Kisi-kisi PKn
SMA/SMK Kelas X Semester 2
Satuan Pendidikan : SMA/SMK
Kelas / Semester : X / 2
No.
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Bentuk Soal
|
Soal Nomor
|
1.
|
1. Menghayati dan
mengamalkan
ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri nilai-nilai
Pancasia dalam praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara sebagai salah satu
bentuk pengabdian kepada
Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menerima ketentuan
Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan
keamanan sebagai wujud
rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa
|
·
implementasi nilai religious
Pancasila dalam praktik penyelenggaraan pemerintah
·
Kegiatan yang mencerminkan nilai
kerakyatan
·
kewajiban sebagai warganegara
Indonesia
|
Pilihan Ganda
|
1 - 5
|
2.
|
1.3 Menghargai
nilai-nilai terkait fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap
beriman dan bertaqwa
1.4 Menghormati hubungan
pemerintah pusat dan daerah menurut Undang- Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha
Esa
|
·
Penyerahan wewenang pemerintahan
oleh pemerintahan pusat kepada tempat otonom
·
sistem pemerintahan presidensial
·
Tokoh yang memperkenalkan teori
trias politica
|
Pilihan Ganda
|
6 -10
|
|
3.
|
2. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro- aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
2.1 enunjukkan sikap
gotong royong sebagai bentuk penerapan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
2.2 Bersikap peduli
terhadap penerapan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
|
·
Perilaku manusia dalam bidang
politik
·
Pancasila tidak hanya menjadi
dasar hubungan antarwarganegara dengan negara
·
kemampuan berpartisipasi dalam
kehidupan demokratis
|
Pilihan Ganda
|
11 - 15
|
4.
|
2.3 Bersikap peduli
terhadap lembaga- lembaga di sekolah sebagai cerminan dari lembaga-lembaga
negara
2.4 Bersikap peduli
terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
|
·
Keterikatan antara dasar negara
dengan konstitusi
·
Salah satu dampak negatif yang
dapat ditimbulkan oleh media massa
·
setiap bangsa dan negara harus
mampu mengelola perubahan dan memelihara
stabilitas negara
|
Pilihan Ganda
|
16 -20
|
|
5.
|
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.5 engidentifikasi
faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.6 menganalisis ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
·
Inti dari Pembukaan UUD 1945
·
Kedudukan pancasila sebagai
sumber hukum
·
Asas yang digunakan negara-negara
di dunia dalam menentukan kewarganegaraan warga
|
Pilihan Ganda
|
21 - 25
|
6.
|
3.5 Mengidentifikasi
faktor-faktor pembentuk integrasi nasional
dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
3.6 Menganalisis ancaman
terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik,
ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
·
Alasan negara Indonesia
menggunakan asas ius soli dan ius sanguinis secara bersamaan
·
Kebebasan berpendapat diatur
undang-undang
·
perilaku dalam lingkungan
masyarakat yagn menampilkan persamaan kedudukan warga negara
|
Pilihan Ganda
|
26 - 30
|
|
7.
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji
dalam ranah konkret dan
ranah
abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah
secara
mandiri, dan mampu
menggunakan
metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.3 Mendemonstrasikan
hasil analisis tentang fungsi dan kewenangan lembaga-lembaga Negara menurut
Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Merancang dan
melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan
pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun
1945
|
·
Pengertian negara sebagai
organisasi kesusilaan
·
Tugas media masa dalam demokrasi
·
peraturan perundang-undangan yang
telah dibuat dan disahkan oleh lembaga yang berwenang berlaku untuk semua
orang
|
Pilihan Ganda
|
31 - 35
|
8.
|
4.5 Mendemonstrasikan faktor-faktor
pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil
analisis tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan
|
·
membedakan penduduk dan bukan
penduduk
·
anggota suatu negara bhukum
·
pemerintahan yang berdaulat dalam
arti sempit
|
Pilihan Ganda
|
36 - 40
|
|
9.
|
3.7 Menginterpretasi
pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik
Indonesia
|
·
bagaimanakah pemerintah yang berdaulat
·
jiwa nasionalisme dan patriotisme
generasi muda saat ini
·
yang berwenang membuat atau
membentuk UU
|
Essay
|
41 - 45
|
|
10.
|
2.4 Bersikap peduli
terhadap hubungan pemerintah pusat dan daerah yang harmonis di daerah
setempat
2.5 Menunjukkan sikap
kerjasama dalam rangka mewujudkan komitmen integrasi nasional dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2.6 Bersikap responsif
dan proaktif atas ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang
Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
·
Hukum dagang dan hukum acara
perdata
·
perbedaan hukum publik dengan
hukum privat
·
Hukum tata negara dan hukum
administrasi negara
|
Essay
|
46 - 50
|
No comments:
Post a Comment