Definisi, Bentuk dan Kelebihan Jaringan PAN (Personal Area Network)


Artikel ini akan membahas definisi dan bentuk jaringan PAN yang dapat kita jumpai dilingkungan sekitar. Personal area network memiliki arti dimana jaringan tersebut memiliki area yang lebih personal/pribadi. Tingkat personal ini memiliki batasan, namun hal tersebut tergantung pada perangkat yang digunakan sebagai bentuk perangkat keras PAN karena masing-masing memiliki kelebihan sendiri.

Definisi PAN Personal Area Network (PAN) adalah area jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat dengan jarak dekat dari satu perangkat ke perangkat lain. Jangkauan dari PAN umumnya hanya 4-10 meter. Hal yang paling mendasar dari jaringan PAN adalah dekat karena untuk menjaga privasi atau area yang khusus untuk lingkup kecil yang diinginkan. Bentuk dari jaringan ini cukup banyak seperti teknologi Bluetooh dan Wifi.

Bentuk - Bentuk PAN

  • Bluetooh juga disebut piconet, perangkat Bluetooth merupakan perangkat yang digunakan untuk komunikasi data antar perangkat dengan jarak dekat, data yang ditukar ini bisa berupa file, audio, maupun video untuk kecepatan transfer data memang secepat menggunakan perangkat kabel karena salah satu kelemahan perangkat nirkabel adalah pada keutuhan signal jadi model signal bluethooh yang dipancarkan menyebar maka tidak akan terpusat seperti menggunakan kabel. Perkembangan Bluethooh pertama dipiconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau dibawah keadaan ideal.
  • Inovasi baru adalah Bluetooth antena dimana izin untuk perangkat ini melebihi jangkauan dari awalnya perancangannya. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai “Flexilis” berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu. Mereka menggunakan antena dengan lingkup luas yaitu antena Yagi, semua terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu di komputer, hal tersebut dinamakan sebagai “The BlueSniper”. Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive yang akan merespon jika dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan bereaksi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol aksees pintu. Bentuk bluethooh yang mudah kita jumpai di lingkungan seperti, pen presentation, headset bluethoot, dan bluethooh untuk pertukaran data. 
  • WPAN (wireless personal area network) adalah jaringan area pribadi yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting untuk perorangan dengan menggunakan sambungan nirkabel. Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam suatu waktu dengan jarak sekitar 10 meter dengan kata lain, yang sangat jarak dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar yaitu IEEE 802,15. WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi pada perangkat yang dimiliki perorangan walaupun dengan jumlah orang yang banyak disuatu tempat. WPAN juga bisa melayani tujuan yang lebih khusus seperti mengizinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya untuk berkomunikasi selama operasi. Teknologi untuk WPANs merupakan bentuk pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan dalam bidang teknologi. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi yang lebih nyaman di antara rumah atau bisnis perangkat dan sistem. Setiap perangkat di dalam WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama dalam jaringan WPAN, asalkan mereka mampu berbagai signal secara fisik satu sama lain. Kemajuan ini tentu sangat membantu untuk mensederhanakan aktifitas manusia yaitu mampu melakukan banyak hal dengan waktu yang lebih efisien. 
Demikian apa yang dapat penulis sampaikan semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca, terimakasih.

No comments:

Post a Comment