RPP Dan Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX Semester 1, 2

RPP dan Silabus Bahasa Inggris untuk SMP atau yang sederajat ini adalah RPP versi kurikulum KTSP. Rencana pelakanaan pembelajaran kali ini berisi tentang standar kompetensi, Kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan seterusnya sampai yang terakhir penilaian.

Standar Kompetensi : 1.  Memahami makna   dalam percakapan transaksional dan inter-personal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a. Mengidentifikasi penjelasan tentang identitas seseorang
b. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam dialog
c. Menentukan karakteristik seseorang dengan penjelasan yang ada
d. Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam rekaman dialog
e. Melengkapi dialog rumpang

2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice
Sript dan rekaman dialog
Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
Penjelasan kegiatan
Dialog rumpang dan rekaman
b. Developing Skills
Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
Gambar dan rekaman percakapan
c. Pronunciation
Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique

4. Langkah-langkah Kegiatan

A.Kegiatan Pendahuluan

Apersepsi :
Tanya jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
Guessing Game: menebak nama tokoh terkena yang dideskripsikan oleh guru.
Motivasi :
Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B. Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  2. Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
  3. Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
  4. Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
  5. Melengkapi dialog rumpang
  6. Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
  7. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  8. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  9. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  10. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  3. Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  6. Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  8. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang hasilkan;
  9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  5. Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  6. Membantu menyelesaikan masalah;
  7. Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  8. Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  9. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 
  10. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa 
  11. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


C. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

  1. bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  2. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  3. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  4. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  5. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

RPP dan Silabus Bahasa Inggris untuk kelas VII, VIII, IX selengkapnya dapat anda Lihat melalui link di bawah ini.

RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls VII Sem 1
RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls VII Sem 2
RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls VIII Sem 1
RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls VIII Sem 2
RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls IX Sem 1
RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kls IX Sem 2

Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas VII-SMT1
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas VII-SMT2
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas VIII-SMT1
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas VIII-SMT2
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas IX-SMT1
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs kelas IX-SMT2