Kartu Soal Penjaskes Kelas 10 Sem 2


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 1
Jawaban: c. kedua tangan
Teknik lompat jongkok diatas peti lompat bertumpu pada....
a. kepala
b. kedua kaki
c. kedua tangan
d. lutut
e. tungkai

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 2
Jawaban: a. tangan

Pada lompat jongkok diatas peti lompat, organ tubuh yang digunakan untuk menahan berat badan adalah....
a. tangan
b. kaki
c. pantat
d. lengat
e. betis

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 3
Jawaban: d. Untuk keselamatan
Tujuan menekuk kedua lutut pada saat mendarat ketika melakukan loncat jongkok di atas peti lompat adalah ……..
a. Untuk penilaian
b. Untuk persiapan gerak lanjutan
c. Untuk kreatifitas
d. Untuk keselamatan
e. Untuk kelancaran gerak
Jawab : d. Untuk keselamatan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 4
Jawaban: d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke atas
Salah satu cara melakukan lompat kangkang panggul adalah...
a. sambil mengangkat panggul, ayunkan tungkai tinggi di atas horizontal
b. angkat panggul tinggi-tinggi
c. mendarat dengan kedua kaki rapat, lutut agak ditekuk
d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke atas
e. setelah lurus cepat tarik lutut ke depan
Jawaban: d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke atas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 5
Jawaban: c. melintang setinggi dada
Dalam berlatih lompat kangkang di atas peti lompat, balok lompat kangkang di atas peti lompat, balok lompat harus dalam posisi....
a. berdiri setinggi kepala
b. dibalik setinggi kepala
c. melintang setinggi dada
d. miring setinggi dada
e. direbahkan


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 6
Jawaban: d. meluncur
Berikut ini yang bukan merupakan tahapan dalam lompat kangkang, yaitu....
a. awalan
b. tolakan
c. melompati peti
d. meluncur
e. mendarat

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 7
Jawaban: c. menahan berat badan
Gerakan mendarat pada teknik lompat kangkang, posisi kaki harus....
a. melangkah
b. diluruskan
c. menahan berat badan
d. menumpu
e. diam

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 8
Jawaban: b. jongkok dan berdiri
Gerakan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua sikap awalan, yaitu....
a. jongkok dan duduk
b. jongkok dan berdiri
c. duduk dan berdiri
d. telentang dan jongkok
e. telentang dan berdiri

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 9
Jawaban: a. tengkuk
Bagian badan yang menyentuh matras lebih dulu saat melakukan guling ke depan adalah....
a. tengkuk
b. kepala
c. dahi
d. bahu
e. lengan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
Materi :
·         Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·         Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·         Rangkaian Keterampilan Guling depan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 10
Jawaban: e. saat akan melakukan guling bagian tubuh yang menyentuh matras adalah tengkuk
Berikut ini yang tidak termasuk keslaahan saat melakukan guling ke depan adalah....
a. kedua tangan bertumpu tidak tepat
b. tumpuan kedua tangan atau salah satu tangan kurang kuat
c. bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan
d. saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak ikut menolak
e. saat akan melakukan guling bagian tubuh yang menyentuh matras adalah tengkuk

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak senam irama /gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak senam irama /ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi senam irama /gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 11
Jawaban: b. senam irama
Senam ritmik disebut juga....
a. senam aerobik
b. senam irama
c. senam militer
d. senam SKJ
e. senam iringan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 12
Jawaban: d. berirama
Gerakan senam irama diiringi irama musik yang dilakukan secara....
a. serempak
b. massal
c. bebas
d. berirama
e. konsisten

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 13
Jawaban: c. topi
Berikut ini alat yang digunakan dalam senam irama, kecuali....
a. tali
b. bola
c. topi
d. simpai
e. gada

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 14
Jawaban: a. berdiri tegak
Sikap badan ketika akan melakukan langkah ke depan adalah....
a. berdiri tegak
b. berdiri istirahat
c. berdiri kangkang
d. bebas
e. semua jawaban salah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 15
Jawaban: d. galop pass
Istilah lain dari langkah ke depan dalam senam irama disebut....
a. loop pas
b. balance pass
c. bijtrek pass
d. galop pass
e. kruis pass

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 16
Jawaban: d. ketetapan gerak
Tekanan yang harus diberikan dalam senam ritmik adalah....
a. kekuatan tubuh
b. koordinasi gerak
c. kelenturan tubuh
d. ketetapan gerak
e. kecepatan gerak

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 17
Jawaban: a. menambah semangat gerakan
. Fungsi musik dalam senam irama adalah untuk....
a. menambah semangat gerakan
b. memvariasikan gerakan
c. memvariasikan langkah
d. menambah gaya
e. menguatkan otot-otot tubuh

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 18
Jawaban: a. betis

Gerak langkah rapat dalam senam irama dapat melatih ....
a. betis
b. pergelangan kaki
c. pergelangan tangan
d. paha
e. jari-jari kaki

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 19
Jawaban: b. lompatan

Situasi ketika seseorang melontarkan dirinya ke udara dalam senam irama disebut ....
a. layangan dan ketinggian
b. lompatan
c. ayunan
d. pendaratan
e. putaran

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
Materi :
·         Variasi gerak ritmik langkah kaki
·         Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·         Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 20
Jawaban: a. biasa
Langkahkan kaki kiri dan kedua lengan di samping badan. Gerakan ini merupakan bentuk langkah ...
a. biasa
b. rapat
c. keseimbangan
d. depan
e. silang

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
Materi :
·         Gerakan kaki renang gaya bebas
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 21
Jawaban: d. Telungkup
Sikap badan pada renang gaya bebas adalah ....
a. Overline
b. Deadline
c. Online
d. Telungkup
e. Streamline

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
Materi :
·         Gerakan kaki renang gaya bebas
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 22
Jawaban: d. Mendorong permukaan air
Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah ....
a. Memutar permukaan air
b. Menekan permukaan air
c. Naik turun memukul permukaan air
d. Mendorong permukaan air
e. Kaku dan diam

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
Materi :
·         Gerakan kaki renang gaya bebas
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 23
Jawaban: c. Beradaptasi dengan air
Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah ....
a. Tidak cepat lelah
b. Tidak cepat lapar
c. Beradaptasi dengan air
d. Tidak kaku
e. Tidak tenggelam

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
Materi :
·         Gerakan kaki renang gaya bebas
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 24
Jawaban: b. Gaya bebas
Gaya yang tidak terikat dengan teknik teknik dasar tertentu disebut ....
a. Gaya dada
b. Gaya bebas
c. Gaya punggung
d. Gaya kepala
e. Gaya kupu-kupu

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
Materi :
·         Gerakan kaki renang gaya bebas
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·         Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·         Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 25
Jawaban: c. Gaya punggung
Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam, merupakan sikap start dari gaya..
a. Gaya dada
b. Gaya kupu-kupu
c. Gaya punggung
d. Gaya kepala
e. Gaya bebas

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
Materi :
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 26
Jawaban: b. Gaya kupu-kupu
Dalam gaya punggung, gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya..
a. Gaya dada
b. Gaya kupu-kupu
c. Gaya punggung
d. Gaya bebas
e. Gaya kepala

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
Materi :
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 27
Jawaban: c. Antilicin
Pada lapisan atas balok start dalam perlombaan renang berkelas olimpiade dilapisi bahan..
a. Aluminium
b. Plastik
c. Antilicin
d. Besi
e. Perak

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
Materi :
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 28
Jawaban: a. pergelangan kaki
Sumber gerakan kaki saat mendayung dalam renang gaya dada adalah dari....
a. pergelangan kaki
b. pangkal paha
c. dari lutut
d. jari-jari kaki
e. betis kaki

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
Materi :
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 29
Jawaban: e. tekuk, tendang, dan rapatkan
Dalam renang gaya dada, gerakan kaki dilakukan dengan cara....
a. membuka bergantian dengan gerakan kaki
b. membuka setelah gerakan tangan
c. diayunkan naik turun secara bersamaan
d. diayunkan naik turun secara bergantian
e. tekuk, tendang, dan rapatkan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
Materi :
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·         Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·         Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·         Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·         Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·         Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 30
Jawaban: b. belakangan
Pada renang gaya dada, gerakan kakinya adalah rapat, tarik, dan tendangkan ke arah....
a. depan
b. belakangan
c. samping
d. kanan
e. kiri

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 31
Jawaban: a. Gonta ganti pasangan
Penyakit HIV/AIDS adalah penyakit menular yang disebabkan oleh . . . . . . . .
a. Gonta ganti pasangan
b. Pasangan serasi
c. Narkoba
d. Tidak selingkuh
e. Manusia

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 32
Jawaban: a. Human Immunodeficyency Virus
kepanjangan dari HIV adalah . . . . . . .
a. Human Immunodeficyency Virus
b. Humon imnusiasi firus
c. Human immonodeficyency virus
d. Human imnudefisiensy virus
e. Human immunoicyency virus

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 33
Jawaban: e. obat terlarang
Factor yang mempengaruhi orang tersebut menderita penyakit AIDS adalah di bawah ini, kecuali . . . . .
a. Gonta ganti pasangan
b. Melakukan sex diluar nikah
c. melakukan sex dengan ibu hamil yang sebelumnya terkontaminasi dengan hiv
d. jarum suntik
e. obat terlarang

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 34
Jawaban: e. badan tumbuh dengan baik
dibawah ini dalah cirri-ciri anak yang sehat adalah . . . . . .
a. malas bekerja
b. emosi
c. cepat dapat teman
d. bermain tepat waktu
e. badan tumbuh dengan baik

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 35
Jawaban: b. Jarum suntik
Yang paling dominan cepat terkena virus HIV adalah
a. Ibu hamil
b. Jarum suntik
c. Ciuman
d. Pelukan
e. Tidur berduaan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 36
Jawaban: d. Kaki
Varises adalah penyakit yang terjadi tubuh bagian . . . .
a. Mulut
b. Kelamin
c. Usus
d. Kaki
e. Tangan

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 37
Jawaban: b. kencing bernanah
akibat dari penyakit aids yang menyerang penis adalah . . .
a. susah buang air kecil
b. kencing bernanah
c. kencing batu
d. kencing manis
e. tak bisa kencing sama sekali

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 38
Jawaban: c. mata menjadi merah
disaat mata sangat berdekatan dengan computer dapat mengakibatkan . ..
a. mata jadi sayu
b. mata jadi loyo
c. mata menjadi merah
d. mata menjadi perih
e. semua salah

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 39
Jawaban: a. mata harus lurus pandangannya kedepan dan badan harus tegak
Mata dan badan saat berhadapan dengan computer harus . . . . . ..
a. mata harus lurus pandangannya kedepan dan badan harus tegak
b. badan harus dibengkokkan sedikit
c. mata agak dekat agar kelihatannya agar jelas
d. mata dan badan mengikuti computer
e. biasa-biasa saja

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
Materi :
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan penyakit.
·         Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya perawatan kesehatan
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 40
Jawaban: c. tulang yang rapuh akibat usia
Penyakit osteoporosis disebabkan oleh
a. tulang yang rawan
b. tulang yang kecil
c. tulang yang rapuh akibat usia
d. rematik
e. tulang yang berbenturan dengan benda.

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 41
Jawaban: narkotika, psikotropika, dan obat-obatan berbahaya lainnya.
Narkoba adalah singkatan dari....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 42
Jawaban: obat bius
Narkoba dalam dunia pengobatan biasa digunakan bagi pasien yang dioperasi sebagai....

KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 43
Jawaban: Jawaban: zat atau bahan lain yang bukan termasuk narkotika dan psikotropika. Namun mampu berpengaruh pada kerja otak.
Apa yang dimaksud dengan zat adiktif lainnya?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 44
Jawaban: Jawabannya : Narkoba digolongkan dalam 3 bagian, tergantung pada efek yang ditimbulkannya terhadap tubuh : 1. Depresan : bekerja menekan fungsi kesadaran dan menenangkan, seperti golongan opiat (morfin, petidin, kodein, heroin/putaw). Inhalan (zat yang dihirup) seperti lem, tinta, thinner/pengencer cat, dan alkohol. 2. Stimulan : bekerja memacu kerja susunan sistem saraf pusat seperti rokok, amphetamin, metamphetamin alias shabu-shabu, MDMA (metilen dioksi metamphetamin) alias ecstasy, dan kokain 3. Halusinogen : bekerja menimbulkan efek halusinasi / khayalan seperti ganja, mariyuana, LSD dan magic mushroom
Bagaimana cara kerja narkoba di dalam tubuh?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 45
Jawaban: Jawabannya : rasa sakit yang sangat hebat, kejang – kejang, keram perut dan menggelepar, gemetar dan muntah – muntah, hidung berlendir dan mata berair, kehilangan nafsu makan, kekurangan cairan tubuh
Tanda – tanda orang ketagihan heroin?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 46
Jawaban: Jawabannya : Karena dampaknya berakibat sangat buruk bagi diri kita sendiri dan keluarga serta pasangan kita. Dampak ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup kita. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial, ekonomi, dll
Kenapa kita mesti menjauhi narkoba?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 47
Jawaban: Jawabannya : Yang jelas kita harus mengeti dulu tentang jenis – jenis narkoba, dan dampak dari pemakaiannya bagi tubuh kita. Bila sudah paham, pikirkanlah baik – baik sebelum mengambil keputusan. Hidup ini penuh dengan pilihan – pilihan, karena itu pilihlah yang terbaik untuk hidupmu
Bagaimana caranya biar gak terjerumus narkoba?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 48
Jawaban: Jawabannya : Tanda – tanda ini bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengenali seorang pemakai, tapi bisa saja terjadi bahwa tanda – tanda ini terjadi karena pengaruh lain. Tanda-tanda itu adalah sebagai berikut:, terlalu sensitif, menjadi kasar dan tidak sopan, cepat bosan dan pelupa, suka berbohong, suka menyendiri dan penuh rahasia, bicaranya ngga nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan, tidak peduli pada kebersihan tubuh atau penampilan, jorok, malas mandi, ekspresi wajah kuyu, muka pucat, mata merah, prestasi belajar sangat menurun, gampang curiga pada setiap orang (paranoid), sering pilek, batuk dan menguap, nafsiu makan hilang / meningkat / tidak teratur, kadang hiperaktif dan bertingkah menarik perhatian, kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang, mencuri kecil-kecilan maupun besar-besaran
Apa sih tanda-tandanya kalau orang mulai kecanduan narkoba?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal : 49
Jawaban:
a. Mata merah
b. bau badan yang menyengat
c. pernapasan lambat atau dangkal
Apa saja ciri-ciri dari pengguna narkoba?


KARTU SOAL

Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
Materi :
·         Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·         Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga, dan masyarakat
Rumusan Butir Soal

No. Soal :50
Jawaban:
a. Narkotika golongan I: Berpotensi sangat tinggi menyebabkan ketergantungan, tidak digunakan untuk terapi. Contohnya heroin, kokain, dan ganja.
b. Narkotika golongan II: berpotensi tinggi menyababkan ketergantungan, digunakan sebagai terapi pilihan akhir. Contohnya: morfin dan pertidin
c. Narkotika golongan III: berpotensi ringan menyebabkan ketergantungan dan banyak dibuat terapi. Contohnya: codein
Jelaskan tingkatan dari narkotika dan berikan contohnya!


Download Kartu Soal Penjaskes Kelas X sem 2 >>>


Download Soal Penjaskes Kelas X sem 2 >>>


Download Kisi-kisi penjaskes Kelas X sem 2 >>>


No comments:

Post a Comment