Tahap-Tahap Pembelajaran Berbasis Proyek

Tahapan pembelajaran berbasis proyek meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Ketiga tahapan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Tahap persiapan

Persiapan diawali dengan penjelasan yang dilakukan oleh guru kepada para siswa mengenai materi yang akan dipelajari yang diikuti dengan pemberian tugas oleh guru beserta batasan waktu yang telah ditentukan dan persiapan kelengkapan pembelajaran yang lainnya yang harus disiapkan oleh siswa. Langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek adalah:
  • Menetukan tema proyek yang akan dipelajari. Proyek tersebut harus menghasilkan suatu produk yang dapat berupa karya seni, laporan observasi, atau karya ketrampilan. Penentuan produk yang akan dihasilkan harus mempertimbangkan kemampuan peserta didik, sumber, dan alat yang tersedia.
  • Membuat jadwal pelaksanaan proyek, yaitu membuat tahapan-tahapan pelaksanaan proyek dengan mempertimbangkan kompleksitas langkah-langkah, teknik penyelesaian produk, dan penentuan waktu penyelesaian.
  • Membuat langkah-langkah pelaksanaan proyek mulai dari awal sampai akhir. Pada tahapan ini para siswa mengidentifikasi bagian-bagian produk yang akan dihasilkan, langkah-langkah dan teknik penyelesaian bagian-bagian proyek sampai dicpainya produk akhir.
2. Tahap pelaksanaan

Kegiatan pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek meliputi:
  • Menyelesaikan proyek dengan difasilitasi oleh guru yang bersangkutan. Kegiatan siswa dalam tahap ini adalah mengumpulkan data dan kemudian mengolah data itu dan menyusun bagian-bagiannya sampai dihasilkan produk akhir.
  • Siswa mempresentasikan hasil proyek yang telah diselesaikan di depan guru dan para teman-temannya. Penyajian produk dapat dilakukan dengan presentasi, diskusi, pameran atau publikasi dalam bentuk artikel atau tulisan yang lainnya yang ditempelkan pada dinding papan pengumuman atau bahkan lewat internet. Tujuan publikasi ini adalah untuk memperoleh tanggapan dari guru, para siswa atau teman belajar sejawat atau bahkan dari masyarakat umum.
3. Tahap evaluasi

Pada tahap ini guru meninjau proses pelaksanaan proyek dan menilai produk yang dihasilkan untuk mengetahui keberhasilan proyek.

No comments:

Post a Comment