RPP DAN SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS VII, VIII, IX SEMESTER 1, 2

RPP dan Silabus Bahasa Arab ini adalah untuk MTs/SMP atau yang sederajat. RPP dan silabus Bahasa Arab ini termasuk dalam kurikulum KTSP. Dilengkapi dengan Pemetaan, Program semester (Promes), Program tahunan (Prota), KKM, dan pemetaan.

RPP berisi tentang Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Tujuan pembelajaran, Materi pembelajaran, Metode pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran, Sumber pembelajaran, dan assesement atau penilaian.

Contoh RPP Bahasa Arab MTs Kelas VII adalah sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


MTs                            : ................................................
Mata Pelajaran        : BAHASA ARAB
Kelas/Semester      : VII/1
Alokasi Waktu         : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


A.       Standar Kompetensi
         1.      MENYIMAK / ISTIMA'
                  (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف).
B.       Kompetensi Dasar
1.1    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat.
C.       Tujuan Pembelajaran
§    Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§    Drill pelafalan kosakata
§    Tanya jawab tentang isi / materi

D.       Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§    Teks percakapan
§    Isim-isim dhomir
§    Jenis-jenis profesi
§    Kata Tanya: ma, man, min
§    Isim isyarah
§    Membedakan mudzakkar dan mu'annats
E.       Metode Pembelajaran
§    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
§    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
A.       Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
v  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
v  Kegiatan inti
§  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
§  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v  Kegiatan penutup.
§  Guru melaksanakan penilaian lisan
§  Memberikan tugas pengayaan
10




50






5

10

5
Pemahaman Konsep












B.       Sumber Pembelajaran
§    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§    Kaset tentang perkenalan
§    Media audio visul lain
C.       Assessment /  Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
§  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
Tes tulis

Tes Tulis
Uraian


Uraian
§  Bedakanlah bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
§  Sebutkanlah kata-kata / kalimat tentang kata sapaan, jenis profesi!


Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Bahasa Arab



..........................................
NIP.


RPP dan silabus Bahasa Arab MTs Kelas VII, VIII, IX SEMESTER 1, 2 selengkapnya dapat iunduh melalui link di bawah ini.

RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS VII SEMESTER 1, 2
RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS VIII SEMESTER 1, 2
RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS IX SEMESTER 1, 2