KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha
Esa
|
Materi :
·
implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Kunci Jawaban :
|
Contoh implementasi nilai religious Pancasila dalam
praktik penyelenggaraan pemerintah yaitu…
a. Memberi kesempatan kepada warga negara untuk
tidak menganut agama
b. Membuat kebijakan hari libur nasional pada saat
hari raya keagamaan
c. Mewajibkan warga negara menjadi umat agama
yang baik
d. Membebaskan setiap orang membentuk agama
sendiri
e. Mewajibkan masyarakat beribadah di tempat
ibadah.
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha
Esa
|
Materi :
·
implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Kunci Jawaban :
|
Perhatikan kegiatan berikut!
1) Keyakinan tentang adanya sifat humanis
2) Pengakuan adanya martabat manusia
3) Kesadaran untuk menciptakan persatuan bangsa
4) Semangat rela berkorban untuk nusa dan bangsa
5) Kesetiaan terhadap nilai-nilai demokrasi
6) Mewujudkan karakter manusia yang beradab
7) Adanya penghargaan terhadap harkat dan
martabat manusia
Pernyataan yang menunjukkan inti nilai kemanusiaan
Pancasila ditunjukkan oleh nomor…
a. 1), 2). 3) dan 4)
b. 1), 2), 6), dan 7)
c. 2), 5). 6), dan 7)
d. 3), 4), 5), dan 6)
e. 4), 5), 6), dan 7)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha
Esa
|
Materi :
·
implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Kunci Jawaban :
|
Perhatikan kegiatan berikut!
1) Pelaksanaan pemilu sesuai asas pemilu
2) Anggota OSIS melaksanakan musyawarah
3) DPR membuat undang-undang secara mandiri
4) Buruh berunjuk rasa di depan gedung MPR/ DPR
5) MPR memilih dan melantik presiden dan wakil
presiden
6) Pemerintah meminta rakyat tunduk dan patuh
kepada penguasa
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan ditunjukkan
oleh nomor…
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 6)
d. 3), 4). dan 5)
e. 3), 5), dan 6)
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha
Esa
|
Materi :
·
implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Kunci Jawaban : b
|
Berikut kewajiban sebagai warganegara Indonesia,
kecuali....
a. menjaga dan melestarikan lingkungan
b. hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
c. hidup rukun dengan sesama
d. membayara pajak
e. patuh, taat dan menjalankan segala peraturan dan
undang-undang yang berlaku
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran
: .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik
penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian
kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha
Esa
|
Materi :
·
implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik
penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara Indonesia
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Kunci Jawaban : b
|
Tanggal 1 Juni 1945 merupakan tanggal lahirnya istilah
Pancasila yang dikemukakan oleh…
a. Ir. Soekarno
b. Mr. Muh. Yamin
c. Mr. Soepomo
d. Drs. Moh. Hatta
e. Mr. A. A Maramis
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah
menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada
tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Kunci Jawaban : b
|
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan
pusat kepada tempat otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan
disebut....
a. dekonsentrasi
b. desentralisasi
c. sentralisasi
d. kiprah pembantuan
e. tempat otonom
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah
menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada
tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Kunci Jawaban : a
|
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica berupa
pemisahan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah....
a. Monstesquieu
b. John Locke
c. Afdi Afdian
d. Moh. Mahfud
e. Jimly Asshiddiqie
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah
menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada
tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Kunci Jawaban : a
|
Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden
adalah....
a. kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara
tersebut
b. dapat membubarkan parlemen dan sebaliknya
c. penanggung jawab berbagai kehidupan berbangsa dan
bernegara
d. pelaksanaan pemerintahan tertinggi dari semua bidang
pemerintahan
e. hanya kepada kepala negara dari negara yang
bersangkutan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah
menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada
tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Kunci Jawaban : a
|
Sistem pemerintahan ke dalam yang diterapkan pada suatu
negara bertujuan untuk....
a. meningkatkan kualitas sumber daya manusia
b. memperluas pengaruhnya terhadap negara lain
c. mengantisipasi masuknya pengaruh ideologi lain
d. mencapai tujuan negara itu
e. menunjukkan identitas bangsa tersebut
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
|
Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah
menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
Materi :
·
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada
tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Kunci Jawaban : b
|
Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 disebutkan
“Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Republik pada pasal
di atas menunjuk pada....
a. bentuk negara
b. bentuk pemerintahan
c. sistem pemerintahan
d. sistem kabinet
e. sistem demokrasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Perilaku manusia dalam bidang politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara
dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Kunci Jawaban : b
|
Kekuasaan presiden bersifat diktator/otoriter dan tidak
terbatas waktu selama dia mampu mempertahankan kekuasaan tersebut. Hal ini
merupakan penerapan bentuk pemerintahan....
a. republik konstitusional
b. republik absolut
c. republik parlementer
d. monarki absolut
e. monarki konstitusional
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Perilaku manusia dalam bidang politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara
dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Kunci Jawaban : a
|
Melalui pendidikan politik, generasi muda diharapkan
mengembangkan sikap seperti di bawah ini, kecuali.....
a. pemahaman tentang demonstrasi
b. pemahaman tentang demokrasi
c. kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
d. keterampilan berpikir kritis
e. kesetiaan terhadap moral demokrasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Perilaku manusia dalam bidang politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara
dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Kunci Jawaban : d
|
Perilaku manusia dalam bidang politik adalah...
a. mengikuti siskamling
b. ikut rapat komite sekolah
c. mengunjungi kelompok kepentingan
d. mengikuti kampanye partai
e. kegiatan bakti sosial
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Perilaku manusia dalam bidang politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara
dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Kunci Jawaban : c
|
Partai politik akan tumbuh subur di negara yang
menganut paham....
a. komunis
b. sosialis
c. demokrasi
d. fasis
e. republik
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
|
Materi :
·
Perilaku manusia dalam bidang politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara
dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Kunci Jawaban : c
|
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan
antarwarganegara dengan negara, melainkan juga sebagai....
a. usaha memahami situasi sosial tertentu
b. pedoman sebagai dasar negara
c. wujud dari cita-cita dan tujuan nasional bangsa
Indonesia
d. dasar perhubungan antarwarga negara
e. dasar pembentukan negara merdeka
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
Materi :
·
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·
setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan
memelihara stabilitas negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Kunci Jawaban : b
|
Dalam kehidupannya, setiap bangsa dan negara harus
mampu...
a. menolak perubahan agar bisa menjaga stabilitas
negara
b. mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
c. mengutamakan perubahan walau harus mengorbankan
stabiitas negara
d. mengutamakan stabilitas negara walau harus
mengorbankan perubahan
e. merombak secara keseluruhan tatanan yang ada
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
Materi :
·
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media
massa
·
setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan
memelihara stabilitas negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Kunci Jawaban : a
|
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
nampak pada gagasan dasar, cita-cita, dan tujuan negara yang tertuang
dalam....
a. Pembukaan UUD suatu negara
b. Penjelasan UUDS 1945
c. Pancasial sebagai ideologi negara
d. Batang Tubuh UUD 1945
e. Pancasila sebagai dasar negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
Materi :
·
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media
massa
·
setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan
memelihara stabilitas negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Kunci Jawaban : e
|
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh
media massa adalah apabila media massa menjadi....
a. sarana pemberitaan yang jujur dan objektif
b. sarana pertangungjawaban pemerintah kepada
masyarakat
c. sarana kontrol masyarakat terhadap pemerintah
d. sarana pemberi peringatan awal kepada masyarakat
e. sarana mobilisasi rakyat untuk kepentingan penguasa
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
Materi :
·
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media
massa
·
setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan
memelihara stabilitas negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Kunci Jawaban : b
|
UUD 1945 ditetapkan sebagai UUD negara RI diundangkan
dalam sebuah Berita Republik Indonesia tahun II No. 7, ditetapkan oleh....
a. MPRS
b. PPKI
c. KNIP
d. DPRS
e. Konstituante
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
|
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di
sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
|
Materi :
·
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media
massa
·
setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan
memelihara stabilitas negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Kunci Jawaban : b
|
Permasalahan politik dalam organisasi negara, berfokus
pada.....
a. lembaga-lembaga negara
b. kekuasaan
c. organisasi politik
d. partai politk
e. fungsi alat negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan
kewarganegaraan warga
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Kunci Jawaban : e
|
Inti dari Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya terdapat
dalam....
a. alinea pertama
b. alinea ketiga
c. alinea keempat
d. alinea kedua
e. alinea pertama dan keempat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan
kewarganegaraan warga
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Kunci Jawaban : a
|
Lembaga suprastruktur politik adalah....
a. presiden
b. pers
c. karang taruna
d. partai politik
e. kelompok tani
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan
kewarganegaraan warga
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Kunci Jawaban : a
|
Dengan dicantumkannya Pancasila secara formal di dalam
Pembukaan UUD 1945 maka Pancasila memperoleh kedudukan sebagai....
a. sumber hukum nasional
b. dasar hukum nasional
c. landasan konstitusional
d. norma dasar hukum positif
e. sumber tertib hukum
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan
kewarganegaraan warga
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Kunci Jawaban : e
|
Urutan tertib hukum Indonesia. Pembukaan UUD 1945
adalah sebagai berikut....
a. sumber hukum nasional
b. dasar hukum nasional
c. landasan konstitusional
d. norma dasar hukum positif
e. sumber tertib hukum tertinggi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan
kewarganegaraan warga
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Kunci Jawaban : a
|
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam
menentukan kewarganegaraan warga negaranya adalah....
a. asas ius soli dan ius sangunis
b. stelsel aktif dan pasif
c. apatride dan bipatrdie
d. perjanjian antarnegara
e. pengkuan dan pengangkatan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius
sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan
kedudukan warga negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Kunci Jawaban : c
|
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan
ius sanguinis secara bersamaan dalam menentukan kewarganegaraan adalah....
a. menyebarkan penduduk ke luar negeri
b. mengundang investasi asing masuk Indonesia
c. menghindari apatride dan bipatride
d. agar kewarganegaraan seseorang tidak diperebutkan
e. mempermudah orang asing menjadi warga negara
Indonesia
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan,
dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius
sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan
kedudukan warga negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Kunci Jawaban : a
|
Setiap orang diberikan kebebasan untuk berserikat dan
berkumpul dalam organisasi sosial, organisasi politik, dan mengeluarkan atau
menyatakan pendapat merupakan makna dari pasal....
a. 28
b. 30
c. 31
d. 33
e. 27
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius
sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan
kedudukan warga negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Kunci Jawaban : c
|
Contoh perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn
menampilkan persamaan kedudukan warga negara adalah....
a. bersama-sama membantu meringkan beban orang tua
b. bekerja sama dalam memeriksa kesehatan penduduk
c. membayar pajak tepat waktu
d. ikut dalam program transmigrasi demi pemerataan
pembangunan
e. membantu negara lain yang tertimpa musibah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius
sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan
kedudukan warga negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Kunci Jawaban : e
|
Menteri-menteri (kabinet) harus mempertanggungjawabkan
semua tindakannya kepada DPR, merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan....
a. presidensial
b. monarki
c. sosialis
d. libral
e. parlementer
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya
penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya,
pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
Materi :
·
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius
sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan
kedudukan warga negara
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Kunci Jawaban : a
|
Di bawah ini yang bukan tujuan dari partai politik
adalah....
a. menciptakan masyarakat adil dan makmur yang merata
materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan wadah NKRI
b. memengaruhi atau bahkan membentuk kebijakan
pemerintah
c. memengaruhi kebijakan pemerintah tanpa keinginan
memperoleh jabatan
d. sebagai perwakilan dari aspirari rakyat
e. sebagai jembatan dalam menentukan kebijakna
pemerintah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh
lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Kunci Jawaban : b
|
Sesuai dengan prinsip-prinsip pers bebas yang
bertanggung jawab. Media masa seharusnya mengabdi pada....
a. kepentingan penguasa negara
b. kesejahteraan bersama semua warga masyarakat
c. kepentingan pemilik modal yang membiayai media masa
d. kepentingan partai politik yang sedang berkuasa
e. kesejahteraan bersama para karyawan media massa
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh
lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Kunci Jawaban : c
|
Meskipun tidak saling kenal, para anggota bangsa selalu
memandang satu sama lain sebagai saudara. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa
itu memiliki ciri….
a. batas wilayah yang jelas
b. pemerintah yang berdaulat
c. adanya solidaritas
d. mempunyai keharmonisan
e. komunitas politik yang dibayangkan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh
lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Kunci Jawaban : a
|
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan yang
timbul sebagai sintesa antara kemerdekaan universal dengan kemerdekaan invidual.
Hal ini disebut negara sebagai organisasi….
a. kesusilaan
b. politik
c. kekuasaan
d. kemasyarakatan
e. manusia
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh
lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Kunci Jawaban : a
|
Dua konsep kelautan pada zaman dahulu yang menimbulkan
masalah internasional tentang batas wilayah laut suatu negara adalah….
a. res nulius dan res communis
b. nusailara dan anchipelago
c. maritim dan kontinental
d. zona ekonomi eksklusif
e. landas benua
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan
kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana
tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Materi :
·
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh
lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Kunci Jawaban : c
|
Semua peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan
disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang merupakan
sifat hakikat negara…..
a. memaksa
b. monopoli
c. permanen
e. absolut
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
Materi :
·
membedakan penduduk dan bukan penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Kunci Jawaban : d
|
Berikut ini yang membedakan penduduk dan bukan penduduk
adalah….
a. hak
b. kewajiban
c. aturan hukum
d. domisili
e. hak dan kewajiban
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
Materi :
·
membedakan penduduk dan bukan penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Kunci Jawaban : e
|
Mereka yang berdasarkan hukum merupakan anggota suatu
negara disebut…..
a. rakyat
b. bangsa
c. penduduk
d. orang asing
e. warga negara
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
Materi :
·
membedakan penduduk dan bukan penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Kunci Jawaban : a
|
Bangsa adalah kelompok teritorial dengan hak
kewarganegaraan yang sama dan memiliki karakteristik yang sama. Pendapat ini
diungkapkan oleh….
a. Suryono Sukanto
b. Otto Baurer
c. F. Ratzel
d. Hans Kohn
e. Jacobsen dan Lipman
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
Materi :
·
membedakan penduduk dan bukan penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Kunci Jawaban : a
|
Negara Libera ditinjau berdasarkan terjadinya negara
secara fakta sejarah adalah hasil….
a. occupatie
b. fusi
c. accesie
d. anexatie
e. inovasi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi
nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap
negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi,
sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
Materi :
·
membedakan penduduk dan bukan penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Kunci Jawaban : e
|
Salah satu syarat berdirinya negara adalah pemerintahan
yang berdaulat dalam arti sempit adalah….
a. pemerintahan sebagai gabungan dari semua lembaga
negara yang ada
b. eksekutif dan yudikatif
c. eksekutif, legislatif, dan yudikatif
d. pemerintahan yang terdiri dari presiden dan para
menteri (eksekutif)
e. pemerintahan yang terdiri dari pemegang kedaulatan
rakyat yang tertinggi
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau membentuk UU
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Kunci Jawaban : sebagai bukti diakui keberadaannya
oleh negara lain baik secara de facto maupun de jure
|
|
Mengapa suatu negara yang baru berdiri membutuhkan
pengakuan dari negara lain?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau membentuk UU
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Kunci Jawaban : pemerintah yang berdaulat adalah
pemerintah yang diakui oleh rakyatnya melalui proses yang demokratis dan
diberi mandat oleh rakyat untuk menjalankan pemerintahan dalam kurun waktu tertentu.
|
|
Menurutmu bagaimanakah pemerintah yang berdaulat itu?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau membentuk UU
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Kunci Jawaban : jiwa nasionalisme dan patriotisme
generasi muda saat ini mulai tergerus oleh arus globalisasi yang makin
merasuk ke dalam jiwa generasi muda. Untuk itu butuh reaktulisasi
nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda.
|
|
Menurut pendapatmu, bagaimana jiwa nasionalisme dan
patriotisme generasi muda saat ini?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
· nbsp;
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau membentuk UU
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Kunci Jawaban : DPR
|
|
Menurut UUD 1945, yang berwenang membuat atau membentuk
UU adalah....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam
konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
Materi :
·
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau membentuk UU
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Kunci Jawaban : diri sendiri
|
|
Kesadaran hukum pada dasarnya bersumber dari....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Materi :
·
Hukum dagang dan hukum acara perdata
·
perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Kunci Jawaban : hukum privat
|
|
Hukum dagang dan hukum acara perdata termasuk ke dalam
hukum yang menyangkut kepentingan perorangan adalah....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Materi :
·
Hukum dagang dan hukum acara perdata
·
perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Kunci Jawaban : hukum positif
|
|
Hukum yang berlaku pada saat ini di suatu negara
tertentu disebut....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Materi :
·
Hukum dagang dan hukum acara perdata
·
perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Kunci Jawaban : hukum publik
|
|
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
termasuk dalam lapangan....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Materi :
·
Hukum dagang dan hukum acara perdata
·
perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Kunci Jawaban : yurisprudensi
|
|
Putusan hakim yang terdahulu kemudian diikuti oleh para
hakim lain dalam memutuskan perkara disebut....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat
dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan
komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
Materi :
·
Hukum dagang dan hukum acara perdata
·
perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Kunci Jawaban : Hukum publik adalah hukum yang
mengatur hubungan antara warga negara dan negara yang menyangkut kepentingan
umum. Adapun hukum privat adalah hukum yang mengatur kepentingan orang
perorangan.
|
|
Jelaskan perbedaan hukum publik dengan hukum privat!
|
||
No comments:
Post a Comment