RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar
dan fasih
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas,
al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.
Tujuan
Pembelajaran :
§ Siswa dapat Membaca, menghafal dan menuliskan surat al-Fatihah,
an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
D. MATERI PELAJARAN
§ Nama huruf hijaiyah
E. METODE PEMBELAJARAN
- Pemodelan
- Drill
- Praktik
- Penugasan
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan
kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§
Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa tentang huruf
hijaiyah
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 2
anak
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan
huruf hijaiyah yang benar sesuai makhrajnya
§
Siswa menirukan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§
Siswa mengikuti cara pengucapan beberapa huruf hijaiyah
yang agak sulit, misalnya tsa’, kho’, syin, shad, dhad, ‘ain, qof, dan ha’
§
Siswa menirukan pengucapan huruf-huruf sulit tersebut
secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§
Siswa mengulang pengucapan huruf secara menyeluruh
mulai dari alif sampai ya
§
Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan
menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§
Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus
pengucapannya (bermain tebak huruf)
§
Menghafalkan
huruf hijaiyah dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Papan penilaian
Kartu huruf
Papan penilaian
Huruf
hijaiyah
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§
Menyampaikan tugas untuk mengulang pelafalan dan
menghafalkan huruf hijaiyah
|
Instrumen
tugas individu
|
|
G. MEDIA / SUMBER
§ Kartu huruf hijaiyah
§ Papan flanel
§ Instrumen kuis
§ Buku paket
H. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melalui pelafalan yang didengarkan guru siswa mengenal
nama-nama huruf hijaiyah
§
Mengamati secara langsung bentuk huruf-huruf hijaiyah
§
Mengenal ciri-ciri huruf hijaiyah dengan cara
menngidentifikasi bentuk yang sama, titik atas / bawah
§
Bermain game mengelompokkan huruf hijaiyah berdasar
bentukdan titiknya
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§
Sebutkan huruf hijaiyah dengan cara menngidentifikasi
bentuk yang sama, titik atas / bawah!
|
§
Mengenal bentuk
tanda baca (fathah, kasrah, dhummah) dengan cara mendengar ketera-ngan guru,
dan mengadakan pengamatan langsung tanda baca
§ Bersama
dengan teman sebangku mengaplikasikan tanda baca fathah, kasrah, dan dhummah pada huruf
hijaiyah dalam bentuk rangkaian kata / kalimat sesuai dengan petunjuk tugas
dari guru
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§
Sebutkan bentuk tanda baca (fathah, kasrah, dhummah)
dengan cara mendengar ketera-ngan guru, dan mengadakan pengamatan langsung
tanda baca!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
Untuk mendapatkan file RPP DAN SILABUS AL-QURAN HADIST MI KELAS 1 secara lengkap dapat anda unduh di link download di bawah ini.
Download
No comments:
Post a Comment