Kartu Soal Seni Budaya Kelas X Semester 2 SMA/SMK




KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                       Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian         Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
onal
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Kunci Jawaban :
Sebutkan definisi tari menurut B.P.A Soerjodiningrat…
a.           Tari adalah gerak yang ritmis
b.           Tari adalah ekspresi subjektif yang diberi bentuk objektif
c.            Tari adalah alat ekspresi ataupun sarana komunikasi seniman kepada penonton
d.           Tari adalah gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik (gamelan), diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan tari
e. Tari adalah gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari tubuh dalam ruang

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
onal
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Kunci Jawaban :
Yang tidak termasuk dalam tari berdasarkan jumlah penari adalah…
a.           Tari tunggal
b.           Tari massal
c.            Tari kreasi
d.           Tari kelompok
e.           Tari berpasangan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
onal
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Kunci Jawaban :
Suatu tarian yang dilakukan lebih dari 1 orang penari disebut…
a.           Tari berpasangan
b.           Tari tunggal
c.            Tari tradisisional
d.           Tari missal
e.           Tari kontemporer

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
onal
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Kunci Jawaban :
Untuk memudahkan pendeskripsian gerak tari, dapat digunakan patokan hitungan dengan jumlah.
a.           tujuh hitungan
b.           sembilan hitungan
c.            delapan hitungan
d.           enam hitungan
a.           sepuluh hitungan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
onal
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Kunci Jawaban :
Gambaran singkat yang menceritakan tema tari yang dibuat disebut.
a.           lakon
b.           sinopsis
c.            kertas garap
d.           pengantar
e.           naskah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak dasar tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Kunci Jawaban : d
Salah satu ciri karya tari yang mengandung nilai estetis adalah....
a.       karya tari tersebut indah
b.      karya tari tersebut tidak menyajikan suatu kebulatan organik
c.       karya tari tersebut tidak membebaskan penonton dari ketegangan
d.      karya tari tersebut sanggup mengungkapkan keharmonisan
e.      karya tari tersebut tidak membebaskan penonton dari ketegangan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak dasar tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Kunci Jawaban : a
Salah satu fungsi musik dalam tari adalah....
a.       membantu menghidupkan perwatakan
b.      membedakan peranan pemain
c.       memberi kemudahan pelaku
d.      membantu gerak pelaku
e.      membantu mempertegas ekspresi gerak

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak dasar tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Kunci Jawaban : a
Berikut ini yang termasuk tari untuk upacara keagamaan adalah....
a.       tari tewadan
b.      tari patudu
c.       tari sangang
d.      tari beksan
e.      tari lawung

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak dasar tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Kunci Jawaban : a
Berikut ini jenis tari menurut bentuk penyajiannya, kecuali....
a.       tari pertunjukkan
b.      tari massal
c.       drama tari
d.      tari berpasangan
e.      tari tunggal

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami bentuk, jenis, dan nilai estetis dalam ragam gerak dasar tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis tari tradisional
·         Bentuk, jenis dan nilai estetis iringan tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Kunci Jawaban : a
Di bawah ini merupakan keunikan gerakan tarian daerah, kecuali....
a.       gerakan kaki
b.      gerakan tangan
c.       gerakan badan
d.      gerakan kepala
e.      gerakan mata

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban : c
Jika gerakan, irama, dan aksen tari dilakukan secara serempak disebut tari....
a.       kelompok
b.      serempak
c.       rampak
d.      rampek
e.      pasangan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban : a
Yang termasuk unsur-unsur tari adalah..
a.       Gerak, ruang, iringan/irama
b.      Gerak, bidang, garis
c.       Irama, suara, garis
d.      Bidang, tekstur, komposisi
e.      Waktu, ruang, komposisi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban : e
Unsur utama dalam seni tari adalah…
a.       Hubungan
b.      Tingkatan
c.       Alunan
d.      Ruang
a.       e. Gerak

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban :
Gerak tubuh manusia secara umum terbagi menjadi... wilayah
a.           Satu
b.           Dua
c.            Tiga
d.           Empat
e.           Lima

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Perbandingan konsep, teknik dan prosedur pada gerak tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Gerak tari tradisi lain (nusantara) sesuai dengan iringan tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Peragaan tari tradisi daerah lain (nusantara) sesuai iringan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban :
Dibawah ini merupakan unsur-unsur seni tari, kecuali....
a.           Wiraga
b.           Wirama
c.            Wirasa
d.           Wirupa
e.           Wirakrama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban :
Orang yang ahli dalam menciptakan dan mengubah gerak tari disebut....
a.           Fotografer
b.           Seniman
c.            Penari
d.           Koreografer
e.           Budayawan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban :
Media ungkap tari adalah....
a.           Ekspresi
b.           Gerak
c.            Keindahan
d.           Lagu
a.           Kelenturan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban :
Berikut yang bukan merupakan alat yang digunakan untuk merias wajah penari adalah....
a.           Bedak
b.           Lipstik
c.            Pensil alis
d.           Perona mata
b.           Pisau cukur

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban :
Contoh tari yang memiliki ciri gerak lebih atraktif dan penuh fleksibilitas adalah....
a.           Tari lengger
b.           Tari sintren
c.            Tari topeng
d.           Tari piring
c.            Tari ibing keurseus

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Bentuk, jenis, nilai estetis dan fungsi tari tradisi daerah lain (nusantara)
·         Penulisan tari tradisi daerah lain (nusantara) mengenai jenis, fungsi, bentuk dan nilai estetis sebuah karya tari
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban :
Berikut ini yang bukan penjabaran tari secara umum adalah....
a.           Tenaga
b.           Ruang
c.            Keindahan
d.           Gerak
d.           Waktu

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban :
Yang bukan merupakan ciri-ciri teater tradisional secara umum yaitu ...
a.       Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
b.      Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
c.       Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.
d.      Unsur lawakan selalu muncul.
e.      Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban :
Bentuk teater yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton dinamakan ...
a.       interior
b.      pentas portabel
c.       nonprosenium
d.      apron
e.      prosenium

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban :
Seseorang yang mempunyai tugas untuk mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas (panggung) secara utuh dan benar dinamakan ....
a.       pemeran
b.      Promotor
c.       produser
d.      dramawan
e.      sastrawan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban :
Latar dalam drama dapat dikelompokkkan menjadi tiga bagian pokok, yaitu ….
a.       latar tempat, latar intern, latar strata
b.      latar waktu, latar zaman, latar sosial
c.       latar tempat, latar waktu, latar sosial
d.      latar tempat, latar waktu, latar ekonomi
e.      latar politik, latar geografis, latar sosial

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban :
Konflik-konflik yang terjadi dalam cerita drama saling berhubungan satu dengan lainnya, kecuali ….
a.       Masalah kejiwaan
b.      Terjadinya kejutan (suspensi)
c.       Adanya hukum kausalitas(sebab-akibat)
d.      Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
e.      Kesatuan rangkaian peristiwa(unity)

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari ceritatradisional
Materi :
·         Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·         Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban :
Secara umum, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….
a.          Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.
b.         Unsur lawakan selalu muncul.
c.          Nilai dan laku dramatik dilakukan secara spontan.
d.         Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e.         Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari ceritatradisional
Materi :
·         Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·         Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban :
Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk memiliki kriteria-kriteria berikut ini,kecuali….
a. Etika b. estetika c. konsultatif d. Efektif e. edukatif

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari ceritatradisional
Materi :
·         Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·         Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban :
Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a. Jepang c. Hindia Belanda e. Yunani Kuno
b. Indo-Eropa d. Portugis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari ceritatradisional
Materi :
·         Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·         Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban :
Teater Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a. Jepang c. Indo-Belanda e. Indo-Eropa
b. Portugis d. spanyol

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami teknik menyusun naskah lakon bersumber dari ceritatradisional
Materi :
·         Teknik menyusun naskah lakon bersumber dari cerita tradisional
·         Penyusunan naskah lakon sesuai kaidah seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban :
Teater klasik barat bersumber dari teater …..
a. Amereka Serikat c. Portugis e. Yunani Kuno
b. Roma d. Belanda

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni teater tradisional
·         Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban :
Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater bernama ….
a. teater dardanella c. teater Orion e. teater Tjahaya Timoer
b. teater klasik d. teater beling

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni teater tradisional
·         Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban :
Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkualitas dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a. CHAOS c. ASDRAFI e. HSBI
b. LEKRA d. AMI

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni teater tradisional
·         Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban :
Pada akhir abad XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme artinya ….
a. rasional c. normal e. ekpresionis
b. tak masuk akal d. tabu

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni teater tradisional
·         Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban :
Tokoh-tokoh teater absurd adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Jean Paul Sartre c. Albert Camus e. Samuel Becket
b. Eugene Lonesco d. Ares Toteles

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami perancangan pementasan
seni teater sesuai konsep, teknik dan
prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur perancangan pementasan seni seni teater tradisional
·         Pembuatan rancangan pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban :
Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….
a. kostum c. properti e. laku (action)
b. panggung d. amanat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·         Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban :
Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah ….
a. tritagonis c. figuran e. antagonis
b. sampingan d. Sentral

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·         Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban : a
Tahap memperkenalkan karakter tokoh-tokoh drama dan gambaran lakon yang akan berlangsung dinamakan....
a.       eksposisi
b.      komplikasi
c.       klimaks
d.      failing action
e.      anatomi

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·         Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban : b
Mengkoordinasikan semua anasir/bagian pementasan mulai dari persiapan, latihan, sampai pementasan berakhir adalah tugas dari....
a.       pemain
b.      sutradara
c.       produser
d.      teknisi
e.      aktor

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·         Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban : d
Berikut ini merupakan peran seorang sutradara dalam penyajian teater, kecuali....
a.       memimpin pementasan
b.      melatih pemain
c.       mengatur pementasan
d.      membiayai pementasan
e.      menyusun naskah drama

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
menganalisis pementasan seni teater sesuai konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur pementasan seni teater tradisional
·         Pementasan seni teater berdasarkan konsep, teknik dan prosedur seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban : d
Berikut ini langkah-langkah menyusun naskah, kecuali....
a.       menentukan tema
b.      kontemplasi
c.       bertanya jawab dengan orang lain
d.      menentukan tokoh
e.      menyusun garis besar jalannya cerita

KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban : drama tari
Tarian yang dibawakan oleh lebih dari satu orang penari tanpa ada unsur melengkapi pengertian dari....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban : tari sisingan dan tari jaranan buto
Tari yang digunakan untuk upacara khitanan adalah....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban: drama tari
Wayang topeng merupakan karya tari yang berasal Cirebon yang termsuk jenis tari....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban: tari gending Sriwijaya
Tari yang berfungsi sebagai upacara kebesaran agama yang berasal dari daerah Palembang adalah....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi
Materi :
·         Konsep, teknik, dan prosedur tentang tari tradisional
·         Ragam gerak tari tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban:
a. Pola gerak sudah ditentukan
b. Memiliki nilai estetika yang tinggi
c. Gerakan yang diciptakan melampui kebutuhan minimal
d. Tumbuh kembang di kalangan bangsawan
Ciri-ciri tari tradisional klasik adalah:


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban: sutradara
Seorang pemimpin pertunjukan teater disebut....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban: teater transisi
Teater yang sudah dipengaruhi budaya barat disebut...


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban: bahasa verbal, visual, dan bahasa audio
Bahasa yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan adalah...


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban: Teater madya
Teater yang merupakan perpaduan antara teater tradisional Sunda dengan realisme Barat adalah....


KARTU SOAL

Jenis Sekolah             : SMU/SMK Jenis                      Tes                  : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian      Semua Program Keahlian        Tahun Ajaran .....................
Mata Pelajaran           Seni Budaya
Kelas / Semester        : X / 2
Kompetesi Inti :
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
Kompetensi Dasar :
memahami konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Materi :
·         Konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
·         Peragaan adegan sesuai konsep, teknik dan prosedur seni peran bersumber seni teater tradisional
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 50
Jawaban:
a. teater rakyat
b. teater klasik
c. teater transisi
Bentuk-bentuk teater yang berkembang di nusantara, yaitu:


Download Kartu Soal SBD X - 2

Kisi-Kisi SBD Kelas X Semester 2

Soal SBD Kelas X Semester 2



No comments:

Post a Comment