RPP PELAJARAN SEJARAH SMA KELAS X SEMESTER 1,2

Berikut ini adalah contoh RPP  pelajaran Sejarah untuk SMA kelas X semester 1 dan 2. RPP ini adalah versi kurikulum 2013. Contoh RPP Sejarah SMA Kelas X dapat anda lihat di bawah ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan                   : SMA Bakti Pendidikan
Kelas / Semester                     : X/I  
Mata Pelajaran                        : Sejarah Indonesia
MateriPokok                           : MenelusuriPeradabanawal di Kepulauan Indonesia
SebelumMengenalTulisan
Sub MateriPokok                    : SebelummengenalTulisan
PertemuanKe                          : 1
AlokasiWaktu                         : 2 x 45 menit( 90menit )

A.Kompetensi Inti :

1. Menghayatidanmengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, proseduraldalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.KompetensiDasar

1.2.Menghayatiketeladananparapemimpindalamtoleransiantarumatberagamadanmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari
2.1. Menunjukkansikaptanggungjawab, peduliterhadapberbagaihasilbudayapadamasapraaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3. Berlakujujurdanbertanggung-jawabdalammengerjakantugas-tugasdaripembelajaransejarah
3.1. Memahamidanmenerapkankonsepberpikirkronologis (diakronik),sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
3.2. Memahamicorakkehidupanmasyarakatpadazamanpraaksara
4.1. Menyajikaninformasimengenaiketerkaitanantarakonsepberpikirkronologis(diakronik), sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
4.2. Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan

C.IndikatorPencapaianKompetensi

3.1.1 Menjelaskanpengertiandiakronisdansinkronis
3.1.2 Menerapkanberfikirdiakronisdansinkronisdalammemahamidanmerekontruksisejarah yang dipelajari
3.2.1 Menjelaskanpengertianpraaksara

D. TujuanPembelajaran

1. Melaluiaktifitastanyajawabsiswadapatmenjelaskanpengertianpraaksaradanprasejarah
2. Melaluidiskusikelompoksiswadapatmembandingkanpengertianpraaksaradanprasejarah
3. Melaluidiskusikelompoksiswadapatmenunjukancontohkonsepberpikirkronologis (diakronis)dansinkronisdalampenulisansejarah

E.Materi Ajar

1. PengertianPraAksaradanPrasejarah
Prasejarah :sebelumadaSejarah: Masasebelumadaaktivitaskehidupanmanusia
Praaksara :sebelumadaTulisan : masasebelumkehidupanmanusiamengenaltulisan
2. PengertianKronologis, diakronisdansinkronis
Pemahamantentangkronologis (diakronis) dan sinkronis

Kronologis: Pengetahuantentangruangdanwaktudenganmenekankanperlunyaseluruhkejadianatauperistiwaberdasarkanurtanwaktu. peristiwadankejadian yang terjadilebihduludaripada yang terjadikemudian

Diakronis: Kemampuanmemahamiperistiwadenganmelakukanpenelusuranpadamasalalu( CiriberpikirSejarah)

Sinkronis: memahamiperistiwadenganmengabaikanaspekperkembanganyadenganmementingkanstruktur yang terdapatdidalamsetiapperistiwa ( cirri berpikirilmu social)

Kronologiberartisesuaidenganurutanwaktu. Peristiwasejarahakanselaluberlangsungsesuaidenganurutanwaktu, sehinggatidakterjadisecaramelompat-lompat. Pemahamansejarah yang tidakkronologisakanmembuatpemahaman yang kelirutentangsejarah

F. Metode

1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3. Metode : Diskusikelompok, group investigation, ceramah, penugasan

G.KegiatanPembelajaran

Pendahuluan

· Memberi Salam
· Guru memeriksakesiapantempatpembelajaran (kebersihandankenyamanan) sertamengecekpresensisiswa
· Mempersilakansalahsatupesertadidikmemimpindoa ( Jika jam pertama)
· Absensisiswa
· Menyampaikantujuanpembelajarandankompetensi yang harusdikuasaipesertadidikmelalui power point

Inti

MENGAMATI

· Pesertadidikmembacabukusejarahhal…
· Pesertadidikmengamatitayangangambardalam power point untukappersepsimateri
· Pesertadidikdibimbinguntukmencariinformasidaribukutentangmateri yang dibahas

MENANYA

· Pesertadidikdiharapkanmenyampaikanpertanyaan yang berkaiatandenganmaterididalamsebuahkertasdandikumpulkan (Pertanyaan yang terkumpulmenjadibahanuntuk topic diskusi) ( Jikatidakadapertanyaansudahdisiapkanoleh guru)

MENALAR

· Guru membagipesertadidikmenjadi 6 kelompokmasingmasingkelompokberanggotakan 5 siswadengancaramenghitung 1- 6
· Guru membagikankertaspertanyaankepadasetiapkelompokuntukdidiskusikan
· Siswamendiskusikanpertanyaanpertanyaan yang disampaikan

MENCOBA

· Pesertadidikmencatathasildiskusi
· Pesertadidikmembuatlaporanhasildiskusi

MEMBUAT JEJARING

· Guru memintaperwakilanmasing-masingkelompokmempresentasikanhasildiskusinya di depankelas
· Peserta lain menanggapihasildiskusi yang di presentasikan
· Pesertadidikmencatat/ menyempurnakanhasildiskusinya
· Pesertadidikmembuatlaporanhasildikusiuntukdikumpulkan

Penutup

· Pesertadidikdiberikanulasansingkattentangkegiatanpembelajarandanhasilbelajarnya
· Pesertadidikdimotivasiuntukmenanyakan yang belumjelas.
· Pesertadidikdiberikanpertanyaansecaralisan.
· Pesertadidikmembuatkesimpulanmateri yang barudibahas
· Guru memberikaninformasitentangmateri yang akandibahasminggudepandanmengingatkanpesertadidikuntukmempelajarimateriduludirumahsebagaitugas
· Guru mengakhiripelajarandengansalam.

H. AlatdanSumberBelajar

1. BukusumberSejarah SMA Klas X
· Modul Mata PelajaranSejarahPeminatanDirjenKebudayaanKemendikbud 2013
· KementrianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
· NicoTamiend R & M.P.B Manus, 2013, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
· I WayanBadrika, 2013, Sejarah SMA, Jakarta: PenerbitErlangga

2. Media Pembelajaran
Ø Power Point
Ø Kartupertanyaan

I. PenilaianProsesdanHasilBelajar

Teknik : Tes dan Non tes
RPP  sejarah selengkapnya dapat anda unduh melalui tautan di bawah ini: