Apa Manfaat Mengklasifikasikan Makhluk Hidup

Mengklasifikasikan adalah menempatkan bersama-sama (mengelompokankan) hal-hal yang mirip yang satu dengan yang lainnya. Mengklasifikasikan makhluk hidup berarti mengelompokkan  makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Manfaat klasifikasi makhluk hidup adalah:

  1. Memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam.
  2. Dapat digunakan untuk mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lainnya.
Dasar-dasar yang digunakan dalam mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan manfaat, struktur morfologi, anatomi dan ciri-ciri biokimia. Penjelasan tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Klasifikasi berdasarkan manfaat

adalah pengelompokan makhluk hidup berdasarkan manfaat, contohnya adalah: pengelompokan tumbuhan yang biasa digunakan untuk keindahan (bunga mawar, bunga anggrek, bunga melati) dan tumbuhan yang digunakan untuk obat-obatan misalnya ( jahe, kencur, kunir, temulawak).

2. Klasifikasi berdasarkan struktur morfologi dan anatomi

Struktur morfologi adalah ciri-ciri yang tampak dari luarnya, misalnya; bentuk daun, bentuk bunga, bentuk akar, bentuk buah dan lain-lain. Sedangkan anatomi adalah ciri-ciri yang ada dibagian dalam makhluk hidup; misalnya, bentuk, letak berkas dan ada tidaknya kambium dalam tumbuhan itu.

3. Klasifikasi berdasarkan ciri-ciri biokimianya..

Dalam tingkatan selanjutnya klasifikasi makhluk hidup dapat dilakukan berdasarkan ciri biokimia. Misalnya berdasarkan susunan basa nitrogen, susunan DNA dan sebagainya. 



No comments:

Post a Comment