RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK MAK..................
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Teks Laporan
Jumlah
Pertemuan : 2 X Pertemuan (4 X 45
Menit)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
A. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan- nya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
a Mengenal struktur isi teks laporan hasil
observasi
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
a Memahami ciri bahasa teks laporan hasil
observasi
3.
Mengevaluasi teks laporan
hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
a
Mengevaluasi teks laporan hasil observasi
4
Mengonversi teks laporan
hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
a Mengonversi teks laporan hasil observasi
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik mampu mengenal struktur
isi teks laporan hasil observasi dengan benar
2. Peserta
didik mampu memahami ciri bahasa teks laporan hasil observasi dengan benar
3. Peserta
didik mampu mengevaluasi teks laporan hasil observasi dengan benar
4. Peserta
didik mampu mengonversi teks laporan hasil observasi dengan benar
C.
Materi
Pembelajaran
1. Teks
laporan
2. Langkah-langkah
mengonversi teks laporan hasil observasi
D.
Alokasi
Waktu
4X45 Menit (2 X
Pertemuan)
E.
Metode
Pembelajaran
Metode Project
Basic Learning, diskusi dan Penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan
kabar
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks eksposisi
3.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
b Kegiatan Inti (60 Menit)
1.
Peserta didik dibagi menjadi kelompok
2.
Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
3. Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
4. Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
5.
Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
6.
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
7.
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
8. Peserta didik lain memberikan tanggapan.
c Penutup (15 Menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta
didik diberikan tugas mencari teks laporan hasil observasi
Pertemuan
kedua
a Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan
kabar
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks eksposisi
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b Kegiatan Inti (60 Menit)
1.
Peserta didik duduk sesuai kelompok yang
sudah dibuat sebelumnya
2.
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
3. Peserta
didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
4. Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
5.
Peserta didik menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks laporan hasil observasi.
6. Peserta
didik mengonversi teks laporan hasil
observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
c Penutup (15 Menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
G.
Sumber
Pembelajaran
Sumber : buku induk bahasa Indonesia
Media : teks laporan
H.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
a. Menggunakan
bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
Penilaian
observasi
|
Lembar
penilaian sikap
|
b.
Memiliki sikap tanggung jawab, peduli responsif, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menyampaikan proses yang dilakukan dalam teks laporan
hasil observasi
c.
Mengevaluasi teks laporan hasil observasi
|
Penilaian
observasi
|
1.
Tes lisan
2.
Rubrik penilaian kinerja
|
d.
Mengkonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk monolog maupun
drama pendek
|
projek
|
Rubrik
penilaian latihan
|
Mengetahui ..............,............................
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
________________________ _______________________
Download
No comments:
Post a Comment