RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK MAK.................
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : B.Indonesia
Materi Pokok : Teks prosedur kompleks
Jumlah Pertemuan : 2 X Pertemuan (4 X 45 Menit)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
A. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
a. Menalar teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
a.
Membuat
teks prosedur kompleks secara lisan dan tulis dengan tahapan yang benar yaitu
pernyataan tujuan dan sejumlah langkah mencapai tujuan untuk menunjukan penggunaan
sarana teknologi informasi, dan pengurusan identitas diri, serta penerimaan
siswa baru.
3.
Membandingkan teks prosedur kompleks, baik
melalui lisan maupun tulisan.
a.
Membandingkan teks prosedur kompleks
4.
Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
a Memproduksi
teks prosedur kompleks sesuai karakteristik teks
B. Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta
didik mampu menalar teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan dengan benar.
2.
Peserta
didik mampu Membuat teks prosedur
kompleks secara lisan dan tulis dengan tahapan yang benar.
3.
Peserta
didik mampu membandingkan teks prosedur
kompleks dengan benar.
4.
Peserta didik mampu memproduksi teks prosedur kompleks
sesuai karakteristik teks dengan benar
C. Materi
Pembelajaran
1.
Persamaan/perbedaan struktur isi
dan ciri bahasa dua teks prosedur kompleks
2.
Langkah-langkah penulisan teks prosedur
kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
D. Alokasi
Waktu
4X45
Menit (2 X Pertemuan)
E. Metode
Pembelajaran
Metode
Problem Solving Learning, diskusi dan Penugasan
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan
pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta
didik merespon salam yang diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta
didik dengan menanyakan kabar
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks prosedur kompleks
3.
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan
Inti (60 Menit)
1. Peserta didik dibagi menjadi
kelompok yang terdiri dari empat orang.
2.
Peserta didik membaca dua buah teks prosedur kompleks.
3. Peserta didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
4.
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks prosedur kompleks.
5.
Peserta didik mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks
prosedur kompleks yang dibaca.
6.
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok
tentang persamaan dan perbedaan dua
buah teks prosedur kompleks
yang dibaca.
7.
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas, peserta didik lain memberikan tanggapan.
c.
Penutup
(15 Menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.
Peserta
didik mendapat pekerjaan rumah dari guru berupa mencari tema yang akan dipakai
untuk membuat teks eksposisi
Pertemuan kedua
a.
Kegiatan
pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta
didik merespon salam yang diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa peserta
didik dengan menanyakan kabar
2.
Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya
dengan teks prosedur kompleks
3.
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan
Inti (60 Menit)
1.
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
2.
Peserta didik bertanya jawab tentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
3. Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang teks prosedur kompleks.
4.
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
5.
Peserta didik
memproduksi teks prosedur
kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan.
c.
Penutup
(15 Menit)
1.
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
G. Sumber
Pembelajaran
Sumber : Buku Induk bahasa Indonesia
Media : Teks prosedur kompleks
H. Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
a.
Menggunakan
bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
Penilaian
observasi
|
Lembar
penilaian sikap
|
b.
Memiliki
sikap tanggung jawab, peduli responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menyampaikan proses yang dilakukan dalam teks prosedur
kompleks
c.
Mengidentifikasi
persamaan ciri-ciri, struktur, makna, istilah, dan ungkapan dalam dua teks prosedur
kompleks
|
Penilaian
observasi
|
1.
Tes
lisan
2.
Rubrik
penilaian kinerja
|
d.
Mempersentasikan
teks prosedur kompleks yang telah dibuat
|
Diskusi
|
Rubrik
penilaian latihan
|
Mengetahui
..................,........................
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
___________________ _______________________
Download
mantap
ReplyDelete