No
|
deskripsi kompetensi inti
|
deskripsi guru mapel / keahlian
|
deskripsi indikator
|
Jenis
|
1
|
Menguasai karakteristik peserta didikdari
aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi karakteristik peserta
didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan
bakat istimewa usia sekolah dasar, yang berkaitan dengan aspek fisik, mental,
intelektual, emosional dan sosial, moral, dan latar belakang
|
Menentukan prosedur identifikasi anak
berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
2
|
Menguasai karakteristik peserta didikdari
aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Melakukan identifikasi dan asesmen potensi
peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi
kecerdasan dan bakat istimewa usia sekolah dasar
|
Melakukan identifikasi potensi yang
dimiliki anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
3
|
Menguasai karakteristik peserta didikdari
aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Melakukan identifikasi dan asesmen
kemampuan awal peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki
potensi
|
Melakukan identifikasi kemampuan awal anak
anak berkebutuhan khusus
|
pedagogik
|
4
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan
dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak
yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
|
Menggunakan pendekatan saintifik pada
pembelajaran bagi anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
5
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dan menyenangkan
dalam berbagai mata pelajaran bagi anak berkebutuhan khusus termasuk anak
yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa.
|
Menyusun program pembelajaran PAIKEM bagi
anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
6
|
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis
|
Mempraktikkan pembelajaran tematis.
|
pedagogik
|
7
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum untuk peserta didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa
|
Mendeskripsikan prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum bagi anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
8
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Menentukan tujuan mata pelajaran program
kekhususan pada tingkat sekolah dasar luar biasa
|
Menentukan langkah-langkah prumusan
program pengembangan diri.
|
pedagogik
|
9
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai
untuk mencapai tujuan semua mata pelajaran satuan pendidikan sekolah dasar
luar biasa
|
Menetapkan pengalaman belajar bagi anak
anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
10
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran
umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Mengidentifikasi materi ajar yang sesuai
dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
11
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran
umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Menetapkan materi ajar yang sesuai dengan
karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
|
pedagogik
|
12
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran
umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Menyusun materi ajar yang sesuai dengan
karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
13
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran
umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Menetapkan program pengembangan diri yang
sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
|
pedagogik
|
14
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih materi/bahan ajar mata pelajaran
umum dan program kekhususan sekolah dasar luar biasa yang relevan dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Menyusun program pengembangan diri yang
sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
15
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih dan/atau mengembangkan media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta
didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan
bakat istimewa
|
Mengidentifikasi media pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus.
|
pedagogik
|
16
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih dan/atau mengembangkan media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta
didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan
bakat istimewa
|
Menetapkan media pembelajaran yang sesuai
dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
|
pedagogik
|
17
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Memilih dan/atau mengembangkan media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, materi dan karakteristik peserta
didik berkebutuhan khusus termasuk anak yang memiliki potensi kecerdasan dan
bakat istimewa
|
Membuat media pembelajaran yang sesuai
dengan karakteristik anak anak berkebutuhan khusus
|
pedagogik
|
18
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia
sekolah dasar
|
Melakukan kegiatan inti pembelajaran
|
pedagogik
|
19
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait
dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu
|
Menata materi pembelajaran secara benar
sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia
sekolah dasar
|
Melakukan evaluasi pembelajaran
|
pedagogik
|
20
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan
|
Mampu menerapkan/ melaksanakan model
pembelajaran individual di kelas yang sesuai dengan karakteristik anak anak
berkebutuhan khusus jenjang SDLB
|
pedagogik
|
21
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang
mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di
kelas, di laboratorium, dan di lapangan
|
Mampu melaksanakan/ menerapkan prinsip
pembelajaran yang mendidik di lapangan yang sesuai dengan karakteristik anak
anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
|
pedagogik
|
22
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
Menggunakan prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran
|
Mampu menggunakan instrumen penilaian
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan kemampuan belajar anak anak
berkebutuhan khusus jenjang SDLB melalui prinsip-prinsip penilaian
|
pedagogik
|
23
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar
|
Mampu melakukan penilaian dengan langkah
dan prosedur yang benar
|
pedagogik
|
24
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi
untuk kepentingan pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
|
Mampu mengevaluasi ketercapaian target
mutu yang telah ditetapkan dalam KTSP.
|
pedagogik
|
25
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan konsep dasar gerak
|
profesional
|
26
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menguraikan jenis gerak manusia
|
profesional
|
27
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan tujuan bina gerak
|
profesional
|
28
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menguraikan ruang lingkup bina gerak
|
profesional
|
29
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan asesmen gerak
|
profesional
|
30
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan ruang lingkup asesmen gerak
|
profesional
|
31
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menguraikan prosedur asesmen gerak
|
profesional
|
32
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan cara melaksanakan asesmen
gerak
|
profesional
|
33
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menguraikan dampak dari hambatan anak
dengan gangguan fisik dan motorik
|
profesional
|
34
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep bina gerak sebagai sarana
pemenuhan kebutuhan dasar anak.
|
Menjelaskan proses terjadinya gerak
|
profesional
|
35
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan prinsip pembelajaran bina
gerak
|
profesional
|
36
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan teknik pembelajaran bina gerak
|
profesional
|
37
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan prosedur pembelajaran bina
gerak
|
profesional
|
38
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mempraktekkan teknik permainan gerak pada
anak tunadaksa
|
profesional
|
39
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan teknik latihan fisik dalam
pembelajaran bina gerak pada anak tunadaksa
|
profesional
|
40
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mempraktekkan pembelajaran gerak pindah
diri
|
profesional
|
41
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mempraktekkan pembelajaran gerak
koordinasi motorik kasar
|
profesional
|
42
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mempraktekkan pembelajaran gerak
koordinasi motorik halus
|
profesional
|
43
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan evaluasi pembelajaran bina
gerak
|
profesional
|
44
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mengidenifikasi jenis permainan yang dapat
diterapkan dalam program bina gerak
|
profesional
|
45
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Menyebutkan permainan gerak bagi
pengembangan motorik
|
profesional
|
46
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur
pelaksanaan pembelajaran bina gerak
|
Mengidentifikasi materi bina diri gerak
|
profesional
|
47
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai prinsip, teknik, dan prosedur pelaksanaan
pembelajaran bina gerak
|
Menjelaskan fungsi pengembangan bina diri
gerak
|
profesional
|
48
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan pengembangan gerak anggota
tubuh
|
profesional
|
49
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk pengembangan
diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan langkah-langkah gerak
pernafasan
|
profesional
|
50
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan langkah-langkah gerak pindah
diri
|
profesional
|
51
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan tentang pengembangan gerak
koordinasi
|
profesional
|
52
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan berbagai macam alat bantu
gerak
|
profesional
|
53
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjabarkan keterampilan menolong diri
|
profesional
|
54
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjabarkan keterampilan berkomunikasi dan
bersosialisasi langsung
|
profesional
|
55
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Mempraktekkan program bina diri gerak
|
profesional
|
56
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan keterampilan bersosialiasi
langsung dan tidak langsung
|
profesional
|
57
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menguraikan keterampilan menyelamatkan
diri dari bahaya yang mengancam dirinya
|
profesional
|
58
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan sarana prasarana bina diri
gerak
|
profesional
|
59
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan keterampilan gerak
keseimbangan tubuh
|
profesional
|
60
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan rambu-rambu pelaksanaan bia
diri gerak
|
profesional
|
61
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai materi bina diri gerak untuk
pengembangan diri dalam penguasaan aktifitas kehidupan sehari-hari
|
Menjabarkan prinsip-prinsip pembelajaran
bina diri gerak
|
profesional
|
62
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep keterampilan vokasional
sederhana.
|
Menjelaskan pengertian keterampilan
vokasional sederhana bagi anak tunadaksa
|
profesional
|
63
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep keterampilan vokasional
sederhana.
|
Mengembangkan model-model pembelajaran
vokasional bagi anak tunadaksa
|
profesional
|
64
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan
prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
|
Menggunakan prinsip-prinsip pengembangan
keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus.
|
profesional
|
65
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan
prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
|
Menggunakan teknik pengembangan
keterampilan vokasional sederhana pada anak tunadaksa
|
profesional
|
66
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya
tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.
|
Menentukan jenis evaluasi yang cocok
dengan bidang pengembangan keterampilan vokasional sederhana pada anak
berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
|
profesional
|
67
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan
|
Mampu menyusun laporan hasil PTK dalam
pembelajaran pengembangan diri
|
profesional
|
68
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Mengikuti kemajuan perkembangan ilmu, teknologi,
dan seni dengan belajar dari berbagai sumber
|
Mampu memilih berbagai sumber yang
berkaiatan dengan pengembangan ilmu
|
profesional
|
69
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menerapkan prinsip-prinsip, teknik, dan
prosedur pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional sederhana.
|
Menggunakan prosedur pengembangan
keterampilan vokasional sederhana pada anak anak berkebutuhan khusus.
|
profesional
|
70
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Mempraktekkan materi sekurang-kurangnya
tiga bidang keterampilan vokasional sederhana.
|
Menentukan strategi pengembangan
keterampilan vokasional sederhana pada anak berkebutuhan khusus jenjang SDLB.
|
profesional
|
71
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan
pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Menguasai konsep keterampilan vokasional
sederhana.
|
Menyusun program pembelajaran vokasional
bagi anak tunadaksa
|
profesional
|
72
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Melakukan refleksi terhadap kinerja
sendiri secara terus menerus
|
Mampu merumuskan refleksi tehadap kinerja
diri sendiri
|
profesional
|
73
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
meningkatkan keprofesionalan
|
Mampu merencanakan perbaikan dalam rangka
meningkatkan keprofesionalan
|
profesional
|
74
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
meningkatkan keprofesionalan
|
Mampu melaksanakan perbaikan dalam rangka
meningkatkan keprofesionalan
|
profesional
|
75
|
Mengembangkan keprofesionalan secara
berkelanjut-an dengan melaku-kan tindakan reflektif
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan
|
Mampu menyusun proposal PTK dalam
pembelajaran pengembangan diri
|
profesional
|
76
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi
|
Memanfaatkan media interaktif dalam
berkomunikasi (penggunaan sosial media dalam berkomunikasi)
|
profesional
|
77
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi
|
Mampu mengoperasikan operating system (OS)
pada PC.
|
profesional
|
DOWNLOAD
No comments:
Post a Comment