lari sprint ada tiga teknik dasar yang harus dikuasai yaitu : gerakan kaki, ayunan lengan, dan posisi badan saat berlari.1. Gerakan kaki. Gerakan kaki dalam lari jarak pendek yaitu melangkah dengan selebar dan secepat mungkin. Posisi kaki belakang saat menolak dari tanah seakan tertendang lurus ke depan dengan cepat. Saat bersamaan lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun ke depan. Ketika mendaratkan kaki, yang digunakan adalah ujung telapak kaki dengan lutut agak ditekuk.2. Ayunan lengan. Lengan diayun ke depan atas sebatang hidung. Posisi siku ditekuk lebih kurang membentuk sudut 90o.3. Sikap badan. Saat berlari sikap badan harus rileks condong ke depan dengan kepala segaris punggung. Pandangan mata lurus ke depan.C. Teknik Memasuki Garis FinishUntuk melewati garis finish, biasanya persaingan para pelari cukup ketat. Oleh karena itu, pelari perlu menguasai teknik memasuki garis finish dengan tepat. Terdapat beberapa teknik untuk melewati garis finish, yaitu :1. Pelari terus berlari secepatnya tanpa mengurangi kecepatan dan mengubah sikap.2. Pelari memasuki garis finish dengan membusungkan dada ke depan dan kedua tangan ke belakang.3. Pelari menjatuhkan salah satu bahu ke depan atau memiringkan sisi tubuh bagian atas ke depan (dada dan bahu). Yang perlu diperhatikan yaitu saat memiringkan badan ke depan jangan berlebihan karena gerakan tersebut dapat mengganggu keseimbangan badan.Start yang digunakan pada nomor lari jarak pendek adalah start jongkok. Ada tiga aba-aba yang dilakukan pada lari jarak pendek menggunakan start jongkok, antara lain :1. Aba-aba “bersedia”- Lutut kaki belakang diletakkan/ditempatkan berjarak satu kepal sejajar dengan ujung kaki depan.- Kedua lengan lurus sejajar dengan bahu danletakkan di belakang garis start, dengan pinggiran jari telunjuk dan ibu jari menapak di tanah.- Pandangan lurus ke depan kira-kira 2,5 m. Usahakan badan tetap rileks berat badan berada di kedua belah tangan.2. Aba-aba “siap”- Angkat panggul ke arah depan atas dengan tenang, sampai sedikit lebih tinggi dari bahu.- Berat badan lebih ke depan, kepala rendah leher tetap kendor, pandangan ke bawah, lengan tetap lurus dan siku tetap lurus.- Pada waktu mengangkat panggul, ambil napas dalam-dalam.- Pusatkan perhatian pada aba-aba “ya”.3. Aba-aba “ya”Setelah terdengan aba-aba “ya”, pelari segera menolak dengan kuat sebagai awalan. Pelari mencondongkan tubuh ke depan selama 5 sampai 6 meter pertama. Setelah jarak tersebut terlampaui, sprinter mengambil posisi sprint yang lebih tegak untuk sisa lomba. Pada jarak 40 meter, tubuh sprinter telah tegak sepenuhnya. Sikap pelari saat berlari psrint sebagai berikut :1. Berpijak pada ujung kaki.2. Kaki yang tidak digunakan untuk berpijak ditekuk minimal 90o.3. Angkatlah lutut tinggi-tinggi dan paha lebih kurang sejajar dengan tanah.4. Kepala dan badan tegak dan pandangan mata tertuju ke depan.5. Siku membentuk sudut 90o.6. Ayunkan tangan ke depan dan belakang berlawanan dengan ayunan langkah kaki.A. Media, Alat/Bahan, danSumberBelajar1. MediaGambar: START LARI JARAK PENDEK
GAMBAR : LARI JARAK PENDEK
GAMBAR MEMASUKI FINISH
LARI JARAK PENDEK:
1. Alat
-
Start block start lari
-
Pita untuk finish
-
Peluit wasit
1. Bahan
2. SumberBelajar
Buku diktat penjaskes
kelas X SMK
A.
PenilaianPembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
TeknikPenilaian
Penilaian Pengetahuan
a.
Tes
Tertulis
1. Lari Sprint
menempuh jarak……………
2. Lari Sprint
menggunakan start………….
3. Sebutkan
macam-macam start jongkok?
4. Jelaskan
cara memasuki finish dalam lari Sprint?
a.
T es
Lisan
Guru
memberikan pertanyaan langsung kepada siswa setelah materi selesai.
b.
Penugasan
Guru
memberikan tugas meningkatkan 3 detik bagi pelari yang menempuh jarak 100 meter
di atas 20 detik.:
Penilaian Ketrampilan
Penilaian Kinerja
Bagaimana siswa mempraktikkan lari jarak
pendek dengan semangat dan kompak
5.
InstrumenPenilaian
Penilaian Lari cepat 100 meter
(Menggunakan Daftar Tanda Cek V)
Nama peserta didik: ________ Kelas: _____
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Nilai
|
1
|
Teknik awalan
|
|
|
v
|
|
3
|
2
|
Teknik Saat berlari cepat
|
|
|
|
v
|
4
|
3
|
Sikap/posisi Saat berlari cepat
|
|
|
v
|
|
3
|
4
|
Teknik memasuki finish
|
|
|
|
v
|
4
|
|
Jumlah
|
|
14
|
Skor yang dicapai Skor maksimum
Keterangan:
-
1 Tidak baik
-
2 Kurang baik
-
3 Baik
-
4 Sangat baik
Rumus penilaian :
Jumlah
Nilai/4 = Nilai Akhir
Contoh 14/4 = 3,50
1 Nilai
3,00
2 Nilai
6,00
3 Nilai
8.00
4 Nilai
100
6.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
No comments:
Post a Comment