Kartu Soal Penjaskes Kelas 10 sem 1 K13


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         permainan sepak bola
·         Variasi gerak permainan bola voly
·         Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: b. 2 kali 45 menit
permainan sepak bola adalah permainan yang batas akhir permainan yang ditentukan oleh waktu berapakah lama waktu permainan sepak bola
a. 40 menit kali 3
b. 2 kali 45 menit
c. 4 kali 30 menit
d. 2 kali 10 menit
e. satu jam permainan non stop

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         permainan sepak bola
·         Variasi gerak permainan bola voly
·         Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: a. penyerang
Seorang pemain yang bertugas untuk merusak pertahanan lawan dan mencetak goal adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         permainan sepak bola
·         Variasi gerak permainan bola voly
·         Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: c. gelandang
seorang pemain yang berfungsi sebagai penjaga daerah tengah per tahanan disebut
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         permainan sepak bola
·         Variasi gerak permainan bola voly
·         Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: b. bek
Seorang pemain yang memiliki tugas sebagai penghubung antara bek dan penyerang adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang bertahan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
3. Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         permainan sepak bola
·         Variasi gerak permainan bola voly
·         Peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: e. gelandang tengah
seorang pemain yang memiliki tugas untuk mengatur ritme permainan adalah
a. penyerang
b. bek
c. gelandang
d. penjaga gawang
e. gelandang tengah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi gerak permainan sepak bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·         Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: e. Smash
Melakukan awalan dengan ancang ancang yang lebar dan datar merupakan cara untuK melakukan....
a. Melakukan blok
b. mengUmpan
c. Menyerang
d. Pertahanan
e. Smash

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi gerak permainan sepak bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·         Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: d. Blok
Suatu usaha untuk menghalangi penyerangan lawan atau menghalangi smash yang dilakukan lawan disebut....
a. spike pelan
b. lop
c. servis
d. Blok
e. smash

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi gerak permainan sepak bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·         Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: a. 2,43 meter
Berapakah tinggi net yang biasa digunakan untuk permainan bola voli putra....
a. 2,43 meter
b. 3,43 meter
c. 2,59 meter
d. 1,5 meter
e. 4,2 meter

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi gerak permainan sepak bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·         Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: b. Lompatan
Keberasilan saat melakukan blok ditentukan oleh...
a. Smash yang keras
b. Lompatan
c. Tangan yang panjang
d. Tumpuan
e. Tolakan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi gerak permainan sepak bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan-peraturan yang telah dipelajari
·         Mempraktikkan peraturan permainan bola voly
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: e. PBVSI
Nama organisasi bola voli diindonesia adalah
a. Pssi
b. Perbasi
c. Pbfi
d. Persami
e. PBVSI

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan softball
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban: c. 3 kali
Seorang pemain softball mendapat kesempatan memukul bola sebanyak ….
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali
e. 5 kali

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan softball
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban: a. 7 inning
Jumlah inning dalam permainan softball adalah ….
a. 7 inning
b. 9 inning
c. 11 inning
d. 12 inning
e. 10 inning

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan softball
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban: b. glove
Seorang penjaga memakai sarung tangan yang terbuat daru kulit yang disebut ….
a. masker
b. glove
c. body protector
d. darung tinju
e. cadar

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan softball
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban: b. Perbasasi
Induk organisasi softball di Indonesia adalah ….
a. Perbasi
b. Perbasasi
c. PBSI
d. Percasi
e. Persi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan softball
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan bulutangkis
·         Variasi dan kombinasi Permainan bola kecil melalui permainan tenismeja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: b. pitcher
Pelambung dalam permainan softball disebut ….
a. catcher
b. pitcher
c. runner
d. batter
e. striker

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Mempraktikkan Soft ball
·         Mempraktikkan Bulu tangkis
·         Mempraktikkan Tenis meja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: a. Forehand

Posisi raket telentang, ibu jari & jari telunjuk menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya gepeng dan yang sebaliknya pada telapak tangan, itu adalah cara memegang raket...
a. Forehand
b. Asia
c. Backhand
d. Inggris
e. Amerika

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Mempraktikkan Soft ball
·         Mempraktikkan Bulu tangkis
·         Mempraktikkan Tenis meja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: e. 20- 20


Pada pertandingan bulu tangkis putra deuce (yus) diberikan jika kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Mempraktikkan Soft ball
·         Mempraktikkan Bulu tangkis
·         Mempraktikkan Tenis meja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: c. Backhand grip



Bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk, menempel pada bagian permukaan tangkai yang gepeng atau pipih adalah cara ...
a. campuran
b. Amerika
c. Backhand grip
d. Inggris
e. Indonesia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Mempraktikkan Soft ball
·         Mempraktikkan Bulu tangkis
·         Mempraktikkan Tenis meja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: d. sikap tangan memukul
Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada ...
a. laju bola
b. posisi kaki
c. sikap badan menghadap
d. sikap tangan memukul
e. Sikap kepala

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang
baik*koordinasi gerak yang baik*
Materi :
·         Mempraktikkan Soft ball
·         Mempraktikkan Bulu tangkis
·         Mempraktikkan Tenis meja
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban: b. dropshot
Di bawah ini yang tidak termasuk jenis pukulan dalam bulu tangkis yaitu ...
a. service
b. dropshot
c. lob
d. smash
e. topspin

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
Materi :
·         Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: b. 9 meter
Ukuran bak lompatan jauh berjarak....
a. 8 meter
b. 9 meter
c. 10 meter
d. 11 meter
3. 12 meter

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
Materi :
·         Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: b. menolak
Teknik dalam lompat jauh setelah melakukan awalan adalah....
a. melayang
b. menolak
c. mendarat
d. melenting
e. melangkah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
Materi :
·         Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: d. berlari secepatnya, menolak, melayang di udara, dan mendarat
Rangakaian gerakan lompat jau adalah.....
a. berlari secepatnya, menolak, dan mendarat
b. berlari secepatnya, mendarat, menolak, dan melayang
c. berlari secepatnya, menolak, lari, dan melayang
d. berlari secepatnya, menolak, melayang di udara, dan mendarat
e. berlari secepatnya dan mendarat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
Materi :
·         Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: b. menjaga keseimbangan
Pada waktu melayang di uara yang perlu diperhatikan adalah.....
a. menjaga kelenturan
b. menjaga keseimbangan
c. menjaga gerak kaki
d. menjaga konsentrasi
e. menjaga letak kaki

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang
efektif*
Materi :
·         Kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: e. diayun dan diluruskan ke depan
Posisi kedua tangan pada saat mendarat dalam lompat jauh adalah....
a. diluruksan ke belakang
b. diayun ke samping
c. diayun ke belakang
d. diayun ke atas
e. diayun dan diluruskan ke depan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
Materi :
·         Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: e. guling perut
Lompat tinggi gaya straddle dinamakan juga gaya ….
a. gaya samping
b. gunting
c. dada
d. lompat pagar
e. guling perut

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
Materi :
·         Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: c. 3 kali
Peserta lompat tinggi dinyatakan gugur jika telah gagal melompat sebanyak ….
a. 5 kali
b. 1 kali
c. 3 kali
d. 2 kali
e. 4 kali

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
Materi :
·         Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: b. 7 – 9 langkah
Panjang awalan dalam lompat tinggi gaya straddle yaitu ….
a. 6 – 8 langkah
b. 7 – 9 langkah
c. 8 – 10 langkah
d. 8 langkah
e. 11 langkah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
Materi :
·         Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: e. punggung
Mendarat pada lompat tinggi gaya straddle, bagian badan yang menyentuh matras terlebih dahulu yaitu ….
a. kepala
b. kaki
c. pinggang
d. lutut
e. punggung

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.3 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk
menghasilkan gerak yang efektif*
Materi :
·         Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: e. high jump
Nama lain dari lompat tinggi yaitu ….
a. long up
b. high up
c. jumping
d. long jump
e. high jump

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: b. IPSI
Induk organisasi pencak silat di Indonesia bernama....
a. PERSILAT
b. IPSI
c. PERSIBA
d. PERBASI
e. PERBASASI

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: b. keseimbangan
Sikap dasar khusus pada pencak silat pelu dilatih karena bertindak sebagai dasar....
a. kekuatan
b. keseimbangan
c. kelincahan
d. kelentukan
e. kewaspadaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: d. unsur kekuatan
Berikut ini aspek atau unsur dalam pencak silat, kecuali....
a. unsur olahraga
b. unsur kesenian
c. unsur beladiri
d. unsur kekuatan
e. unsur kerohanian

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: b. pendekar
Seorang yang pandai dan berilmu silat tinggi sering disebut....
a. suhu
b. pendekar
c. jawara
d. pelatih
e. pembina

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.4 Menganalisis keterampilan gerak
seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif**
Materi :
·         Kombinasi keterampilan olahraga beladiri untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: c. membela diri
Tujuan dari belajar pencak silat adalah....
a. menunjukkan kekuatan
b. menjatuhkan lawan
c. membela diri
d. melatih kekuatan
e. menjaga persatuan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban C. Tangkisan
Teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan menggunakan tangan, kaki, dan tubuh dikenal dengan…
A. Serangan
B. Belaan
C. Tangkisan
D. Jatuhan
E. Elakan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban : B. Sebagai dasar tumpuan
Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah…
A. Untuk mengatur gaya
B. Sebagai dasar tumpuan
C. Untuk serangan lawan
D. Sebagai pengantar teknik
E. Sebagai tangkisan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban : A. Salam
Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan kedua tangan mengepal berada disamping pinggang disebut sikap…
A. Salam
B. Syukur
C. Tegak
D. Pasang
E. Kuda-kuda

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban : A. Menghindari pukulan lawan
Tujuan gerak menangkis adalah…
A. Menghindari pukulan lawan
B. Menghindari tendangan lawan
C. Menghindari tebasan lawan
D. Menghindari serangan lawan
E. Membendung setiap pukulan dan tendangan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.4 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak seni dan olahraga beladiri untuk
menghasilkan gerak yang efektif **
Materi :
·         4. Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban : E. Menangkap dengan tangan, lengan, dan ketiak.
Teknik tangkapan satu lengan dilakukan dengan cara…
A. Merebahkan badan condong ke kanan
B. Memukul dada dan mendorong
C. Menangkis atas dalam lalu tangan melintang ke dada
D. Memindahkan kaki kiri selangkah ke belakang
E. Menangkap dengan tangan, lengan, dan ketiak.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban : Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Istilah kebugaran jasmanimemiliki pengertian yang tidak berbeda dari aspek fisik dalam total fitness atau yang dikenal sebagai physical fitness.
Jelaskan maksud dari kebugaran jasmani?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban :
– Kekuatan (Streght)
– Daya tahan (Endurance)
– Daya Otot (Muscular Power)
– Kecepatan (Speed)
– Daya lentur (Flexibility)
– Kelincahan (Agility),
– Koordinasi (Coordination)
– Keseimbangan (Balance)
Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban :
Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).
Apa yang dimaksud kelincahan?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban :
– Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)
– Melakukan Latihan Lari Zig Zag
– Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon
– Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)
– Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
– Melakukan Latihan dengan Agility Balls
Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Menganalisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Menganalisis konsep latihan,pengukuran, dan hasil pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban :
Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik dan Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko Anda mengidap berbagai gangguan kesehatan.
Apakah manfaat dari kebugaran jasmani?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban :
– Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
– Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
– Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga
Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban :
– Daya tahan jantung dan paru-paru
– Kekuatan
– Daya tahan otot
– Kelenturan
– Komposisi tubuh
Apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban :
Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani penting untuk banyak cabang olahraga sepertitenis, sepak bola, dan bola basket.
PeralatanStopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Prosedur PelaksanaanSiswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.

Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban :
Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?
Jawaban: Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut.
Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi Inti :
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.5 Mempraktikkan hasil analisis konsep latihan dan pengukuran komponen kebugaran jasmani
terkait kesehatan (daya tahan,
kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
Materi :
·         Mempraktikkan latihan, pengukuran, dan analisis hasil latihan pengembangan komponen kebugaran jasmani.
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban :
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari
Sebutkan tujuan utama latihan kebugaran?

Download Kartu Soal Penjaskes Kelas 10 sem 1  >>>


Download Kisi-kisi Soal Penjaskes Kelas 10 sem 1  >>>


Download Soal Penjaskes Kelas 10 sem 1  >>>



No comments:

Post a Comment