KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan,menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana
dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 1
|
Jawaban: c. kedua tangan
|
Teknik lompat jongkok diatas peti lompat bertumpu
pada....
a. kepala
b. kedua kaki
c. kedua tangan
d. lutut
e. tungkai
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana
dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 2
|
Jawaban: a. tangan
|
Pada lompat jongkok diatas peti lompat, organ tubuh
yang digunakan untuk menahan berat badan adalah....
a. tangan
b. kaki
c. pantat
d. lengat
e. betis
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana
dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 3
|
Jawaban: d. Untuk keselamatan
|
Tujuan menekuk kedua lutut pada saat mendarat ketika
melakukan loncat jongkok di atas peti lompat adalah ……..
a. Untuk penilaian
b. Untuk persiapan gerak lanjutan
c. Untuk
kreatifitas
d. Untuk keselamatan
e. Untuk kelancaran gerak
Jawab : d. Untuk keselamatan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana
dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 4
|
Jawaban: d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke
atas
|
Salah satu cara melakukan lompat kangkang panggul
adalah...
a. sambil mengangkat panggul, ayunkan tungkai tinggi di
atas horizontal
b. angkat panggul tinggi-tinggi
c. mendarat dengan kedua kaki rapat, lutut agak ditekuk
d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke atas
e. setelah lurus cepat tarik lutut ke depan
Jawaban: d. tolakan tangan, angkat dada, dan kepala ke
atas
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana
dalam aktivitas spesifik senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 5
|
Jawaban: c. melintang setinggi dada
|
Dalam berlatih lompat kangkang di atas peti lompat,
balok lompat kangkang di atas peti lompat, balok lompat harus dalam
posisi....
a. berdiri setinggi kepala
b. dibalik setinggi kepala
c. melintang setinggi dada
d. miring setinggi dada
e. direbahkan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 6
|
Jawaban: d. meluncur
|
Berikut ini yang bukan merupakan tahapan dalam lompat
kangkang, yaitu....
a. awalan
b. tolakan
c. melompati peti
d. meluncur
e. mendarat
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 7
|
Jawaban: c. menahan berat badan
|
Gerakan mendarat pada teknik lompat kangkang, posisi
kaki harus....
a. melangkah
b. diluruskan
c. menahan berat badan
d. menumpu
e. diam
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 8
|
Jawaban: b. jongkok dan berdiri
|
Gerakan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua
sikap awalan, yaitu....
a. jongkok dan duduk
b. jongkok dan berdiri
c. duduk dan berdiri
d. telentang dan jongkok
e. telentang dan berdiri
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 9
|
Jawaban: a. tengkuk
|
Bagian badan yang menyentuh matras lebih dulu saat
melakukan guling ke depan adalah....
a. tengkuk
b. kepala
c. dahi
d. bahu
e. lengan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.6 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan rangkaian
gerak sederhana dalam aktivitas spesifik
senam lantai
|
Materi :
·
Rangkaian keterampilan lompat jongkok
·
Rangkaian Keterampilan lompat kangkang
·
Rangkaian Keterampilan Guling depan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 10
|
Jawaban: e. saat akan melakukan guling bagian tubuh
yang menyentuh matras adalah tengkuk
|
Berikut ini yang tidak termasuk keslaahan saat
melakukan guling ke depan adalah....
a. kedua tangan bertumpu tidak tepat
b. tumpuan kedua tangan atau salah satu tangan kurang
kuat
c. bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan
dibengkokkan
d. saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak
ikut menolak
e. saat akan melakukan guling bagian tubuh yang
menyentuh matras adalah tengkuk
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak senam irama /gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak senam irama /ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi senam irama /gerak ritmik ayunan lengan dan gerak
langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 11
|
Jawaban: b. senam irama
|
Senam ritmik disebut juga....
a. senam aerobik
b. senam irama
c. senam militer
d. senam SKJ
e. senam iringan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 12
|
Jawaban: d. berirama
|
Gerakan senam irama diiringi irama musik yang dilakukan
secara....
a. serempak
b. massal
c. bebas
d. berirama
e. konsisten
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 13
|
Jawaban: c. topi
|
Berikut ini alat yang digunakan dalam senam irama, kecuali....
a. tali
b. bola
c. topi
d. simpai
e. gada
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 14
|
Jawaban: a. berdiri tegak
|
Sikap badan ketika akan melakukan langkah ke depan
adalah....
a. berdiri tegak
b. berdiri istirahat
c. berdiri kangkang
d. bebas
e. semua jawaban salah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan) dalam
aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 15
|
Jawaban: d. galop pass
|
Istilah lain dari langkah ke depan dalam senam irama
disebut....
a. loop pas
b. balance pass
c. bijtrek pass
d. galop pass
e. kruis pass
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 16
|
Jawaban: d. ketetapan gerak
|
Tekanan yang harus diberikan dalam senam ritmik adalah....
a. kekuatan tubuh
b. koordinasi gerak
c. kelenturan tubuh
d. ketetapan gerak
e. kecepatan gerak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 17
|
Jawaban: a. menambah semangat gerakan
|
. Fungsi musik dalam senam irama adalah untuk....
a. menambah semangat gerakan
b. memvariasikan gerakan
c. memvariasikan langkah
d. menambah gaya
e. menguatkan otot-otot tubuh
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 18
|
Jawaban: a. betis
|
Gerak langkah rapat dalam senam irama dapat melatih
....
a. betis
b. pergelangan kaki
c. pergelangan tangan
d. paha
e. jari-jari kaki
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 19
|
Jawaban: b. lompatan
|
Situasi ketika seseorang melontarkan dirinya ke udara
dalam senam irama disebut ....
a. layangan dan ketinggian
b. lompatan
c. ayunan
d. pendaratan
e. putaran
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah
dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama
|
Materi :
·
Variasi gerak ritmik langkah kaki
·
Variasi gerak ritmik ayunan lengan
·
Kombinasi gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 20
|
Jawaban: a. biasa
|
Langkahkan kaki kiri dan kedua lengan di samping badan.
Gerakan ini merupakan bentuk langkah ...
a. biasa
b. rapat
c. keseimbangan
d. depan
e. silang
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
|
Materi :
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 21
|
Jawaban: d. Telungkup
|
Sikap badan pada renang gaya bebas adalah ....
a. Overline
b. Deadline
c. Online
d. Telungkup
e. Streamline
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
|
Materi :
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 22
|
Jawaban: d. Mendorong permukaan air
|
Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah ....
a. Memutar permukaan air
b. Menekan permukaan air
c. Naik turun memukul permukaan air
d. Mendorong permukaan air
e. Kaku dan diam
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
|
Materi :
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 23
|
Jawaban: c. Beradaptasi dengan air
|
Tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah ....
a. Tidak cepat lelah
b. Tidak cepat lapar
c. Beradaptasi dengan air
d. Tidak kaku
e. Tidak tenggelam
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
|
Materi :
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 24
|
Jawaban: b. Gaya bebas
|
Gaya yang tidak terikat dengan teknik teknik dasar
tertentu disebut ....
a. Gaya dada
b. Gaya bebas
c. Gaya punggung
d. Gaya kepala
e. Gaya kupu-kupu
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis keterampilan gaya renang
|
Materi :
·
Gerakan kaki renang gaya bebas
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Gerakan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Gerakan gerakan kaki renang gaya dada
·
Gerakan ayunan lengan renang gaya dada
·
Gerakan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 25
|
Jawaban: c. Gaya punggung
|
Perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah
tangan memegang besi pegangan. Kedua lutut ditekuk di antara kedua belah
lengan, sementara kedua belah telapak kaki bertumpu di dinding kolam,
merupakan sikap start dari gaya..
a. Gaya dada
b. Gaya kupu-kupu
c. Gaya punggung
d. Gaya kepala
e. Gaya bebas
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
|
Materi :
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 26
|
Jawaban: b. Gaya kupu-kupu
|
Dalam gaya punggung, gerakan lengan dan kaki serupa
dengan gaya..
a. Gaya dada
b. Gaya kupu-kupu
c. Gaya punggung
d. Gaya bebas
e. Gaya kepala
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
|
Materi :
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 27
|
Jawaban: c. Antilicin
|
Pada lapisan atas balok start dalam perlombaan renang
berkelas olimpiade dilapisi bahan..
a. Aluminium
b. Plastik
c. Antilicin
d. Besi
e. Perak
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
|
Materi :
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 28
|
Jawaban: a. pergelangan kaki
|
Sumber gerakan kaki saat mendayung dalam renang gaya
dada adalah dari....
a. pergelangan kaki
b. pangkal paha
c. dari lutut
d. jari-jari kaki
e. betis kaki
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
|
Materi :
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 29
|
Jawaban: e. tekuk, tendang, dan rapatkan
|
Dalam renang gaya dada, gerakan kaki dilakukan dengan
cara....
a. membuka bergantian dengan gerakan kaki
b. membuka setelah gerakan tangan
c. diayunkan naik turun secara bersamaan
d. diayunkan naik turun secara bergantian
e. tekuk, tendang, dan rapatkan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.8 Mempraktikkan hasil analisis
keterampilan satu gaya renang ***
|
Materi :
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya bebas
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya bebas
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya punggung
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya punggung
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
·
Ketrampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
·
Ketrampilan gerakan kaki renang gaya dada
·
Ketrampilan ayunan lengan renang gaya dada
·
Ketrampilan pengambilan nafas renang gaya dada
·
Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 30
|
Jawaban: b. belakangan
|
Pada renang gaya dada, gerakan kakinya adalah rapat,
tarik, dan tendangkan ke arah....
a. depan
b. belakangan
c. samping
d. kanan
e. kiri
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 31
|
Jawaban: a. Gonta ganti pasangan
|
Penyakit HIV/AIDS adalah penyakit menular yang
disebabkan oleh . . . . . . . .
a. Gonta ganti pasangan
b. Pasangan serasi
c. Narkoba
d. Tidak selingkuh
e. Manusia
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 32
|
Jawaban: a. Human Immunodeficyency Virus
|
kepanjangan dari HIV adalah . . . . . . .
a. Human Immunodeficyency Virus
b. Humon imnusiasi firus
c. Human immonodeficyency virus
d. Human imnudefisiensy virus
e. Human immunoicyency virus
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 33
|
Jawaban: e. obat terlarang
|
Factor yang mempengaruhi orang tersebut menderita
penyakit AIDS adalah di bawah ini, kecuali . . . . .
a. Gonta ganti pasangan
b. Melakukan sex diluar nikah
c. melakukan sex dengan ibu hamil yang sebelumnya
terkontaminasi dengan hiv
d. jarum suntik
e. obat terlarang
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 34
|
Jawaban: e. badan tumbuh dengan baik
|
dibawah ini dalah cirri-ciri anak yang sehat adalah . .
. . . .
a. malas bekerja
b. emosi
c. cepat dapat teman
d. bermain tepat waktu
e. badan tumbuh dengan baik
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
|
Kompetensi Dasar :
3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat
antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 35
|
Jawaban: b. Jarum suntik
|
Yang paling dominan cepat terkena virus HIV adalah
a. Ibu hamil
b. Jarum suntik
c. Ciuman
d. Pelukan
e. Tidur berduaan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang
sehat antar remaja dan menjaga diri dari kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 36
|
Jawaban: d. Kaki
|
Varises adalah penyakit yang terjadi tubuh bagian . . .
.
a. Mulut
b. Kelamin
c. Usus
d. Kaki
e. Tangan
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang
sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 37
|
Jawaban: b. kencing bernanah
|
akibat dari penyakit aids yang menyerang penis adalah
. . .
a. susah buang air kecil
b. kencing bernanah
c. kencing batu
d. kencing manis
e. tak bisa kencing sama sekali
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang
sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 38
|
Jawaban: c. mata menjadi merah
|
disaat mata sangat berdekatan dengan computer dapat
mengakibatkan . ..
a. mata jadi sayu
b. mata jadi loyo
c. mata menjadi merah
d. mata menjadi perih
e. semua salah
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang
sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 39
|
Jawaban: a. mata harus lurus pandangannya kedepan
dan badan harus tegak
|
Mata dan badan saat berhadapan dengan computer harus .
. . . . ..
a. mata harus lurus pandangannya kedepan dan badan
harus tegak
b. badan harus dibengkokkan sedikit
c. mata agak dekat agar kelihatannya agar jelas
d. mata dan badan mengikuti computer
e. biasa-biasa saja
|
KARTU SOAL
|
|
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
|
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
|
Kompetensi Dasar :
4.9 Mempresentasikan konsep dan prinsip pergaulan yang
sehat antar remaja dan menjaga diri dari
kehamilan pada usia sekolah
|
Materi :
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pencegahan
penyakit.
·
Menganalisis hubungan aktivitas fisik dengan pengurangan biaya
perawatan kesehatan
|
Rumusan Butir Soal
|
|
No. Soal : 40
|
Jawaban: c. tulang yang rapuh akibat usia
|
Penyakit osteoporosis disebabkan oleh
a. tulang yang rawan
b. tulang yang kecil
c. tulang yang rapuh akibat usia
d. rematik
e. tulang yang berbenturan dengan benda.
|
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 41
|
Jawaban: narkotika, psikotropika, dan obat-obatan
berbahaya lainnya.
|
|
Narkoba adalah singkatan dari....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 42
|
Jawaban: obat bius
|
|
Narkoba dalam dunia pengobatan biasa digunakan bagi
pasien yang dioperasi sebagai....
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 43
|
Jawaban: Jawaban: zat atau bahan lain yang bukan
termasuk narkotika dan psikotropika. Namun mampu berpengaruh pada kerja otak.
|
|
Apa yang dimaksud dengan zat adiktif lainnya?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Pilihan Ganda
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 44
|
Jawaban: Jawabannya : Narkoba digolongkan dalam 3
bagian, tergantung pada efek yang ditimbulkannya terhadap tubuh : 1. Depresan
: bekerja menekan fungsi kesadaran dan menenangkan, seperti golongan opiat
(morfin, petidin, kodein, heroin/putaw). Inhalan (zat yang dihirup) seperti
lem, tinta, thinner/pengencer cat, dan alkohol. 2. Stimulan : bekerja memacu
kerja susunan sistem saraf pusat seperti rokok, amphetamin, metamphetamin
alias shabu-shabu, MDMA (metilen dioksi metamphetamin) alias ecstasy, dan
kokain 3. Halusinogen : bekerja menimbulkan efek halusinasi / khayalan
seperti ganja, mariyuana, LSD dan magic mushroom
|
|
Bagaimana cara kerja narkoba di dalam tubuh?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
||
Kompetensi Dasar :
3.10 Menganalisis berbagai peraturan
perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna
dan pengedar narkotika, psikotropika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 45
|
Jawaban: Jawabannya : rasa sakit yang sangat hebat,
kejang – kejang, keram perut dan menggelepar, gemetar dan muntah – muntah,
hidung berlendir dan mata berair, kehilangan nafsu makan, kekurangan cairan
tubuh
|
|
Tanda – tanda orang ketagihan heroin?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan
serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 46
|
Jawaban: Jawabannya : Karena dampaknya berakibat
sangat buruk bagi diri kita sendiri dan keluarga serta pasangan kita. Dampak
ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup kita.
Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial,
ekonomi, dll
|
|
Kenapa kita mesti menjauhi narkoba?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan
serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 47
|
Jawaban: Jawabannya : Yang jelas kita harus mengeti
dulu tentang jenis – jenis narkoba, dan dampak dari pemakaiannya bagi tubuh
kita. Bila sudah paham, pikirkanlah baik – baik sebelum mengambil keputusan.
Hidup ini penuh dengan pilihan – pilihan, karena itu pilihlah yang terbaik
untuk hidupmu
|
|
Bagaimana caranya biar gak terjerumus narkoba?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan
serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 48
|
Jawaban: Jawabannya : Tanda – tanda ini bisa menjadi
salah satu petunjuk untuk mengenali seorang pemakai, tapi bisa saja terjadi
bahwa tanda – tanda ini terjadi karena pengaruh lain. Tanda-tanda itu adalah
sebagai berikut:, terlalu sensitif, menjadi kasar dan tidak sopan, cepat
bosan dan pelupa, suka berbohong, suka menyendiri dan penuh rahasia,
bicaranya ngga nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan, tidak
peduli pada kebersihan tubuh atau penampilan, jorok, malas mandi, ekspresi
wajah kuyu, muka pucat, mata merah, prestasi belajar sangat menurun, gampang
curiga pada setiap orang (paranoid), sering pilek, batuk dan menguap, nafsiu
makan hilang / meningkat / tidak teratur, kadang hiperaktif dan bertingkah
menarik perhatian, kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang,
mencuri kecil-kecilan maupun besar-besaran
|
|
Apa sih tanda-tandanya kalau orang mulai kecanduan
narkoba?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan
serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri, keluarga,
dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal : 49
|
Jawaban:
a. Mata merah
b. bau badan yang menyengat
c. pernapasan lambat atau dangkal
|
|
Apa saja ciri-ciri dari pengguna narkoba?
|
||
KARTU SOAL
|
||
Jenis Sekolah : SMU/SMK Jenis Tes : Easy
Prpgram Keahlian : Semua Program Keahlian Tahun
Ajaran : .....................
Mata Pelajaran : PENJASKES
Kelas / Semester : X / 2
|
||
Kompetensi Inti:
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
||
Kompetensi Dasar :
4.10 Mempresentasikan berbagai peraturan perundangan
serta konsekuensi hukum bagi para
pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya
|
Materi :
·
Mampu mengidentifikasi jenis narkoba dan psikotropika
·
Mampu Menganalisis bahaya narkoba terhadap diri sendiri,
keluarga, dan masyarakat
|
|
Rumusan Butir Soal
|
||
No. Soal :50
|
Jawaban:
a. Narkotika golongan I: Berpotensi sangat tinggi
menyebabkan ketergantungan, tidak digunakan untuk terapi. Contohnya heroin,
kokain, dan ganja.
b. Narkotika golongan II: berpotensi tinggi menyababkan
ketergantungan, digunakan sebagai terapi pilihan akhir. Contohnya: morfin dan
pertidin
c. Narkotika golongan III: berpotensi ringan
menyebabkan ketergantungan dan banyak dibuat terapi. Contohnya: codein
|
|
Jelaskan tingkatan dari narkotika dan berikan
contohnya!
|
||
No comments:
Post a Comment