Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah :
SMP
................................SERANG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : IX/1
Alokasi
Waktu : 3 pertemuan (9JP)
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
Beriman kepada hari akhir
2.7 Menghargai
sikap mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir
3.6
Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya,
alam sekitar dan makhluk ciptaan-Nya.
4.6 Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan
gambaran kejadian hari akhir.
C. INDIKATOR
1.2.1
Berperilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar
2.7.1. Berperilaku mawas diri sebagai implementasi dari
pemahaman iman kepada hari akhir dengan benar
3.6.1
Mendeskripsikan
pengertian iman kepada hari akhir dengan benar
3.6.2
Menyebutkan
macam-macam kiamat dengan benar.
3.6.3
Menjelaskan
contoh kejadian kiamat sughro dengan benar.
3.6.4
Menjelaskan
proses kejadian kiamat kubro dengan benar.
3.6.5
Menjelaskan
kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan benar.
4.6.1
Menunjukkan
dalil naqli tentang iman kepada hari akhir dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pertemuan ke-1
a. Pengertian iman kepada hari akhir.
Iman
kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan
seisinya akan mengalami kehancuran. Hari akhir ditandai dengan ditiupnya
terompet Malaikat Israfil. Dijelaskan bahwa pada hari itu daratan, lautan dan
benda-benda di langit porak-poranda. Gunung-gunung meletus, hancur, dan
berhamburan. Lautan meluap dan menumpahkan seluruh isinya. Benda-benda yang ada
di langit bergerak tanpa kendali. Bintang, planet, dan bulan saling
bertabrakan.
b.
Dalil naqli tentang gambaran kejadian hari
akhir.
Kejadian mengenai hari
kiamat digambarkan oleh Allah Swt. begitu dahsyat, sebagaimana tertuang dalam Q.S.
al-Qāri’ah/101:4-5 berikut ini:
Artinya: “Pada hari itu manusia seperti
laron yang berterbangan. Dan gunung-gunung seperti bulu yang
dihambur-hamburkan.”(Q.S. al- Qāri’ah/101:4-5)
Di dalam Q.S.
Az-Zalzalah/99:1-2 Allah Swt. juga berfirman:
Artinya: “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan
yang dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)
nya,”(Q.S. Az-Zalz±lah/99:1-2)
Kiamat Kubra memang
belum terjadi sehingga tak seorang pun mengetahui peristiwa yang sebenarnya.
Namun kita mengetahuinya dari firman Allah Swt. dan Hadis Nabi saw. Adapun
kejadian kiamat Kubr± digambarkan oleh Allah Swt. sebagai berikut:
a. Malaikat Israfil
meniup sangkakala untuk yang pertama kali. Semua makhluk akan mati, kecuali
yang dikehendaki hidup oleh Allah Swt.
Firman
Allah dalam Q.S. az-Zumar/39:68:
c. Macam-macam
kiamat
a. Kiamat Sugra (kiamat kecil),
yaitu terjadinya kematian yang menimpa sebagian umat manusia. Misalnya: matinya
seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah tsunami, banjir, tanah longsor, dan
sebagainya.
b.
Kiamat Kubra (kiamat besar) yaitu terjadinya kematian dan kehancuran
yang menimpa seluruh alam semesta. Dunia porak-poranda, rusak, dan hancur.
Kehidupan manusia akan berganti dengan alam yang baru yakni alam akhirat.
Kiamat Kubra ini dialami oleh seluruh makhluk hidup di jagad raya tanpa
terkecuali. Kejadian ini terjadi secara menyeluruh, sehingga dapat dibayangkan
bahwa suasana saat itu sangat mencekam dan luar biasa dahsyatnya. Jika itu
sudah dikehendaki oleh Allah Swt., Sang Pencipta, maka tidak ada yang bisa
menghalangi kekuasaan dan kebesaran-Nya
d. Kehidupan yang dialami manusia setelah hari
kiamat
1) Alam Barzakh (Yaumul Barzakh)
Alam barzakh yang
dikenal dengan alam kubur yang merupakan pintu gerbang menuju akhirat atau
batas antara alam dunia dan alam akhirat. Di alam kubur manusia akan bertemu,
ditanyai, dan diperiksa oleh malaikat Munkar dan Nakir tentang segala amal
perbuatannya ketika menjalani kehidupan di dunia.
2) Yaumul Ba’at¡
Yaumul ba’ats adalah hari
dibangkit-kannya manusia dari alam kubur untuk diarahkan menu-ju ke padang
mahsyar. Ke-bangkitan manusia ini akan terjadi setelah ditiupkan sangkakala
yang kedua oleh Malaikat Israfil. Seluruh manusia mulai zaman Nabi Adam sampai
manusia terakhir bangkit dari kubur. Adapun keadaan mereka bermacam-macam
sesuai dengan amal perbuatan mereka pada waktu hidup di dunia. Firman Allah
Swt.:
Artinya: “Lalu
ditiuplah sangkakala (yang kedua kalinya), maka seketika itu mereka keluar dari
kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya”. (Q.S. Yās³n/36:51)
3) Yaumul hasyr atau Yaumul Mahsyar
Yaumul Hasyr atau yaumul mahsyar
adalah hari dikumpulkannya seluruh manusia yang telah dibangkitkan dari
kuburnya ,di sebuah padang yang sangat luas bernama Padang Mahsyar. Di Padang
Mahsyar ini keadaan manusia sangat susah, tidak ada yang dapat menolong kecuali
hanya pertolongan yang datangnya dari Allah Swt. bagi orang-orang yang
dikehendaki-Nya.
4) Yaumul Mizan dan Yaumul hisab
Arti kata mizān adalah timbangan, sedangkan Hisab artinya
perhitungan. Dua istilah ini ,yaitu Yaumul Mizan dan Yaumul His±b memiliki
makna yang hampir sama maknanya.
Dengan demikian, yaumul mizan adalah hari
ditimbangnya seluruh amal baik dan buruk manusia untuk menerima keadilan dan
balasannya masing-masing. Yaumul mizān
ini disebut juga dengan Yaumul Hisab, yaitu hari diperhitungkannya
seluruh amal perbuatan manusia, baik amal yang baik maupun amal yang buruk.
Pada hari itu manusia akan menerima balasannya masing-masing berdasarkan
keadilan dari Allah Swt.
Setelah
seluruh manusia sampai di Padang Mahsyar, seluruh amal perbuatannya
selama hidup di dunia akan dihitung atau ditimbang. Bagi mereka yang timbangan
amal baiknya lebih berat akan mendapatkan balasan yang memuaskan, sedangkan
bagi mereka yang timbangan amal baiknya lebih ringan akan mendapatkan balasan
neraka hawiyah, yaitu neraka yang panas.
Firman Allah Swt.
dalam Q.S. az-Zalzalah/99 ayat 7 dan 8
Artinya: “Maka
barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat
(balasan) nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat dzarah, niscaya
dia akan melihat (balasan)nya. (Q.S. az-Zalzalah/99:7-8).
5) Surga dan Neraka
Allah Swt. memiliki sifat Yang Maha Adil, karena
seluruh perbuatan manusia akan diadili. Seluruh amal baik dan amal buruk
manusia akan mendapatkan balasannya. Tidak ada satu perbuatan pun yang luput
dari keadilan Allah Swt.
Sebaliknya orang yang
selalu berbuat kejahatan tentunya akan mendapati timbangan amal buruknya sangat
berat. Banyak sekali ayat al-Qur’±n yang menyatakan betapa susahnya
seseorang yang ketika di dunia selalu berbuat jahat. Mereka kelak di akhirat
akan mendapatkan siksaan yang amat berat di neraka sebagai balasan atas
perbuatan jahatnya itu.
Balasan terhadap amal
buruk yang dilakukan ketika hidup di dunia ditimpakan setelah dilakukan
penimbangan seberapa berat kejahatan dan keburukan yang telah dilakukannya.
Kemudian mereka akan mendapatkan balasannya berupa siksa di neraka.
E.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
a. Pendahuluan
(15 menit)
1)
Guru membuka pembelajaran dengan salam
2)
Berdoa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan
penuh khidmat.
3)
Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan al-Quran surah pilihan yang dipimpin oleh salah
seorang peserta didik.
4)
Guru melakukan appersepsi dengan menanyakan tentang iman kepada
hari akhir.
5)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
6) Guru
memberikan tausiyah tentang dahsyatnya hari akhir seperti yang
diterangkan dalam surat az-zalzalah.
7)
Peserta didik dibagi menjadi empat kelompok, masing- masing
kelompok terdiri dari 8 orang peserta didik.
8)
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
pembelajaran.
b. Kegiatan inti
(90 menit)
1)
Mengamati:
a) Guru menayangkan video tentang gambaran hari kiamat.
b) Semua
peserta didik mengamati tayangan video tentang
gambaran kejadian hari kiamat.
2)
Menanya:
a) Peserta didik dengan guru atau antar peserta dididk
melakukan tanya jawab tentang segala sesuatu yang terkait dengan hari kiamat
b) Peserta didik dengan guru atau antar peserta didik melakukan
tanya jawab tentang diskusi pemecahan masalah.
3)
Eksplorasi
a)
Masing-masing kelompok
diberikan tugas untuk berdiskusi sesuai dengan lembar kerja yang telah
diterima.
b) Masing-masing
kelompok memecahkan masalah sesuai dengan lembar kerja yang telah diterima,
dengan ketentuan:
Ø Kelompok
1 mengamati gambar yang ada pada kolom pengertian hari
akhir dan memberikan komentar
Ø Kelompok 2 membaca dan mengartikan surat al qariah
ayat 4-5 dan az zalalah 1-2. Kemudian mengkaji dan mendiskusikan tentang
kejadianm kiamat kubro
Ø Kelompok 3 Membaca tentang proses atau tahapan
kehidupan manusia di hari akhir dan
membuat ilustrasi yang menggambarkan proses kehidupan manusia di hari akhir
mulai dari alam kubur sampai dengan sorga atau neraka.
Ø Kelompok 4 membaca kisah teladan penasaran dengan calon penghni surga
dan mengemukakan pendapatnya
tentang hikmah dari kisah tersebut.
4)
Asosiasi:
a) Peserta didik secara berkelompok merumuskan hasil
diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan.
5)
Komunikasikan:
a) Ketua kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai
dengan tugas masing-masing kelompok.
b) Kelompok
lainnya memberikan tanggapan.
c. Penutup (20
menit)
1) Guru memberikan penguatan materi tentang pengertian iman
kepada hari kiamat.
2) Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang dibahas.
3) Guru melakukan post test terhadap pemahaman peserta didik
selama proses pembelajaran.
4) Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5) Guru memberikan reward kepada kelompok yang terbaik.
6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan berikutnya.
7) Guru memberikan tugas mandiri kepada peserta didik
berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
8) Guru dan peserta didik
mengungkapkan pesan moral “kematian itu pasti akan terjadi”
9) Guru
bersama-sama para peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
F. PENILAIAN, REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1. Penilaian
a. Teknik Penilaian:
1)
Aspek
sikap :Observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, Jurnal
2)
Aspek
Pengetahuan: Tes tertulis
3)
Aspek
Ketrampilan: proyek dan portopolio
a.
Instrumen
penilaian dan pedoman perskoran :
1) Pertemuan pertama
a) Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan pengertian hari kiamat
|
Jelaskan
pengertian hari kiamat
|
2.
|
Menyebutkan dalil naqli tentang hari kiamat
|
Sebutkan
dalil naqli yang menerangkan hari kiamat
|
3.
|
Menjelaskan macam-macam kiamat
|
Jelaskan macam-macam kiamat
|
4.
|
Menjelaskan contoh kejadian kamat sughro
|
Jelaskan contoh kejadian kiamat sughro
|
5.
|
Menyebutkan proses kejadian kiamat kubro
|
Sebutkan proses kejadian kiamat kubro
berdasarkan surat al-zalzalah !
|
6.
|
Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat
|
Jelaskan kehidupan yang dialami manusia
setelah hari kiamat
|
Pedoman perskoran
No
|
Kunci
|
Skor
|
1.
|
Meyakini dengan sepenuh
hati bahwa qiamat pasti terjdi
|
5
|
2.
|
|
25
|
3.
|
Kiamat Sugra (kiamat kecil), yaitu terjadinya
kematian yang menimpa sebagian umat manusia.
Kiamat Kubra (kiamat besar) yaitu terjadinya
kematian dan kehancuran yang menimpa seluruh alam semesta
|
20
|
4.
|
Gempa
bumi, Tsunami, tanah longsor, kebakaran, matinya seseorang
|
10
|
5.
|
“Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan yang
dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)
|
20
|
6.
|
Yaumul
barzah, yaumul baats, yaumul mahsyar, yaumul hisab, yaumul mizan, Surga dan
Neraka
|
20
|
|
Jumlah Skor
|
100
|
a) Sikap
(Terlampir)
b) Ketrampilan
(Terlampir)
2.Pengayaan
Peserta didik yang sudah menguasai
materi, mengerjakan materi tambahan berupa tanda-tanda terjadinya
kiamat. (Soalterlampir ).
3. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi, akan dijelaskan lagi dan
dilakukan penilaian kembali tentang iman hari kiamat yang dilaksanakan diluar
jam pelajaran setelah pulang sekolah. ( Soalterlampir ).
G. MEDIA/ALAT,BAHAN
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media/alat
a.
Video pembelajaran
b.
Gambar
c.
Speaker active
d.
LCD/TV/Laptop
2.
Bahan
a.
Kertas
b.
Alat tulis
3.
Sumber Belajar
a. Departemen
Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
b. Muhammad
Ahsan dan Sumiyati,2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas IX/ Buku Siswa . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Muhammad
Ahsan dan Sumiyati, 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas IX/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
................................
Mengetahui; Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah, PAI
dan Budi Pekerti,
_________________ ___________________
Download
No comments:
Post a Comment