KARTU SOAL PKN KELAS 12 SEM 2 KURIKULUM 2013


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai keTuhanan Yang Maha Esa
Materi :
·         Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara
·         Memanfaatkan kerja sama internasional
·         politik luar negeri bebas aktif Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: b. menghormati kedaulatan negara yang merdeka
Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara, antara lain untuk ...
a. memelihara kesungguhan masing-masing negara
b. menghormati kedaulatan negara yang merdeka
c. meningkatkan kegiatan hubungan diplomatik
d. memudahkan kerja sama luar negeri di segala bidang
e. lebih menjamin adanya kepastian hukum

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai keTuhanan Yang Maha Esa
Materi :
·         Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara
·         Memanfaatkan kerja sama internasional
·         politik luar negeri bebas aktif Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: e. mewujudkan keamanan dan kesejahteraan
Memanfaatkan kerja sama internasional bagi bangsa Indonesia ialah ...
a. meningkatkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan
b. mengatasi segala macam masalah internasional
c. memperkuat pelaksanaan hukum internasional
d. mengetahui keunggulan bangsa-bangsa lain
e. mewujudkan keamanan dan kesejahteraan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai keTuhanan Yang Maha Esa
Materi :
·         Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara
·         Memanfaatkan kerja sama internasional
·         politik luar negeri bebas aktif Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: b. Pembukaan UUD 1945
Ikut mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial adalah tujuan nasional Indonesia yang tercantum dalam ...
a. Pancasila
b. Pembukaan UUD 1945
c. Batang Tubuh UUD 1945
d. Penjelasan UUD 1945
e. GGBHN

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai keTuhanan Yang Maha Esa
Materi :
·         Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara
·         Memanfaatkan kerja sama internasional
·         politik luar negeri bebas aktif Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: b. kepentingan regional
Pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif Indonesia diabadikan untuk ...
a. kepentingan internasional
b. kepentingan regional
c. kerja sama regional
d. keamanan hubungan luar negeri
e. perdamaian bangsa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.3 Menyikapi pengaruh kemajuan Ilmu
pengetahuan dan teknologi dengan tetap memegang nilai-nilai keTuhanan Yang Maha Esa
Materi :
·         Alasan pentingnya membuat perjanjian internasional adalah hubungan antar bangsa dan negara
·         Memanfaatkan kerja sama internasional
·         politik luar negeri bebas aktif Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: d. saling menghormati kemerdekaan, dan kedaulatan bangsa
Tujuan diselenggarakannya hubungan Internasional adalah ...
a. kerja sama diselenggarakannya masalah internasional
b. menggalang persahabatan antarbangsa
c. kerja sama politik, ekonomi, dan hankam
d. saling menghormati kemerdekaan, dan kedaulatan bangsa
e. menciptakan keamanan, kesejahteraan, dan perdamaian dunia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
Materi :
·         Perjanjian Internasional
·         Istilah-istilah dalam Perjanjian Internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: b. Habis masa berlakunya
Perjanjian internasional dapat berakhir karena ....
a. Terpenuhinya syarat-syarat perjanjian
b. Habis masa berlakunya
c. Bertambahnya peserta dan objek perjanjian
d. Tercapainya tujuan perjanjian
e. adanya perjanjian baru

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
Materi :
·         Perjanjian Internasional
·         Istilah-istilah dalam Perjanjian Internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: a. Formal
Perjanjian internasional merupakan salah satu sumber hukum internasional dalam arti ....
a. Formal
b. Material
c. Traktat
d. Treaty
e. Immaterial

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
Materi :
·         Perjanjian Internasional
·         Istilah-istilah dalam Perjanjian Internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: e. Treaty
Istilah yang digunakan bagi suatu negara yang menyatakan turut serta dalam suatu perjanjian internasional adalah ....
a. Acceptance
b. Accession
c. Accupation
d. Agreement
e. Treaty

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
Materi :
·         Perjanjian Internasional
·         Istilah-istilah dalam Perjanjian Internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: b. Penandatangan dilakukan
Apabila salah satu pihak melakukan ratifikasi, perjanjian sudah mengikat sejak ....
a. Pelaksanaan perjanjian
b. Penandatangan dilakukan
c. Diumumkan
d. Diundangkan
e. Dipublikasikan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
1. Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar :
1.4 Mensyukuri persatuan dan kesatuan
bangsa sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk
pengabdian
Materi :
·         Perjanjian Internasional
·         Istilah-istilah dalam Perjanjian Internasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: d. Dibuat secara sepihak di antara subjek hukum
Kedudukan perjanjian internasional dianggap sangat penting, kecuali ....
a. Menjalin kepastian hukum
b. Mengatur masalah-masalah kepentingan bersama di antara subjek hukum internasional
c. Karena diadakan secara tertulis
d. Dibuat secara sepihak di antara subjek hukum
e. Menimbulkan hak dan kewajiban

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         satu tugas seorang perwakilan diplomatic
·         Pengertian Duta besar berkuasa penuh (Ambassador)
·         Fungsi perwakilan konsuler
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban: b. mengadakan perundingan
Salah satu tugas seorang perwakilan diplomatic adalah negsosiasi. Yang dimaksud dengan negosiasi adalah :
a. Melakukan intervensi
b. mengadakan perundingan
c. mengadakan penyelidikan
d. menelaah peristiwa
e. melindungi pribadi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         satu tugas seorang perwakilan diplomatic
·         Pengertian Duta besar berkuasa penuh (Ambassador)
·         Fungsi perwakilan konsuler
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban: b. Perdana Menteri
Yang tidak termasuk sebagai perwakilan diplomatic adalah :
a. Duta Besar
b. Perdana Menteri
c. Atase
d. Kuasa Usaha
e. Menteri Residen

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         satu tugas seorang perwakilan diplomatic
·         Pengertian Duta besar berkuasa penuh (Ambassador)
·         Fungsi perwakilan konsuler
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban: a. Tingkat tertinggi dalam perwakilan diplomatic yang mempunyai kekuasaan penuh dan luar biasa
Yang dimaksud dengan Duta besar berkuasa penuh (Ambassador) adalah :
a. Tingkat tertinggi dalam perwakilan diplomatic yang mempunyai kekuasaan penuh dan luar biasa
b. Wakil diplomatic yang pangkatnya lebih rendah dari duta besar
c. dianggap bukan sebagai wakil pribadi kepala Negara, hanya mengurus urusan Negara, tidak berhak mengadakan pertemuan dengan kepala Negara dimana mereka bertugas
d. Kuasa usaha yang tidak diperbantukan kepada kepala Negara
e. pejabat pembantu dari duta besar yang berkuasa penuh

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         satu tugas seorang perwakilan diplomatic
·         Pengertian Duta besar berkuasa penuh (Ambassador)
·         Fungsi perwakilan konsuler
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban: b. Wakil diplomatic yang pangkatnya lebih rendah dari duta besar
Yang dimaksud dengan Duta (Gerzant) adalah :
a. Tingkat tertinggi dalam perwakilan diplomatic yang mempunyai kekuasaan penuh dan luar biasa
b. Wakil diplomatic yang pangkatnya lebih rendah dari duta besar
c. dianggap bukan sebagai wakil pribadi kepala Negara, hanya mengurus urusan Negara, tidak berhak mengadakan pertemuan dengan kepala Negara dimana mereka bertugas
d. Kuasa usaha yang tidak diperbantukan kepada kepala Negara
e. pejabat pembantu dari duta besar yang berkuasa penuh

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3 Bertanggungjawab dalam menyikapi
pengaruh kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Materi :
·         satu tugas seorang perwakilan diplomatic
·         Pengertian Duta besar berkuasa penuh (Ambassador)
·         Fungsi perwakilan konsuler
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: a. melindungi kepentingan nasional Negara dan warga Negara yang berada di wilayah kerjanya.
Fungsi perwakilan konsuler adalah :
a. melindungi kepentingan nasional Negara dan warga Negara yang berada di wilayah kerjanya.
b. melakukan protes dan mewakili kebijakan politik pemerintah negaranya
c. mengadakan persetujuan dengan pemerintah Negara penerima
d. mewakili Negara pengirim di dalam Negara penerima
e. melindungi pribadi, harta benda

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.4. Mengamalkan tanggung jawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5. Mengamalkan budaya demokrasi Dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
Materi :
·         ancaman terhadap ideologi negara
·         Ancaman terhadap integrsi nasinoal
·         tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: b. berkembangnya paham komunis
Salah satu ancaman terhadap ideologi negara adalah….
a. serangan militer
b. berkembangnya paham komunis
c. penguasaan di sector ekonomi
d. pengaruh budaya asing
e. dimulainya era pasar bebas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.4. Mengamalkan tanggung jawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5. Mengamalkan budaya demokrasi Dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
Materi :
·         ancaman terhadap ideologi negara
·         Ancaman terhadap integrsi nasinoal
·         tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: D. Usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
Ancaman terhadap integritas nasional merupakan sesuatu yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Yang dimaksud dengan ancaman disini adalah ....
a.       Hal atau usaha untuk menggugah kemampuan
b.      Hal yang berasal dari luar yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
c.       Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindakan kriminal dan politis
d.      Usaha yang berasal dari diri sendiri yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional
e.      Usaha yang bersifat memberikan kebijaksanaan kepada pemerintah secara konsepsional

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.4. Mengamalkan tanggung jawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5. Mengamalkan budaya demokrasi Dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
Materi :
·         ancaman terhadap ideologi negara
·         Ancaman terhadap integrsi nasinoal
·         tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: B. Disintegrasi bangsa
Pada hakikatnya bangsa Indonesia menolak keberadaan PKI, teroris, berita hoax yang berkaitan dengan SARA karena berdampak pada ....
a.       Integrasi nasional
b.      Disintegrasi bangsa
c.       Ancaman bangsa
d.      Hambatan bangsa
e.      Tantangan bangsa

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.4. Mengamalkan tanggung jawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5. Mengamalkan budaya demokrasi Dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
Materi :
·         ancaman terhadap ideologi negara
·         Ancaman terhadap integrsi nasinoal
·         tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: d. Belajar dengan tekun pelajaran PPKn
Sebagai warganegara yang baik sudah sepantasnya bila kita ikut serta dalam bela negara dengan mewaspadai serta mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan pernyataan di atas, tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia yaitu ....
a.       Bersikap chauvinisme
b.      Bergaya hidup hedonisme
c.       Menggunakan produk luar negeri
d.      Belajar dengan tekun pelajaran PPKn
e.      Menjalin persahabatan hanya dengan teman seagama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
Kompetensi Dasar :
2.3. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 2.4. Mengamalkan tanggung jawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5. Mengamalkan budaya demokrasi Dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
Materi :
·         ancaman terhadap ideologi negara
·         Ancaman terhadap integrsi nasinoal
·         tindakan yang harus dilakukan dalam membela negara Indonesia
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban: D. Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
Salah satu cara untuk meningkatkan integrasi nasional adalah ....
a.       Menghapus bahasa daerah
b.      Menghilangkan budaya lokal
c.       Memisahkan penduduk yang miskin
d.      Menyamaratakan perbedaan suku bangsa
e.      Membangun kelembagaan (pranata) di masyarakat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara.
3.4 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
Materi :
·         ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik
·         faktor pendukung integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: E. Adanya ketidak puasan terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan
Yang bukan merupakan faktor pendukung integrasi nasional adalah ....
a.       Adanya rasa senasib sepenanggungan
b.      Adanya semangat persatuan dan kesatuan
c.       Adanya kepribadian dan pandangan hidup yang sama
d.      Adanya jiwa dan semangat gotong royong, toleransi yang kuat
e.      Adanya ketidak puasan terhadap ketimpangan pemerataan hasil pembangunan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara.
3.4 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
Materi :
·         ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik
·         faktor pendukung integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: A. Membuat kebebasan berpolitik di negara kita menjadi kebablasan
Penyebaran nilai-nilai politik Barat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum, merupakan salah satu ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik, karena ....
a.       Membuat kebebasan berpolitik di negara kita menjadi kebablasan
b.      Masyarakat akan lebih berani menentang kebijakan pemerintah
c.       Dapat menghilangkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia
d.      Dapat memudarkan semangat kekeluargaan, musyawarah dan mufakat di kalangan elit politik
e.      Nilai-nilai politik Barat hanya akan membuat masyarakat Indonesia menuntut kebebasan individu

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara.
3.4 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
Materi :
·         ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik
·         faktor pendukung integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: E. Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualistis,konsumerisme, dan permisif.
Ancaman dari luar berupa fenetrasi nilai-nilai budaya luar sulit dibendung.Kemajuan teknologi informatika mengakibatkan dunia menjadi desa global tempat interaksi antar masyarakat dunia.Yang terjadi tidak hanya transfer informasi, tetapi juga transformasi dan sublimasi nilai-nilai luar secara serta merta sulit dikontrol.
Berikut ini yang merupakan salah satu bentuk ancaman dibidang sosial budaya adalah ....
a.       Semakin maraknya penyeludupan narkoba, imigran gelap masuk ke Indonesia.
b.      Semakin mudahnya kita mendapatkan informasi dibidang apa saja dengan kecanggihan teknologi informatika.
c.       Semakin terpuruknya pendapatan pengusaha kecil di Indonesia, karena tidak mampu bersaing harga dengan produk luar.
d.      Semakin maraknya perdebatan antar elit-elit politik yang berdampak pada menipisnya kepercayaan masyarakat kepada elit politik
e.      Semakin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup individualistis,konsumerisme, dan permisif.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara.
3.4 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
Materi :
·         ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik
·         faktor pendukung integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: A. Adat istiadat
Berikut yang bukan merupakan alat pemersatu bangsa Indonesia adalah ….
A. Adat istiadat
B. Lambang negara
C. Bendera nasional
D. Bahasa Indonesia
E. Lagu kebangsaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.3 Menganalisis dinamika pengelolaan
kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara.
3.4 Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.
Materi :
·         ancaman terhadap integrasi bangsa berdimensi politik
·         faktor pendukung integrasi nasional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: E. Gerakan untuk mendirikan suatu negara baru/melepaskan diri dari negara asal
Gerakan separatis merupakan salah satu tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Yang dimaksud Gerakan separatis adalah ....
A. Gerakan untuk menggagalkan suatu acara
B. Gerakan untuk melawan kebijakan pemerintah
C. Gerakan untuk memecah belah antar etnis/suku bangsa
D. Gerakan untuk merebut wilayah negara lain untuk di kuasai
E. Gerakan untuk mendirikan suatu negara baru/melepaskan diri dari negara asal

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional 3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Materi :
·         Penyelenggaraan Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Ideologi terbuka pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: e. kepentingan umum
Penyelenggaraan negara harus dapat mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif. Hal ini berarti penyelenggaraan negara berdasar atas asas....
a. kepastian hukum d. proporsional
b. tertib penyelenggaraan negara e. kepentingan umum
c. keterbukaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional 3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Materi :
·         Penyelenggaraan Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Ideologi terbuka pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: a. memecahkan masalah-masalah baru
Keterbukaan bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar Pancasila melainkan mengeksplisitkan wawasannya secara lebih konkret agar berkemampuan untuk....
a. memecahkan masalah-masalah baru d. tidak hanya dalam pengaruh globalisasi
b. menerima hal-hal baru e. sejajar dengan bangsa lain di dunia
c. menolak pengaruh negatif

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional 3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Materi :
·         Penyelenggaraan Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Ideologi terbuka pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: e. dapat dijabarkan dalam bentuk peraturan menyesuaikan perkembangan masyarakat.
Sebagai ideologi terbuka mengandung makna bahwa nilai-nilai dasar Pancasila....
a. dapat diubah menyesuaikan perkembangan jaman dan masyarakat Indonesia.
b. dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan jaman.
c. dapat diganti dengan nilai dasar lain sesuai perkembangan masyarakat Indonesia.
d. dapat dilaksanakan dalam kehidupan nyata sehari-hari.
e. dapat dijabarkan dalam bentuk peraturan menyesuaikan perkembangan masyarakat.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional 3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Materi :
·         Penyelenggaraan Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Ideologi terbuka pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: a. peraturan perundang-undangan
Nilai-nilai dasar Pancasila akan dijabarkan lebih lanjut menjadi nilai instrumental dan praktis yang lebih bersifat fleksibel dalam bentuk....
a. peraturan perundang-undangan
b. perbuatan dalam kehidupan nyata
c. sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari.
d. norma-norma yang berlaku di dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa & bernegara
e. keteladanan para pejabat negara.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional 3.6 Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
Materi :
·         Penyelenggaraan Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
·         Ideologi terbuka pancasila
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: a. realitas
Bahwa nilai-nilai dasar di dalam suatu idiologi bersumber dari nilai-nilai riil yang hidup dalam masyarakat yang tertanam dan berakar di dalam masyarakat, terutama pada waktu idiologi itu lahir. Menurut Dr. Alfian, pernyataan tersebut merupakan dimensi....
a. realitas d. Idiologis
b. idialisme e. sosialitas
c. fleksibilitas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         pasal 1 ayat 1 UUD 1945
·         landasan konstitusional dalam pembangunan nasional
·         Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: b. konstitusi RIS
Konstitusi yang berlaku di Indonesia pada periode 17 Agustus 1945 – 5 Juli 1959 adalah....
a. UUD 1945 d. UUD 1950
b. konstitusi RIS e. UUD amandemen
c. UUD RIS

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         pasal 1 ayat 1 UUD 1945
·         landasan konstitusional dalam pembangunan nasional
·         Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: a. pasal 1 ayat 1 UUD 1945
Negara Indonesia adalah Negara kesatuan dengan bentuk pemerintah Republik, hal tersebut terdapat pada pasal....
a. pasal 1 ayat 1 UUD 1945 d. Pasal 2 ayat 1 UUD 1945
b. pasal 1 ayat 2 UUD 1945 e. pasal 2 ayat 2 UUD 1945
c. pasal 1 ayat 3 UUD 1945

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         pasal 1 ayat 1 UUD 1945
·         landasan konstitusional dalam pembangunan nasional
·         Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: b. UUD 1945
Yang menjadi landasan konstitusional dalam pembangunan nasional adalah....
a. Pancasila d. Kepres
b. UUD 1945 e. Peraturan Pemerintah
c. Undang-Undang

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         pasal 1 ayat 1 UUD 1945
·         landasan konstitusional dalam pembangunan nasional
·         Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: D. Indonesia melaksanakan sistem presidensian, di India parlementer
34. Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India adalah.........
A. Indonesia memiliki kepala negara sedangkan India tidak
B. Indonesia melaksanakan sitem pemerintahan peresidensial,India presidensial
C. Yang menjadi kepala pemerintahan di india adalah presiden, di Indonesia perdana mentri
D. Indonesia melaksanakan sistem presidensian, di India parlementer
E. Parlemen di Indonesia terdiri atas dua kamar, India terdiri atas satu kamar

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasuskasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Materi :
·         pasal 1 ayat 1 UUD 1945
·         landasan konstitusional dalam pembangunan nasional
·         Perbedaan sistem yang paling mendasar antra Indonesia dengan India
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: B. MPR
sebelum di amandemen UUD 1945,kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan ........
A. Presiden D. MA
B. MPR E. Mentri Negara
C. DPR

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         amandemen UUD 1945
·         Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945
·         Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban: C. Inggris dan Brazil
Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya adalah...................
A. Afrika Selatan dan Mesir
B. Amerika Serikat dan Brazil
C. Inggris dan Brazil
D. Australi dan Brunei Darusalam
E. Amerika Serikat dan Prancis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         amandemen UUD 1945
·         Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945
·         Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban: B. 2 dan 3
Perhatikan pokok pokok sistem pemerintahan indonesia dibawah ini!
1. Kekuasaan negara yang tertinggi di tangan MPR
2. Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR
3. Parlemen di beri kekuasaan lebih besar dalam hal membentuk UU
4. Presiden adalah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi dibawa MPR
pada Pokok-pokok sistem pemerintahan di atas manakah yang sesuai dengan UUD 1945 setelah di Amandemen.............
A. 1 dan 4 D. 1 dan 3
B. 2 dan 3 E. 1 dan 2
C. 2 dan 4

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         amandemen UUD 1945
·         Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945
·         Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban: E. Pasal 37 UUD 1945
Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945 adalah ...........
A. Pasal 35 UUD 1945 D. Pasal 33 UUD 1945
B. Pasal 36 UUD 1945 E. Pasal 37 UUD 1945
C. Pasal 34 UUD 1995

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         amandemen UUD 1945
·         Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945
·         Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban: C. Adanya dominasi kekuasaan Presiden yang mengarah pada otoriter
Amandemen pertama UUD 1945 ditujukan untuk mengurangi kewenangan
presiden. Hal ini disebabkan karena .......
A. Presiden kurang bekerja sama dengan lembaga-lembaga negara yang lain
B. Kekuasaan Presiden terlalu lemah sehingga pembangunan tidak berjalan
C. Adanya dominasi kekuasaan Presiden yang mengarah pada otoriter
D. Dewan Perwakiln Rakyat tidak dapat melakukan pengawasan terhadap
Presiden
E. Presiden tidak menyampaikan pertanggungjawaban kepada DPR

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         amandemen UUD 1945
·         Dasar yuridis untuk mengadakan amandemen UUD 1945
·         Negara yang memiliki kesamaan dengan indonesia dalam kekuasaan badan Eksekutitfnya
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban: E. DPR dan DPD
Setelah mengalami amandemen Undang-Undang Dasar 1945 maka Majelis
Permusyawaratan Rakyat merupakan lembaga bikameral yang terdiri dari …
A. DPR dan Presiden
B. Presiden dan DPD
C. DPR, DPD, dan Presiden
D. MPR dan DPD
E. DPR dan DPD

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara
federal
Materi :
·         prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara
·         pemerintahan monarki
·         kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban: Indonesia ialah negara yang berdasarkan atas hukum (rechtsstaat)
sistem konstitusional kekuasaan negara tertinggi di tangan MPR presiden ialah penyelenggara pemerintahan negara yang tertinggi di bawah majelis permusyawaratan rakyat. Presiden dipilih oleh MPR presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR mentri negara ialah pembantu presiden, mentri negara tidak bertanggung jawab kepada DPR kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas
Tuliskan prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara
federal
Materi :
·         prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara
·         pemerintahan monarki
·         kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban: Monarki mutlak adalah bentuk pemerintahan yang seluruh kekuasaan dan wewenang pemerintahannya tidak terbatas (mutlak) kehendak raja di anggapnya sama dengan perintah raja dan kehendak rakyat.
Monarki konstitusional adalah kekuasaan yang dibatasi oleh suatu konstitusi (UUD). Tindakan raja dalam menjalankan pemerintahan harus berdasarkan dan sesuai dengan isi konstitusi Monarki parlementer merupakan bentuk pemerintahan yang di dalam pemerintahannya terdapat parlemen DPR, para menteri bertanggung jawab kepada parlemen tersebut. Raja lambang kesatuan negara, tidak dapat di ganggu gugat dan kedudukannya tidak dapat dipertanggung jawabkan ( The King can do no wrong).

Deskripsikan tiga bentuk pemerintahan monarki ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara
federal
Materi :
·         prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara
·         pemerintahan monarki
·         kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban: Pemerintahan ialah kumpulan semua badan kenegaraan yang berkuasa memerintah dalam arti kata yang luas, termasuk semua badan kenegaraan umum (legislatif, eksekutif, yudikatif)
pemerintah sebagai gabungan badan-badan kenegaraan tertinggi
pemerintah dalam arti kepala negara (presiden) bersama dengan kabinetnya
Jelaskan pengertian pemerintahan menurut Utrecht ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara
federal
Materi :
·         prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara
·         pemerintahan monarki
·         kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban:
1.       kelebihan sistem parlementer
pembuat kebijakan dapat diganti secara cepat
garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas adanya pengawasan yang kuat dari parlemen terhadap kabinet

2. kekurangan sistem parlementer
kedudukan badan eksekutif / kabinet sangat tergantung pada mayoritas dukungan parlemen sewaktu-waktu kabinet dapat bubar kabinet dapat mengandalkan parlemen parlemen menjadi tempat kaderisasi bagi jabatab-jabatan eksekutif

Sebut dan jelaskan kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara
federal
Materi :
·         prinsip pokok yang mendasari penyusunan sistem penyelenggaraan negara
·         pemerintahan monarki
·         kelebihan dan kelemahan dari sistem pemerintahan parlementer
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban:
1.       bangunan negara kesatuan yaitu pemerintah pusat memegang otoritas penuh (berkedudukan lebih tinggi) di banding dengan pemerintah lokal.
2.       bangunan negara serikat (federal) yaitu pemerintah pusat dan negara bagian mempunyai kedudukan yang sama.
bangunan negara konfederasi yaitu pemerintah lokal yaitu pemerintah lokal (kantor atau wilayah) mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari pemerintah pusat.
Sebut dan jelaskan tiga bangunan negara dalam kajian sistem pemerintahan dalam arti luas ?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         sistem pemerintahan menurut UUD 1945
·         dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia
·         enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat
·         ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban:
Lembaga legislatif cukup produktif menghasilkan undang-undang Lembaga-lembaga penegak hukum ini tidak lagi kebal dari pengawasan, baik oleh lembaga bentukan negara maupun oleh masyarakat.
MPR kini tidak lagi sedominan sebelum amandemen UUD 1945
DPR memiliki posisi politik yang kuat sehingga mampu mengontrol posisi presiden Pembentukan DPD memunculkan harapan akan semakin di dengarnya suara daerah Presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat dengan pembatasan masa jabatan Jalannya pemerintahan cenderung lebih stabil karena tidak terjadi krisis kabinet
Sebutkan kelebihan sistem pemerintahan Indonesia?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         sistem pemerintahan menurut UUD 1945
·         dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia
·         enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat
·         ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban:
Sistem pemerintahan negara Indonesia berdasarkan UUD 1945 adalah sistem presidensial kabinet, dengan sistem pemerintahan tersebut, baik para penyelenggara negara maupun rakyat dan bangsa Indonesia telah merasa sesuai. Selain dengan perkembangan dan dinamika politik masyarakat penyelenggara negara dengan sistem presidensial kabinet telah mengalami perubahan dan penyempurnaan hingga sekarang ini.
Jelaskan sistem pemerintahan menurut UUD 1945?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         sistem pemerintahan menurut UUD 1945
·         dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia
·         enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat
·         ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban:
Kebebasan berekspresi dan berpartisipasi rakyat dilindungi oleh UUs 1945 sehingga kini rakyat memiliki keberanian untuk menyuarakan kepentingan.
Dewan perwakilan rakyat tidak lagi berperan hanya sebagai lembaga yang mengikuti presiden, melainkan menjadi lembaga yang sangat ketat mengontrol kekuasaan presiden
Presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat sehingga mereka memiliki legimitasi yang kuat, tidak sekedar menjalankan kehendak majelis permusyawaratan rakyat
Dibentuknya lembaga-lembaga baru untuk meningkatkan kinerja pengelolaan negara.
Sebutkan dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         sistem pemerintahan menurut UUD 1945
·         dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia
·         enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat
·         ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban:
·         Suprastruktur politik ditopang oleh infrastruktur politik yang menganut sistem bipartisipan
·         Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut konggres
·         Kekuasaan eksekutif di pegang oleh presiden
·         Keadilan ditegakkan melalui badan yudikatif , yaitu mahkamah agung ( supreme court )
·         Pemisahan kekuasaan yang tegas
·         Terdapat pembagian kekuasaan konstitusional antara pemerintah federal dan pemerintah negara bagian atau state

Sebutkan enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat?

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PKn
Kelas / Semester : XII / 2
Kompetesi Inti :
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika
Penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
Materi :
·         sistem pemerintahan menurut UUD 1945
·         dampak nyata adanya iklim politik yang berkembng di Indonesia
·         enam hal yang mendasari demokrasi Amerika Serikat
·         ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban:
·         Berbentuk negara kesatuan (unitary state )
·         Kekuasaan pemerintah terdapat pada kabinet
·         Kekuasaan tidak terpisahkan
·         Parlemen adalah bikameral, terdiri atas house of commons and house of lords
·         Parliaments Souvereignity, merupakan salah satu prinsip fundamental dari konstitusi
·         Kabinet adalah menteri-menteri kelompok inti yang dikepalai oleh perdana menteri
·         Adanya oposisi yang dilakukan oleh partai yang kalah dalam pemilihan
·         Mahkota hanyalah tituler, bukanlah kekuasaan politik
·         Pemerintah daerah sampai titik tertentu di desentralisasikan dengan kekuasaan yang ada di tangan council yang dipilih oleh rakyat di daerah
·         Badan peradilan di tunjuk oleh kabinet
·         Adanya Habeas corrpis, yaitu hsk sipil yang fundamental
Tuliskan ciri-ciri penting sistem pemerintahan Inggris?

Download Kartu Soal PKN Kelas XII sem 2 >>>

No comments:

Post a Comment