SOAL KEWIRAUSAHAAN SMK/SMA XI SMSTR GENAP

1. Salah satu yang dijual oleh tenaga penjual adalah …..
a. Personal selling                       d. Brand company
b. Produk price                            e. Brand image
c. Sales person

2. Salah satu factor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga adalah …..
a. Break oven point                          d. Harga beli
b. Harga pasar                                  e. Biaya bahan baku
c. Modal usaha

3. Advertensi yang berupa hadiah atau pemberian dengan Cuma – Cuma disebut advertensi …..
a. Cetak                                d. Langsung
b. Elektronik                      e. Diluar rumah
c. Khursus

4. Faktor – factor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah …..
a. Kualitas pelayanan d. Adanya diskon
b. Harga murah e. Banyak nya produk
c. Kemasan produk

5. Salah satu alat promosi yang digunakan dalam mslakukan promosi kepada wira niaga adalah …..
a. Potongan harga d. Insentif
b. Harga murah e. Kontes
c. Jaminan pembelian

6. Berikut ini yang merupakan tugas wira niaga dalam mempromosikan produk , kecuali …..
a. Menginformasikan produk
b. Mengenalkan manfaat produk
c. Mendidik calon pelanggan agar mengetahui dan mengenal produk yang ditawarkan .
d. Melakukan pendekatan persuasive kepada calon pelanggan agar membeli produk .
e. Menyakinkan pelanggan dengan berbagai cara agar mau membeli produk pesaing .

7. Harga BEP yang ditawarkan kepada konsumen diperoleh dengan cara …..
a. Menghitung total biaya ( TC ) d. Membagi total biaya (TC)dengan volume produk
b. Menghiotungh unit produksi e. Semua jawaban benar.
c. Membagi unit produksi dengan total biaya (TC)

8. Rumus dari total biaya ( Total Cost ) yang dibutuh kan dalam membuat suatu produk adalah …..
a. Biaya total = total penerimaan – total pengeluaran
b. Biaya total = harga x jumlah produk yang dihasilkan
c. Biaya total = total biaya bahan baku + total biaya overhead
d. Biaya total = total biaya bahan baku + total biaya over head + total biaya tenaga kerja
e. Biaya total = utang + modal

9. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan harga jual adalah …..
a. Permintaan d. Iklim
b. Persaingan e. Pasar
c. Biaya

10. Penawaran barang secara langsung kepada pembeli baik individu maupun kelompok dengan harapan barang yang ditawarkan dapat terjual , disebut …..
a. Advertensi d. Publikasi
b. Sales promotion e. Press relation
c. Personal selling

11. Untuk membantu peningkatan volume penjualan pruduk atau jasa tertentu dapat dilakukan dengan …..
a. Menetapkan harga rendah d. Memberika diskont
b. Menetapkan peran harga e. Program penekanan dalam pembelian
c. Program periklanan

12. Penyalur yang hanya diberikan kepada penyalur yang menjadi sales representative dari produsen , disebut distribusi …..
a. Selektif d. Eksekutif
b. Eksklusif e. Exspensif
c. Intensif

13. Salah satu cara untuk menentukan harga jual produk adalah …..
a. Consumer based price d. Unit based price
b. Producer based price e. Produktion based price
c. Market based price

14. Biaya dan waktu distribusi barang kedaerah – daerah penjualan dapat dihemat , hal ini dapat disebabkan karena adanya …..
a. Promosi d. Pedagang
b. Penjualan e. Saluran jaringan distribusi
c. Agen

15. Berikut ini yang termasuk modal pasif adalah modal …..
a. Variabel d. Tetap
b. Konstan e. Yang dipakai diluar perusahaan
c. Asing

16. Berikut yang merupakan modal tunai adalah …..
a. Barang dagangan d. Tanah dan kendaraan
b. Kas e. Gedung dan perabotan bermotor
c. Peralatan dan bahan baku

17. Modal yang selalu tetap besarnya dalam badan usaha disebut …..
a. Barang d. Variabel
b. Uang e. Asing
c. Konstan

18. Modal yang memberikan jasa hanya sekali dalam proses produksi disebut dengan modal …..
a. Tetap d. Konstan
b. Lancar e. Yang dipakai dalam perusahaan
c. Uang

19. Tindakan bank menyangkut pencarian informasi /data mengenai tujuan dan keperluan penggunaan kredit disebut …..
a. Prospect d. Purpose
b. Payment e. Collaterall
c. Personality

20. Berikut ini merupakan dokumen – dokumen yang perlu dilampiri dalam permohonan kredit , kecuali …..
a. Kartu Tanda Penduduk (KTP) d. Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP)
b. Surat Izin Mengemudi (SIM) e. Neraca perusahaan dalam perincian laba /rugi
c. Foto kopy surat izin usaha perdagangan

21. Pihak penerima kredit disebut pihak …..
a. Pembeli d. Investor
b. Penjual e. Debitur
c. Kreditur

22. Berikut ini yang merupakan unsur – unsur modal kerja , kecuali …..
a. Uang kas d. Persediaan barang dagang
b. Piutang dagang e. Utang dagang
c. Surat berharga

23. Analisis BEP adalah teknik analis untuk mempelajari hubungan antara biaya tetap , biaya variabel , keuntungan dan …..
a.Volume penjualan d. Modal yang digunakan
b. Laba perusahaan e. Jumlah yang dijual
c. Rugi perusahaan

24. Pihak penerima kredit di sebut fihak …..
a. Pembeli d. Investor
b. Penjual e. Debitur
c. Kreditur

25. Berikut ini yang bukan merupakan unsur – unsur dalam penghitungan analisis BEP. Adalah …..
a. Penggolongan biaya tetap dan biaya variabel
b. Perusahaan memproduksi satu macam produk
c. Besarnya biaya tetap ber ubah –ubah
d. Analisis harga per unit tidak berubah
e. Besarnya biaya variabel secara total ber ubah –ubah .

26. Suatu cara mekanisme penyusunan biaya usaha disusun dengan angka laba yang di inginkan , disebut cara …..
a. Pragmatis d. Langsung
b. Apriori e. Tak langsung
c. Posteriori

27. Berikut ini yang merupakan penggolongan biaya berdasarkan obyek penggunaan nya , kecuali ….
a. Biaya bahan baku d. Biaya tenaga kerja
b. Biaya pemasaran e. Biaya variabel
c. Biaya lembur

28. Permodalan yang berasal dari luar perusahaan disebut …..
a. Internal sources d. Eksternal sources
b. Eksternal resources e. Human rescources

29. Berikut ini yang bukan merupakan sumber modal secara internal adalah …..
a. Modal sendiri d. Kredit ke Bank
b. Modal dari pemegang saham e. Keuntungan penjualan surat berharga
c. Modal yang tidak dibagi dalam persero

30. Faktor utama konsumen mau membeli barang adalah …..
a. Kualitas baik d. Warna bagus
b. Manfaat e. Harga lebih murah
c. Pasar

31. Dibawah ini yang bukan merupakan tujuan promosi adalah …..
a. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
b. Memberi tahu pasar yang dituju tentang penawaran produk
c. Membujuk masyarakat konsumen agar menyenangi dan mendorong pembelian
d. Mengingatkan masyarakat konsumen akan manfaat produk
e. Meningkatkan jumlah keuntungan

32. Langkah pertama dalam menyusun advertensi adalah …..
a. Cetak d. Langsung
b. Elektronik e. Khusus
c. AQktor

33. Promosi yang mencakup tentang kegiatan yang sangat luas , kecuali …….
a. Periklanan. d. Pelayanan penjualan
b. Kegiatan door to door e. Pemberian merk dagang
c. Personal selling

34. Media Koran dan majalah merupakan contoh …..
a. Good advertising d. Transit advertising
b. Advertising khusus e. Elektronik advertising
c. Speciality advertising

35. Agar mencapai keberhasilan , wirausahawan dalam menjalankan pekerjaan nya berdasarkan …..
a. Ajakan teman untuk ber wirausaha d. Bakat dan kemapuan yang dimiliki
b. Nasib baik e. Pengaruh dari orang tua
c. Besarnya modal yang dimiliki

36. Berikut ini yang termasuk modal barang adalah …..
a. Wesel tagih d. Mesin
b. Cheque e. Piutang
c. Promes

37. Berikut ini yang tidak termasuk pedagang besar adalah …..
a. Agen d. Retailer
b. Grosir e. Komisioner
c. Makelar

38. Biaya yang terpengaruh oleh perubahan volume kegiatan perusahaan disebut dengan biaya …..
a. Tetap d. Produksi
b. Variabel e. Pemasaran
c. Semi variabel

39. Pelayanan yang baik adalah …..
a. Ramah tamah d. Servis cepat dan tepat
b. Sopan santun e. Memuaskan pelanggan
c. Murah senyum

40. Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan karena adanya pengaturan , pengawasan , dan tata usaha organisasi disebut biaya …..
a. Administrasi d. Variabel
b. Pemasaran e. Tetap
c. Produksi

JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH INI DENGAN TEPAT DAN BENAR
1. Jelaskan pengertian dari distribusi!
2. Jelaskan pengertian dari anggaran belanja!
3. Apa yang anda ketahui tentang pemasaran? jelaskan
4. Sebutkan jenis – jenis strategi pemasaran!
5. Jelaskan pengertian tentang modal kerja?
6. Sebutkan dan jelaskan tentang 5 C?
7. Apa yang dimaksud dengan net present value ( NPV )?
8. Sebutkan factor yang mempengaruhi prospek suatu usaha?
9. Sebutkan 4 faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun proposal usaha ….
10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan swot dan apa kepanjangan nya ….


Untuk mendapatkan file SOAL  KEWIRAUSAHAAN SMK/SMA XI SMSTR GENAP  secara lengkap dapat anda unduh di link di bawah ini.

Download

3 comments: