RPP berisi tentang Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Tujuan pembelajaran, Materi pembelajaran, Metode pembelajaran, Langkah-langkah pembelajaran, Sumber pembelajaran, dan assesement atau penilaian.
Contoh RPP Bahasa Arab MTs Kelas VII adalah sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MTs :
................................................
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. MENYIMAK / ISTIMA'
(Memahami
wacana lisan melalui kegiatan
mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang التعارف).
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan
membedakan secara tepat.
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Mendengarkan wacana tentang berkenalan
§ Drill pelafalan kosakata
§
Tanya jawab tentang isi / materi
D.
Materi Pembelajaran
TA'ARUF
§ Teks percakapan
§ Isim-isim dhomir
§ Jenis-jenis profesi
§ Kata Tanya: ma, man,
min
§ Isim isyarah
§
Membedakan mudzakkar dan mu'annats
E.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan
informasi tentang التعارف
§ Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang
berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§
Pameran dan Shopping : pajangan hasil
diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
A.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek Life Skill
Yang Dikembangkan
|
|
v
Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
§ Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
§ Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam
kehidupan
v
Kegiatan inti
§ Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
§ Siswa membaca
berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
§ Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang
telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
§ Siswa bertanya jawab
dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas (elaborasi)
§ Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
v
Kegiatan penutup.
§ Guru melaksanakan penilaian lisan
§ Memberikan tugas pengayaan
|
10
50
5
10
5
|
Pemahaman Konsep
|
B.
Sumber Pembelajaran
§ Buku paket Bahasa Arab kelas VII
§ Kaset tentang perkenalan
§
Media audio visul lain
C.
Assessment / Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah
didengar
§ Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar
seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
|
Tes tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
|
§ Bedakanlah bunyi huruf
hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks
wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
§ Sebutkanlah kata-kata / kalimat tentang kata sapaan, jenis
profesi!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang Studi
Bahasa Arab
..........................................
NIP.
|
RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS VII SEMESTER 1, 2
RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS VIII SEMESTER 1, 2
RPP SILABUS BAHASA ARAB MTS KELAS IX SEMESTER 1, 2