RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Bhineka
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas/semester :
VIII / satu
Materi
Pokok : Pesawat Sederhana
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
|
3.5
|
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
4.5
|
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana
dalam kehidupan sehari-hari dan
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
2. Melakukan penyelidikan tentang keuntungan
mekanik pada pesawat sederhana
D.
Materi Pembelajaran
Pesawat Sederhana
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Saintifik
2.
Pembelajaran
Berbasis Projek
F.
Sumber Belajar
1.
Wahono, dkk. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan
Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Wahono, dkk. 2013. 2013. Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media
a.
benda atau gambar “manfaat IPA” (HP, laptop, kertas,
bibit tanaman, dll)
b.
benda atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang
akan diukur dalam kegiatan “Membuat alat ukur sendiri”
c.
model atau ppt tentang cara pengukuran massa dengan
neraca tiga lengan
2.
Alat
dan bahan
a.
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mengamati Temanmu” dan
“Kerja dalam IPA”.
b.
Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Membuat alat ukur
sendiri”.
c.
Alat dan bahan untuk projek pemecahan masalah sesuai Buku Peserta didik.
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
a.
Pendahuluan(10
menit)
1)
Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
2)
Peserta didik bersama guru berdoa untuk
memulai pelajaran.
3)
Peserta didik melakukan pengamatan
terhadap tayangan yang disajikan guru
4)
Peserta didik menerima klarifikasi oleh
guru, bahwa “saat melakukan pengamatan, hindari dulu membuat tafsiran terhadap
pengamatan (inferensi)”.
5)
Peserta didik memahami tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru.
b.
Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati
Alat-alat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya
:gunting, pisau, jungkat-jungkit dsb.
Menanya
Tanya jawab
tentang:
1. Mengapa
alat-alat sehari-hari tersebut di atas merupakan pesawat sederhana..
2. penggolongan
alat-alat sehari-hari ke dalam jenis pesawat sederhana.
3. prinsip
kerja pesawat sederhana
4. keuntungan
mekanik yang dimiliki oleh pesawat sederhana
Eksperimen/explorer
1. mengukur
gaya angkat dengan neraca pegas
2. mengamati
keuntungan mekanik tuas, bidang miring, dan
katrol.
3. Eksplor
tentang keuntungan mekanik pada jenis-jenis pesawat sederhana
Asosiasi
1. Menganalisis
data untuk mendapat konep gaya
2. Menyimpulkan
tentang keuntungan mekanik berbagai jenis pesawat sederhana
Komunikasi
1. Membuat
laporan dalam bentuk tulisan
2. Mempresentasikan
hasil eksperimen/eksplor
c.
Penutup (10
menit)
1)
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)
Guru mendorong peserta didik untuk
selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik.
3)
Guru memberikan penghargaan (misalnya
pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang
berkinerja baik.
4)
Guru menyampaikan informasi materi pada
pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan.
5)
Guru memberikan tugas untuk menyiapkan
alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a. Teknik Penilaian :
Observasi
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Mengagumi
ciri-ciri fisik teman sejenis atau ciri-ciri berbagai daun di sekitar sekolah
sebagai kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
|
1-5
|
Instrumen: lihat Lampiran 1
Sikap Sosial
a. Teknik Penilaian : Penilaian
Diri
b. Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kejujuran
|
1
|
|
Ketelitian
|
2
|
|
Tanggung jawab
|
3
|
Instrumen: lihat Lampiran 2
2.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi : Terlampir
3.
Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian :Tes Praktik, Projek, dan Penilaian
Portofolio
b.
Bentuk
Instrumen : Check list
c.
Kisi-kisi :
Penilaian Tes Praktik
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Menyajikan
hasil pengamatan.
|
Tes
Praktik1
|
|
Memprediksi
peristiwa yang akan terjadi pada garis tersebut.
|
Tes
Praktik1
|
|
Mengomunikasikan
hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.
|
Tes
Praktik1
|
|
Melakukan pengukuran panjang bangku.
|
Tes
Praktik2
|
|
Memprediksi hasil pengukuran yang
telah dilakukan secara individu.
|
Tes
Praktik2
|
|
Mengomunikasikan hasil pengukurannya
dalam satuan baku.
|
Tes
Praktik2
|
|
Menaksir tebal, lebar, dan panjang
buku tersebut.
|
Tes
Praktik3
|
|
Melakukan pengukuran besaran panjang
terhadap buku yang telah diamati.
|
Tes
Praktik3
|
|
Menaksir massa benda tersebut.
|
Tes
Praktik3
|
|
Melakukan pengukuran besaran massa
terhadap benda yang telah diamati.
|
Tes
Praktik3
|
|
Menaksir waktu antara dua suara
ketukan tangan pada meja.
|
Tes
Praktik3
|
|
Menentukan selang waktu tertentu.
|
Tes
Praktik3
|
|
Melakukan pengamatan terhadap cara
mengukur luas daun.
|
Tes
Praktik4
|
|
Mengukur luas daun.
|
Tes
Praktik4
|
Instrumen: lihat Lampiran 4
Penilaian Projek
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Menyelesaikan
Tugas Projek pemecahan masalah secara berkelompok, peserta didik memilih
salah satu Tugas Projek yang akan dilaksanakan.
|
Tes
Praktik 1-3
|
|
Menerapkan
pengamatan (termasuk pengukuran), memecahkan masalah yang relevan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tes
Praktik 1-3
|
Instrumen: lihat Lampiran 5
Penilaian Portofolio
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran 6
Mengetahui, ………………,……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPA
___________________ ________________________
NIP. …………………. NIP. ………………………..
Lampiran 1: Penilaian
Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen Observasi:
|
Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi ciri-ciri
fisik temannya sesama jenis sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
|
Petunjuk:
1.
Buat kesepakatan dengan temanmu sesama jenis, siapa
yang diamati lebih dulu!
2.
Lakukan pengamatan terhadap temanmu menggunakan indera
mata! Amati tinggi badan, warna kulit, bentuk rambut, berat tubuh
(kurus/gemuk), dan kelengkapan anggota tubuh (lengkap/tidak).
3.
Tuliskan hasil pengamatanmu.Ingat, hanya hasil
pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
4.
Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasilpengamatan
temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi
hasil pengamatan tersebut?
Lembar Observasi:
|
Mengagumi ciri-ciri
fisik temannya sesama jenis sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
|
||||
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
|||
|
Mengagumi perbedaan tinggi badan
temannya
|
|
|
|
|
|
Mengagumi perbedaan warna kulit
temannya
|
|
|
|
|
|
Mengagumi perbedaan bentuk rambut
temannya
|
|
|
|
|
|
Mengagumi perbedaan berat tubuh
temannya
|
|
|
|
|
|
Mengagumi perbedaan kelengkapan
anggota tubuh temannya
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
||||
Rubrik:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi perbedaan
tinggi badan temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi
badan teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi
badan teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadaptinggi badan
teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan warna kulit
temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna
kulit teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna
kulit teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit
teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan bentuk rambut
temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk
rambut teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk
rambut teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk rambut
teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan berat tubuh
temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat
tubuh teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat
tubuh teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat tubuh
teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan kelengkapan
anggota tubuh temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadapkelengkapan anggota tubuh teman dan tidak mengungkapkan secara verbal
yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadapkelengkapan anggota tubuh teman tetapi mengungkapkan secara verbal
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadapkelengkapan
anggota tubuh teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur
terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B), apabila 2 <Skor ≤ 3
Cukup (C) apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang (K) apabila Skor< 1
Lampiran 2: Penilaian
Sikap Sosial (Penilaian Diri)
Instrumen Penilaian Diri:
|
Digunakan untuk
menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan
tanggungjawab.
|
Petunjuk:
Lakukan penilaian
terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab saat
mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.
Lembar Penilaian Diri:
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kejujuran
|
|
|
|
|
Ketelitian
|
|
|
|
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Rubrik Penilaian:
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kejujuran
|
1.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Jujur dalam hal melakukan pengamatan, mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
2
|
Ketelitian
|
1.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Teliti dalam hal melakukan pengamatan, mencatat
data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
3
|
Tanggungjawab
|
1.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan.
2.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan dan
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.
Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan,
mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
|
Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup (C) apabila 1 < Skor ≤ 3
Kurang (K) apabila Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Keterampilan
Instrumen Tes
Praktik 1
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan
bahan
|
|
|
|
2
|
Deskripsi pengamatan
|
|
|
|
3
|
Menafsirkan peristiwa
yang akan terjadi
|
|
|
|
4
|
Melakukan praktik
|
|
|
|
5
|
Mempresentasikan hasil
praktik
|
|
|
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Menyiapkan alat dan
bahan
|
3.
Menyiapakan seluruh
alat dan bahan yang diperlukan.
2.
Menyiapakan sebagian
alat dan bahan yang diperlukan.
1.
Tidak menyiapakan seluruh
alat dan bahan yang diperlukan.
|
|
Deskripsi pengamatan
|
3.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
2.
Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
1.
Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur
yang ditetapkan.
|
|
Menafsirkan peristiwa yang akan
terjadi
|
3.
Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2.
Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1.
Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
|
|
Melakukan praktik
|
3.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.
Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.
Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan
prosedur yang ada.
|
|
Mempresentasikan hasil praktik
|
3.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya
diri.
2.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya
diri.
1.
Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar
secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya
diri.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Lampiran 4: Penilaian
Keterampilan (Portofolio)
Portofolio 1:
|
Digunakan untuk menilai
keterampilan peserta didik dalam hal menyajikan hasil pengukuran: 1) panjang;
2) massa; dan 3) selang waktu peristiwa tertentu dalam bentuk laporan
tertulis.
|
Petunjuk Kerja 1
a. Periksa
kembali data-data hasil pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu yang
pernah kalian lakukan beberapa waktu sebelumnya.
b. Nyatakan
hasil-hasil pengukuran tersebut dalam bentuk tabel yang mudah dipahami dan
memuat satuan yang relevan.
c. Lakukan
perhitungan nilai rata-rata terhadap data besaran panjang, massa, dan selang
waktu tersebut.
d. Buatlah
kesimpulan terhadap hasil pengukuran yang telah diperoleh tersebut.
e. Buatlah
laporan hasil pengukuran tersebut dalam bentuk laporan tertulis (ditulis
tangan/diketik dengan rapi) dengan memuat: (1) Judul Laporan, (2) Tabel Data
Pengukuran, (3) Perhitungan Data, (4) Kesimpulan, dan (5) Daftar Pustaka.
InstrumenPortofolio
1
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3 (baik)
|
2 (cukup)
|
1 (kurang)
|
||
1
|
Melengkapi komponen
laporan: Judul, Tabel data, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
|
|
|
|
2
|
Penyajian Data
Pengukuran panjang, massa, dan selang waktu dalam bentuk tabel yang relevan.
|
|
|
|
3
|
Menentukan rata-rata
data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu.
|
|
|
|
4
|
Menyimpulkan data
hasil pengukuran yang telah dilakukan.
|
|
|
|
5
|
Menyerahkan laporan
hasil pengukuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
|
|
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Melengkapi komponen laporan: Judul,
Tabel Data, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
|
3.
Komponen laporan mengandung 5 komponen.
2.
Komponen laporan mengandung 3 komponen.
1.
Komponen laporan mengandung 1 komponen.
|
|
Penyajian Data Pengukuran panjang, massa, dan selang waktu
dalam bentuk tabel yang relevan.
|
3.
Memuat tabel dan satuan yang relevan.
2.
Memuat salah satu dari tabel atau satuan yang
relevan.
1.
Tidak memuat tabel dan satuan yang relevan.
|
|
Menentukan rata-rata
data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu.
|
3.
Mampu menentukan rata-rata seluruh data pengukuran:
panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
2.
Mampu menentukan rata-rata sebagian data pengukuran:
panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
1.
Tidak mampu menentukan rata-rata sebagian data
pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
|
|
Menyimpulkan data
hasil pengukuran yang telah dilakukan.
|
3.
Mampu menyimpulkan seluruh besaran hasil pengukuran
dengan benar.
2.
Mampu menyimpulkan sebagian besaran hasil pengukuran
dengan benar.
1.
Tidak mampu menyimpulkan seluruh besaran hasil
pengukuran dengan benar.
|
|
Menyerahkan laporan hasil pengukuran
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
|
3.
Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran tepat
waktu.
2.
Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran terlambat
satu jam.
2.
Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran terlambat
dua jam.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor
yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
No comments:
Post a Comment