KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
permainan sepak bola
·
Variasi gerak permainan bola voly
·
Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: b. 2 kali 45 menit
|
permainan sepak bola adalah permainan yang batas akhir
permainan yang ditentukan oleh waktu berapakah lama waktu
permainan sepak bola
a. 40 menit kali 3
b. 2 kali 45 menit
c. 4 kali 30 menit
d. 2 kali 10 menit
e. satu jam permainan non stop
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
permainan sepak bola
·
Variasi gerak permainan bola voly
·
Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: a. penyerang
|
Seorang pemain yang bertugas untuk merusak pertahanan
lawan dan mencetak goal adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
permainan sepak bola
·
Variasi gerak permainan bola voly
·
Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: c. gelandang
|
seorang pemain yang berfungsi sebagai penjaga daerah
tengah per tahanan disebut
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
permainan sepak bola
·
Variasi gerak permainan bola voly
·
Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: b. bek
|
Seorang pemain yang memiliki tugas sebagai penghubung
antara bek dan penyerang adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
permainan sepak bola
·
Variasi gerak permainan bola voly
·
Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: e. gelandang tengah
|
seorang pemain yang memiliki tugas untuk mengatur ritme
permainan adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang tengah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi gerak permainan sepak bola
·
Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah
dipelajari
·
Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: e. Smash
|
Melakukan awalan dengan ancang ancang yang lebar dan
datar merupakan cara untuK melakukan....
a. Melakukan blok
b. mengUmpan
c. Menyerang
d. Pertahanan
e. Smash
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi gerak permainan sepak bola
·
Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah
dipelajari
·
Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: d. Blok
|
Suatu usaha untuk menghalangi penyerangan lawan atau
menghalangi smash yang dilakukan lawan disebut....
a. spike pelan
b. lop
c. servis
d. Blok
e. smash
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi gerak permainan sepak bola
·
Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah
dipelajari
·
Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: a. 2,43 meter
|
Berapakah tinggi net yang biasa digunakan untuk
permainan bola voli putra....
a. 2,43 meter
b. 3,43 meter
c. 2,59 meter
d. 1,5 meter
e. 4,2 meter
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi gerak permainan sepak bola
·
Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·
Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: b. Lompatan
|
Keberasilan saat melakukan blok ditentukan oleh...
a. Smash yang keras
b. Lompatan
c. Tangan yang panjang
d. Tumpuan
e. Tolakan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi gerak permainan sepak bola
·
Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah
dipelajari
·
Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: e. PBVSI
|
Nama organisasi bola voli diindonesia adalah
a. Pssi
b. Perbasi
c. Pbfi
d. Persami
e. PBVSI
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
softball
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
tenismeja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawaban: c. 3 kali
|
Seorang pemain softball mendapat kesempatan memukul
bola sebanyak ….
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali
e. 5 kali
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
softball
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
tenismeja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawaban: a. 7 inning
|
Jumlah inning dalam permainan softball adalah ….
a. 7 inning
b. 9 inning
c. 11 inning
d. 12 inning
e. 10 inning
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
softball
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawaban: b. glove
|
Seorang penjaga memakai sarung tangan yang terbuat daru
kulit yang disebut ….
a. masker
b. glove
c. body protector
d. darung tinju
e. cadar
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
softball
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawaban: b. Perbasasi
|
Induk organisasi softball di Indonesia adalah ….
a. Perbasi
b. Perbasasi
c. PBSI
d. Percasi
e. Persi
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu
permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
softball
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
bulutangkis
·
Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan
tenismeja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawaban: b. pitcher
|
Pelambung dalam permainan softball disebut ….
a. catcher
b. pitcher
c. runner
d. batter
e. striker
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Mempraktikkan Soft ball
·
Mempraktikkan Bulu tangkis
·
Mempraktikkan Tenis meja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawaban: a. Forehand
|
Posisi raket telentang, ibu jari & jari telunjuk
menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya gepeng dan yang
sebaliknya pada telapak tangan, itu adalah cara memegang raket...
a. Forehand
b. Asia
c. Backhand
d. Inggris
e. Amerika
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Mempraktikkan Soft ball
·
Mempraktikkan Bulu tangkis
·
Mempraktikkan Tenis meja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawaban: e. 20- 20
|
Pada pertandingan bulu tangkis putra deuce (yus)
diberikan jika kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Mempraktikkan Soft ball
·
Mempraktikkan Bulu tangkis
·
Mempraktikkan Tenis meja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban: c. Backhand grip
|
Bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk,
menempel pada bagian permukaan tangkai yang gepeng atau pipih adalah cara ...
a. campuran
b. Amerika
c. Backhand grip
d. Inggris
e. Indonesia
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Mempraktikkan Soft ball
·
Mempraktikkan Bulu tangkis
·
Mempraktikkan Tenis meja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawaban: d. sikap tangan memukul
|
Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan
bulu tangkis terletak pada ...
a. laju bola
b. posisi kaki
c. sikap badan menghadap
d. sikap tangan memukul
e. Sikap kepala
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
|
Materi :
·
Mempraktikkan Soft ball
·
Mempraktikkan Bulu tangkis
·
Mempraktikkan Tenis meja
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawaban: b. dropshot
|
Di bawah ini yang tidak termasuk jenis pukulan dalam
bulu tangkis yaitu ...
a. service
b. dropshot
c. lob
d. smash
e. topspin
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat
dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
|
Materi :
·
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: b. 9 meter
|
Ukuran bak lompatan jauh berjarak....
a. 8 meter
b. 9 meter
c. 10 meter
d. 11 meter
3. 12 meter
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat
dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
|
Materi :
·
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban: b. menolak
|
Teknik dalam lompat jauh setelah melakukan awalan
adalah....
a. melayang
b. menolak
c. mendarat
d. melenting
e. melangkah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat
dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat,
lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban: d. berlari secepatnya, menolak, melayang di
udara, dan mendarat
|
Rangakaian gerakan lompat jau adalah.....
a. berlari secepatnya, menolak, dan mendarat
b. berlari secepatnya, mendarat, menolak, dan melayang
c. berlari secepatnya, menolak, lari, dan melayang
d. berlari secepatnya, menolak, melayang di udara, dan
mendarat
e. berlari secepatnya dan mendarat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat
dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat,
lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban: b. menjaga keseimbangan
|
Pada waktu melayang di uara yang perlu diperhatikan
adalah.....
a. menjaga kelenturan
b. menjaga keseimbangan
c. menjaga gerak kaki
d. menjaga konsentrasi
e. menjaga letak kaki
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat
dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat,
lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban: e. diayun dan diluruskan ke depan
|
Posisi kedua tangan pada saat mendarat dalam lompat
jauh adalah....
a. diluruksan ke belakang
b. diayun ke samping
c. diayun ke belakang
d. diayun ke atas
e. diayun dan diluruskan ke depan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan
cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
|
Materi :
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak
yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban: e. guling perut
|
Lompat tinggi gaya straddle dinamakan juga gaya ….
a. gaya samping
b. gunting
c. dada
d. lompat pagar
e. guling perut
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan
cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
|
Materi :
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak
yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban: c. 3 kali
|
Peserta lompat tinggi dinyatakan gugur jika telah gagal
melompat sebanyak ….
a. 5 kali
b. 1 kali
c. 3 kali
d. 2 kali
e. 4 kali
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan
cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
|
Materi :
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak
yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban: b. 7 – 9 langkah
|
Panjang awalan dalam lompat tinggi gaya straddle yaitu
….
a. 6 – 8 langkah
b. 7 – 9 langkah
c. 8 – 10 langkah
d. 8 langkah
e. 11 langkah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan
cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
|
Materi :
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak
yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban: e. punggung
|
Mendarat pada lompat tinggi gaya straddle, bagian badan
yang menyentuh matras terlebih dahulu yaitu ….
a. kepala
b. kaki
c. pinggang
d. lutut
e. punggung
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan
cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
|
Materi :
·
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu
nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak
yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban: e. high jump
|
Nama lain dari lompat tinggi yaitu ….
a. long up
b. high up
c. jumping
d. long jump
e. high jump
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban: b. IPSI
|
Induk organisasi pencak silat di Indonesia bernama....
a. PERSILAT
b. IPSI
c. PERSIBA
d. PERBASI
e. PERBASASI
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban: b. keseimbangan
|
Sikap dasar khusus pada pencak silat pelu dilatih
karena bertindak sebagai dasar....
a. kekuatan
b. keseimbangan
c. kelincahan
d. kelentukan
e. kewaspadaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban: d. unsur kekuatan
|
Berikut ini aspek atau unsur dalam pencak silat,
kecuali....
a. unsur olahraga
b. unsur kesenian
c. unsur beladiri
d. unsur kekuatan
e. unsur kerohanian
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban: b. pendekar
|
Seorang yang pandai dan berilmu silat tinggi sering
disebut....
a. suhu
b. pendekar
c. jawara
d. pelatih
e. pembina
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
|
Materi :
·
Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban: c. membela diri
|
Tujuan dari belajar pencak silat adalah....
a. menunjukkan kekuatan
b. menjatuhkan lawan
c. membela diri
d. melatih kekuatan
e. menjaga persatuan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
|
Materi :
·
4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban C. Tangkisan
|
Teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan menggunakan
tangan, kaki, dan tubuh dikenal dengan…
A. Serangan
B. Belaan
C. Tangkisan
D. Jatuhan
E. Elakan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
|
Materi :
·
4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawaban : B. Sebagai dasar tumpuan
|
Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah…
A. Untuk mengatur gaya
B. Sebagai dasar tumpuan
C. Untuk serangan lawan
D. Sebagai pengantar teknik
E. Sebagai tangkisan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
|
Materi :
·
4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban : A. Salam
|
Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan
kedua tangan mengepal berada disamping pinggang disebut sikap…
A. Salam
B. Syukur
C. Tegak
D. Pasang
E. Kuda-kuda
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
|
Materi :
·
4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban : A. Menghindari pukulan lawan
|
Tujuan gerak menangkis adalah…
A. Menghindari pukulan lawan
B. Menghindari tendangan lawan
C. Menghindari tebasan lawan
D. Menghindari serangan lawan
E. Membendung setiap pukulan dan tendangan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
|
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
|
Materi :
·
4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban : E. Menangkap dengan tangan, lengan, dan
ketiak.
|
Teknik tangkapan satu lengan dilakukan dengan cara…
A. Merebahkan badan condong ke kanan
B. Memukul dada dan mendorong
C. Menangkis atas dalam lalu tangan melintang ke dada
D. Memindahkan kaki kiri selangkah ke belakang
E. Menangkap dengan tangan, lengan, dan ketiak.
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh,
dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan
komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban : Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya
tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan
sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Istilah kebugaran
jasmanimemiliki pengertian yang tidak berbeda dari aspek fisik dalam total
fitness atau yang dikenal sebagai physical fitness.
|
|
Jelaskan maksud dari kebugaran jasmani?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh,
dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan
komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban :
– Kekuatan (Streght)
– Daya tahan (Endurance)
– Daya Otot (Muscular Power)
– Kecepatan (Speed)
– Daya lentur (Flexibility)
– Kelincahan (Agility),
– Koordinasi (Coordination)
– Keseimbangan (Balance)
|
|
Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran
jasmani?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh,
dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan
komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban :
Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik
yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya
didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan
tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).
|
|
Apa yang dimaksud kelincahan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh,
dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan
komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban :
– Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik
(Shutle Run)
– Melakukan Latihan Lari Zig Zag
– Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak
pada Suatu Balon
– Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat
Thrust)
– Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
– Melakukan Latihan dengan Agility Balls
|
|
Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan
kelincahan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen
kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh,
dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan
komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban :
Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik dan
Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran
jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal Selain
itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko Anda
mengidap berbagai gangguan kesehatan.
|
|
Apakah manfaat dari kebugaran jasmani?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan
pengembangan komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban :
– Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
– Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
– Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit
dan tangga
|
|
Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran
komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan
pengembangan komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban :
– Daya tahan jantung dan paru-paru
– Kekuatan
– Daya tahan otot
– Kelenturan
– Komposisi tubuh
|
|
Apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa
meningkatkan kesehatan?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan
pengembangan komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban :
Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang
bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah
dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen
kebugaran jasmani penting untuk banyak cabang olahraga sepertitenis, sepak
bola, dan bola basket.
PeralatanStopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur
atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang
lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Prosedur PelaksanaanSiswa berdiri di belakang garis
dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari
kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke
garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan
garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali
(siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan
stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari
melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari
bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan
0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa
diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.
|
|
Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan
lari bolak-balik ?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan
pengembangan komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban :
Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?
Jawaban: Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah
suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk
rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui
tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak
tersebut.
|
|
Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
|
||
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan
pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan
instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
Materi :
·
Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan
pengembangan komponen kebugaran jasmani.
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Jawaban :
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam
kehidupan sehari-hari
|
|
Sebutkan tujuan utama latihan kebugaran?
|
||
No comments:
Post a Comment