MEMBUAT DATABASE SEDERHANA DENGAN DBMS MySQL

    Hallo selamat datang pembaca budiman kali ini penulis akan berbagi ilmu mengenai membuat database sederhana dengan DBMS MySQL. Penulis harap setelah pembahasan ini pembaca sudah mampu membuat database sederhana yang sangat mudah untuk dipraktekkan. Seperti biasa penulis akan membahas terlebih dahulu kata khusus pada pembahasan database untuk mengingatkan/refresh  ingatan kita dalam mempelajari basisdata yaitu kata DBMS dan MySQL.

DBMS adalah kependekan dari Database Management System atau jika diartikan secara singkat adalah sistem pengolahan database. Pembahasan kita ini mengacu pada softwarenya database maka DBMS berarti aplikasi/software yang diperuntukkan untuk mengelola database. Ingat pembaca bahwa software/perangkat lunak itu sangat banyak namun tidak semuanya merupakan sistem, ada yang tergabung dalam suatu sistem ada yang merupakan sebuah sistem yang khusus untuk keperluan tertentu seperti halnya aplikasi pembuka gambar dengan DBMS MySQL, maka yang disebut sistem adalah DBMS dikarenakan kekomplekkan data dan pengelolaan yang khusus pada permasalahan dan penanganannya lebih besar, komplek dan membutuhkan sistem tersendiri/spesifik.
    DBMS sendiri memiliki berbagai macam jenis ada yang berbayar ada juga yang gratis, sebagaimana yang berbayar seperti ORACLE dan yang gratis seperti MySQL dan tentunya barang gratis dan berbayar sangat berbeda namun bukan berarti barang gratis itu kurang bagus hanya saja bagi pihak yang membutuhkan sebuah database bisa menyesuikan kebutuhan yang ingin dipenuhi jika memang tidak bergitu besar dan tidak membutuhkan kompleksitas dan keamanan data yang sangat tinggi maka software gratis sangat cocok namun jika pembaca merupakan pihak perusahaan besar dengan kebutuhan data sangat besar dan harus sangat kompleks dan security tinggi dengan resiko kerja yang tinggi maka database komersial akan lebih cocok karena akan lebih membantu Anda dalam penanganan data/pemenuhan kebutuhan pengolahan data dan suport service dari pihak database komersial itu sendiri terhadap perusahaan Anda akan sangat membantu.

MySQL merupakan salah satu DBMS yang bersifat freeware/gratis,  SQL sendiri merupakan bahasa untuk database ini dan MySQL merupakan DBMS nya, jika kita simpulkan MySQL adalah salah satu dari DBMS yang bersifat gratis dan diperuntukkan bagi semua orang tanpa harus membayar untuk menggunakan DBMS ini. Dengan adanya DBMS ini tentu sangat membantu bagi kita yang ingin belajar database tanpa harus mengeluarkan uang yang besar dalam mempelajari database.  Langsung saja kita memulai membuat database sederhannya :


Tahap-Tahap Pembuatan Database
>Kasus
Database merupakan metode penyelesaian masalah pengolahan data dan sebagai contoh kasus yang kita ambil kali ini adalah “Toko Buku” dengan permasalahan sistem manual yang ada pada toko buku membuat pelayanan penjualan dirasa kurang cepat dan kurang praktis, yang diinginkan pelayanan penjualan menjadi lebih cepat efisien dan mudah untuk dilakukan.

>Penyelesaian Masalah
Penyelesaina masalah ini adalah sistem komputerisasi dengan membuat basisdata yang tersistematis dimana  basisdata bersifat  terpusat yang bertujuan agar tidak terjadi duplikasi data yang berakibat data tidak lagi valid. Selain itu dengan metode komputerisasi maka segala hal dalam proses penjualan buku akan menjadi lebih cepat, mudah dan efisien.
tabel database buku 
>Perancangan
Sebenarnya ada lagi yang harus kita lakukan yaitu analisis kebutuhan apa saja data yang dibutuhkan dan apasaja keluhan atau problem yang dihadapi toko buku. Pembahasan khusus perancangan database maka mengacu pada menenentukan bentuk database, type data, objec data dan relasi yang ingin dibuat.
Bentuk database berupa aktifitas menentukan batasan-batasan dari database atau wilayah penanganan database, dimana pada kesempatan ini batasannya hanya pendataan buku  saja.
Objek data adalah kegiatan menentukan yang tergolong objec data yang kita gunakan atau kelompok objek database kita yang akan dijadikan tabel, kita tentukan bagian ini objeknya adalah Buku dan Penerbit.
Typedata , berdasarkan objec data kita buat tabel dan kita tentukan typedatanya .


Relasinya bisa kita lihat sebagai berikut :

relasi tabel

>Implementasi

tahapan ini bisa Anda lakukan dengan membuatnya langsung dipragram xampp – phpmyadmin sebagaimana gambar dibawah ini.


Struktur tabel buku




Anda dapat melakukan pengisian data, edit data, maupun hapus data sesuai dengan kebituhan yang diperlukan.

Sekian tutorial yang bisa penulis bagi semoga bermanfaat apabila banyak kekurangan penulis mohon maaf sebesar-besarnya, terimakasih.

No comments:

Post a Comment