RPP Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya Kelas 8 (K-13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan     :    SMP ..................................
Mata Pelajaran            :    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/semester            :    VIII / satu
Materi Pokok              :    Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam
    Teknologi
Alokasi Waktu            :    2  x 40 Menit

A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
3.2
Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
4.2
Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)

C.      Tujuan Pembelajaran  
1.    Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
2.    Melakukan pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain bangunan)

D.      Materi Pembelajaran 
Struktur Tumbuhan dan Pemanfaatannya dalam teknologi

E.       Metode Pembelajaran
               1.       Metode Saintifik
               2.       Pembelajaran Berbasis Projek

F.       Sumber Belajar
1.         Wahono, dkk. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.         Wahono, dkk. 2013. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.      Media Pembelajaran
1.         Media
a.    benda atau gambar “manfaat IPA” (HP, laptop, kertas, bibit tanaman, dll)
b.   benda atau gambar alat ukur, benda-benda sekitar yang akan diukur dalam kegiatan “Membuat alat ukur sendiri”
c.    model atau ppt tentang cara pengukuran massa dengan neraca tiga lengan
2.         Alat dan bahan
a.    Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
b.   Alat dan Bahan sesuai kegiatan “Membuat alat ukur sendiri”.
c.    Alat dan bahan untuk projek pemecahan masalah sesuai Buku Peserta didik.

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
a.        Pendahuluan(10 menit)
1)   Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2)   Peserta didik bersama guru berdoa untuk memulai pelajaran.
3)   Peserta didik melakukan pengamatan terhadap tayangan yang disajikan guru
4)   Peserta didik menerima klarifikasi oleh guru, bahwa “saat melakukan pengamatan, hindari dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan (inferensi)”.
5)   Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
b.        Kegiatan inti (100 menit)
Mengamati :
·      Mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan sekolah.
Menanya:
·      Tanya jawab tentang struktur makroskopis dan mikroskopis tumbuhan.  Samakah penyusun jaringan tumbuhan antara tumbuhan yang satu dengan yang  lain ? 
Eksperimen/explore :
·      Melakukan pengamatan mikroskopis jaringan pada organ akar, batang, dan daun berbagai jenis tumbuhan yang ditemui di halaman sekolah.  Kemudian menggambarkannya pada lembar kerja.
Asosiasi:
·       Menentukan jaringan/bagian-bagian organ tumbuhan yang telah digambar dengan cara mencari informasi dari buku paket atau refrensi lainnya yang relevan.
·       Membandingkan jaringan penyusun organ tumbuhan yang satu dengan tumbuhan lainnya.
·       Menyimpulkan jaringan yang umum terdapat pada tumbuhan.
Komunikasi:
·       Diskusi kelompok untuk membahas hasil pekerjaan. Menyampaikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis.
·       Menginformasikan lebih lanjut tentang struktur jaringan tumbuhan beserta fungsinya.
Mengamati:
·       Mengamati dinding bangunan yang belum diplester dan diaci.
 


Menanya:
·       Tanya jawab tentang pemasangan bata.  Jaringan mana dari tumbuhan yang mengilhami teknik pemasangan bata? 
Eksperimen/explore:
·       Melakukan pengamatan/eksplorasi dari buku atau media belajar lain tentang struktur jaringan penyusun organ batang yang dapat mengilhami teknik pemasangan bata. Kemudian menggambarkannya pada lembar kerja.
Asosiasi:
·      Menentukan nama-nama jaringan tumbuhan yang digambar  dengan mencari informasi dari buku paket atau refrensi lainnya yang relevan.
·      Menyimpulkan jaringan pada tumbuhan yang mengilhami teknik pemasangan bata.
Komunikasi:
·      Diskusi kelompok untuk membahas hasil pekerjaan. Menyampaikan hasil pekerjaan dalam bentuk laporan tertulis.
·      Menginformasikan lebih lanjut tentang struktur jaringan tumbuhan yang mengilhami teknologi.
c.         Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)   Guru mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan berupa keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik.
3)   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
4)   Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan.
5)   Guru memberikan tugas untuk menyiapkan alat/bahan untuk pertemuan berikutnya.

I.         Penilaian
1.         Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian : Observasi
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar observasi
c.       Kisi-kisi:

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Mengagumi ciri-ciri fisik teman sejenis atau ciri-ciri berbagai daun di sekitar sekolah sebagai kesempurnaan Tuhan mencipta makhluk.
1-5
Instrumen: lihat Lampiran 1

Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrumen          : Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kejujuran
1
  1.  
Ketelitian
2
  1.  
Tanggung jawab
3
Instrumen: lihat Lampiran 2
2.         Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian       : Tes Tulis
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Uraian
                                   c.            Kisi-kisi                     : Terlampir
3.         Keterampilan
                                   a.            Teknik Penilaian       :Tes Praktik, Projek, dan Penilaian Portofolio
                                   b.            Bentuk Instrumen     : Check list
                                   c.            Kisi-kisi                     :
Penilaian Tes Praktik
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Menyajikan hasil pengamatan.
Tes Praktik1
  1.  
Memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada garis tersebut.
Tes Praktik1
  1.  
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.
Tes Praktik1
  1.  
Melakukan pengukuran panjang bangku.
Tes Praktik2
  1.  
Memprediksi hasil pengukuran yang telah dilakukan secara individu.
Tes Praktik2
  1.  
Mengomunikasikan hasil pengukurannya dalam satuan baku.
Tes Praktik2
  1.  
Menaksir tebal, lebar, dan panjang buku tersebut.
Tes Praktik3
  1.  
Melakukan pengukuran besaran panjang terhadap buku yang telah diamati.
Tes Praktik3
  1.  
Menaksir massa benda tersebut.
Tes Praktik3
  1.  
Melakukan pengukuran besaran massa terhadap benda yang telah diamati.
Tes Praktik3
  1.  
Menaksir waktu antara dua suara ketukan tangan pada meja.
Tes Praktik3
  1.  
Menentukan selang waktu tertentu.
Tes Praktik3
  1.  
Melakukan pengamatan terhadap cara mengukur luas daun.
Tes Praktik4
  1.  
Mengukur luas daun.
Tes Praktik4
Instrumen: lihat Lampiran 4
Penilaian Projek
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Menyelesaikan Tugas Projek pemecahan masalah secara berkelompok, peserta didik memilih salah satu Tugas Projek yang akan dilaksanakan.
Tes Praktik 1-3
  1.  
Menerapkan pengamatan (termasuk pengukuran), memecahkan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.
Tes Praktik 1-3
Instrumen: lihat Lampiran 5
Penilaian Portofolio
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  


Instrumen: lihat Lampiran 6



Mengetahui,                                                                            ………………,……………
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran IPA





___________________                                                          ________________________
NIP. ………………….                                                          NIP. ………………………..



 Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)

Instrumen Observasi:
Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada indikator: Mengagumi ciri-ciri fisik temannya sesama jenis sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
Petunjuk:
1.         Buat kesepakatan dengan temanmu sesama jenis, siapa yang diamati lebih dulu!
2.         Lakukan pengamatan terhadap temanmu menggunakan indera mata! Amati tinggi badan, warna kulit, bentuk rambut, berat tubuh (kurus/gemuk), dan kelengkapan anggota tubuh (lengkap/tidak).
3.         Tuliskan hasil pengamatanmu.Ingat, hanya hasil pengamatan,bukan tafsiran terhadap pengamatan!
4.         Bandingkan hasil pengamatanmu dengan hasilpengamatan temanmu. Adakah yang berbeda? Mengapa hasilnya demikian? Apakahyang memengaruhi hasil pengamatan tersebut?

Lembar Observasi:
Mengagumi ciri-ciri fisik temannya sesama jenis sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan Tuhan.
No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3
  1.  
Mengagumi perbedaan tinggi badan temannya



  1.  
Mengagumi perbedaan warna kulit temannya



  1.  
Mengagumi perbedaan bentuk rambut temannya



  1.  
Mengagumi perbedaan berat tubuh temannya



  1.  
Mengagumi perbedaan kelengkapan anggota tubuh temannya



Jumlah Skor yang Diperoleh

Rubrik:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi perbedaan tinggi badan temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi badan teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap tinggi badan teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadaptinggi badan teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan warna kulit temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap warna kulit teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan bentuk rambut temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk rambut teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk rambut teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap bentuk rambut teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan berat tubuh temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat tubuh teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat tubuh teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap berat tubuh teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan kelengkapan anggota tubuh temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadapkelengkapan anggota tubuh teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadapkelengkapan anggota tubuh teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadapkelengkapan anggota tubuh teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum
Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 <Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1<Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor< 1


 Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial (Penilaian Diri)

Instrumen Penilaian Diri:
Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam hal: kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kejujuran, ketelitian, dan tanggungjawab saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.

Lembar Penilaian Diri:
No.
Sikap
Skor
1
2
3
  1.  
Kejujuran



  1.  
Ketelitian



  1.  
Tanggungjawab



Jumlah Skor yang Diperoleh

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum
Rubrik Penilaian:
No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kejujuran
1.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Jujur dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
2
Ketelitian
1.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Teliti dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
3
Tanggungjawab
1.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan.
2.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan dan mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan.
3.   Bertanggungjawab dalam hal melakukan pengamatan, mencatat data/mendeskripsikan hasil pengamatan, dan menyusun laporan.
Kriteria Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila  1 < Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila  Skor < 1



Lampiran 3: Penilaian Keterampilan
Instrumen Tes Praktik 1
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Menyiapkan alat dan bahan



2
Deskripsi pengamatan



3
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi



4
Melakukan praktik



5
Mempresentasikan hasil praktik



Jumlah Skor yang Diperoleh

Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Menyiapkan alat dan bahan
3.         Menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
2.         Menyiapakan sebagian alat dan bahan yang diperlukan.
1.         Tidak menyiapakan seluruh alat dan bahan yang diperlukan.
  1.  
Deskripsi pengamatan
3.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan secara lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
2.         Memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
1.         Tidak memperoleh deskripsi hasil pengamatan kurang lengkap sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
  1.  
Menafsirkan peristiwa yang akan terjadi
3.         Mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
2.         Mampu memberikan penafsiran kurang benar secara substantif.
1.         Tidak mampu memberikan penafsiran benar secara substantif.
  1.  
Melakukan praktik
3.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan seluruh prosedur yang ada.
2.         Mampu melakukan praktik dengan menggunakan sebagian prosedur yang ada.
1.         Tidak mampu melakukan praktik dengan menggunakan prosedur yang ada.
  1.  
Mempresentasikan hasil praktik
3.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan secara percaya diri.
2.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa mudah dimengerti, dan disampaikan kurang percaya diri.
1.         Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak percaya diri.
Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

 Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Portofolio)
Portofolio 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal menyajikan hasil pengukuran: 1) panjang; 2) massa; dan 3) selang waktu peristiwa tertentu dalam bentuk laporan tertulis.
Petunjuk Kerja 1
a.    Periksa kembali data-data hasil pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu yang pernah kalian lakukan beberapa waktu sebelumnya.
b.    Nyatakan hasil-hasil pengukuran tersebut dalam bentuk tabel yang mudah dipahami dan memuat satuan yang relevan.
c.    Lakukan perhitungan nilai rata-rata terhadap data besaran panjang, massa, dan selang waktu tersebut.
d.   Buatlah kesimpulan terhadap hasil pengukuran yang telah diperoleh tersebut.
e.    Buatlah laporan hasil pengukuran tersebut dalam bentuk laporan tertulis (ditulis tangan/diketik dengan rapi) dengan memuat: (1) Judul Laporan, (2) Tabel Data Pengukuran, (3) Perhitungan Data, (4) Kesimpulan, dan (5) Daftar Pustaka.
InstrumenPortofolio 1
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3 (baik)
2 (cukup)
1 (kurang)
1
Melengkapi komponen laporan: Judul, Tabel data, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka



2
Penyajian Data Pengukuran panjang, massa, dan selang waktu dalam bentuk tabel yang relevan.



3
Menentukan rata-rata data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu.



4
Menyimpulkan data hasil pengukuran yang telah dilakukan.



5
Menyerahkan laporan hasil pengukuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.



Jumlah Skor yang Diperoleh


  
Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Melengkapi komponen laporan: Judul, Tabel Data, Perhitungan Data, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka
3.         Komponen laporan mengandung 5 komponen.
2.         Komponen laporan mengandung 3 komponen.
1.         Komponen laporan mengandung 1 komponen.
  1.  
Penyajian Data Pengukuran panjang, massa, dan selang waktu dalam bentuk tabel yang relevan.
3.         Memuat tabel dan satuan yang relevan.
2.         Memuat salah satu dari tabel atau satuan yang relevan.
1.         Tidak memuat tabel dan satuan yang relevan.
  1.  
Menentukan rata-rata data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu.
3.         Mampu menentukan rata-rata seluruh data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
2.         Mampu menentukan rata-rata sebagian data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
1.         Tidak mampu menentukan rata-rata sebagian data pengukuran: panjang, massa, dan selang waktu dengan benar.
  1.  
Menyimpulkan data hasil pengukuran yang telah dilakukan.
3.         Mampu menyimpulkan seluruh besaran hasil pengukuran dengan benar.
2.         Mampu menyimpulkan sebagian besaran hasil pengukuran dengan benar.
1.         Tidak mampu menyimpulkan seluruh besaran hasil pengukuran dengan benar.
  1.  
Menyerahkan laporan hasil pengukuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3.         Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran tepat waktu.
2.         Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran terlambat satu jam.
2.         Mampu menyerahkan laporan hasil pengukuran terlambat dua jam.

Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum

No comments:

Post a Comment