KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
onal
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 1
|
Kunci Jawaban :
|
|
Sebutkan definisi tari menurut B.P.A Soerjodiningrat…
a.
Tari adalah gerak yang ritmis
b.
Tari adalah ekspresi subjektif yang diberi bentuk objektif
c.
Tari adalah alat ekspresi ataupun sarana komunikasi seniman kepada
penonton
d.
Tari adalah gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan bunyi
musik (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan tari
e. Tari adalah gerak yang diberi bentuk
dan ritmis dari tubuh dalam ruang
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
onal
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 2
|
Kunci Jawaban :
|
|
Yang tidak termasuk dalam tari berdasarkan jumlah penari
adalah…
a.
Tari tunggal
b.
Tari massal
c.
Tari kreasi
d.
Tari kelompok
e.
Tari berpasangan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
onal
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 3
|
Kunci Jawaban :
|
|
Suatu tarian yang dilakukan lebih dari 1 orang penari
disebut…
a.
Tari berpasangan
b.
Tari tunggal
c.
Tari tradisisional
d.
Tari missal
e.
Tari kontemporer
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
onal
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 4
|
Kunci Jawaban :
|
|
Untuk memudahkan pendeskripsian gerak tari, dapat
digunakan patokan hitungan dengan jumlah.
a.
tujuh hitungan
b.
sembilan hitungan
c.
delapan hitungan
d.
enam hitungan
a.
sepuluh hitungan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
onal
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 5
|
Kunci Jawaban :
|
|
Gambaran singkat yang menceritakan tema tari yang
dibuat disebut.
a.
lakon
b.
sinopsis
c.
kertas garap
d.
pengantar
e.
naskah
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam
gerak dasar tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 6
|
Kunci Jawaban : d
|
|
Salah satu ciri karya tari yang mengandung nilai
estetis adalah....
a. karya
tari tersebut indah
b. karya
tari tersebut tidak menyajikan suatu kebulatan organik
c. karya
tari tersebut tidak membebaskan penonton dari ketegangan
d. karya
tari tersebut sanggup mengungkapkan keharmonisan
e. karya
tari tersebut tidak membebaskan penonton dari ketegangan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam
gerak dasar tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 7
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Salah satu fungsi musik dalam tari adalah....
a.
membantu menghidupkan perwatakan
b.
membedakan peranan pemain
c.
memberi kemudahan pelaku
d.
membantu gerak pelaku
e.
membantu mempertegas ekspresi gerak
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam
gerak dasar tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 8
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Berikut ini yang termasuk tari untuk upacara keagamaan
adalah....
a.
tari tewadan
b.
tari patudu
c.
tari sangang
d.
tari beksan
e.
tari lawung
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam
gerak dasar tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 9
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Berikut ini jenis tari menurut bentuk penyajiannya,
kecuali....
a.
tari pertunjukkan
b.
tari massal
c.
drama tari
d.
tari berpasangan
e.
tari tunggal
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam
gerak dasar tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·
Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 10
|
Kunci Jawaban : a
|
|
Di bawah ini merupakan keunikan gerakan tarian daerah,
kecuali....
a.
gerakan kaki
b.
gerakan tangan
c.
gerakan badan
d.
gerakan kepala
e.
gerakan mata
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi
daerah lain (nusantara)
·
Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari
tradisi daerah lain (nusantara)
·
Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 11
|
Jawaban : c
|
|
Jika gerakan, irama, dan aksen tari dilakukan secara
serempak disebut tari....
a. kelompok
b. serempak
c. rampak
d. rampek
e. pasangan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi
daerah lain (nusantara)
·
Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari
tradisi daerah lain (nusantara)
·
Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 12
|
Jawaban : a
|
|
Yang termasuk unsur-unsur tari adalah..
a.
Gerak, ruang, iringan/irama
b.
Gerak, bidang, garis
c.
Irama, suara, garis
d.
Bidang, tekstur, komposisi
e.
Waktu, ruang, komposisi
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi
daerah lain (nusantara)
·
Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari
tradisi daerah lain (nusantara)
·
Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 13
|
Jawaban : e
|
|
Unsur utama dalam seni tari adalah…
a.
Hubungan
b.
Tingkatan
c.
Alunan
d.
Ruang
a.
e. Gerak
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi
daerah lain (nusantara)
·
Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari
tradisi daerah lain (nusantara)
·
Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 14
|
Jawaban :
|
|
Gerak tubuh manusia secara umum terbagi menjadi... wilayah
a.
Satu
b.
Dua
c.
Tiga
d.
Empat
e.
Lima
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam
gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi
daerah lain (nusantara)
·
Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari
tradisi daerah lain (nusantara)
·
Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 15
|
Jawaban :
|
|
Dibawah ini merupakan unsur-unsur seni tari, kecuali....
a.
Wiraga
b.
Wirama
c.
Wirasa
d.
Wirupa
e.
Wirakrama
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi
ragam gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain
(nusantara)
·
Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis,
fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 16
|
Jawaban :
|
|
Orang yang ahli dalam menciptakan dan mengubah gerak tari
disebut....
a.
Fotografer
b.
Seniman
c.
Penari
d.
Koreografer
e.
Budayawan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi
ragam gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain
(nusantara)
·
Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis,
fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 17
|
Jawaban :
|
|
Media ungkap tari adalah....
a.
Ekspresi
b.
Gerak
c.
Keindahan
d.
Lagu
a.
Kelenturan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi
ragam gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain
(nusantara)
·
Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi,
bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 18
|
Jawaban :
|
|
Berikut yang bukan merupakan alat yang digunakan untuk
merias wajah penari adalah....
a.
Bedak
b.
Lipstik
c.
Pensil alis
d.
Perona mata
b.
Pisau cukur
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi
ragam gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain
(nusantara)
·
Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis,
fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 19
|
Jawaban :
|
|
Contoh tari yang memiliki ciri gerak lebih atraktif dan
penuh fleksibilitas adalah....
a.
Tari lengger
b.
Tari sintren
c.
Tari topeng
d.
Tari piring
c.
Tari ibing keurseus
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi
ragam gerak tari tradisi
|
Materi :
·
Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain
(nusantara)
·
Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis,
fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 20
|
Jawaban :
|
|
Berikut ini yang bukan penjabaran tari secara umum
adalah....
a.
Tenaga
b.
Ruang
c.
Keindahan
d.
Gerak
d.
Waktu
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 21
|
Jawaban :
|
|
Yang bukan merupakan ciri-ciri teater tradisional secara
umum yaitu ...
a.
Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
b.
Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
c.
Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.
d.
Unsur lawakan selalu muncul.
e.
Nilai dan laku dramatik dilakukan secara
spontan.
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 22
|
Jawaban :
|
|
Bentuk teater yang secara tegas memisahkan tempat antara
pentas dan tempat penonton dinamakan ...
a.
interior
b.
pentas portabel
c.
nonprosenium
d.
apron
e.
prosenium
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 23
|
Jawaban :
|
|
Seseorang yang mempunyai tugas untuk mewujudkan gagasan
penulis drama di atas pentas (panggung) secara utuh dan benar dinamakan ....
a.
pemeran
b.
Promotor
c.
produser
d.
dramawan
e.
sastrawan
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 24
|
Jawaban :
|
|
Latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian
pokok, yaitu ….
a.
latar tempat, latar intern, latar strata
b.
latar waktu, latar zaman, latar sosial
c.
latar tempat, latar waktu, latar sosial
d.
latar tempat, latar waktu, latar ekonomi
e.
latar politik, latar geografis, latar sosial
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 25
|
Jawaban :
|
|
Konflik-konflik yang terjadi dalam cerita drama saling
berhubungan satu dengan lainnya, kecuali ….
a.
Masalah kejiwaan
b.
Terjadinya kejutan (suspensi)
c.
Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)
d.
Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
e.
Kesatuan rangkaian peristiwa(unity)
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari
ceritatradisional
|
Materi :
·
Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·
Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 26
|
Jawaban :
|
|
Secara umum, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri
sebagai berikut, kecuali….
a.
Cerita digarap berdasarkan fenomena
terbaru.
b.
Unsur lawakan selalu muncul.
c.
Nilai dan laku dramatik dilakukan secara
spontan.
d.
Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e.
Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari
ceritatradisional
|
Materi :
·
Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·
Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 27
|
Jawaban :
|
|
Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun
untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….
a. Etika b. estetika c.
konsultatif d. Efektif e. edukatif
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari
ceritatradisional
|
Materi :
·
Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·
Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 28
|
Jawaban :
|
|
Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh
dan berkembang pada masa pemerintahan….
a. Jepang c.
Hindia Belanda e. Yunani Kuno
b. Indo-Eropa d. Portugis
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari
ceritatradisional
|
Materi :
·
Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·
Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 29
|
Jawaban :
|
|
Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai
tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a. Jepang c.
Indo-Belanda e. Indo-Eropa
b. Portugis d.
spanyol
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari
ceritatradisional
|
Materi :
·
Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·
Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 30
|
Jawaban :
|
|
Teater klasik barat bersumber dari teater …..
a. Amereka Serikat c.
Portugis e. Yunani Kuno
b. Roma d.
Belanda
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni
teater tradisional
·
Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik
dan prosedur bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 31
|
Jawaban :
|
|
Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh
kelompok teater bernama ….
a. teater dardanella c. teater
Orion e. teater Tjahaya Timoer
b. teater klasik d. teater
beling
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni
teater tradisional
·
Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik
dan prosedur bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 32
|
Jawaban :
|
|
Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang
berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai
dengan munculnya ….
a. CHAOS c.
ASDRAFI e. HSBI
b. LEKRA d. AMI
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni
teater tradisional
·
Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik
dan prosedur bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 33
|
Jawaban :
|
|
Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam
teater Indonesia. Absurdisme artinya ….
a. rasional c.
normal e. ekpresionis
b. tak masuk akal d. tabu
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni
teater tradisional
·
Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik
dan prosedur bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 34
|
Jawaban :
|
|
Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut,
kecuali….
a. Jean Paul Sartre c. Albert
Camus e. Samuel Becket
b. Eugene Lonesco d. Ares Toteles
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni
teater tradisional
·
Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik
dan prosedur bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 35
|
Jawaban :
|
|
Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan
melalui ….
a. kostum c.
properti e. laku (action)
b. panggung d. amanat
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·
Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 36
|
Jawaban :
|
|
Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita
adalah ….
a. tritagonis c.
figuran e. antagonis
b. sampingan d. Sentral
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·
Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni
teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 37
|
Jawaban : a
|
|
Tahap memperkenalkan karakter tokoh-tokoh drama dan
gambaran lakon yang akan berlangsung dinamakan....
a.
eksposisi
b.
komplikasi
c.
klimaks
d.
failing action
e.
anatomi
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·
Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 38
|
Jawaban : b
|
|
Mengkoordinasikan semua anasir/bagian pementasan mulai
dari persiapan, latihan, sampai pementasan berakhir adalah tugas dari....
a.
pemain
b.
sutradara
c.
produser
d.
teknisi
e.
aktor
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·
Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 39
|
Jawaban : d
|
|
Berikut ini merupakan peran seorang sutradara dalam
penyajian teater, kecuali....
a.
memimpin pementasan
b.
melatih pemain
c.
mengatur pementasan
d.
membiayai pementasan
e.
menyusun naskah drama
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep,
teknik dan prosedur seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·
Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur
seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 40
|
Jawaban : d
|
|
Berikut ini langkah-langkah menyusun naskah, kecuali....
a.
menentukan tema
b.
kontemplasi
c.
bertanya jawab dengan orang lain
d.
menentukan tokoh
e.
menyusun garis besar jalannya cerita
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban : drama tari
|
|
Tarian yang dibawakan oleh lebih dari satu orang penari
tanpa ada unsur melengkapi pengertian dari....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban : tari sisingan dan tari jaranan buto
|
|
Tari yang digunakan untuk upacara khitanan adalah....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban: drama tari
|
|
Wayang topeng merupakan karya tari yang berasal Cirebon yang
termsuk jenis tari....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban: tari gending Sriwijaya
|
|
Tari yang berfungsi sebagai upacara kebesaran agama yang
berasal dari daerah Palembang adalah....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak
tari tradisi
|
Materi :
·
Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·
Ragam gerak tari tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban:
a. Pola gerak sudah ditentukan
b. Memiliki nilai estetika yang tinggi
c. Gerakan yang diciptakan melampui kebutuhan minimal
d. Tumbuh kembang di kalangan bangsawan
|
|
Ciri-ciri tari tradisional klasik adalah:
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban: sutradara
|
|
Seorang pemimpin pertunjukan teater disebut....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban: teater transisi
|
|
Teater yang sudah dipengaruhi budaya barat disebut...
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban: bahasa verbal, visual, dan bahasa audio
|
|
Bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan
adalah...
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban: Teater madya
|
|
Teater yang merupakan perpaduan antara teater tradisional
Sunda dengan realisme Barat adalah....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya
|
||
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
Materi :
·
Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater
tradisional
·
Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran
bersumber seni teater tradisional
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 50
|
Jawaban:
a. teater rakyat
b. teater klasik
c. teater transisi
|
|
Bentuk-bentuk teater yang berkembang di nusantara, yaitu:
|
||
Download Kartu Soal SBD X - 2Kisi-Kisi SBD Kelas X Semester 2Soal SBD Kelas X Semester 2 |
No comments:
Post a Comment