(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
- Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
- Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
- Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
- Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
- Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
- Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
- Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
- Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
Alokasi Waktu : 12 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
- Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
- Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
- Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
- Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
- Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
- Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
- Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
- Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
Karakter siswa yang diharapkan :
- Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
- Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus
C. Uraian Materi
- Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
- Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
- Bukti transaksi
- Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
- Persediaan barang dagang
- Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus
Rpp selengkapnya download di sini
No comments:
Post a Comment