RPP PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SMK KELAS X SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMK BAKTI PENDIDIKAN        
Matapelajaran              : Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas/Semester            : X /Ganjil
Materi Pokok              : Alat Komunikasi Sederhana
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (1 pertemuan)

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.        Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

3.1      Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.

 Indikator:
·         Mendeskripsikan pengertian alat komunikasi sederhana
·         Menyebutkan aneka jenis produk rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC
·         Menyebutkan manfaat alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui peserta didik dapat:
1.      Mendeskripsikan pengertian alat komunikasi sederhana
2.      Menyebutkan aneka jenis produk rekayasa sebagai alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC
3.      Menyebutkan manfaat alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC




D.      Materi Pembelajaran
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan yang berisi informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya. Kegiatan ini hampir dilakukan oleh manusia di semua aktivitas hariannya. Manusia dapat menyampaikan pesannya secara langsung dan juga melalui media perantara. Banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan. Pada pembelajaran ini, kita akan membicarakan pembuatan alat komunikasi.

1.         Teknologi Komunikasi Sederhana dan Modern
Teknologi komunikasi dapat dibedakan dari bentuknya, bahannya, lama pemakaian (umur), cara membuatnya, alat untuk membuatnya, berapa orang untuk membuatnya, dan cara menggunakannya.

2.         Sistem Komunikasi
·         Kita dapat melakukan komunikasi melalui cara langsung atau tidak langsung.
·         Komunikasi berasal dari kata comunicare dalam bahasa latin yang berarti membaca bersama atu menggunakan bersama.
·         Dapat didefinisikan 5 komponen yang saling mempengaruhi, yaitu:
a.         komunikasi, yaitu menyampaikan pesan
b.        pesan atau informasi yang dikirim ke penerima
c.         saluran yaitu media atau komunike
d.        komunikan, yaitu pengirim dan penerima
e.         dampak yaitu tujuan, perubahan atau akibat

3.         Prinsip kerja alat komunikasi




4.         Aneka Jenis Produk Rekayasa sebagai Alat Komunikasi
·         Televisi
·         Telepon
·         Bel Listrik
·         Interkom


E.       Model dan Metode Pembelajaran
a.       Model Pembelajaran: CTL
b.      Metode Pembelajaran: studi literatur, diskusi, kerja kelompok, dan penugasan

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                            Media:
a.         LK (Lembar Kerja)
b.         Power point
c.         Contoh alat komunikasi sederhana, misalnya: radio dan bel listrik

2.                                                                                                    Alat/Bahan:
a.         Laptop
b.         Proyektor LCD

3.                                                                                                    Sumber Belajar:
a.         Tim Pesanggrahan Guru. 2013. Prakarya dan Kewirausahaan Untuk SMA-MA/MK. Jakarta: Penerbit Yrama.



G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu (menit)
1
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengecek presensi peserta didik.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
3.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.

10
2
Inti
1.      Guru membagi kelas dalam kelompok, 1 kelompok 3 siswa
2.      Siswa mendemokan, Siswa A menyampaikan pesan ke siswa B dan siswa B menyampaikan pesan ke siswa C
3.      Guru menyuruh siswa untuk melakukan beberapa kali percobaan
4.      Siswa tetap dalam kelompok dan guru memberikan pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi
5.      Guru juga menanyakan contoh-contoh bentuk komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
6.      Guru menanyakan tentang contoh-contoh alat komunikasi sederhana dalam kehidupan sehari-hari
7.      Siswa bekerja dalam kelompok
8.      Setiap kelompok melakukan presentasi di depan guru dan teman-temannya tentang permasalahan yang diberikan oleh guru
9.      Guru menjelaskan kembali dengan slide presentasi tentang alat komunikasi
70
3
Penutup
1.      Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang prinsip kerja alat komunikasi sederhana
5.         Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
10

H.      Penilaian
1.                                                                                             Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)             Tes tulis bentuk uraian (Lampiran 1).
b.    Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1)             Observasi sikap (Lampiran 2).
2)             Penilaian presentasi kelompok (Lampiran 3).


Mengetahui,                                                                Surabaya,…………….
Kepala Sekolah                                                           Guru Pengajar


            ______________                                                         _________________
           


RPP di atas adalah contoh RPP prakarya dan kewirausahaan untuk SMK kelas X semester 1. Untuk mendapatkan filenya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini.

RPP Prakarya dan Kewirausahaan SMK Kelas X Semester 1