Kartu Soal PKN Kelas X Semester 2 SMK/SMA/MAK


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·         Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·         kewajiban sebagai warganegara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Kunci Jawaban :
Contoh implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah yaitu…
a. Memberi kesempatan kepada warga negara untuk tidak menganut agama
b. Membuat kebijakan hari libur nasional pada saat hari raya keagamaan
c. Mewajibkan warga negara menjadi umat agama yang baik
d. Membebaskan setiap orang membentuk agama sendiri
e. Mewajibkan masyarakat beribadah di tempat ibadah.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·         Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·         kewajiban sebagai warganegara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Kunci Jawaban :
Perhatikan kegiatan berikut!
1) Keyakinan tentang adanya sifat humanis
2) Pengakuan adanya martabat manusia
3) Kesadaran untuk menciptakan persatuan bangsa
4) Semangat rela berkorban untuk nusa dan bangsa
5) Kesetiaan terhadap nilai-nilai demokrasi
6) Mewujudkan karakter manusia yang beradab
7) Adanya penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia
Pernyataan yang menunjukkan inti nilai kemanusiaan Pancasila ditunjukkan oleh nomor…
a. 1), 2). 3) dan 4)
b. 1), 2), 6), dan 7)
c. 2), 5). 6), dan 7)
d. 3), 4), 5), dan 6)
e. 4), 5), 6), dan 7)


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·         Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·         kewajiban sebagai warganegara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Kunci Jawaban :
Perhatikan kegiatan berikut!
1) Pelaksanaan pemilu sesuai asas pemilu
2) Anggota OSIS melaksanakan musyawarah
3) DPR membuat undang-undang secara mandiri
4) Buruh berunjuk rasa di depan gedung MPR/ DPR
5) MPR memilih dan melantik presiden dan wakil presiden
6) Pemerintah meminta rakyat tunduk dan patuh kepada penguasa
Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan ditunjukkan oleh nomor…
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 2), 3), dan 6)
d. 3), 4). dan 5)
e. 3), 5), dan 6)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·         Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·         kewajiban sebagai warganegara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Kunci Jawaban : b
Berikut kewajiban sebagai warganegara Indonesia, kecuali....
a. menjaga dan melestarikan lingkungan
b. hak memperoleh pendidikan dan pengajaran
c. hidup rukun dengan sesama
d. membayara pajak
e. patuh, taat dan menjalankan segala peraturan dan undang-undang yang berlaku

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan
keamanan sebagai wujud rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         implementasi nilai religious Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·         Kegiatan yang mencerminkan nilai kerakyatan
·         kewajiban sebagai warganegara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Kunci Jawaban : b
Tanggal 1 Juni 1945 merupakan tanggal lahirnya istilah Pancasila yang dikemukakan oleh…
a. Ir. Soekarno
b. Mr. Muh. Yamin
c. Mr. Soepomo
d. Drs. Moh. Hatta
e. Mr. A. A Maramis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa

1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·         sistem pemerintahan presidensial
·         Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Kunci Jawaban : b
Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan disebut....
a. dekonsentrasi
b. desentralisasi
c. sentralisasi
d. kiprah pembantuan
e. tempat otonom

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa

1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·         sistem pemerintahan presidensial
·         Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Kunci Jawaban : a
Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica berupa pemisahan kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah....
a. Monstesquieu
b. John Locke
c. Afdi Afdian
d. Moh. Mahfud
e. Jimly Asshiddiqie

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa

1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·         sistem pemerintahan presidensial
·         Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Kunci Jawaban : a
Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden adalah....
a. kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara tersebut
b. dapat membubarkan parlemen dan sebaliknya
c. penanggung jawab berbagai kehidupan berbangsa dan bernegara
d. pelaksanaan pemerintahan tertinggi dari semua bidang pemerintahan
e. hanya kepada kepala negara dari negara yang bersangkutan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa

1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·         sistem pemerintahan presidensial
·         Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Kunci Jawaban : a
Sistem pemerintahan ke dalam yang diterapkan pada suatu negara bertujuan untuk....
a. meningkatkan kualitas sumber daya manusia
b. memperluas pengaruhnya terhadap negara lain
c. mengantisipasi masuknya pengaruh ideologi lain
d. mencapai tujuan negara itu
e. menunjukkan identitas bangsa tersebut

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar :
1.3 Menghargai nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa

1.4 Menghormati hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa

Materi :
·         Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·         sistem pemerintahan presidensial
·         Tokoh yang memperkenalkan teori trias politica
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Kunci Jawaban : b
Berdasarkan Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 disebutkan “Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Republik pada pasal di atas menunjuk pada....
a. bentuk negara
b. bentuk pemerintahan
c. sistem pemerintahan
d. sistem kabinet
e. sistem demokrasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Materi :
·         Perilaku manusia dalam bidang politik
·         Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·         kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Kunci Jawaban : b
Kekuasaan presiden bersifat diktator/otoriter dan tidak terbatas waktu selama dia mampu mempertahankan kekuasaan tersebut. Hal ini merupakan penerapan bentuk pemerintahan....
a. republik konstitusional
b. republik absolut
c. republik parlementer
d. monarki absolut
e. monarki konstitusional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Materi :
·         Perilaku manusia dalam bidang politik
·         Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·         kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Kunci Jawaban : a
Melalui pendidikan politik, generasi muda diharapkan mengembangkan sikap seperti di bawah ini, kecuali.....
a. pemahaman tentang demonstrasi
b. pemahaman tentang demokrasi
c. kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
d. keterampilan berpikir kritis
e. kesetiaan terhadap moral demokrasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Materi :
·         Perilaku manusia dalam bidang politik
·         Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·         kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Kunci Jawaban : d
Perilaku manusia dalam bidang politik adalah...
a. mengikuti siskamling
b. ikut rapat komite sekolah
c. mengunjungi kelompok kepentingan
d. mengikuti kampanye partai
e. kegiatan bakti sosial

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Materi :
·         Perilaku manusia dalam bidang politik
·         Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·         kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Kunci Jawaban : c
Partai politik akan tumbuh subur di negara yang menganut paham....
a. komunis
b. sosialis
c. demokrasi
d. fasis
e. republik

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.1 enunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
Materi :
·         Perilaku manusia dalam bidang politik
·         Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·         kemampuan berpartisipasi dalam kehidupan demokratis
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Kunci Jawaban : c
Pancasila tidak hanya menjadi dasar hubungan antarwarganegara dengan negara, melainkan juga sebagai....
a. usaha memahami situasi sosial tertentu
b. pedoman sebagai dasar negara
c. wujud dari cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia
d. dasar perhubungan antarwarga negara
e. dasar pembentukan negara merdeka

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara

2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
Materi :
·         Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·         Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·         setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Kunci Jawaban : b
Dalam kehidupannya, setiap bangsa dan negara harus mampu...
a. menolak perubahan agar bisa menjaga stabilitas negara
b. mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
c. mengutamakan perubahan walau harus mengorbankan stabiitas negara
d. mengutamakan stabilitas negara walau harus mengorbankan perubahan
e. merombak secara keseluruhan tatanan yang ada

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara

2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
Materi :
·         Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·         Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·         setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Kunci Jawaban : a
Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi nampak pada gagasan dasar, cita-cita, dan tujuan negara yang tertuang dalam....
a. Pembukaan UUD suatu negara
b. Penjelasan UUDS 1945
c. Pancasial sebagai ideologi negara
d. Batang Tubuh UUD 1945
e. Pancasila sebagai dasar negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara

2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
Materi :
·         Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·         Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·         setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Kunci Jawaban : e
Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa adalah apabila media massa menjadi....
a. sarana pemberitaan yang jujur dan objektif
b. sarana pertangungjawaban pemerintah kepada masyarakat
c. sarana kontrol masyarakat terhadap pemerintah
d. sarana pemberi peringatan awal kepada masyarakat
e. sarana mobilisasi rakyat untuk kepentingan penguasa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara

2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
Materi :
·         Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·         Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·         setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Kunci Jawaban : b
UUD 1945 ditetapkan sebagai UUD negara RI diundangkan dalam sebuah Berita Republik Indonesia tahun II No. 7, ditetapkan oleh....
a. MPRS
b. PPKI
c. KNIP
d. DPRS
e. Konstituante

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bersikap peduli terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga negara

2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
Materi :
·         Keterikatan antara dasar negara dengan konstitusi
·         Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh media massa
·         setiap bangsa dan negara harus mampu mengelola perubahan dan memelihara stabilitas negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Kunci Jawaban : b
Permasalahan politik dalam organisasi negara, berfokus pada.....
a. lembaga-lembaga negara
b. kekuasaan
c. organisasi politik
d. partai politk
e. fungsi alat negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Inti dari Pembukaan UUD 1945
·         Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·         Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Kunci Jawaban : e
Inti dari Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya terdapat dalam....
a. alinea pertama
b. alinea ketiga
c. alinea keempat
d. alinea kedua
e. alinea pertama dan keempat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Inti dari Pembukaan UUD 1945
·         Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·         Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Kunci Jawaban : a
Lembaga suprastruktur politik adalah....
a. presiden
b. pers
c. karang taruna
d. partai politik
e. kelompok tani

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Inti dari Pembukaan UUD 1945
·         Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·         Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Kunci Jawaban : a
Dengan dicantumkannya Pancasila secara formal di dalam Pembukaan UUD 1945 maka Pancasila memperoleh kedudukan sebagai....
a. sumber hukum nasional
b. dasar hukum nasional
c. landasan konstitusional
d. norma dasar hukum positif
e. sumber tertib hukum

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Inti dari Pembukaan UUD 1945
·         Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·         Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Kunci Jawaban : e
Urutan tertib hukum Indonesia. Pembukaan UUD 1945 adalah sebagai berikut....
a. sumber hukum nasional
b. dasar hukum nasional
c. landasan konstitusional
d. norma dasar hukum positif
e. sumber tertib hukum tertinggi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 engidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Inti dari Pembukaan UUD 1945
·         Kedudukan pancasila sebagai sumber hukum
·         Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Kunci Jawaban : a
Asas yang digunakan negara-negara di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga negaranya adalah....
a. asas ius soli dan ius sangunis
b. stelsel aktif dan pasif
c. apatride dan bipatrdie
d. perjanjian antarnegara
e. pengkuan dan pengangkatan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·         Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·         perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Kunci Jawaban : c
Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan dalam menentukan kewarganegaraan adalah....
a. menyebarkan penduduk ke luar negeri
b. mengundang investasi asing masuk Indonesia
c. menghindari apatride dan bipatride
d. agar kewarganegaraan seseorang tidak diperebutkan
e. mempermudah orang asing menjadi warga negara Indonesia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·         Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·         perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Kunci Jawaban : a
Setiap orang diberikan kebebasan untuk berserikat dan berkumpul dalam organisasi sosial, organisasi politik, dan mengeluarkan atau menyatakan pendapat merupakan makna dari pasal....
a. 28
b. 30
c. 31
d. 33
e. 27

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·         Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·         perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Kunci Jawaban : c
Contoh perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara adalah....
a. bersama-sama membantu meringkan beban orang tua
b. bekerja sama dalam memeriksa kesehatan penduduk
c. membayar pajak tepat waktu
d. ikut dalam program transmigrasi demi pemerataan pembangunan
e. membantu negara lain yang tertimpa musibah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·         Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·         perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Kunci Jawaban : e
Menteri-menteri (kabinet) harus mempertanggungjawabkan semua tindakannya kepada DPR, merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan....
a. presidensial
b. monarki
c. sosialis
d. libral
e. parlementer

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Alasan negara Indonesia menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·         Kebebasan berpendapat diatur undang-undang
·         perilaku dalam lingkungan masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Kunci Jawaban : a
Di bawah ini yang bukan tujuan dari partai politik adalah....
a. menciptakan masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan wadah NKRI
b. memengaruhi atau bahkan membentuk kebijakan pemerintah
c. memengaruhi kebijakan pemerintah tanpa keinginan memperoleh jabatan
d. sebagai perwakilan dari aspirari rakyat
e. sebagai jembatan dalam menentukan kebijakna pemerintah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·         Tugas media masa dalam demokrasi
·         peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Kunci Jawaban : b
Sesuai dengan prinsip-prinsip pers bebas yang bertanggung jawab. Media masa seharusnya mengabdi pada....
a. kepentingan penguasa negara
b. kesejahteraan bersama semua warga masyarakat
c. kepentingan pemilik modal yang membiayai media masa
d. kepentingan partai politik yang sedang berkuasa
e. kesejahteraan bersama para karyawan media massa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·         Tugas media masa dalam demokrasi
·         peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Kunci Jawaban : c
Meskipun tidak saling kenal, para anggota bangsa selalu memandang satu sama lain sebagai saudara. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa itu memiliki ciri….
a. batas wilayah yang jelas
b. pemerintah yang berdaulat
c. adanya solidaritas
d. mempunyai keharmonisan
e. komunitas politik yang dibayangkan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·         Tugas media masa dalam demokrasi
·         peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Kunci Jawaban : a
Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan yang timbul sebagai sintesa antara kemerdekaan universal dengan kemerdekaan invidual. Hal ini disebut negara sebagai organisasi….
a. kesusilaan
b. politik
c. kekuasaan
d. kemasyarakatan
e. manusia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·         Tugas media masa dalam demokrasi
·         peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Kunci Jawaban : a
Dua konsep kelautan pada zaman dahulu yang menimbulkan masalah internasional tentang batas wilayah laut suatu negara adalah….
a. res nulius dan res communis
b. nusailara dan anchipelago
c. maritim dan kontinental
d. zona ekonomi eksklusif
e. landas benua

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mendemonstrasikan hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Materi :
·         Pengertian negara sebagai organisasi kesusilaan
·         Tugas media masa dalam demokrasi
·         peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Kunci Jawaban : c
Semua peraturan perundang-undangan yang telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua orang merupakan sifat hakikat negara…..
a. memaksa
b. monopoli
c. permanen
e. absolut

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Materi :
·         membedakan penduduk dan bukan penduduk
·         anggota suatu negara bhukum
·         pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Kunci Jawaban : d
Berikut ini yang membedakan penduduk dan bukan penduduk adalah….
a. hak
b. kewajiban
c. aturan hukum
d. domisili
e. hak dan kewajiban

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Materi :
·         membedakan penduduk dan bukan penduduk
·         anggota suatu negara bhukum
·         pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Kunci Jawaban : e
Mereka yang berdasarkan hukum merupakan anggota suatu negara disebut…..
a. rakyat
b. bangsa
c. penduduk
d. orang asing
e. warga negara

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Materi :
·         membedakan penduduk dan bukan penduduk
·         anggota suatu negara bhukum
·         pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Kunci Jawaban : a
Bangsa adalah kelompok teritorial dengan hak kewarganegaraan yang sama dan memiliki karakteristik yang sama. Pendapat ini diungkapkan oleh….
a. Suryono Sukanto
b. Otto Baurer
c. F. Ratzel
d. Hans Kohn
e. Jacobsen dan Lipman

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Materi :
·         membedakan penduduk dan bukan penduduk
·         anggota suatu negara bhukum
·         pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Kunci Jawaban : a
Negara Libera ditinjau berdasarkan terjadinya negara secara fakta sejarah adalah hasil….
a. occupatie
b. fusi
c. accesie
d. anexatie
e. inovasi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
Materi :
·         membedakan penduduk dan bukan penduduk
·         anggota suatu negara bhukum
·         pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Kunci Jawaban : e
Salah satu syarat berdirinya negara adalah pemerintahan yang berdaulat dalam arti sempit adalah….
a. pemerintahan sebagai gabungan dari semua lembaga negara yang ada
b. eksekutif dan yudikatif
c. eksekutif, legislatif, dan yudikatif
d. pemerintahan yang terdiri dari presiden dan para menteri (eksekutif)
e. pemerintahan yang terdiri dari pemegang kedaulatan rakyat yang tertinggi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·         jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·         yang berwenang membuat atau membentuk UU
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Kunci Jawaban : sebagai bukti diakui keberadaannya oleh negara lain baik secara de facto maupun de jure
Mengapa suatu negara yang baru berdiri membutuhkan pengakuan dari negara lain?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·         jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·         yang berwenang membuat atau membentuk UU
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Kunci Jawaban : pemerintah yang berdaulat adalah pemerintah yang diakui oleh rakyatnya melalui proses yang demokratis dan diberi mandat oleh rakyat untuk menjalankan pemerintahan dalam kurun waktu tertentu.
Menurutmu bagaimanakah pemerintah yang berdaulat itu?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·         jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·         yang berwenang membuat atau membentuk UU
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Kunci Jawaban : jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini mulai tergerus oleh arus globalisasi yang makin merasuk ke dalam jiwa generasi muda. Untuk itu butuh reaktulisasi nasionalisme dan patriotisme dikalangan generasi muda.
Menurut pendapatmu, bagaimana jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·   nbsp;      bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·         jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·         yang berwenang membuat atau membentuk UU
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Kunci Jawaban : DPR
Menurut UUD 1945, yang berwenang membuat atau membentuk UU adalah....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menginterpretasi pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
Materi :
·         bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·         jiwa nasionalisme dan patriotisme generasi muda saat ini
·         yang berwenang membuat atau membentuk UU
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Kunci Jawaban : diri sendiri
Kesadaran hukum pada dasarnya bersumber dari....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Hukum dagang dan hukum acara perdata
·         perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·         Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Kunci Jawaban : hukum privat
Hukum dagang dan hukum acara perdata termasuk ke dalam hukum yang menyangkut kepentingan perorangan adalah....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Hukum dagang dan hukum acara perdata
·         perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·         Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Kunci Jawaban : hukum positif
Hukum yang berlaku pada saat ini di suatu negara tertentu disebut....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Hukum dagang dan hukum acara perdata
·         perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·         Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Kunci Jawaban : hukum publik
Hukum tata negara dan hukum administrasi negara termasuk dalam lapangan....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Hukum dagang dan hukum acara perdata
·         perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·         Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Kunci Jawaban : yurisprudensi
Putusan hakim yang terdahulu kemudian diikuti oleh para hakim lain dalam memutuskan perkara disebut....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : X / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
2.4 Bersikap peduli terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah setempat
2.5 Menunjukkan sikap kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         Hukum dagang dan hukum acara perdata
·         perbedaan hukum publik dengan hukum privat
·         Hukum tata negara dan hukum administrasi negara
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Kunci Jawaban : Hukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara warga negara dan negara yang menyangkut kepentingan umum. Adapun hukum privat adalah hukum yang mengatur kepentingan orang perorangan.
Jelaskan perbedaan hukum publik dengan hukum privat!

Download Kartu Soal PKN Kelas X Semester 2 >>>

Soal PKN Kelas X Semester 2  >>>

Kisi-kisi PKN Kelas X Semester 2  >>>

No comments:

Post a Comment