RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMAK MAK..................
Kelas/Semester : XI/2
Mata
Pelajaran : B.Indonesia
Materi
Pokok : Teks Film/drama (5)
Jumlah
Pertemuan : 2 X Pertemuan (4 X 45 Menit)
A. Kompetensi Inti
KI
1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama.
·
Menggunakan
bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi untuk menyajikan informasi lisan
maupun tulisan melalui teks film/drama
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan
perdagangan bebas.
· Menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
3. Mengevaluasi teks film/drama, berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan
· Mengevaluasi
teks film/drama baik melalui lisan
maupun tulisan.
4. Mengonversi teks film/drama, ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·
Mengonversi teks film/drama yang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, diharapkan peserta didik
dapat:
1.
Menjelaskan penggunaan bahasa sebagai
sarana komunikasi melalui teks film/drama
2.
Mengunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas.
3.
Mengevaluasi teks film/drama
4.
Mengonversi teks film/drama
D.
Materi
Pembelajaran
- Evaluasi struktur isi dan bahasa teks film/drama
- Langkah- langkah konversi
teks film/drama menjadi teks cerpen
3. Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks cerpen
E. Alokasi Waktu
4X45 Menit (2 X
Pertemuan)
F.
Metode
Pembelajaran
Metode Problem
Basic Learning, Project Basic Learning dan penugasan
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
a.
Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan
kabar
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks film/drama
3.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1.
Guru menampilkan contoh hasil evaluasi.
2.
Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama
3.
Peserta didik dan guru mempertanyakan
contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang
dibaca
4.
Peserta didik membaca contoh teks
film/drama yang lain
5.
Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat
6.
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap
film/drama dari aspek struktur isi dan bahasa
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan
rasa percaya diri
8.
Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun
c.
Penutup (15 Menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta
didik diberikan tugas membawa sebuah teks film/drama
Pertemuan
kedua
a Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta didik merespon salam yang
diberikan oleh guru, setelah itu guru menyapa Peserta didik dengan menanyakan
kabar
2.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan materi pembelajaran sebelumnya dengan teks film/drama
3.
Guru menyakan tugas yang diberikan pada
pertemuan sebelumnya.
4.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b Kegiatan Inti (60 Menit)
1.
Peserta didik duduk sesuai kelompok yang
sudah tentukan.
2.
Peserta didik membaca teks film/drama yang dibawa
3.
Peserta didik dan guru mempertanyakan
isi teks film/drama ulang yang dibaca
4. Peserta
didik menulis ulang teks film/drama dalam bentuk cerpen
5. Peserta
didik mendiskusikan
dan menyimpulkan teks film/drama yang dikonversi menjadi cerpen
6. Peserta
didik mempresentasikan hasil konversi teks film/drama yang
telah berbentuk cerpen
7. Kelompok lain menanggapi presentasi teman/kelompok lainnya secara santun.
c Penutup (15 Menit)
1. Peserta
didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3. Peserta
didik dan guru merencanakan tindak lanjut untuk pertemuan selanjutnya.
H.
Sumber
Pembelajaran
Sumber : Buku induk bahasa Indonesia dan internet
Media : Teks film/drama
I.
Penilaian
Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik : Tertulis
2. Bentuk : Uraian
3. Instrumen : Soal tes
a.
Penilaian
proses
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
|
Religius
Tanggung
Jawab
Peduli
Responsif
Santun
|
Pengamatan
|
Proses
|
Format
Pengamatan sikap (terlampir)
|
Hasil
penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi guru agama
dan PKn
|
b.
Penilaian
hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengevaluasi
teks film/drama secara lisan dan tertulis
|
Tes
|
Tes
Tertulis
|
Soal
tes
|
Mengkonversi
pantun secara lisan dan tertulis
|
Tes
|
Lembar
kerja
|
Produk
|
Soal Tes Tertulis
1. Jelaskan kekurangan dan kelebihan teks film/drama tersebut!
2. Tulislah langkah-langkah mengkonversi teks film/drama tersebut!
3. Buatlah cerpen dari film tersebut!
Mengetahui ..............’..................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_________________ ___________________
Download
Terima kasih!
ReplyDelete