No
|
deskripsi kompetensi inti
|
deskripsi guru mapel /
keahlian
|
deskripsi indikator
|
Jenis
|
1
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menerapkan gerak tari berdasarkan unsur ruang
|
profesional
|
2
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menerapkan gerak tari berdasarkan unsur waktu
|
profesional
|
3
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menerapkan gerak tari berdasarkan unsur tenaga
|
profesional
|
4
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menerapkan gerak tari berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga
(3)
|
profesional
|
5
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menentukan gerak tari berdasarkan ruang waktu dan tenaga sesuai
iringan
|
profesional
|
6
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun gerak tari sesuai dengan level
|
profesional
|
7
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun gerak tari sesuai dengan pola lantai
|
profesional
|
8
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai
|
profesional
|
9
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menerapkan gerak tari sesuai level, dan pola lantai sesuai
iringan
|
profesional
|
10
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menentukan gerak tari berdasarkan unsur ruang
|
profesional
|
11
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menentukan gerak tari berdasarkan unsur waktu
|
profesional
|
12
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menentukan gerak tari berdasarkan unsur tenaga
|
profesional
|
13
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menentukan gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
|
profesional
|
14
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari berdasarkan ruang sesuai iringan
|
profesional
|
15
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari berdasarkan waktu sesuai iringan
|
profesional
|
16
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari berdasarkan tenaga sesuai iringan
|
profesional
|
17
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari dengan menggunakan level
|
profesional
|
18
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari dengan menggunakan pola lantai
|
profesional
|
19
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari dengan menggunakan level dan pola
lantai
|
profesional
|
20
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari berdasarkan level, dan pola lantai
sesuai iringan
|
profesional
|
21
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari
|
profesional
|
22
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai karakteristik
|
profesional
|
23
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai tema
|
profesional
|
24
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai TTP
|
profesional
|
25
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan keunikan gerak tari tradisional dengan menggunakan
unsur pendukung tari sesuai iringan
|
profesional
|
26
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan pola lantai pada gerak tari
tradisional.
|
profesional
|
27
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan unsur pendukung gerak tari
tradisional sesuai rias dan busana
|
profesional
|
28
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan unsur pendukung gerak tari
tradisional sesuai dengan karakter
|
profesional
|
29
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan unsur pendukung gerak tari
tradisional sesuai aspek koreografinya
|
profesional
|
30
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan pola lantai dan unsur pendukung
gerak tari gaya tradisional pada karya tari kreasi
|
profesional
|
31
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan pola lantai berdasarkan unsur
pendukung tari sesuai iringan.
|
profesional
|
32
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan gerak tari tradisional
berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan.
|
profesional
|
33
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik menerapkan pola lantai, gerak tari tradisional
berdasarkan unsur pendukung tari sesuai iringan.
|
profesional
|
34
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai
|
profesional
|
35
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai koreografinya
|
profesional
|
36
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai dengan komposisi
|
profesional
|
37
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menguraikan teknik gerak tari tradisional berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai karakter
|
profesional
|
38
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Merangkai gerak tari tradisional dengan menggunakan unsur
pendukung tari sesuai iringan
|
profesional
|
39
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
|
profesional
|
40
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai aspek koreografi
|
profesional
|
41
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Merangkai gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai aspek komposisi
|
profesional
|
42
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Mengembangkan gerak tari tradisional berdasarkan pola lantai
dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
profesional
|
43
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur
pendukung tari
|
profesional
|
44
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung
tari sesuai property
|
profesional
|
45
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur
pendukung tari sesuai iringan
|
profesional
|
46
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur
pendukung tari sesuai dengan bentuk koreografinya
|
profesional
|
47
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan teknik menerapkan pola lantai dan unsur pendukung
gerak tari kreasi
|
profesional
|
48
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan teknik menerapkan pola lantai dan unsur pendukung
gerak tari kreasi sesuai iringan
|
profesional
|
49
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
menguraikan teknik menerapkan unsur pendukung gerak tari kreasi
sesuai iringan
|
profesional
|
50
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari….
|
profesional
|
51
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Membuat gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari
sesuai tema
|
profesional
|
52
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Membuat gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari
sesuai dengan koreografinya
|
profesional
|
53
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Membuat gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari
sesuai iringan
|
profesional
|
54
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun cara menerapkan gerak tari kreasi berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai aspek koreografinya
|
profesional
|
55
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun cara menerapkan gerak tari kreasi berdasarkan pola
lantai dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai komposisi
|
profesional
|
56
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
(mencakup materi yang bersifat konsepsi, apresiasi, dan kreasi/rekreasi) yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran seni budaya (seni tari)
|
Menyusun gerak tari kreasi berdasarkan pola lantai dengan
menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
profesional
|
57
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat konsepsi dalam Pengantar
pengetahuan seni tari
|
profesional
|
58
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat konsepsi dalam Sejarah seni dan
sejarah tari
|
profesional
|
59
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat konsepsi dalam Tata rias seni tari
|
profesional
|
60
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat kreasi dalam Tata rias seni tari
|
profesional
|
61
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat konsepsi dalam Tata busana seni
tari
|
profesional
|
62
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat kreasi dalam Tata busana seni
tari
|
profesional
|
63
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Memahami materi yang bersifat konsepsi dan kreasi dalam Tata
lampu/ tata cahaya yang digunakan dalam pertunjukan tari
|
profesional
|
64
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Menganalisis materi yang bersifat konsepsi dan apresiasi yang
relevan dengan Iringan dan music pengiring dalam pementasan tari
|
profesional
|
65
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Menganalisis materi yang bersifat konsepsi dan apresiasi yang
relevan dengan Tata pentas dalam sebuah pertunjukan tari
|
profesional
|
66
|
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran seni budaya aspek tari
|
Menganalisis materi, struktur, konsep, dan pola pikir
ilmu-ilmu yang relevan dengan pembelajaran Seni Budaya.
|
Menganalisis materi yang bersifat konsepsi dan apresiasi yang
relevan dengan Kritik
|
profesional
|
67
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, spiritual, dan latar belakang
sosial ¬budaya.
|
Menentukan karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan
aspek fisik, intelektual, dan sosial-emosional
|
pedagogik
|
68
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu (0)
|
Mengidentifikasi ciri-ciri peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar (3)
|
pedagogik
|
69
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral,
spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu (0)
|
Melaksanakan langkah-langkah mengatasi kesulitan belajar
|
pedagogik
|
70
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.
|
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik
pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu
|
Mengidentifikasi berbagai strategi pembelajaran dan ciri-cirinya
|
pedagogik
|
71
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu.
|
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang diampu.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri model pembelajaran
|
pedagogik
|
72
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang
diampu.
|
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan
pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran
|
Memahami prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran
|
pedagogik
|
73
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk
kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
|
Memahami regulasi tentang rancangan pembelajaran
|
pedagogik
|
74
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan
|
Menjelaskan kriteria minimal guru professional dalam
melaksanakan pembelajaran di kelas, di laboratorium, dan di lapangan
|
pedagogik
|
75
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan
|
Mensimulasikan berbagai peran guru dalam pembelajaran di kelas,
di laboratorium, dan di lapangan sesuai standar keamanan yang dipersyaratkan
|
pedagogik
|
76
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan
|
Menguraikan konsep belajar mengajar sesuai keterampilan abad 21.
|
pedagogik
|
77
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium,
dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan
|
Merancang pembelajaran sesuai keterampilan abad 21
|
pedagogik
|
78
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan
karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara utuh.
|
Merancang penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber
belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran
yang diampu.
|
pedagogik
|
79
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik
|
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan
dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
|
Menggunakan media pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar
sesuai hasil rancangan.
|
pedagogik
|
80
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
kepentingan pembelajaran
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu.
|
Menjelaskan pentingnya mengembangkan digital literacy skills
secara global
|
pedagogik
|
81
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
kepentingan pembelajaran
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran yang diampu.
|
Merancang pengembangan digital literacy skills dalam
pembelajaran, secara bertahap.
|
pedagogik
|
82
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk
mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta
didik mencapai prestasi secara optimal.
|
Menjelaskan pentingnya keterampilan belajar kritis dan inovasi
untuk mendukung peserta didik mencapai prestasi optimal
|
pedagogik
|
83
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam per
|
Membangun iklim kelas (classroom climate) yang menyenangkan dan
memotivasi peserta didik pada awal pembelajaran melalui berbagai variasi
kegiatan warming-up (pemanasan) dengan pendekatan komunikatif
|
pedagogik
|
84
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam per
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan strategi komunikasi efektif
antara guru dan peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai budaya
kesantunan bangsa Indonesia pada proses pembelajaran
|
pedagogik
|
85
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam per
|
Mengarahkan peserta didik untuk menyajikan atau
mengkomunikasikan hasil pembelajaran dengan pendekatan saintifik secara
runtut, jelas, padat dan relevan.
|
pedagogik
|
86
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta
didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang
mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis
peserta didik untuk ambil bagian dalam per
|
Melakukan kegiatan refleksi untuk menilai penerapan prinsip dan
strategi komunikasi yang membantu peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajaran
|
pedagogik
|
87
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting
untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu.
|
Mendeskripsikan secara jelas, tepat dan rinci sistem penilaian
acuan
|
pedagogik
|
88
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting
untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang
diampu.
|
Menjabarkan secara jelas dan rinci aspek-aspek yang perlu diperhatikan
dalam sistem penilaian proses dan hasil belajar
|
pedagogik
|
89
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
Mengidentifikasi teknik dan bentuk instrumen penilaian hasil
belajar yang tepat dan sesuai untuk materi pelajaran yang diampu, baik untuk
ranah sikap, pengetahuan maupun keterampilan
|
pedagogik
|
90
|
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil
belajar.
|
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
|
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar yang tepat dan
sesuai untuk materi pelajaran yang diampu baik untuk ranah sikap, pengetahuan
maupun keterampilan
|
pedagogik
|
91
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
menentukan ketuntasan belajar
|
Menganalisis hasil penilaian pembelajaran
|
pedagogik
|
92
|
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk
merancang program remedial dan pengayaan
|
Menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi
topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan
masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
|
pedagogik
|
93
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
|
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Merancang langkah-langkah perbaikan
|
pedagogik
|
94
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
|
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
|
Mengembangkan diri secara terus menerus untuk meningkatan
profesionalisme sebagai pendidik
|
pedagogik
|
95
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
|
Memahami teori penelitian tin dakan kelas
|
pedagogik
|
96
|
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran.
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
|
Melakukan refleksi terhadap proses dan hasil pelaksanaan
tindakan dan hasilnya untuk memperbaiki rencana tindakan pada siklus
berikutnya untuk meningkatkan hasil yang lebih baik.
|
pedagogik
|
DOWNLOAD
No comments:
Post a Comment