pelajaran agama dan akhlak mulia, sebagai perwujudan sikap dan perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, Penilaian Akhlak Mulia dilakukan oleh guru agama dan guru PKn dengan memanfaatkan informasi dari pendidik mata pelajaran lain dan sumber lain yang relevan.
Hasil akhir penilaian kepribadian disimpulkan oleh guru mata pelajaran pendidikan kewargenegaraan (PKn) berdasarkan hasil rekapitulasi dengan mempertimbangkan masukan dari wali kelas serta guru Bimbingan dan konseling.
PENILAIAN AKHLAK MULIA
Nama Guru : ………………………….
Mata Pelajaran :……………………………
Kelas :………………………………
NO
|
NAMA SISWA
|
L/P
|
SKOR ASPEK YG DINILAI
|
|||||||
KEDISIPLINAN
|
KEBERSIHAN
|
SOPAN SANTUN
|
HUBUNGAN
SOSIAL
|
KEJUJURAN
|
IBADAH
|
JUMLH SEKOR
|
RATA-RATA
|
|||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
||||||||||
12
|
||||||||||
13
|
||||||||||
14
|
||||||||||
15
|
||||||||||
16
|
||||||||||
17
|
||||||||||
18
|
||||||||||
19
|
||||||||||
20
|
||||||||||
21
|
||||||||||
22
|
||||||||||
23
|
||||||||||
24
|
||||||||||
25
|
||||||||||
26
|
||||||||||
27
|
||||||||||
28
|
||||||||||
29
|
||||||||||
30
|
||||||||||
31
|
||||||||||
32
|
||||||||||
33
|
||||||||||
34
|
||||||||||
35
|
||||||||||
36
|
||||||||||
37
|
||||||||||
38
|
||||||||||
39
|
||||||||||
40
|
||||||||||
41
|
||||||||||
42
|
||||||||||
43
|
||||||||||
44
|
||||||||||
45
|
||||||||||
46
|
||||||||||
Kediri, …………..2016
Guru Mata peLajaran
(……………………….
)
Kriteria Penskoran Penilaian Akhlak Mulia yaitu:
1. Kedisiplinan
- Skor 4 : Selalu bertindak disiplin dalam berpakaian, tepat waktu melaksanakan tugas, dan tidak pernah terlambat sesuai dengan tata tertib Sekolah.
- Skor 3 : Selalui berupaya untuk disiplin dalam berpakaian, tepat waktu melaksanakan tugas, dan berusaha tidak terlambat sesuai dengan tata tertib Sekolah.
- Skor 2 : Bertindak kurang disiplin dalam berpakaian, tidak tepat waktu melaksanakan tugas, dan lebih dari lima kali terlambat.
- Skor 1 : bertindak tidak disiplin dalam berpakaian, selalu tidak tepat waktu melaksanakan tugas, dan sering terlambat.
2. Kebersihan
- Skor 4 : Selalu betindak menjaga kebersihan diri (dalam berpakaian, kebersihan rambut, kuku, gigi, alat tulis, tas, dll), dan lingkungan (tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret meja dan kursi, dll)
- Skor 3 : Selalu berupaya untuk menjaga kebersihan diri (dalam berpakaian, kebersihan rambut, kuku, gigi, alat tulis, tas, dll), dan lingkungan (tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret meja dan kursi, dll)
- Skor 2 : Tampak kurang memperhatikan kebersihan diri (dalam berpakaian, kebersihan rambut, kuku, gigi, alat tulis, tas, dll), dan lingkungan (beberapa kali membuang sampah sembarangan, mencoret meja dan kursi, dll)
- Skor 1 : tidak menjaga kebersihan diri (dalam berpakaian, kebersihan rambut, kuku, gigi, alat tulis, tas, dll), dan lingkungan (sering membuang sampah sembarangan, mencoret meja dan kursi,
3. Sopan Santun
- Skor 4 : Selalu bertindak santun dalam bersikap dan berbicara dengan guru/pegawai dan siswa lain, sopan dalam berpakaian, serta melaksanakan budaya senyum, sapa dan salam.
- Skor 3 : selalu berupaya untuk bertindak santun dalam bersikap dan berbicara dengan guru/pegawai dan siswa lain, sopan dalam berpakaian, serta berupaya melaksanakan budaya senyum, sapa dan salam
- Skor 2 : Sering bertindak kurang santun dalam bersikap dan berbicara dengan guru/pegawai dan siswa lain, kurang sopan dalam berpakaian, serta jarang melaksanakan budaya senyum, sapa
- dan salam
- Skor 1 : Tidak mau bertindak santun dalam bersikap dan berbicara dengan guru/pegawai dan siswa lain, tidak sopan dalam berpakaian, serta tdak mau melaksanakan budaya senyum, sapa dan salam
4. Hubungan Sosial
- Skor 4 : Selalu menjaga hubungan baik dengan teman, guru/pegawai, selalu membantu/menolong temannya, serta selalu bekerjasama dalam kegiatan positif di sekolah.
- Skor 3 : Berupaya menjaga hubungan baik dengan teman, guru/pegawai, sering membantu/menolong temannya dengan dorongan pihak lain, serta sering berupaya bekerjasama dalam kegiatan positif di sekolah.
- Skor 2 : Kurang peduli untuk menjaga hubungan baik dengan teman, guru/pegawai, membantu/menolong temannya dalam keadaan terdesak, serta kurang bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan positif di sekolah.
- Skor 1 : Tidak pernah peduli untuk menjaga hubungan baik dengan teman, guru/pegawai, tidak mau membantu/menolong temannya, serta tidak mau bekerjasama dalam kegiatan positif di sekolah.
5. Kejujuran
- Skor 4 : Selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan, dan tidak mau menyontek pada waktu ulangan/ujian dalam keadaan apa pun.
- Skor 3 : Selalu berupaya jujur dalam perkataan dan perbuatan, dan tidak menyontek pada waktu ulangan/ujian dalam pengawasan guru/pengawas ulangan/ujian.
- Skor 2 : Kadang-kadang kurang jujur dalam perkataan dan perbuatan, dan beberapa kali menyontek pada waktu ulangan/ujian.
- Skor 1 : Sering tidak jujur dalam perkataan dan perbuatan, dan sering menyontek pada waktu ualngan/ujian.
6. Ibadah
- Skor 4 : Selalu melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan agama dan keyakinannya.
- Skor 3 : Berupaya melaksanakan ibadah keseharian yang diwajibkan, sesuai agama dan keyakinannya.
- Skor 2 : Kerap tidak melaksanakan ibadah keseharian yang diwajibkan, sesuai agama dan keyakinannya.
- Skor 1 : tidak melaksanakan ibadah keseharian yang diwajibkan, sesuai agama dan keyakinannya.
Download Penilaian Akhlak Mulia Dan Kepribadian Peserta Didik
No comments:
Post a Comment