Soal UAS Penjaskes Kelas 10 Sem 1 Beserta Jawabannya K13

SEPAK BOLA

1. Permainan sepak bola adalah permainan yang batas akhir permainan yang ditentukan oleh waktu berapakah lama waktu permainan sepak bola
          a. 40 menit kali 3
          b. 2 kali 45 menit
          c. 4 kali 30 menit
          d. 2 kali 10 menit
          e. satu jam permainan non stop
          jawabanya: b

2. Seorang pemain yang bertugas untuk merusak pertahanan lawan dan mencetak goal adalah
          a. penyerang
          b. bek
          c. gelandang
          d. penjaga gawang
          e. gelandang bertahan
          jawabanya: a

3. Seorang pemain yang berfungsi sebagai penjaga daerah tengah per tahanan disebut
          a. penyerang
          b. bek
          c. gelandang
          d. penjaga gawang
          e. gelandang bertahan
          jawabanya: b

4. Seorang pemain yang memiliki tugas sebagai penghubung antara bek dan penyerang adalah
           a. penyerang
          b. bek
          c. gelandang
          d. penjaga gawang
          e. gelandang bertahan
          jawabanya: b

5. Seorang pemain yang memiliki tugas untuk mengatur ritme permainan adalah
          a. penyerang
          b. bek
          c. gelandang
          d. penjaga gawang
          e. gelandang tengah
          jawabanya: e

BOLA VOLY

6.       Melakukan awalan dengan ancang ancang yang lebar dan datar merupakan cara untuK melakukan....
a.      Melakukan blok
b.    mengUmpan
c.     Menyerang
d.    Pertahanan
e.    Smash
Jawaban: e

7.       Suatu usaha untuk menghalangi penyerangan lawan atau menghalangi smash yang dilakukan lawan disebut....
a.     spike pelan
b.    lop
c.     servis
d.    Blok
e.    smash
Jawaban: d

8.        Berapakah tinggi net yang biasa digunakan untuk permainan bola voli putra....
a.    2,43 meter
b.    3,43 meter
c.     2,59 meter
d.    1,5 meter
e.    4,2 meter
Jawaban: a

9.       Keberasilan saat melakukan blok ditentukan oleh...
a.     Smash yang keras
b.    Lompatan
c.     Tangan yang panjang
d.    Tumpuan
e.    Tolakan
Jawaban: b

10.       Nama organisasi bola voli diindonesia adalah
a.     Pssi
b.    Perbasi
c.     Pbfi
d.    Persami
e.    PBVSI
Jawaban: e

SOFTBALL

11. Seorang pemain softball mendapat kesempatan memukul bola sebanyak ….
a. 1 kali
b. 2 kali
c. 3 kali
d. 4 kali
e. 5 kali
Jawaban: c

12. Jumlah inning dalam permainan softball adalah ….
a. 7 inning
b. 9 inning
c. 11 inning
d. 12 inning
e. 10 inning
Jawaban: a

13. Seorang penjaga memakai sarung tangan yang terbuat daru kulit yang disebut ….
a. masker
b. glove
c. body protector
d. darung tinju
e. cadar
Jawaban: b

14. Induk organisasi softball di Indonesia adalah ….
a. Perbasi
b. Perbasasi
c. PBSI
d. Percasi
e. Persi
Jawaban: b

15. Pelambung dalam permainan softball disebut ….
a. catcher
b. pitcher
c. runner
d. batter
e. striker
Jawaban: b

BULU TANGKIS

16.  Posisi raket telentang, ibu jari & jari telunjuk menempel pada pangkal batang raket yang permukaannya gepeng dan yang sebaliknya pada telapak tangan, itu adalah cara memegang raket...
a. Forehand
b. Asia
c. Backhand
d. Inggris
e. Amerika
Jawab : a

17.  Pada pertandingan bulu tangkis putra deuce (yus) diberikan jika kedudukan angka...
a. 21 – 21
b. 17 – 17
c. 19 -19
d. 18 -18
e. 20- 20
Jawab : e

18.  Bagian tangan antara ibu jari dan jari telunjuk, menempel pada bagian permukaan tangkai yang gepeng atau pipih adalah cara ...
a. campuran
b. Amerika
c. Backhand grip
d. Inggris
e. Indonesia
Jawab : c

19.  Perbedaan pukulan forehand dan backhand dalam permainan bulu tangkis terletak pada ...
a. laju bola
b. posisi kaki
c. sikap badan menghadap
d. sikap tangan memukul
e. Sikap kepala
Jawab : d

20.  Di bawah ini yang tidak termasuk jenis pukulan dalam bulu tangkis yaitu ...
a. service
b. dropshot
c. lob
d. smash
e. topspin
Jawab : b


LOMPAT JAUH

21. Ukuran bak lompatan jauh berjarak....
a. 8 meter
b. 9 meter
c. 10 meter
d. 11 meter
3. 12 meter
Jawaban: b

22. Teknik dalam lompat jauh setelah melakukan awalan adalah....
a. melayang
b. menolak
c. mendarat
d. melenting
e. melangkah
Jawaban: b

23. Rangakaian gerakan lompat jau adalah.....
a. berlari secepatnya, menolak, dan mendarat
b. berlari secepatnya, mendarat, menolak, dan melayang
c. berlari secepatnya, menolak, lari, dan melayang
d. berlari secepatnya, menolak, melayang di udara, dan mendarat
e. berlari secepatnya dan mendarat
Jawaban: d

24. Pada waktu melayang di uara yang perlu diperhatikan adalah.....
a. menjaga kelenturan
b. menjaga keseimbangan
c. menjaga gerak kaki
d. menjaga konsentrasi
e. menjaga letak kaki
Jawaban: b

25. Posisi kedua tangan pada saat mendarat dalam lompat jauh adalah....
a. diluruksan ke belakang
b. diayun ke samping
c. diayun ke belakang
d. diayun ke atas
e. diayun dan diluruskan ke depan
Jawaban: e

LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE

26.  Lompat tinggi gaya straddle dinamakan juga gaya ….
a. gaya samping
b. gunting
c. dada
d. lompat pagar
e. guling perut
Jawab : e

27.  Peserta lompat tinggi dinyatakan gugur jika telah gagal melompat sebanyak ….
a. 5 kali
b. 1 kali
c. 3 kali
d. 2 kali
e. 4 kali
Jawab : c

28.  Panjang awalan dalam lompat tinggi gaya straddle yaitu ….
a. 6 – 8 langkah
b. 7 – 9 langkah
c. 8 – 10 langkah
d. 8 langkah
e. 11 langkah
Jawab : b

29.  Mendarat pada lompat tinggi gaya straddle, bagian badan yang menyentuh matras terlebih dahulu yaitu ….
a. kepala
b. kaki
c. pinggang
d. lutut
e. punggung
Jawab : e

30.  Nama lain dari lompat tinggi yaitu ….
a. long up
b. high up
c. jumping
d. long jump
e. high jump
 Jawab : e

BELA DIRI

31.  Induk organisasi pencak silat di Indonesia bernama....
a. PERSILAT
b. IPSI
c. PERSIBA
d. PERBASI
e. PERBASASI
Jawaban: b

32.  Sikap dasar khusus pada pencak silat pelu dilatih karena bertindak sebagai dasar....
a. kekuatan
b. keseimbangan
c. kelincahan
d. kelentukan
e. kewaspadaan
Jawaban: b

33.  Berikut ini aspek atau unsur dalam pencak silat, kecuali....
a. unsur olahraga
b. unsur kesenian
c. unsur beladiri
d. unsur kekuatan
e. unsur kerohanian
Jawaban: d

34.  Seorang yang pandai dan berilmu silat tinggi sering disebut....
a. suhu
b. pendekar
c. jawara
d. pelatih
e. pembina
Jawaban: b

35.  Tujuan dari belajar pencak silat adalah....
a. menunjukkan kekuatan
b. menjatuhkan lawan
c. membela diri
d. melatih kekuatan
e. menjaga persatuan
Jawaban: c

36. Teknik belaan untuk menggagalkan serangan lawan menggunakan tangan, kaki, dan tubuh dikenal dengan…
A. Serangan
B. Belaan
C. Tangkisan
D. Jatuhan
E. Elakan
Jawaban: C

37. Fungsi dari gerakan langkah dalam pencak silat adalah…
A. Untuk mengatur gaya
B. Sebagai dasar tumpuan
C. Untuk serangan lawan
D. Sebagai pengantar teknik
E. Sebagai tangkisan
Jawaban: B

38. Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan kedua tangan mengepal berada disamping pinggang disebut sikap…
A. Salam
B. Syukur
C. Tegak
D. Pasang
E. Kuda-kuda
Jawaban: A

39. Tujuan gerak menangkis adalah…
A. Menghindari pukulan lawan
B. Menghindari tendangan lawan
C. Menghindari tebasan lawan
D. Menghindari serangan lawan
E. Membendung setiap pukulan dan tendangan
Jawaban: A

40. Teknik tangkapan satu lengan dilakukan dengan cara…
A. Merebahkan badan condong ke kanan
B. Memukul dada dan mendorong
C. Menangkis atas dalam lalu tangan melintang ke dada
D. Memindahkan kaki kiri selangkah ke belakang
E. Menangkap dengan tangan, lengan, dan ketiak.
Jawaban: e


KEBUGARAN JASMANI

Easy


41.  Jelaskan maksud dari kebugaran jasmani?
Jawaban: Kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Istilah kebugaran jasmanimemiliki pengertian yang tidak berbeda dari aspek fisik dalam total fitness atau yang dikenal sebagai physical fitness.

42.  Sebutkan komponen-komponen dasar dalam kebugaran jasmani?
Jawaban:
– Kekuatan (Streght)
– Daya tahan (Endurance)
– Daya Otot (Muscular Power)
– Kecepatan (Speed)
– Daya lentur (Flexibility)
– Kelincahan (Agility),
– Koordinasi (Coordination)
– Keseimbangan (Balance)

43.  Apa yang dimaksud kelincahan?
Jawaban: Kelincahan adalah merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam berbagai olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengubah arah secara efektif ,cepat dan tepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh (dengan sekuat tenaga).

44.  Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kelincahan?
Jawaban:
– Melakukan Latihan Lari Lurus dengan Bolak-Balik (Shutle Run)
– Melakukan Latihan Lari Zig Zag
– Menggunakan Latihan Menggunakan Reaksi Beban Gerak pada Suatu Balon
– Melakukan Latihan dengan Jongkok Berdiri (Squat Thrust)
– Melakukan Latihan dengan Lompat Tangga
– Melakukan Latihan dengan Agility Balls

55.  Apakah manfaat dari kebugaran jasmani?
Jawaban: Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani bagi Fisik dan Mental. Jika dilakukan dengan benar dan teratur, manfaat latihan kebugaran jasmani dapat menjadi solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal Selain itu, latihan ini juga meningkatkan kondisi tubuh dan mengurangi risiko Anda mengidap berbagai gangguan kesehatan.

46.  Bagaimana bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan ?
Jawaban:
– Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter
– Lari dengan mengubah-ubah kecepatan.
– Lari naik dan turun di suatu tempat, seperti bukit dan tangga

47.  Apakah komponen kebugaran jasmani yang bisa meningkatkan kesehatan?
Jawaban:
– Daya tahan jantung dan paru-paru
– Kekuatan
– Daya tahan otot
– Kelenturan
– Komposisi tubuh

48.  Jelaskan pelaksanaan tes pengukuran kelincahan dengan lari bolak-balik ?
Jawaban: Lari Bolak Balik | Shuttle – Run merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kelincahan, yaitu kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat sambil melakukan gerakan. Kelincahan merupakan komponen kebugaran jasmani  penting untuk banyak cabang olahraga sepertitenis, sepak bola, dan bola basket.
PeralatanStopwatch, pancang, pita pengukur, dan kapur atau pita untuk membuat lintasan lari dengan lebar 1,2 meter dan panjang lintasan 5 meter. Tempat pelaksanaan tes harus datar dan lurus.
Prosedur PelaksanaanSiswa berdiri di belakang garis dengan kaki depan tepat di atas garis start. Pada aba-aba “ya” siswa lari kedepan secepat mungkin ke garis lain, kemudian berputar dan kembali lagi ke garis start. Setiap melakukan putaran kedua kaki harus melewati garis start dan garis finish. Siswa harus melakukan kegiatan tersebut sebanyak 5 kali (siklus). Satu siklus diartikan sebagai satu kali lari bolak balik. Hidupkan stopwatch pada aba-aba “ya” dan hentikam stopwatch pada saat dada pelari melewati garis. Penilaian : Siswa diberi kesempatan melakukan lari bolak-balik sebanyak 2 kali. Catat kedua waktunya dengan tingkat ketepatan 0,1 detik. Ambil waktu terbaik. Bagi siswa yang gagal melakukan tes bisa diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi.

49.  Apakah yang dimaksud dengan TKJI! Apa kegunaannya?
Jawaban: Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) adalah suatu tolak ukur untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani yang berbentuk rangkaian butir-butir tes yang menjadi salah satu tolak ukur dalam mengetahui tingkat kesegaran jasmani anak yang digolongkan sesuai dengan umur anak tersebut.

50. Sebutkan tujuan utama latihan kebugaran?
Jawaban:
a. Meningkatkan daya tahan tubuh
b. Meningkatkan kelentukan persendian
c. Meningkatkan kekuatan otot
d. Meningkatkan kecepatan
e. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari

Download Soal Penjaskes Kelas 10 Sem 1  >>>


Download Kartu Soal Penjaskes Kelas 10 Sem 1  >>>


Download Kisi-kisi Soal Penjaskes Kelas 10 Sem 1  >>>

No comments:

Post a Comment